logo madu vitummy
Search
Close this search box.

Cara Merebus Daun Balakacida, Kenali Juga Manfaatnya!

cara merebus daun balakacida

Daun Balakacida, yang juga dikenal sebagai daun kelor, telah lama diakui karena keberagaman manfaat kesehatannya. Dari kandungan nutrisi hingga sifat antioksidan, banyak alasan untuk memasukkan daun ini dalam pola makan sehari-hari. 

Moms, pernahkah merebus daun balakacida? Cara merebus daun balakacida harus sangat diperhatikan. 

Nah, artikel ini akan membahas cara merebus daun Balakacida dan mengeksplorasi beragam manfaat kesehatannya yang menakjubkan.

Simak di bawah ini ya, Moms! 

Apa itu Daun Balakacida? 

daun balakacida

Daun Balakacida (Moringa oleifera) adalah tanaman yang berasal dari Asia Selatan dan sekarang tersebar luas di berbagai belahan dunia. Tanaman ini dikenal dengan berbagai nama, termasuk kelor, moringa, dan drumstick tree. Daunnya yang kaya akan nutrisi telah menjadi bagian integral dari berbagai tradisi kuliner dan obat-obatan.

Yuk Baca: Cacingan Menular atau Tidak? Bedah 3 Mitos dan Faktanya!

Berikut beberapa kandungan nutrisi yang terdapat dalam daun balakacida. 

  1. Protein Tinggi: Daun Balakacida mengandung protein tinggi yang esensial untuk pertumbuhan dan perbaikan sel-sel tubuh.
  2. Vitamin dan Mineral: Kaya akan vitamin A, C, dan E, serta mineral seperti kalsium, kalium, dan zat besi.
  3. Serat: Membantu pencernaan dan menjaga kesehatan usus.
  4. Antioksidan: Melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Itulah beberapa kandungan nutrisi daun balakacida. 

Cara Merebus Daun Balakacida 

cara memasak daun balakacida

Cara merebus daun balakacida bisa dilakukan dengan menyiapkan bahan-bahan dan mengikuti langkah-langkah berikut. 

Bahan-bahan:

  • Daun Balakacida segar (dapat ditemukan di pasar tradisional atau toko makanan kesehatan)
  • Air bersih

Langkah-langkah: 

  1. Pilih Daun yang Segar: Cara merebus daun balakacida yang pertama adalah pilih daun balakacida yang segar dan bersih. Pastikan untuk mencuci daun tersebut dengan baik untuk menghilangkan kotoran dan residu.
  2. Persiapkan Air: Cara merebus daun balakacida yang kedua adalah dengan menyiapkan panci dengan air bersih yang cukup untuk merebus daun. Jumlah air tergantung pada berapa banyak daun yang akan Anda masak.
  3. Panaskan Air: Cara merebus daun balakacida yang ketiga adalah dengan meletakkan panci di atas kompor dan panaskan air hingga mendidih.
  4. Masukkan Daun Balakacida: Cara merebus daun balakacida yang keempat adalah setelah air mendidih, masukkan daun Balakacida ke dalam panci. Biarkan merebus selama 2-3 menit.
  5. Saring dan Tiriskan: Cara merebus daun balakacida yang terakhir adalah setelah merebus, saring daun Balakacida dari air. Anda dapat menyimpan air rebusan ini untuk diminum sebagai teh atau menggunakannya sebagai dasar dalam berbagai hidangan.

Itulah cara merebus daun balakacida yang perlu Moms ketahui. 

Manfaat Kesehatan Daun Balakacida 

daun balakacida

Cara merebus daun balakacida seperti yang telah diuraikan sebelumnya dapat memberikan banyak manfaat kesehatan. Adapun beberapa manfaatnya, yaitu sebagai berikut.

