logo madu vitummy
Search
Close this search box.

5 Hak dan Kewajiban di Rumah Untuk Anak, Wajib Diketahui Semua Orang Tua!

5 hak dan kewajiban di rumah

Hak dan kewajiban merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan, termasuk ketika di rumah ya, Moms. Pasalnya, setiap hak harus diterima seseorang, pasti ada kewajiban yang harus dilakukan. 

Apabila salah satunya tidak ada atau tidak dilakukan maka akan terjadi ketidakseimbangan. Oleh karenanya, Moms harus memastikan bahwa setiap anggota keluarga memahami hak dan kewajiban masing-masing. 

Artikel ini akan membahas 5 hak dan kewajiban di rumah bagi anak. 

Pentingnya Menerapkan Hak dan Kewajiban di Rumah Bagi Anak 

Moms, apa sih yang dimaksud hak dan kewajiban? Sebelum membahas lebih jauh tentang contoh-contohnya, Moms sebaiknya tahu terlebih dahulu mengenai dasar dari hak dan kewajiban itu sendiri. 

Hak adalah kekuasaan yang benar atas sesuatu atau untuk menuntut sesuatu. Hak ini bisa diperoleh atau diterima setelah menyelesaikan kewajiban. Sedangkan kewajiban adalah sesuatu yang diwajibkan atau dilaksanakan. 

Setiap orang nih, Moms ternyata memiliki hak dan kewajiban yang berbeda. Kondisi ini dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya status seseorang. Misalnya ketika di rumah, yaitu ada yang berperan sebagai anak atau sebagai orang tua. 

Baik anak maupun orang tua memiliki hak dan kewajiban di rumah yang berbeda-beda. Meski demikian, Moms harus memastikan bahwa setiap anggota keluarga menjalankan hak dan kewajibannya dengan baik. 

Kondisi tersebut berkaitan dengan betapa pentingnya menerapkan hak dan kewajiban di rumah bagi anak. Sebab, seperti Moms tahu, anak-anak adalah masa emas untuk menerima pendidikan, tidak terkecuali mengenai hak dan kewajibannya. 

Anak-anak memiliki hak dan kewajiban yang berbeda dengan orang dewasa. Oleh karena itu, Moms harus memberikan pengertian, arahan, dan contoh ketika di rumah. 

5 Hak dan Kewajiban di Rumah 

5 hak dan kewajiban anak di rumah yang harus Ibu tahu

Rumah merupakan lingkup terkecil bagi setiap individu, baik untuk orang tua maupun anak. Tapi, di lingkup yang kecil ini ada berbagai hak dan kewajiban yang harus dijalankan. Apabila keduanya berjalan dengan baik maka akan tercipta keadaan yang kondusif dan sebaliknya. 

Lalu, apa saja hak dan kewajiban di rumah bagi anak-anak? Berikut ini ada beberapa contoh dilansir dari berbagai sumber. 

Hak bagi Anak 

5 hak di rumah bagi anak

Seperti telah disebutkan, anak-anak memiliki hak atau wewenang menurut hukum, termasuk di rumah. Hak ini diatur dalam Undang-Undang Perlindungan Anak Nomor 23 Tahun 2002 mengenai Perlindungan anak. 

Nah, berikut ini beberapa contoh hak di rumah yang dimiliki oleh anak-anak. 

  • Hak atas Identitas 

Contoh pertama hak di rumah yang harus diterima anak adalah hak akan identitas. Hak ini diatur berdasarkan pasal 5 dan 27 UU No. 23 Tahun 2002, bahwa setiap anak berhak atas suatu nama sebagai identitas diri dan status kewarganegaraan yang ditunggu dalam akta kelahiran. 

Pemenuhan akan hak identitas bagi anak ini dibantu, baik oleh orang tua maupun oleh pemerintah. Oleh karenanya, sudah seharusnya memiliki kuasa akan hal ini. 

  • Hak atas Kebebasan 

Contoh selanjutnya tentang hak di rumah bagi anak, yaitu kebebasan. Artinya, setiap anak bebas untuk berpendapat, berpikir, dan mengutarakan perasaannya. Tapi, setiap orang tua berhak mengajarkan dan mengarahkan anaknya dalam menggunakan haknya. 

Tujuannya adalah untuk mengontrol bahwa kebebasan anak-anak mereka tidak mengganggu atau merugikan orang lain. Selain itu, juga untuk memastikan bahwa anak bertanggung jawab terhadap kebebasan yang dimilikinya. 

  • Hak atas Kasih Sayang 

Tidak hanya berhak akan kebebasan, anak-anak juga berhak akan kasih sayang. Hal ini menjadikan mereka punya hak atas kasih sayang. Bentuknya seperti diperlakukan adil oleh orang tua, baik terhadap saudara kandung maupun dengan anak-ank lain. 

Hak tersebut bertujuan untuk menjamin bahwa anak-anak mendapatkan kasih sayang dari orang tua dan lingkungan keluarga. Kondisi seperti ini akan menciptakan sebuah keluarga yang harmonis. 

  • Hak atas Kesehatan 

Kesehatan juga menjadi hak yang sangat penting bagi anak-anak. Pasalnya, kebutuhan akan fisik, mental, spiritual, dan sosial akan sangat memerlukan pelayanan kesehatan. Oleh karenanya, mereka berhak memperoleh pelayanan tersebut. 

