logo madu vitummy
Search
Close this search box.

Bolehkah Anak Minum Vitamin Setiap Hari? Pastikan Tidak Kurang dan Tidak Lebih

bolehkah anak minum vitamin setiap hari

Anak-anak adalah sumber kebahagiaan dan kegembiraan bagi setiap orang tua. Tentu saja, Moms ingin yang terbaik bagi kesehatan dan perkembangan mereka. Salah satu bentuk dukungannya adalah dengan memberikan vitamin. 

Namun, bolehkah anak minum vitamin setiap hari? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, Moms perlu tahu manfaat vitamin untuk anak, aturan minum vitamin untuk anak, waktu yang tepat untuk minum vitamin, serta apakah vitamin bisa diminum setiap hari.

Manfaat Vitamin untuk Anak 

Vitamin adalah nutrisi penting yang diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan dan fungsi yang optimal, terutama pada masa pertumbuhan anak-anak. Berbagai jenis vitamin memiliki peran khusus dalam menjaga kesehatan anak. 

Berikut adalah beberapa manfaat utama vitamin untuk kesehatan anak. 

Mendukung Pertumbuhan Sehat 

Manfaat vitamin untuk anak yang pertama adalah mendukung pertumbuhan yang sehat. Seperti dilansir dari laman American Academy of Pediatrics, salah satunya memberikan konsumsi vitamin D pada anak-anak akan membantu penyerapan kalsium yang lebih baik dalam tubuh. 

Hasilnya, proses pembentukan tulang pada Kecil jadi lebih maksimal ya, Moms. Bahkan, tulang-tulang anak menjadi lebih kuat dalam proses pertumbuhan mereka. 

Meningkatkan Sistem Daya Tahan Tubuh 

Manfaat selanjutnya konsumsi vitamin oleh anak-anak adalah untuk membantu meningkatkan sistem daya tahan tubuh mereka. Dilansir dari laman National Institute of Health, mengonsumsi vitamin C dan E sangat baik bagi tubuh, terutama anak-anak. 

Alasannya, kedua vitamin tersebut bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat. Hal ini jika harus dihadapkan dengan patogen-patogen penyebab penyakit. Pasalnya, daya tahan tubuh si Kecil belum kuat layaknya orang dewasa. 

Oleh karenanya, memberikan asupan vitamin dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuhnya. 

Meningkatkan Fungsi Kognitif 

Tidak hanya untuk daya tahan tubuh, anak-anak juga bisa mendapatkan manfaat vitamin untuk fungsi kognitif yang optimal. Dilansir dari laman Healthy Children, manfaat ini bisa Moms dapatkan untuk si Kecil dengan memberinya vitamin B kompleks. 

Vitamin B kompleks, terutama vitamin B6, B9 (asam folat), dan B12, berperan dalam perkembangan otak dan fungsi kognitif anak. Moms bisa memastikan si Kecil mendapatkan asupan vitamin B kompleks ini melalui makanan sehat, seperti sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, daging tanpa lemak, ikan, telur, dan produk susu. 

Cadangan Energi 

Manfaat vitamin untuk anak yang tidak kalah pentingnya adalah memberikan cadangan energi dalam tubuh. Hal ini sangat berkaitan dengan asupan vitamin B kompleks. 

Pasalnya, menurut Academy of Nutrition Dietetics, vitamin B kompleks yang dikonsumsi akan membantu tubuh memecah makanan menjadi energi. Hasilnya, tubuh akan memiliki energi yang cukup untuk beraktivitas sepanjang hari. 

Nah, itulah beberapa manfaat vitamin untuk anak yang harus Moms ketahui. Hal ini akan mendukung Moms dalam memberikan asupan makanan harian si Kecil. Sebab, jenis makanan yang dikonsumsi akan memengaruhi asupan vitaminnya, terpenuhi atau tidak. 

Aturan Minum Vitamin untuk Anak 

Selain mengonsumsi vitamin dari makanan, Moms juga bisa memberikan vitamin tambahan untuk si Kecil. Namun, perlu diketahui bahwa setiap vitamin memiliki aturan yang sangat bervariasi. 

Aturan tersebut umumnya disesuaikan dengan usia, kondisi kesehatan, dan jenis vitamin yang akan diberikan. Tapi, ada beberapa aturan minum vitamin untuk anak secara umum seperti berikut. 

Pilih Vitamin Sesuai Kebutuhan 

Sebagai orang tua, Moms harus memastikan untuk memilih vitamin yang sesuai dengan kebutuhan. Tindakan ini menjadi aturan minum vitamin untuk anak yang pertama harus Moms lakukan. 

Pasalnya, dengan memilih vitamin sesuai kebutuhan maka si Kecil akan mendapatkan manfaatnya secara maksimal. Selain itu, Moms juga bisa memberikannya sesuai dengan yang dibutuhkan si Kecil. 

Memiliki Kondisi Kesehatan Tertentu 

Aturan minum vitamin untuk anak selanjutnya, yaitu bagi mereka yang punya masalah kesehatan tertentu. Pasalnya, anak yang memiliki masalah kesehatan umumnya kekurangan asupan vitamin. 

Kondisi tersebut mengharuskan mereka mendapatkannya dari luar, artinya dengan mengonsumsi suplemen vitamin tambahan. Aturan ini sangat disarankan terutama bagi mereka yang punya masalah seperti berikut. 

  • Memiliki gangguan pencernaan, seperti diare dan nafsu makan yang menurun. 
  • Memiliki masalah dalam menjalani diet tertentu. 
  • Memiliki alergi terhadap makanan tertentu. 
  • Memiliki keterlambatan pertumbuhan fisik. 

