logo madu vitummy
Search
Close this search box.

Manfaat Air Putih untuk Kesehatan Dan Pertumbuhan Anak

air putih

Moms, air putih merupakan sumber kehidupan dan sangat dibutuhkan oleh semua makhluk hidup, termasuk manusia. Hampir 60-70% tubuh manusia terdiri dari cairan.

Oleh karena itu, jika kebutuhan cairan ini tidak terpenuhi, tubuh dapat mengalami beberapa gangguan, baik itu gangguan jangka pendek maupun gangguan jangka panjang.

Selain itu, meskipun terdapat berbagai jenis makanan dan minuman yang dapat mencukupi asupan cairan tubuh, namun air putih merupakan minuman yang paling baik dan paling sehat untuk dikonsumsi karena air ini bebas dari kalori dan gula sehingga lebih menyehatkan.

Secara medis, seseorang disarankan untuk mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas atau setara dengan 2 liter per hari.

Khusus untuk ibu hamil dan ibu menyusui, disarankan untuk mengonsumsi air sebanyak 2,5 liter dan 3 liter per harinya.

Selain itu, beberapa kondisi dan aktivitas khusus juga mengharuskan seseorang untuk mengonsumsi banyak air.

Seperti berolahraga atau aktif secara fisik, mengalami demam, diare atau muntah-muntah, atau kondisi cuaca yang sangat panas sehingga menyebabkan tubuh mengeluarkan keringat banyak.

Baca Juga: Tips Atasi Mata Ikan pada Anak

Manfaat Air Putih untuk Kesehatan

vitummy | Manfaat Air Putih untuk Kesehatan Dan Pertumbuhan Anak

Bukan hanya sebagai pelepas dahaga, air putih juga dikenal sebagai obat alami untuk tubuh karena memiliki banyak manfaat, seperti:

Mencegah Dehidrasi

Moms, dehidrasi dapat menimbulkan banyak gangguan kesehatan tubuh, seperti penyakit batu ginjal, kerusakan otot.

Gangguan fungsi ginjal, bahkan bisa menyebabkan kematian bagi bayi dan anak-anak. Nah, air putih ini sangatlah penting untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi.

Mengeluarkan Racun Tubuh

Tahukah moms bahwa ternyata tubuh kita selalu terpapar oleh racun? Baik itu racun dari dalam maupun luar tubuh.

Dari luar, tubuh kita terpapar racun dari polusi atau benda lainnya yang mengandung zat berbahaya.

Sementara dari dalam, tubuh kita terpapar racun dari sisa-sisa metabolisme atau fungsi yang dibutuhkan tubuh untuk mencerna zat gizi atau dari makanan yang kita konsumsi.

Sebenarnya, untuk membersihkan atau mendetoks racun tersebut, tubuh kita sudah memiliki cara yang alami, seperti mengeluarkan racun melalui keringat atau urine.

Namun, kita juga bisa membantu tubuh membersihkan racun tersebut dengan cara minum air yang banyak.

Selain untuk mendetoks tubuh, minum air yang banyak dapat membuat tubuh menjadi segar dan tentu mengembalikan cairan tubuh yang terbuang bersama racun.

Menyehatkan Dan Menyegarkan Kulit

vitummy | Manfaat Air Putih untuk Kesehatan Dan Pertumbuhan Anak

Moms, selain untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh, minum air yang cukup bermanfaat untuk memelihara kesehatan, kelembaban, serta kesegaran kulit. Sebab, kurangnya cairan tubuh dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan kusam.

Menurunkan Berat Badan

Mengonsumsi air putih diyakini dapat menurunkan berat badan dan menjaganya tetap ideal. Menurut beberapa penelitian, mengonsumsi air sebanyak 500ml atau setara dengan 2 gelas air 30 menit sebelum makan dapat membantu menurunkan berat badan.

Minum air sebelum makan membuat lambung akan terisi sehingga tubuh akan merasa lebih cepat kenyang. Dengan begitu, porsi makan pun akan lebih terkendali dan asupan kalori ke dalam tubuh pun tetap terjaga.

Menjaga Fokus Dan Konsentrasi

Dilansir dari laman alodokter, kekurangan cairan dapat mengganggu fungsi otak sehingga otak tidak bekerja dengan optimal. Akibatnya, otak menjadi tidak fokus, susah berpikir, susah mengingat sesuatu, bahkan bisa mengantuk.