Hak akan kesehatan tersebut diatur dalam pasal 28 H ayat 1, menyebutkan bahwa setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik, sehat serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan. 

  • Hak Memperoleh Pendidikan 

Selain kesehatan, anak-anak juga berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran dalam rangka pengembangan pribadinya. Kondisi ini harus Moms sesuaikan dengan minat dan bakat mereka. 

Hak memperoleh pendidikan tersebut berlaku bagi setiap anak, termasuk bagi mereka anak-anak yang berkebutuhan khusus (ABK). 

Itulah 5 hak bagi anak di rumah yang harus dipenuhi. Sebagai orang tua, Moms turut berkontribusi dalam memenuhi hak-hak tersebut. Oleh karenanya, Moms harus memperhatikan mengenai hak-hak tersebut. 

Kewajiban bagi Anak 

5 kewajiban di rumah bagi anak

Moms, perlu diingat bahwa untuk seseorang bisa menuntut haknya maka perlu melakukan kewajibannya terlebih dahulu. Sebab tidak hanya orang tua, anak-anak juga memiliki kewajibannya ketika di rumah. 

Berikut beberapa kewajiban anak di rumah dilansir dari berbagai sumber. 

  • Belajar dengan Rajin 

Kewajiban pertama seorang anak di rumah adalah belajar dengan rajin ya, Moms. Tujuannya agar mereka menjadi generasi yang cerdas dan sukses. Bentuknya, seperti belajar mata pelajaran di sekolah atau mengerjakan pekerjaan rumah (PR). 

Selain belajar perihal mata pelajaran di sekolah, mereka juga berkewajiban untuk belajar hal-hal lain. Artinya, tidak menutup kemungkinan untuk belajar olahraga, kegiatan alam, atau aktivitas lainnya yang bisa menambah ilmu pengetahuan. 

Proses belajar ini memerlukan kontribusi orang tua untuk memberikan kontrol terhadap mereka. Bahkan, bisa juga sebagai leader untuk hal-hal tertentu lainnya. Oleh karenanya, kewajiban ini tidak semata-mata membiarkan anak untuk belajar, tapi juga perlu peran orang tua. 

  • Berbakti pada Orang Tua 

Kewajiban lain yang tidak kalah penting adalah berbakti kepada orang tua. Hal ini menjadi dasar karakter seseorang, salah satu bentuknya adalah dengan berperilaku baik terhadap orang tuanya. 

Penerapan kewajiban ini sebaiknya dilakukan sejak usia dini. Pasalnya, nilai-nilai kehidupan yang ditanamkan saat usia dini akan lebih kekal bagi anak-anak, termasuk kewajiban mereka. 

Tujuannya agar mereka menjadi anak yang tidak hanya menghormati orang tuanya. Tapi, juga bisa menghormati orang lain yang ada di lingkungannya. 

  • Menyayangi Anggota Keluarga 

Anak-anak selain berhak untuk disayangi juga berkewajiban menyayangi anggota keluarga yang lain. Alasannya, dalam sebuah keluarga terdapat beberapa anggota, seperti ayah, ibu, kakak, adik, kakek, dan nenek. 

Setiap anak berkewajiban menyayangi mereka. Tujuannya agar proses interaksi yang terjadi di dalam keluarga menjadi nyaman dan aman. Bahkan, bisa juga menciptakan suasana yang hangat. 

  • Membahagiakan Orang Tua 

Ukuran kebahagiaan setiap orang tua memang berbeda-beda, tapi membahagiakan mereka termasuk salah satu kewajiban anak di rumah. Salah satu tolok ukur kebahagiaan orang tua kepada anaknya adalah ketika anak-anak mereka taat dan patuh terhadap orang tuanya. 

  • Menjaga Kebersihan Rumah 

Menjaga kebersihan rumah adalah kewajiban setiap orang yang tinggal di rumah tersebut, termasuk anak-anak. Nah, mereka ini bisa memenuhi kewajibannya dengan memberikan kontribusi dengan cara ikut merapikan pakaian, membersihkan kamar pribadi, dan menyiapkan pakaiannya sendiri. 

Berbagai kewajiban tersebut bertujuan agar terbentuknya sikap tanggung jawab, baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Proses pembentukan karakter ini harus disertai kontrol oleh orang tua, sehingga bisa mencapai tujuan yang diinginkan. 

Itulah beberapa contoh 5 hak dan kewajiban di rumah bagi anak yang harus Moms ketahui. Nah, kira-kira si Kecil sudah melakukan kewajiban yang mana saja nih, Moms? Jangan sampai terlewat salah satunya ya, Moms! 

Sebab, memberikan hak-hak anak dan mendidik mereka melakukan kewajibannya adalah tugas orang tua. Selain memastikan hal tersebut, Moms juga harus memastikan akan daya tahan tubuh dan nafsu makannya. 

Sebab, keduanya merupakan kondisi yang sangat riskan bagi anak-anak, yaitu bisa naik dan turun. Menghindarinya bisa dengan memberikan Vitummy ya, Moms. Pasalnya, Vitummy dilengkapi formula Selenium Silver Pro

Formula tersebut bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan dan nafsu makan anak. Yuk, berikan Vitummy sekarang juga dan rasakan manfaatnya! 

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?