Itulah beberapa masalah kesehatan yang mendukung si Kecil mengonsumsi vitamin. Oleh karenanya, kondisi tersebut menjadi salah satu aturan memberikan vitamin pada si Kecil. 

Ada juga kondisi lain seperti daya tahan lemah, maka si kecil bisa mengonsumsi vitamin untuk daya tahan tubuh anak.

Tetap Memberikan Makanan Sehat 

Aturan selanjutnya, meskipun Moms memberikan vitamin pada anak, tapi Moms tidak boleh lupa untuk tetap memberikan makanan sehat bagi mereka. Pasalnya, hanya memberikan vitamin tidaklah cukup untuk mendukung asupan vitamin dalam tubuh si Kecil. 

Oleh karenanya, perlu ada upaya dari orang tua untuk memberikan vitamin, baik dari makanan maupun suplemen tambahan. Seperti dilansir dari laman Hello Sehat, bahkan sebelum memberikan vitamin tambahan, anak sebaiknya perlu makan sehat terlebih dahulu. 

Hasilnya, ada asupan vitamin yang berasal dari makanan dan dari vitamin tambahan yang diberikan. Upaya ini akan mendukung pemenuhan asupan vitamin dalam tubuh si Kecil. 

Waktu yang Tepat Minum Vitamin untuk Anak 

Moms, untuk mendapatkan berbagai manfaatnya, kapan sih waktu yang tepat minum vitamin untuk anak? Dilansir dari laman Wellements, ada beberapa waktu yang sangat direkomendasikan bagi anak-anak untuk mengonsumsi vitamin. 

Adapun waktu yang disarankan sebagai berikut. 

Pagi Hari 

Rekomendasi waktu yang tepat minum vitamin untuk anak menurut banyak praktisi kesehatan, yaitu pagi hari. Hal ini dikarenakan metabolisme dan pencernaan mencapai puncaknya selama Amours. 

Kondisi tersebut mendukung tubuh dapat memproses dan menggunakan nutrisi yang diserap secara efisien di pagi hari. Hal ini jika dibandingkan dengan tidur di malam hari. 

Meski demikian, vitamin tambahan seharusnya diminum dengan makanan anak yang disediakan di pagi hari.

Baca Juga: Bolehkah Minum Vitamin Saat Diare? 

Saat Makan 

Masih dalam laman yang sama disebutkan bahwa vitamin tertentu sebaiknya dikonsumsi bersamaan dengan makanan anak. Upaya ini bertujuan agar tubuh dapat memaksimalkan penyerapannya, terutama pada jenis-jenis vitamin tertentu. 

Vitamin yang dimaksud, seperti vitamin D, A, E, dan K. Beberapa vitamin ini apabila dikonsumsi oleh anak bersamaan dengan zat besi, magnesium, kalsium, serta bersamaan dengan makanannya dapat mengurangi kemungkinan sakit perut. 

Oleh karena itu, memberikan vitamin pada si Kecil saat makan juga sangat direkomendasikan ya, Moms. 

Sebelum Tidur 

Meskipun telah disebutkan bahwa waktu sebelum tidur tidak sebaik pagi hari untuk minum vitamin, tapi ada beberapa vitamin yang justru disarankan untuk diminum sebelum tidur. Salah satunya vitamin E yang baik untuk mendukung tidur nyenyak si Kecil. 

Selain itu, apabila si Kecil kekurangan magnesium, vitamin juga dapat dikonsumsi pada malam hari untuk membantu meningkatkan kualitas tidur. 

Nah, sebagai orang tua, Moms bisa memutuskan waktu terbaik untuk memberikan vitamin pada si Kecil, terutama ketika dilakukan sebelum tidur. Harus Moms ketahui pula bahwa cara pemberiannya harus didukung dengan segelas penuh air putih. 

Cara tersebut bertujuan untuk membantu tubuh menyerap nutrisi dan mengangkutnya ke organ dan jaringan tubuh si Kecil. Hasilnya, tubuh akan mendapatkan manfaat kesehatan yang optimal. 

Bolehkah Anak Minum Vitamin Setiap Hari? 

Setelah tahu waktu terbaik minum vitamin, lalu bolehkah anak minum vitamin setiap hari? Menurut American Academy of Pediatrics dan U.S. Dietary Guidelines for Americans, anak-anak yang sehat dan nafsu makannya baik sebenarnya tidak perlu minum vitamin tambahan. 

Tapi, menurut laman Mayo Clinic, vitamin tambahan bisa dikonsumsi setiap hari apabila si Kecil memiliki kondisi-kondisi berikut. 

  • Kekurangan vitamin D dari makanan. 
  • Keterlambatan pertumbuhan fisik dan perkembangannya. 
  • Penyakit kronis. 
  • Diagnosis keracunan timbal. 
  • Diet terbatas atau membatasi. 

Moms yang punya si Kecil dengan beberapa masalah kesehatan tersebut bisa dibantu dengan Vitummy. Tapi, Vitummy apakah boleh diminum setiap hari? Jawabannya adalah boleh ya, Moms. Vitamin penambah nafsu makan dari Vitummy aman dengan 100% bahan herbalnya dan sudah memiliki legalitas jelas.

Alasannya karena Vitummy dibuat dari madu hutan asli dan ekstrak bahan alami, seperti buah pepaya, bawang putih, rimpang temulawak, rimpang temu hitam, dan rasa jeruk. 

Berbagai bahan tersebut kemudian diformulasikan sehingga mengandung Selenium Silver Pro. Formula ini berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak dan nafsu makannya. Oleh karena itu, Vitummy aman dikonsumsi setiap hari. 

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?