logo madu vitummy
Search
Close this search box.

Cacingan Bisa Dicegah Dengan Cara Apa? Simak 5+ Jawaban Berikut!

cacingan bisa dicegah dengan cara

Moms, siapa sih yang suka khawatir jika si kecil sampai terkena cacingan? Setiap orang tua tentunya merasakan hal yang sama ya, Moms. Hal ini dikarenakan cacingan merupakan salah satu masalah kesehatan global. 

Sebagai masalah global, cacingan bisa dicegah dengan cara yang harus dipahami setiap orang. Pemahaman mengenai cara-cara ini akan mendukung penurunan kasus cacingan. 

Nah, sebenarnya cacingan bisa dicegah dengan cara apa saja sih, Moms? Artikel berikut akan membahas mengenai hal tersebut. 

Simak di bawah ini ya, Moms! 

Apa itu Cacingan? 

Cacingan Bisa Dicegah dengan Cara

Sebelum membahas mengenai cacingan bisa dicegah dengan berbagai cara, Moms harus memahami terlebih dahulu apa itu cacingan? Hal ini akan membantu Moms, sebagai orang tua untuk mencegah si kecil mengalami hal ini. 

Seperti dilansir dari laman siloam hospitals, cacingan adalah suatu penyakit yang disebabkan karena infeksi cacing parasit dalam usus manusia. Disebut sebagai penyakit karena cacing tersebut bertahan hidup sebagai parasit. 

Pada kasus cacingan, cacing dapat bertahan hidup dalam usus manusia dikarenakan menyerap sari-sari makanan yang masuk kedalam usus. Kondisi ini kemudian mengakibatkan gangguan pencernaan. 

Gangguan pencernaan yang disebabkan karena cacingan dapat menimbulkan berbagai masalah lain, misalnya memunculkan masalah-masalah kulit. Bahkan, dalam beberapa kasus bisa sampai mengakibatkan anemia. 

Oleh karena itu, cacingan harus ditangani secara serius agar seseorang tidak sampai mengalami kondisi yang lebih serius. 

Cacingan Bisa Dicegah dengan Cara Mengetahui Penyebabnya 

Cacingan Bisa Dicegah dengan Cara

Moms, apa saja penyebab cacingan? Banyak hal yang bisa menyebabkan seseorang mengalami cacingan. Cacingan bisa dicegah dengan cara mengetahui berbagai penyebabnya. 

Apa saja penyebab cacingan? Berikut beberapa penyebab cacingan dilansir dari dari berbagai media.

Cacing Gelang 

Cacingan bisa disebabkan oleh infeksi cacing gelang (Ascaris lumbricoides). Ukurannya cukup besar, yaitu bisa sampai berkisar 10-35 cm. 

Perkembangan cacing ini dimulai dari kontaminasi telur cacing gelang ke dalam tubuh seseorang. Telur ini kemudian menetas dan menyebar menuju organ lain. Proses penyebaran dalam tubuh dilakukan melalui pembuluh darah dan saluran getah bening. 

Cacing gelang yang menyebabkan cacingan bisa dicegah dengan cara memberikan obat cacing. Tindakan ini termasuk upaya untuk memutuskan penularan kepada orang lain. Selain itu, juga bisa mencegah infeksi berulang. 

Cacing Pita 

Cacing pita merupakan penyebab cacingan selanjutnya yang harus diwaspadai. Pasalnya, jenis cacing ini dapat bertahan lama, bahkan hingga bertahun-tahun. Selain itu, penyebarannya juga bisa sampai ke otak, otot, dan jaringan tubuh yang lain. 

Adapun perkembangan cacing ini, yaitu membutuhkan waktu dua bulan untuk merubah larva menjadi cacing dewasa. Oleh karena itu, cacingan bisa dicegah dengan cara memahami penyebab yang satu ini. 

Cacing Kremi 

Penyebab lain cacingan adalah adanya infeksi cacing kremi. Jenis cacing ini termasuk cacing parasit dengan nama latin Enterobius vermicularis). Bentuknya panjang sekitar 5-13 milimeter dan warnanya adalah putih. 

Infeksi cacing ini biasanya terjadi pada anak-anak sekolah. Pasalnya, penularan cacing ini sering dikarenakan konsumsi makanan atau minuman yang telah terkontaminasi telur cacing. Selain itu, juga bisa disebabkan karena kebiasaan yang buruk, yaitu jarang mencuci tangan. 

Oleh karena itu, cacingan bisa dicegah dengan mengetahui cacing kremi sebagai salah satu penyebabnya. 

