Cara Membuat Ramuan Kunyit untuk Nafsu Makan, Simpel dan Enak

Anak yang tidak nafsu makan merupakan ujian besar bagi orang tua ya, Moms. Alasannya, apabila dibiarkan terus-menerus akan menyebabkan nutrisi dalam tubuhnya tidak terpenuhi. Dampaknya, pertumbuhan dan perkembangannya bisa terganggu. 

Padahal seperti kita tahu, anak-anak sedang dalam masa pertumbuhan dan perkembangan yang pesat. Kondisi ini mengharuskan asupan nutrisi dalam tubuh dari makanan harus tetap terpenuhi. 

Untuk mengatasinya, Moms bisa loh mencoba mengikuti tips cara membuat ramuan kunyit untuk nafsu makan.

Manfaat Kunyit untuk Nafsu Makan 

Manfaat Kunyit untuk Nafsu Makan 

Secara ilmiah, salah satu manfaat kunyit adalah untuk nafsu makan ya, Moms. Hal ini seperti diungkapkan dalam Jurnal Universitas Brawijaya, kunyit mengandung kurkumin sebagai senyawa antibakteri dan antioksidan. 

Fungsi kurkumin dalam tubuh adalah untuk mengendalikan nafsu makan. Sebab, kurkumin dapat mempercepat pengosongan isi lambung. Hasilnya, nafsu makan seseorang bisa meningkat. 

Selain itu, meningkatnya nafsu makan juga dipengaruhi lancarnya pengeluaran empedu, sehingga meningkatkan aktivitas saluran pencernaan. Proses ini sangat baik untuk mendukung stimulasi untuk makan, terutama pada anak-anak. 

Manfaat tersebut sebenarnya tidak hanya bersumber dari kandungan kurkumin, melainkan juga dari minyak atsiri. Pasalnya, minyak atsiri juga berfungsi untuk mendukung keinginan seseorang untuk makan. 

Oleh karenanya, mengonsumsi kunyit secara rutin pada akhirnya bertujuan untuk meningkatkan berat badan sekaligus bobot karkas. 

Cara Membuat Ramuan Kunyit untuk Nafsu Makan 

cara membuat minuman kunyit untuk nafsu makan

Setelah memahami bahwa kunyit bisa untuk meningkatkan nafsu makan, lalu bagaimana cara mengonsumsinya? Moms bisa mengolah kunyit menjadi beberapa pilihan sajian, berikut cara membuat ramuan kunyit untuk nafsu makan.

1. Membuat Air Rebusan Kunyit 

Dilansir dari laman Cookpad, berikut cara membuat minuman dari bahan kunyit. 

Alat: 

  • panci untuk merebus air 
  • kompor pemanas 

Bahan: 

  • 2 ruas kunyit 
  • 2 ruas jahe 
  • gula merah secukupnya 
  • 1 gelas air 

Cara Membuat: 

  • Parut kunyit sampai sampai halus. 
  • Masukkan kunyit yang telah diparut, jahe yang telah digeprek, dan gula merah secukupnya ke dalam panci perebus. 
  • Tambahkan segelas air ke dalam panci perebusan. 
  • Rebus dengan api kecil. 
  • Aduk hingga warna mulai berubah dan matang. 
  • Matikan api pemanas, kemudian tunggu sampai bisa diminum. 
  • Saring air hasil rebusan ke dalam gelas dengan alat penyaring. 
  • Minum setiap pagi sebelum makan dan malam sebelum tidur. 

Itulah cara paling sederhana yang bisa Moms lakukan di rumah. Mengonsumsi hasil rebusan air kunyit bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan. 

2. Membuat Jamu Kunyit Asam 

Selain air rebusan kunyit yang bisa diminum, kunyit juga bisa dibuat menjadi jamu. Adapun jamu yang umum dikenal oleh masyarakat Indonesia adalah jamu kunyit asam. 

Dilansir dari buku Jamu: Ramuan Tradisional Kaya Manfaat oleh Kemendikbud RI, berikut resep jamu kunyit asam yang bisa Moms coba di rumah. 

Bahan: 

  • ½ kg kunyit 
  • ¼ kg asam jawa 
  • ¼ gula jawa 
  • secukupnya gula pasir 
  • 3 liter air 
  • ½ liter air (untuk asam) 
  • 1 sdt garam 

Cara Membuat: 

  • Blender kunyit yang telah dibersihkan dengan masukkan sedikit air. 
  • Saring hasil kunyit yang telah diblender ke dalam panci. 
  • Rendam asam jawa dengan air, kemudian saring dan masukkan hasil air rendaman ke dalam panci perasan kunyit. 
  • Nyalakan kompor, lalu rebus air kunyit dan asam jawa yang telah dicampur dengan garam, gula merah, dan gula pasir. Tunggu hingga mendidih. 
  • Setelah mendidih, angkat dan diamkan sampai air kunyit benar-benar dingin. 
  • Masukkan air kunyit yang telah dingin ke dalam botol sembari disaring agar bebas dari ampas atau butiran-butiran lainnya. 
  • Masukkan ke dalam kulkas apabila ingin dikonsumsi dalam keadaan dingin. 
  • Kamu juga bisa langsung mengonsumsinya apabila tidak suka disajikan dalam keadaan dingin. 

