logo madu vitummy
Search
Close this search box.

10+ Cara Mengatasi Susah Tidur yang Ampuh

cara mengatasi susah tidur

Cara mengatasi susah tidur merupakan suatu hal yang banyak dicari oleh banyak orang. Pasalnya, susah tidur merupakan suatu kondisi yang umum terjadi baik pada anak, dewasa, maupun orang tua. Tentunya, kondisi ini dapat menganggu aktivitas dan produktivitas sehari-hari, hingga bahkan dapat menyebabkan gangguan fisik dan mental apabila terus dibiarkan.

Untuk membantu mom mempertahankan produktivitas keluarga, kami telah merangkum beberapa cara mengatasi susah tidur yang paling ampuh dan efektif secara alami.

Baca juga: Bahaya begadang bagi kesehatan

Yuk simak cara mengatasi tidur berikut ini:

Cara Mengatasi Susah Tidur Secara Alami

cara mengatasi susah tidur

Ada banyak cara mengatasi susah tidur yang dapat mom aplikasikan dalam kegiatan sehari-hari. Misalnya, meditasi, yoga, terapi pijat, hingga bahkan rutin melakukan olahraga ringan.

Meditasi

Mom, stres dan banyak pikiran merupakan salah satu penyebab susah tidur lho. Oleh sebab itu, meditasi termasuk ke dalam salah satu cara mengatasi susah tidur yang alami. Meditasi merupakan bentuk latihan untuk memusatkan dan menjernihkan pikiran agar tubuh menjadi tenang dan nyaman.

Di samping itu, meditasi juga dapat mengatur emosi, melatih pikiran positif, meningkatkan konsentrasi dan daya ingat, serta mencegah tekanan darah tinggi sehingga tekanan darah tetap terjaga normal.

Meditasi ini umumnya dilakukan dengan cara duduk tenang, memejamkan mata, kemudian mengatur pernafasan secara perlahan dengan durasi setidaknya 10-20 menit.

Yoga

Cara mengatasi susah tidur berikutnya adalah dengan melakukan yoga. Yoga merupakan olahraga tubuh dan pikirian dengan menggabungkan latihan pernafasan, meditasi, serta pose dan gerakan. Latihan ini dirancang agar tubuh mendapatkan efek relaksasi dan mengurangi stres.

Selain itu, yoga ini disebut-sebut sebagai cara mengatasi susah tidur yang paling efektif dan banyak diminati oleh kaum hawa. Pasalnya, dengan melakukan yoga, tubuh menjadi lebih rileks, menghilangkan ketegangan tubuh, serta menenangkan pikiran, sehingga kualitas tidur menjadi lebih baik.

Tak hanya sebagai cara mengatasi susah tidur, yoga juga dapat meringankan sakit punggung, meningkatkan kebugaran, hingga memperbaiki postur tubuh.

Terapi pijat

Terapi pijat merupakan salah satu terapi yang sering digunankan untuk meredakan gejala penyakit tertentu, salah satunya adalah sebagai cara mengatasi susah tidur. Terapi ini dapat memberikan efek relaksasi dengan cara menekan anggota tubuh, terutama otot, kulit, dan urat.

Terapi pijat ini dapat ditemukan di berbagai tempat seperti spa, salon, hingga pijat tradisional yang dapat dipanggil ke rumah.

Kebayang kan rasanya dipijat setelah menjalani aktivitas hari yang padat? Sungguh sangat menenangkan.

Ciptakan suasana tidur yang nyaman

Untuk beberapa orang, susah tidur dapat dipicu akibat tempat atau suasana tidur yang kurang nyaman. Cobalah untuk menciptakan suasana tidur yang nyaman seperti kurangi cahaya lampu, jauhkan gadget, hingga menggunakan minyak aromatherapi dan essensial dalam kamar sehingga tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks.

Hindari tidur siang terlalu lama

Tidur siang yang terlalu lama tentunya dapat mengakibatkan susah tidur di malam hari. Jika mom ingin menenangkan tubuh yang lelah di siang hari, cukup miliki tidur siang dengan durai 10-20 menit sebelum jam 3 sore.

Miliki jadwal tidur yang teratur

Kebanyakan orang berpikir bahwa menebus jam tidur siang di akhir pekan dapat membantu tubuh memiliki istirahat yang cukup. Padahal, cara ini dapat menganggu jadwal tidur alami terganggu lho. Usahakan untuk tetap tidur dan bangun di waktu yang sama.

cara mengatasi susah tidur alami

Hindari Cafein

Hindari Cafein

Cara mengatasi susah tidur selanjutnya adalah dengan menghindari minuman yang mengandung kafein seperti, kopi, teh, minuman soda atau minuman berenergi, terutama sore dan malam hari sebelum tidur.

Mandi air hangat

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa mandi sebelum tidur malam dengan air hangat dapat mempercepat waktu tidur 10 menit dari biasanya. Mandi air hangat 90 menit sebelum tidur dapat melancarkan sirkulasi darah dan membuat suhu tubuh menurun sehingga dapat membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

Membaca buku

Pernahkan kalian mengantuk pada saat membaca buku? Hal tersebut wajar dialami. Ketika membaca buku, kedua mata akan bergerak secara konstan dalam waktu yang lama. Setelah mata membaca informasi, otak kemudian memproses informasi. Kombinasi antara otot mata dan otak tersebut yang menyebabkan tubuh menjadi mengantuk ketika membaca buku.

