logo madu vitummy
Search
Close this search box.

Cara Mengatasi Diare Setelah Minum Susu Pada Anak dan Orang Dewasa

cara mengatasi diare setelah minum susu

Diare adalah salah satu efek samping intoleransi laktosa yang kerap terjadi. Sebagai orang tua, Moms perlu mewaspadai kondisi seperti ini agar tidak sampai dialami oleh si Kecil. Pasalnya, diare setelah minum susu bisa dialami, baik oleh anak-anak maupun dewasa. 

Apabila sampai terjadi maka Moms harus tahu cara mengatasi diare setelah minum susu. Sebab, membiarkan begitu saja justru akan membuatnya semakin parah.

Artikel ini akan membahas penyebab diare setelah minum susu. Selain itu, juga cara mengatasinya, baik pada anak-anak maupun orang dewasa. 

Yuk, simak selengkapnya di bawah ini, Moms! 

Penyebab Diare Setelah Minum Susu 

cara mengatasi diare setelah minum susu pada anak dan orang dewasa

Minum susu sering memicu diare pada kasus-kasus tertentu. Salah satunya bagi mereka yang punya masalah intoleransi laktosa. Moms, apakah penyebab diare hanya karena intoleransi laktosa?

Perlu diketahui bahwa ada banyak penyebab diare setelah minum susu. Dilansir dari berbagai sumber, beberapa penyebabnya antara lain seperti berikut. 

Intoleransi Laktosa 

Penyebab diare setelah minum susu yang paling sering terjadi adalah intoleransi laktosa. Kondisi ini umumnya terjadi ketika tubuh tidak mampu mencerna laktosa atau gula alami yang terdapat dalam susu atau produk susu lainnya. 

Dilansir dari laman Mayo Clinic, laktosa dalam susu terdiri dari dua molekul sederhana, yaitu glukosa dan galaktosa. Keduanya kemudian dipecah oleh enzim laktase di dalam usus kecil. Nah, Moms harus tahu bahwa intoleransi laktosa ini dikarenakan kurangnya enzim laktase. 

Fungsinya enzim laktase dalam tubuh adalah untuk mencegah laktosa menjadi glukosa dan galaktosa. Kemudian, kedua pecahan tersebut akan diserap oleh tubuh. Tapi, apabila laktase dalam usus kecil kurang maka laktosa akan difermentasi oleh bakteri. 

Moms, proses fermentasi laktosa oleh bakteri dalam usus tersebut yang menyebabkan gejala tidak nyaman, salah satunya diare. Oleh karenanya, diare yang umumnya terjadi setelah minum susu sering dikaitkan dengan intoleransi laktosa. 

Alergi Susu 

Diare setelah minum susu selanjutnya disebabkan oleh alergi terhadap susu. Laman Mayo Clinic menyebutkan bahwa alergi susu adalah reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap protein yang terdapat dalam susu. 

Moms, gejala alergi ini ternyata juga bervariasi, loh. Disebutkan dalam laman yang sama bahwa gejalanya antara lain ruam kulit, gatal-gatal, hingga diare. Nah, beberapa reaksi alergi tersebut umumnya muncul setelah mengonsumsi produk susu tertentu. 

Oleh karenanya, meskipun susu dikenal sebagai nutrisi pelengkap yang baik bagi tubuh, tapi pada beberapa kasus tertentu justru menjadi pemicu alergi penyebab diare. 

Infeksi Saluran Pencernaan 

Tidak hanya alergi, penyebab diare setelah minum susu juga sering disebabkan infeksi saluran pencernaan. Infeksi ini umumnya memang dipucu oleh bakteri, virus, atau parasit. Adapun gejalanya, seperti mual, muntah, demam dan sakit perut. 

Moms, cara menyimpan dan mengolah susu yang kurang sesuai tidak jarang memicu pertumbuhan bakteri. Nah, apabila sampai dikonsumsi oleh si Kecil maka akan menyebabkan infeksi saluran pencernaan. Hasilnya, anak bisa mengalami diare. 

Oleh karenanya, infeksi saluran pencernaan adalah salah satu penyebab diare setelah minum susu. 

Iritasi Usus atau Sindrom Iritasi Usus (IBS) 

Iritasi usus juga sering memicu diare setelah minum susu. Dilansir dari laman Healthline, sindrom iritasi usus (IBS) adalah gangguan kronis yang mempengaruhi usus besar. Kondisi ini dipicu oleh berbagai makan, salah satunya susu. 

Hasilnya, minum susu bagi orang yang memiliki gangguan kronis dalam usus besar justru akan menyebabkan diare. Oleh karenanya, Moms harus mewaspadai kondisi pencernaan, baik pada si Kecil maupun anggota keluarga lainnya. 

Overproduksi Asam Lambung 

Minum susu bisa menyebabkan peningkatan produksi asam lambung bagi beberapa orang. Umumnya nih Moms, mereka yang mengalami overproduksi asam lambung adalah para pengidap masalah lambung, seperti gastroesophageal reflux disease (GERD) dan gastritis. 

Penderita penyakit tersebut kerap mengalami produksi asam lambung berlebih. Oleh karenanya, minum susu pada kondisi tertentu justru menjadi pemicu diare. 

