logo madu vitummy
Search
Close this search box.

5 Penyebab Cacingan Pada Orang Dewasa, Pahami Gejalanya Sebelum Terlambat!

Penyebab Cacingan Pada Orang Dewasa

Moms, siapa nih yang berpikir bahwa cacingan hanya bisa menyerang anak-anak? Jangan salah ya, Moms. Pasalnya, orang dewasa juga bisa mengalami cacingan. Hal ini dikarenakan, infeksi cacing bisa menyerang anak-anak dan dewasa. 

Lalu, bagaimana gejala cacingan pada orang dewasa dan apa saja penyebabnya? Artikel ini akan membahas mengenai kedua hal tersebut.

Memahami gejala dan penyebab cacingan tentunya akan mendukung Moms ikut berpartisipasi menurunkan angka penyakit ini. Seperti menurut World Health Organization (WHO), penyakit ini masih menjadi penyakit yang mendunia. 

Oleh karena itu, Moms sangat penting untuk menyimak artikel berikut. 

Cacingan pada Orang Dewasa, Memang Bisa? 

Penyebab Cacingan Pada Orang Dewasa

Moms, cacingan pada orang dewasa memang sering kali dianggap sebagai hal yang jarang terjadi. Kondisi ini menjadikan banyak orang akhirnya kurang peduli dengan kebersihan. Padahal, perilaku tidak menjaga kebersihan menjadi penyebab cacingan pada orang dewasa. 

Berdasarkan hal tersebut maka cacingan pada orang dewasa memang bisa terjadi. Seperti dilansir dari laman halodoc.com, orang dewasa memang seringkali tidak menyadari telah terinfeksi cacing. 

Ketidaksadaran ini terjadi karena banyak orang dewasa yang tidak mengetahui gejalanya. Meskipun, sebenarnya gejala cacingan pada orang dewasa dapat diidentifikasi dari banyak hal. 

Munculnya gejala cacingan pada orang dewasa dikarenakan telah terjadinya infeksi cacing, salah satunya cacing kremi. Jenis cacing ini termasuk parasit karena dapat mengganggu atau bahkan merusak saluran pencernaan, terutama usus. 

Keadaan seperti ini sudah seharusnya tidak boleh diabaikan, baik pada anak-anak maupun orang dewasa. Sehingga, memahami gejala cacingan pada orang dewasa dan berbagai penyebabnya menjadi suatu hal yang harus dilakukan. 

Gejala Cacingan pada Orang Dewasa

Gejala Cacingan Pada Orang Dewasa

Cacingan pada orang dewasa menunjukkan gejala yang berbeda-beda. Perbedaan ini dipengaruhi oleh jenis cacing yang menginfeksi. Dilansir dari laman alodokter, berikut gejala cacingan pada orang dewasa berdasarkan jenis cacingnya. 

Baca Juga Yuk: 5+ Penyebab Cacingan pada Ibu Hamil, Harus Diwaspadai!

Gejala Cacingan Dikarenakan Infeksi Cacing Kremi 

Cacing kremi merupakan salah satu jenis cacing yang menyebabkan infeksi cacingan pada orang dewasa. Akibat dari infeksi ini akan memunculkan beberapa gejala cacingan, seperti gatal di sekitar anus, iritasi kulit sekitar anus karena sering digaruk terlalu keras, nyeri perut yang diiringi dengan mual, serta nafsu makan yang berkurang. 

Gejala Cacingan Dikarenakan Infeksi Cacing Tambang 

Infeksi cacing tambang juga merupakan salah satu penyebab cacingan pada orang dewasa. Hal ini sering tidak disadari oleh banyak orang. Alasannya karena gejala awal infeksi ini hanya berupa gatal dan ruam di kaki. 

Rasa gatal pada telapak kaki karena infeksi cacing tambang terjadi saat cacing masuk kedalam kulit. Selanjutnya, cacing akan masuk ke pencernaan manusia dan menimbulkan beberapa masalah pencernaan. 

Adapun beberapa gejala cacingan pada orang dewasa bisa diidentifikasi dari masalah pencernaan, seperti sakit perut, diare, menurunnya nafsu makan dan berat badan, kelelahan, serta anemia. 

Gejala Cacingan Dikarenakan Infeksi Cacing Gelang 

Cacing gelang juga termasuk dalam kategori yang dapat membuat cacingan pada orang dewasa. Bahkan, gejala yang ditimbulkan dari infeksi ini terbagi menjadi dua tahap. 

Tahap pertama adalah gejala saat larva cacing gelang berada di paru-paru dan tenggorokan. Adapun gejala tahap dua adalah ketika cacing gelang kembali ke usus sampai menjadi cacing dewasa. 

Gejala tahap pertama terinfeksi cacing gelang adalah batuk, sesak napas, dan mengi. Sedangkan pada tahap kedua, gejalanya adalah sakit perut, mual yang diiringi muntah, diare, BAB berdarah, nafsu makan dan berat badan menurun. 

Beberapa gejala tersebut merupakan gejala gangguan saluran pencernaan yang memang biasanya disebabkan karena cacingan. 