Itulah beberapa cara mengatasi susah tidur yang secara alami dan dapat dilakukan dalam kegiatan sehari-hari tanpa memakan banyak waktu yang banyak. Namun, apabila mom tetap susah tidur meskipun telah melakukan cara-cara di atas, konsultasilah dengan dokter.

Selain itu semua, sulit tidur juga dapat menyerang pada anak-anak. Oleh sebab itu, kami juga merangkum cara mengatasi susah tidur pada anak-anak.

Cara mengatasi susah tidur pada anak-anak

cara mengatasi susah tidur pada anak

Susah tidur pada anak tentunya dapat menganggu konsentrasi dan menurunkan fokus belajar anak akibat mengantuk saat belajar sehingga susah tidur dapat menyebabkan prestasi si kecil menurun. Tak hanya itu, jika dibiarkan, kondisi kurang tidur juga dapat menganggu kondisi fisik, mental, dan tumbuh kembang anak.

Anak-anak umumnya membutuhkan waktu tidur yang panjang, yaitu 11-13 jam untuk usia 2-6 tahun dan 10-11 jam untuk anak usia 6-12 tahun.

Mom harus mengetahui penyebab anak susah tidur sehingga dapat menemukan cara susah tidur pada anak yang tepat dan ampuh.

Untuk membantu mom, kami telah mengumpulkan beberapa informasi terbaik sebagai cara mengatasi susah tidur pada anak.

Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Ciptakan kamar tidur yang nyaman

Tak hanya pada orang dewasa, susah tidur pada anak bisa terjadi akibat suasana kamar tidur yang kurang nyaman. Mom bisa memulai mencoba menciptakan kamar tidur yang nyaman untuk si kecil. Misalnya, dengan menjaga kebersihan dan kerapihan kamar tidur si kecil, membuat suasana kamar menjadi redup, serta menaruh barang-barang kesayangannya,

Namun penting untuk diperhatikan, hindari meletakan barang-barang elektronik seperti gadget atau televisi di kamar ya mom. Benda elektronik dapat merangsang otak si kecil untuk tetap aktif sehingga dapat membuatnya susah tidur.

Batasi tidur siang

Selain pada orang dewasa, tidur siang berlebihan pada anak juga dapat membuat anak sulit tidur di malam hari. Untuk itu, batasi tidur siang si kecil yaitu hanya 30 menit sebelum jam 3 sore.

Membuat si kecil tenang

Tahukah mom bahwa perasaan tenang sang ibu pada anak itu menular? Untuk itu, buatlah diri mom tenang terlebih dahulu atau biarkan si kecil sendiri selama sekita 10-15 menit sebelum tidur.

Periksalah ke dokter

Jika si kecil susah tidur akibat kondisi dan penyakit tertentu, misalnya demam atau flu. Cobalah untuk bawa si kecil berkonsultasi ke dokter.

Membaca buku cerita

Selain membiasakan anak untuk rajin membaca, dongen sebelum tidur juga dapat menjadi salah satu cara mengatasi susah tidur yang efektf untuk anak.

Pilihlah cerita dongeng yang sesuai untuk usia si kecil.

Selain aktivitas di atas, cara mengatasi susah tidur juga dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi tanamna herbal. Untuk lebih lanjut, yuk simak dalam uraian berikut ini.

Cara Mengatasi Susah Tidur dengan Tanaman Herbal

cara mengatasi susah tidur dengan herbal

Mom, tanaman herbal seperti teh chamomile atau lavender disebut-sebut dapat membantu mengatasi susah tidur lho. Untuk menambah pengetahuan mom, yuk simak cara mengatasi susah tidur dengan tanaman herbal berikut ini.

Teh Chamomile

Siapa yang tidak tahu teh chamomile? teh ini merupakan minuman yang memiliki efek menenangkan dan membuat tubuh serta pikiran menjadi rileks sehingga tubuh menjadi lebih mudah beristirahat.

Teh chamomile berbeda dengan teh pada umumnya, yaitu bebas dari kafein.

Menurut penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Advanced Nursing, teh chamomile dapat mengurangi masalah tdiur pada ibu yang baru melahirkan.

Ginseng merah

Bagi pecinta drama korea, mungkin sudah tidak asing mendengan frasa “ginseng merah”. Ginseng merah disebut sebagai obat insomnia alami. Mengonsumsi ini diketahui dapat mengurangi stres dalam tubuh yang dapat memicu penyebab susah tidur.

Lavender

Yups, lavender memang saling terkait dengan cara mengatasi susah tidur. Lavender memiliki kandungan minyak atsiri yang mempunyai efek memperpanjang durasi tidur. Selain itu, kandungan linalool dan linalil asetat dalam minyak lavender dapat memicu pelepasan serotonin yang merupakan neurotransmitter yang mengatur permulaan untuk tidur.

Itulah beberapa cara mengatasi susah tidur untuk mom dan keluarga. Jika mom sudah melakukan cara di atas namun susah tidur tak kunjung terobati. Periksalah ke dokter untuk berkonsultasi. Hindari produk obat-obatan yang mengandung bahan kimia tanpa anjuran resep dokter ya mom.

Untuk ibu hamil dan menyusui, sebaiknya hindari herba ini ya.

Untuk membantu mom dalam mengoptimalkan menjaga dan memelihara kesehatan keluarga, Vitummy hadir sebagai madu herbal pelindung keluarga yang mengandung extrak tanaman jamu berkualitas untuk meningkatkan nafsu makan, menjaga daya tahan tubuh, dan atasi masalah cacingan. Yuk pesan dan jangan sampai terlewatkan.

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?