Cara Mengatasi Diare Setelah Minum 

mengatasi diare setelah minum susu

Moms, diare setelah minum susu bisa menjadi pengalaman yang tidak menyenangkan, baik bagi anak-anak maupun orang dewasa. Mengatasinya memerlukan pemahaman yang tepat mengenai penyebab dan langkah-langkah yang bisa diambil untuk mengatasinya. 

Mengatasi Diare Setelah Minum Susu Pada Anak

Berikut beberapa cara mengatasi diare setelah minum susu, baik pada anak maupun orang dewasa. 

Anak-anak lebih berisiko mengalami diare setelah minum susu ya, Moms. Apabila kondisi ini sampai terjadi, orang tua sebaiknya jangan pani. Sebab, ada beberapa cara mengatasinya yang langsung bisa Moms lakukan seperti berikut. 

Sementara hentikan pemberian susu pada anak 

Menghentikan pemberian susu harus dilakukan apabila terjadi diare setelah anak meminumnya ya, Moms. Cara ini dilakukan untuk mencegah kondisi si Kecil semakin parah. Selain itu, juga untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab lainnya. 

Baca Juga: Apakah Boleh Minum Vitamin Saat Diare?

Mengganti dengan susu bebas laktosa 

Salah satu solusi efektif untuk mengatasi diare pada anak yang disebabkan oleh intoleransi laktosa adalah dengan memberikan produk susu bebas laktosa ya, Moms. Susu jenis ini telah diproses secara khusus untuk menghilangkan laktosa sehingga aman dan nyaman dikonsumsi oleh anak-anak yang memiliki intoleransi laktosa, sehingga tidak mengakibatkan diare. 

Memberikan susu nabati sebagai gantinya 

Bagi anak yang punya intoleran terhadap laktosa, menemukan alternatif susu yang tepat sangat penting untuk memastikan mereka tetap mendapatkan nutrisi yang diperlukan tanpa mengalami gejala diare dan ketidaknyamanan pencernaan. 

Moms, perlu diketahui bahwa beberapa jenis susu antara lain susu almond, susu kedelai, dan susu oat adalah pilihan yang baik sebagai pengganti susu laktosa. Biasanya mengonsumsi jenis susu ini tidak menimbulkan reaksi pada anak yang memiliki intoleransi laktosa. 

Memperhatikan gejala alergi 

Apabila Moms menduga adanya alergi susu, maka segera konsultasikan dengan dokter. Selain itu, penggantian susu dengan formula hipoalergenik juga bisa menjadi solusi setelahnya.

Memberikan probiotik 

Probiotik dapat membantu menyeimbangkan flora usus dan meredakan diare. Probiotik dapat ditemukan dalam yogurt bebas laktosa atau suplemen probiotik khusus anak lainnya ya, Moms. 

Memantau asupan cairan anak 

Pastikan anak tetap terhidrasi dengan baik. Berikan oralit atau cairan rehidrasi lainnya untuk menggantikan cairan yang hilang akibat diare.


Cara Mengatasi pada Orang Dewasa 

Meskipun diare akibat minum susu umumnya dialami anak-anak, namun pada beberapa kasus juga dialami orang dewasa. Cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi diare akibat minum susu pada orang dewasa seperti berikut ya, Moms. 

Menghindari produk susu sementara 

Berhenti mengonsumsi susu dan produk turunannya untuk sementara waktu hingga diare mereda adalah cara yang sangat direkomendasikan ya, Moms. Tujuannya adalah mencegah terjadinya reaksi yang semakin parah. 

Rekomendasi Artikel Lainnya: Buah Berserat Tinggi untuk Pencernaan Sehat.

Mengonsumsi enzim laktase 

Suplemen enzim laktase dapat membantu mencerna laktosa saat mengonsumsi produk susu ya, Moms. Suplemen ini bisa diminum sebelum makan atau minum susu. 

Memilih susu alternatif 

Seperti anak-anak, orang dewasa juga bisa beralih ke susu bebas laktosa atau susu nabati seperti susu almond, kedelai, atau oat.

Mempertimbangkan alergi 

Jika gejala diare disertai dengan reaksi alergi lainnya seperti ruam atau gatal-gatal, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk kemungkinan alergi susu.

Menjaga asupan cairan 

Pastikan untuk tetap terhidrasi dengan minum banyak air, oralit, atau cairan rehidrasi oral untuk menggantikan cairan yang hilang.

Mengonsumsi probiotik 

Mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik seperti yogurt bebas laktosa atau suplemen probiotik dapat membantu memperbaiki flora usus.

Apabila si Kecil tetap diare setelah melakukan berbagai cara tersebut, Moms tidak perlu panik. Cara lain yang bisa Moms lakukan adalah dengan Minum Vitummy

Vitummy hadir sebagai solusi praktis dan efektif untuk mengatasi diare akibat intoleransi laktosa. Sebab terdapat kandungan ekstrak buah pepaya, temulawak, dan temu hitam yang dapat melancarkan pencernaan. salah satunya mengatasi diare akibat susu. 

Jangan biarkan diare mengganggu kebahagiaan keluarga ya, Moms. Segera berikan Vitummy dan nikmati kembali manfaat susu tanpa khawatir diare. Yuk, dapatkan produknya sekarang juga melalui website resminya di www.maduvitummy.id! 

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?