Gejala Cacingan Dikarenakan Infeksi Cacing Pita 

Infeksi cacing pita bisa menjadi penyebab cacingan pada orang dewasa. Meskipun, gejala yang ditimbulkan bervariasi. Sebabnya adalah perbedaan lokasi infeksi larva dalam tubuh. 

Seperti infeksi larva cacing pita dalam usus, gejalanya adalah mual, lemas, diare, menurunnya nafsu makan dan berat badan tubuh. Sedangkan infeksi larva pada usus yang akan menuju organ lain adalah adanya masalah kesehatan yang lebih serius. 

Beberapa di antara masalah kesehatan tersebut, yaitu sakit kepala dan kejang karena adanya gangguan di otak, kista pada organ hati, dan reaksi alergi. 

Gejala Cacingan Dikarenakan Infeksi Cacing Trikinosis 

Infeksi cacing trikinosis merupakan penyebab terakhir cacingan pada orang dewasa. Infeksi ini bisa menyerang dua organ, yaitu organ usus dan organ otot. Meski menyerang pencernaan dan otot, akan tetapi penderita biasanya tidak menyadari. 

Pada beberapa kasus memang ditemukan bahwa penderita akan menyadarinya langsung ketika muncul gejala. Beberapa gejalanya, seperti diare, kram perut, kelelahan, mual, dan muntah. 

Apabila berbagai gejala tersebut dibiarkan tanpa mendapatkan penanganan serius maka larva cacing akan menginfeksi jaringan otot. Setelah terinfeksi maka penderita akan merasakan gejala nyeri sendi dan otot, demam, sakit kepala, pembengkakan pada wajah, sensitivitas terhadap cahaya. 

Itulah beberapa gejala cacingan pada orang dewasa dikarenakan infeksi dari berbagai jenis cacing. Moms harus lebih waspada setelah mengetahui mengenai hal tersebut. Tujuannya agar diri sendiri dan keluarga terhindar dari cacingan. 

Penyebab Cacingan pada Orang Dewasa 

Penyebab Cacingan Pada Orang Dewasa

Cacingan pada orang dewasa memang disebabkan karena infeksi cacing, seperti kremi, tambang, gelang, pita, dan trikinosis. Akan tetapi, ada beberapa penyebab lain yang menjadikan orang dewasa berpotensi cacingan. 

Dilansir dari laman emc.id, terdapat beberapa faktor penyebab cacingan pada orang dewasa. Adapun beberapa faktornya sebagai berikut. 

Melakukan Kontak Langsung dengan Parasit (Cacing) 

Kontak langsung dengan cacing sebagai parasit merupakan penyebab pertama cacingan pada orang dewasa. Sebabnya cacing dapat masuk melalui kulit manusia. Selain itu, kebiasaan buruk untuk menjaga kebersihan juga menjadi penyebabnya. 

Konsumsi Minuman atau Makanan Mengandung Telur Cacing 

Penyebab cacingan pada orang dewasa selanjutnya adalah konsumsi minuman dan makanan yang tidak sehat. Makanan seperti ini biasanya mengandung telur cacing yang dapat menjadikan seseorang infeksi cacingan. 

Buruknya Sanitasi Lingkungan Sekitar 

Orang dewasa biasanya sangat bersinggungan dengan lingkungan sekitar, terutama tempat kerja. Buruknya sanitasi di lingkungan kerja bisanya menyebabkan cacingan pada orang dewasa. Hal ini dikarenakan adanya potensi kontak langsung dengan parasit. 

Mengonsumsi Makanan Mentah 

Makanan mentah memang dalam beberapa hal sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Akan tetapi, tidak sedikit orang yang ternyata justru lupa akan bahaya dari makanan mentah. Mengonsumsi makanan mentah yang tidak higienis bisa menjadi penyebab cacingan pada orang dewasa. 

Melupakan Kebiasaan Hidup Bersih dan Sehat 

Melupakan kebiasaan hidup bersih dan sehat, seperti rutin mencuci tangan dan kaki, menggunakan alas kaki, dan tidak beraktivitas di tempat-tempat yang kotor merupakan penyebab cacingan pada orang dewasa. 

Alasannya karena kondisi seperti ini menjadikan akan adanya potensi kontak langsung dengan parasit. Akibatnya, cacing dapat masuk kedalam tubuh. 

Vitummy: Solusi Alami Mengatasi Cacingan 

Penyebab Cacingan pada Orang Dewasa

Vitummy merupakan vitamin penambah nafsu makan dan daya tahan tubuh karena dilengkapi dengan Selenium Silver Pro. Mengonsumsi Vitummy selain mendapatkan manfaat tersebut juga bisa menjadi solusi alami mengatasi cacingan. 

Pasalnya, Vitummy dibuat dari madu herbal dan bahan alami, seperti ekstrak buah pepaya, bawang putih, temulawak, temu hitam, dan rasa jeruk. Ekstrak bawang putih ini bermanfaat untuk mengatasi cacingan. 
Yuk, dapatkan produk Vitummy sekarang juga melalui website resmi di www.maduvitummy.id!

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?