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yaitu dikarenakan daun balakacida kaya akan vitamin C, yang dikenal meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mengonsumsinya secara teratur dapat membantu melawan infeksi dan penyakit.
  • Peningkatan energi dan vitalitas, yaitu adanya kandungan zat besi dalam daun Balakacida dapat membantu mencegah dan mengatasi anemia, meningkatkan kadar hemoglobin, dan memberikan energi tambahan.
  • Menurunkan kolesterol, yaitu berdasarkan beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun Balakacida dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam tubuh.
  • Memelihara kesehatan kulit, yaitu dikarenakan kandungan antioksidan dalam daun ini membantu melawan kerusakan radikal bebas, menjaga kulit tetap sehat dan mencegah penuaan dini.
  • Regulasi gula darah, yaitu penelitian awal menunjukkan bahwa daun Balakacida dapat membantu mengatur kadar gula darah, bermanfaat untuk penderita diabetes.
  • Memelihara kesehatan jantung, yaitu kandungan kalium dalam daun ini dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mengatur tekanan darah.

Itulah beberapa manfaat daun balakacida saat diproses dengan cara merebus daun balakacida sesuai yang disarankan. 

Resep Sederhana Daun Balakacida: Salad Tinggi Protein 

Moms, untuk memaksimalkan manfaat kesehatan daun Balakacida, mari coba resep sederhana dan lezat: Salad Tinggi Protein dengan Daun Balakacida.

Bahan-bahan: 

  • Daun Balakacida segar
  • Daging ayam tanpa kulit, direbus dan dipotong dadu
  • Tomat cherry, potong menjadi dua
  • Mentimun, potong dadu
  • Alpukat, potong dadu
  • Keju feta, potong kecil-kecil
  • Biji bunga matahari, sangrai
  • Dressing: Minyak zaitun, air lemon, garam, dan merica secukupnya

Langkah-langkah: 

  1. Rebus Daun Balakacida: Ikuti langkah-langkah cara merebus daun Balakacida seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Tiriskan dan biarkan dingin.
  2. Siapkan Bahan Lain: Potong semua bahan lain sesuai keinginan Anda.
  3. Campur Semua Bahan: Dalam mangkuk besar, campurkan daun Balakacida yang telah direbus, daging ayam, tomat cherry, mentimun, alpukat, keju feta, dan biji bunga matahari yang telah disangrai.
  4. Buat Dressing: Dalam mangkuk kecil, campurkan minyak zaitun, air lemon, garam, dan merica secukupnya. Aduk rata.
  5. Tuangkan Dressing: Tuangkan dressing ke dalam mangkuk salad dan aduk perlahan untuk meratakan rasa.
  6. Sajikan Dingin: Biarkan salad di lemari es selama beberapa menit sebelum disajikan. Sajikan di atas piring atau mangkuk.

Variasi dan Tips: 

  • Tambahkan Quinoa: Untuk memberikan tambahan protein dan tekstur, tambahkan quinoa yang telah dimasak ke dalam salad.
  • Opsi Protein Lain: Gantilah daging ayam dengan tahu, tempe, atau kacang-kacangan untuk opsi protein tanaman.
  • Tambahkan Jeruk Segar: Untuk sentuhan segar, tambahkan irisan jeruk segar ke dalam salad.
  • Eksplorasi dengan Rempah-rempah: Tambahkan rempah-rempah seperti daun mint atau ketumbar untuk memberikan aroma tambahan.

Mengintegrasikan daun Balakacida dalam resep sehari-hari, seperti salad protein tinggi, adalah cara yang lezat dan kreatif untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang luar biasa dari tanaman ini. 

Selain menyajikan hidangan yang enak, Moms juga memberikan tubuh nutrisi yang kaya dan kebaikan alami dari daun Balakacida.

Jika Moms masih mencoba memasukkan daun Balakacida ke dalam pola makan sehari-hari, eksplorasi dengan berbagai resep dan metode memasak. Ini membantu menjaga keberagaman dan membuat pengalaman konsumsi menjadi lebih menarik. 

Itulah resep sederhana dengan memanfaatkan cara merebus daun balakacida. Apakah tertarik untuk mencobanya di rumah, Moms? Selamat mencoba di rumah ya, Moms! 

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?