Baca Juga: Pusing, Mual, Lemas, dan Tidak Nafsu Makan Gejala Apa?

Manfaat Kunyit Lainnya 

Moms, selain untuk meningkatkan nafsu makan, apakah ada manfaat kunyit lainnya? Dilansir dari laman Kemenkes RI, terdapat beberapa manfaat kulit lain. Adapun beberapa sebagai berikut. 

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh (Imun) 

Manfaat lain kunyit adalah dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini dikarenakan adanya kandungan kurkumin yang juga berfungsi untuk melawan patogen penyebab penyakit. 

2. Mengobati Radang 

Selain meningkatkan imun tubuh, kandungan kurkumin juga bermanfaat untuk mengobati radang. Alasannya, kurkumin termasuk salah satu zat antioksidan yang memiliki efek antiradang terhadap peradangan yang terjadi dalam tubuh. 

3. Mengurangi Rasa Mual 

Mual biasanya terjadi karena adanya tekanan pada perut. Mengonsumsi kunyit dapat mengurangi risiko terjadinya hal tersebut. Pasalnya, kunyit mengandung kurkumin yang dapat meresap ke dalam darah, sehingga mengurangi tekanan di perut. 

Oleh karena itu, setelah mengonsumsi kunyit biasanya perut menjadi terasa ringan dan lega, sehingga mengurangi rasa mual. 

4. Mengatasi Perut yang Kembung 

Tidak hanya mual, kunyit juga bisa mengatasi perut yang kembung. Sebab kandungan kurkumin pada kunyit dapat membantu mengurangi tekanan gas pada perut. Hasilnya akan membantu lambung untuk menghentikan produksi asam berlebih. 

5. Mengurangi Nyeri Haid 

Haid memang sering menjadi penyebab nyeri pada bagian perut. Mengurangi risiko terjadinya hal ini bisa dilakukan dengan mengonsumsi kunyit, terutama dalam bentuk minuman. 

Jamu kunyit asam bisa meredakan kontraksi rahim karena mengandung kurkumin. Zat ini memang bermanfaat untuk membantu mengurangi masuknya aliran ion kalsium pada sel-sel epitel rahim. 

Selain itu, juga bisa mengurangi terjadinya produksi prostaglandin, yaitu hormon yang memicu rasa sakit ketika haid. 

6. Mengobati Alergi 

Kunyit mengandung kurkumin dan bisdesmetoksikurkumin sebagai senyawa antialergi. Fungsinya dalam tubuh dapat membantu mengatasi gatal-gatal yang disebabkan oleh alergi pada tubuh. 

7. Menangkal Bakteri 

Seperti telah disebutkan, manfaat kunyit dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini dapat membantu tubuh dalam menangkal bakteri penyebab penyakit. Alasannya, semakin imun tubuh seseorang kuat maka akan tidak mudah sakit. 

8. Melawan Infeksi 

Infeksi merupakan salah satu upaya patogen, seperti virus, bakteri, jamur dan berbagai patogen lain yang masuk ke dalam tubuh. Melawan terjadinya infeksi dalam tubuh bisa dengan memanfaatkan kunyit. 

Alasannya, kunyit mengandung zat yang dapat melawan perkembangan jamur atau bakteri dalam tubuh. Oleh karena itu, daya tahan tubuhnya semakin kuat. 

9. Meredakan Peradangan Usus 

Peradangan usus atau Irritable Bowel Syndrome (IBS) dapat menyebabkan masalah pada sistem pencernaan. Apabila kondisi ini dibiarkan maka dapat mengakibatkan diare kronis.

Mengonsumsi kunyit dapat mengurangi intensitas sakit pada perut yang disebabkan oleh peradangan usus. Hal ini dikarenakan adanya kandungan antioksidan dan kurkumin yang membantu melancarkan kinerja otot pencernaan. 

Madu Vitummy untuk Daya Tahan Tubuh 

Mendapatkan berbagai manfaat kunyit juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi Madu Vitummy. Madu untuk daya tahan tubuh dan nafsu makan ini dibuat dari madu hutan asli dan ekstrak bahan alami. 

Adapun bahannya, yaitu ekstrak buah pepaya, bawang putih, rimpang temulawak, rimpang temu hitam, dan rasa jeruk. Berbagai bahan inilah yang menjadikan Madu Vitummy dilengkapi dengan formula Selenium Silver Pro. 

Formula tersebut dirancang untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan nafsu makan anak. 

Yuk, dapatkan produk Madu Vitummy sekarang juga melalui website resminya di www.maduvitummy.id! 

Selain menjaga nafsu makan dengan mengikuti tips cara membuat ramuan kunyit untuk nafsu makan di atas, penting untuk Moms tahu hal-hal lain yang tak kalah penting. Seperti berapa menit setelah makan boleh tiduran? Dan lain sebagainya.


Share on:

Seorang content writer brand support Madu Vitummy di Erdigma Indonesia. Dia menulis artikel tentang kesehatan, pola asuh, dan gaya hidup sehat. Selain itu, dia juga menyukai riset, membaca buku, dan menulis.

Tinggalkan komentar