Oleh karena itu, seseorang dianjurkan untuk rutin minum air putih, terutama air putih yang mengandung mineral dan kalium yang tinggi. Menurut Kementerian Kesehatan Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, kandungan mineral dan kalium yang tinggi bisa membantu mengaktifkan elektrolit pada otak. Dengan begitu otak dapat meningkatkan konsentrasi dan daya ingat.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kekurangan cairan dapat menyebabkan feses menjadi keras sehingga tubuh mengalami kesulitan untuk buang air besar. Oleh karena tubuh dianjurkan untuk rutin mengonsumsi air putih yang cukup.

Tubuh membutuhkan air untuk buang air besar yang normal, sebab air dapat melunakan feses yang keras. Jadi, ketika tubuh mengalami konstipasi atau sembelit, minumlah air yang cukup untuk memicu rasa ingin buang air besar.

Mencegah Batu Ginjal

Manfaat lain dari air putih adalah dapat mencegah terjadinya penyakit batu ginjal. Batu ginjal merupakan endapan padat menyerupai batu yang terbentuk di sepanjang saluran kemih atau di dalam ginjal. Batu ini terbentuk dari limbah di dalam darah yang membentuk kristal.

Penyakit ini sangatlah berbahaya karena selain menimbulkan rasa sakit yang luar biasa pada saluran kemih, batu ginjal juga dapat menyebabkan masalah kencing, infeksi, bahkan kerusakan ginjal.

Selain itu, manfaat minum air putih dapat mencegah penyakit kardiovaskular, menjaga tekanan darah tetap stabil, dan meningkatkan stamina.

Ketentuan Air Putih yang Aman Dikonsumsi Menurut KemenKes RI

vitummy | Manfaat Air Putih untuk Kesehatan Dan Pertumbuhan Anak

Meski air putih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, namun kita tidak boleh minum air ini sembarangan, sebab air yang tercemar bisa menimbulkan berbagai macam penyakit, seperti sakit perut atau diare.

Berikut adalah ciri-ciri air yang sehat dan bisa dikonsumsi dengan aman:

  • Tidak berbau
  • Jernih
  • Tidak memiliki rasa
  • Tidak ada kotoran
  • Tidak mengandung bakteri dan zat beracun

Jadi, pastikan bahwa air minum yang dikonsumsi sudah terdaftar BPOM dan telah memenuhi standar kesehatan agar terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh konsumsi air minum yang terkontaminasi.

Selain mengetahui ciri-ciri air yang sehat dan aman untuk dikonsumsi, kita juga harus tahu kapan waktu yang tepat untuk mengonsumsi air minum yang sehat.

Berdasarkan saran dari KemenKes RI, waktu tersebut adalah:

  • Ketika bangun tidur.
  • Sebelum dan sesudah makan (beri jeda)
  • Sebelum dan sesudah olahraga (beri jeda)
  • Sore hari
  • Malam hari atau sebelum tidur

Tips Agar Anak Terbiasa Minum Air Putih

vitummy | Manfaat Air Putih untuk Kesehatan Dan Pertumbuhan Anak

Faktanya, anak-anak lebih menyukai mengonsumsi minuman manis dan memiliki rasa daripada air putih.

Padahal, air merupakan komponen penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, terutama bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Dalam masa pertumbuhan, anak membutuhkan air sejak menginjak usia 6 bulan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk membantu si kecil membiasakan rutin mengonsumsi air putih yang cukup.

Berikut adalah beberapa tips agar anak terbiasa minum air putih:

  • Menjadi role model untuk minum air setiap hari karena anak-anak selalu mencontoh kebiasaan orang tuanya.
  • Lakukan sedikit demi sedikit dan hindari memaksanya.
  • Berikanlah segelas air setiap si kecil habis makan agar ia terbiasa minum setelah makan.
  • Gunakan infused water dengan buah-buahan segar, namun tetap hindari menambahkan gula.
  • Gunakan gelas yang menarik agar anak tertarik untuk minum.
  • Selalu jelaskan dan yakinkan si kecil bahwa mengonsumsi air sangat penting untuk pertumbuhan dan kesehatan tubuh.

Air putih membantu meningkatkan sirkulasi darah sehingga sirkulasi oksigen dan nutrisi di dalam darah tetap lancar.

Dengan begitu, anak tidak akan mudah tidak akan mudah sakit dan pertumbuhannya pun berjalan dengan baik.

Selain minum air putih, moms bisa menjaga kesehatan tubuh dan membantu mengoptimalkan pertumbuhan si kecil dengan memberikan Madu Vitummy setiap pagi dan malam sebelum tidur.

Madu Vitummy mengandung ekstrak rempah-rempah pilihan, seperti ekstrak temulawak, rimpang temu hitam, bawang putih, dan pepaya yang diyakini dapat meningkatkan nafsu makan, meningkatkan daya tahan tubuh, melancarkan pencernaan, dan mencegah anak dari infeksi cacingan.

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?