Cacing Tambang 

Selain beberapa penyebab tersebut, cacing tambang juga menjadi penyebab cacingan. Jenis cacing ini bisa masuk ke dalam tubuh manusia dengan menembus lapisan kulit. Adapun caranya adalah melalui telapak kaki yang sering tidak menggunakan alat. 

Selanjutnya, larva yang baru menetas tersebut akan masuk ke dalam sirkulasi darah dan terbawa ke paru-paru atau tenggorokan. Parahnya, larva ini dapat terbawa keluar atau masuk kedalam saluran cerna ketika seseorang terbatuk. 

Kondisi tersebut menjadikan cacing tambang kemudian berkembang sampai dewasa dalam saluran cerna, yaitu usus halus. Akibatnya, saluran cerna bisa terinfeksi dan mengakibatkan cutaneus larva migrans. 

Oleh karena itu, cacingan bisa dicegah dengan mengetahui proses masuknya lava cacing tambang ke dalam tubuh.

Itulah beberapa penyebab cacingan yang harus Moms pahami, sehingga cacingan bisa dicegah dengan cara memahami hal tersebut. 

Baca Juga: 7+ Cara Mengatasi Sakit Dada Sebelah Kanan Menurut Islam, Ampuh!

Cacingan Bisa Dicegah dengan Cara-cara Berikut 

Obat Susah BAB

Setelah memahami bahwa cacingan bisa dicegah dengan mengetahui beberapa penyebabnya, ada cara lain yang juga untuk mencegah hal ini. Adapun beberapa caranya sebagai berikut. 

Membiasakan Hidup Sehat 

Cacingan bisa dicegah dengan membiasakan hidup sehat. Hal ini bisa dilakukan dengan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menggunakan alas kaki saat di luar rumah dan ke toilet, dan memperhatikan makanan yang dikonsumsi. 

Mengonsumsi Air Matang atau Kemasan 

Cacingan bisa dicegah dengan cara selanjutnya, yaitu mengonsumsi air matang atau kemasan. Alasan ini dikarenakan salah satu penyebab masuknya telur cacing atau larva adalah karena sesuatu yang dikonsumsi, salah satunya minuman. 

Mengonsumsi air matang atau kemasan yang terbukti lebih sehat akan menurunkan risiko terkena cacingan. 

Mencuci Buah dan Sayur 

Cacingan bisa dicegah dengan cara yang lain, yaitu dengan mencuci buah dan sayur. Hal ini biasanya disebabkan karena buah dan sayur biasanya dipetik dari lahan persawahan. Kondisi ini menyebabkan buah dan sayur yang dijual di pasaran diindikasi tidak higinis. 

Akibatnya, apabila langsung dikonsumsi dapat menyebabkan cacingan. Oleh karena itu, kebiasaan mencuci buah dan sayur sebelum dikonsumsi mencegah cacingan. 

Memasak Daging Hingga Matang 

Seperti disebutkan sebelumnya, daging merupakan salah satu tempat telur atau larva cacing bersumber. Keadaan ini menjadikan seseorang yang mengonsumsi daging mentah berpotensi terkena infeksi cacing. 

Oleh karena itu, cacingan bisa dicegah dengan cara memasak daging hingga matang, sehingga aman untuk dikonsumsi oleh setiap orang. 

Rutin Mencuci Tangan Setelah Membersihkan Kotoran Hewan 

Hewan peliharaan biasanya memang dipelihara untuk tujuan kesenangan. Meski demikian, tidak semua orang yang suka pelihara hewan rutin mencuci tangan. Terutama setelah orang tersebut membersihkan kotorannya. 

Cacingan bisa dicegah dengan cara rutin mencuci tangan setelah membersihkan kotoran hewan. Melakukan hal ini akan menurunkan risiko terkena infeksi cacingan. 

Rutin Minum Madu Vitummy 

Madu Vitummy adalah vitamin penambah nafsu makan dan daya tahan tubuh yang dilengkapi dengan formula Selenium Silver Pro. Cacingan bisa dicegah dengan rutin mengonsumsi Vitummy. 

Alasannya karena Vitummy dibuat dari madu herbal dengan ekstrak bahan alami, seperti buah pepaya, bawang putih, temulawak, temu hitam, dan rasa jeruk. Nah, ekstrak bawang putih inilah yang membantu mengatasi masalah cacingan. 

Kondisi ini dikarenakan ekstrak bawang putih mengandung zat yang dapat membunuh cacing sampai telur-telurnya. Oleh karenanya, cacingan bisa dicegah dengan mengonsumsi Vitummy secara rutin. 

Bagaimana sih cara mendapatkan produk Vitummy?

Madu Vitummy bisa Moms dapatkan melalui website resmi www.maduvitummy.id! Yuk, dapatkan produk Vitummy sekarang juga dan dapatkan manfaat lainnya.

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?