logo madu vitummy
Search
Close this search box.

Ciri Ciri Sistem Kekebalan Tubuh Menurun, Kelihatan Banget Dari Ini

ciri ciri sistem kekebalan tubuh menurun

Sistem kekebalan tubuh (imun) merupakan salah satu kunci kesehatan tubuh ya, Moms. Sebab, fungsinya sebagai pertahanan utama tubuh terhadap benda asing. Selain itu, juga sebagai pelindung dari patogen penyebab penyakit. 

Meskipun peranannya sangat penting, tapi imun tubuh juga bisa menurun loh, Moms. Kondisi ini tentunya harus diwaspadai karena tubuh akan kesulitan melawan sumber-sumber penyakit. Akibatnya, tubuh bisa mengalami sakit. 

Lalu, apa saja ciri ciri sistem kekebalan tubuh menurun? Yuk, simak pada artikel berikut! 

Ciri ciri Sistem Kekebalan Tubuh Menurun 

Sebagai orang tua, Moms harus tahu ciri imun lemah, baik pada anak-anak maupun orang dewasa. Pasalnya, dengan mengetahui akan hal ini maka Moms dapat membantu mencegah keluarga dari serangan berbagai penyakit. 

Nah, berikut ada beberapa tanda ketika daya tahan tubuh menurun ya, Moms. 

1. Sering Merasa Lelah 

sistem kekebalan tubuh menurun

Lelah biasanya muncul setelah melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Keadaan seperti ini sangat wajar dialami oleh tubuh, salah satunya sebagai tanda bahwa tubuh telah bekerja keras. 

Tapi, lelah yang dirasakan terus-menerus dan tidak kunjung sembuh perlu diwaspadai ya, Moms. Terlebih lagi apabila rasa lelahnya tidak kunjung hilang, bahkan setelah beristirahat seharian. 

Kondisi tersebut bisa menunjukkan ciri fisik lemah. Seperti dilansir dari laman Siloam Hospitals, sering merasa lelah disebabkan oleh tingkat energi yang rendah secara konstan. Hal ini menandakan bahwa tidak baiknya sistem kekebalan dalam tubuh. 

2. Rentan Terkena Batuk Pilek 

Batuk dan pilek (common cold) merupakan infeksi virus ringan pada saluran pernapasan. Infeksi ini umumnya terjadi dua hingga tiga kali dalam setahun ya, Moms. Oleh karenanya, apabila si Kecil atau anggota keluarga yang lain sering mengalaminya maka bisa jadi karena daya tahan tubuh mereka menurun. 

Alasannya, sistem kekebalan tubuh biasanya memerlukan 7–10 hari untuk melawan infeksi. Namun, apabila tubuh terlalu sering mengalami batuk pilek maka memerlukan waktu pemulihan yang lebih lama. 

Nah, waktu yang diperlukan umumnya lebih dari 10 hari. Lamanya waktu pemulihan dari batuk pilek ini dipicu imun dalam tubuh yang lemah. Oleh karenanya, kondisi ini akan menunjukkan ciri fisik lemah. 

3. Sering Sakit Perut dan Diare 

Sakit perut dan diare termasuk dua jenis gangguan sistem pencernaan dalam tubuh. Penyebabnya bisa dikarenakan dua hal, baik adanya infeksi maupun non-infeksi. 

Infeksi atau bukan yang menyebabkan sakit perut dan diare dengan intensitas yang sering bisa menunjukkan adanya masalah kesehatan. Salah satunya menunjukkan ciri ciri sistem kekebalan tubuh menurun. 

Berbeda dibanding biasanya, sakit perut dan diare akibat imunitas tubuh yang lemah akan lebih lama sembuhnya. Keadaan ini dipicu usus yang tidak memiliki jumlah mikroba sehat yang cukup. Akibatnya, sistem pencernaan akan sangat rentan mengalami gangguan. 

4. Proses Penyembuhan Luka Sangat Lama 

Luka sangat bergantung dengan sistem kekebalan tubuh setiap orang ya, Moms. Pasalnya, semakin baik imunitas tubuhnya maka luka akan semakin cepat sembuh. Sebaliknya, imun tubuh yang buruk akan memperlambat proses penyembuhan luka. 

Oleh karenanya, luka yang tidak kunjung sembuh bahkan setelah melalui berbagai proses penyembuhan termasuk ciri ciri sistem kekebalan tubuh menurun. 

5. Mudah Mengalami Infeksi 

Infeksi adalah penyakit yang disebabkan oleh mikroorganisme yang masuk dan berkembangbiak dalam tubuh manusia. Bentuk mikroorganisme yang dimaksud, seperti bakteri, virus, jamur, prion dan protozoa. 

Salah satu fungsi sistem kekebalan tubuh adalah untuk melawan sekaligus membunuh berbagai mikroorganisme penyebab infeksi. Nah, apabila imun tubuh tidak dalam kondisi terbaik maka tubuh akan sangat mudah terkena infeksi. 

Oleh karenanya, mereka yang sering mengalami penyakit yang disebabkan oleh infeksi bisa menjadi ciri-ciri sistem kekebalan tubuh menurun. 

6. Nyeri Sendi dan Otot 

Ciri-ciri sistem kekebalan tubuh menurun selanjutnya adalah sering mengalami nyeri sendi dan otot. Kondisi ini dipengaruhi fungsi imun yang bisa memproduksi senyawa inflamasi. Selain itu, juga bisa menghasilkan sel darah putih untuk melawan infeksi. 

Kemampuan imun tubuh yang kurang baik akan memengaruhi tingkat produktivitasnya. Oleh karenanya, tubuh akan sangat mudah mengalami nyeri. Adapun bentuknya seperti nyeri otot dan nyeri sendi. 

7. Gangguan Kesehatan Kulit 

Terakhir, ciri-ciri sistem kekebalan tubuh menurun bisa dilihat dari munculnya gangguan pada kulit. Seperti Moms ketahui, kulit merupakan lapisan tubuh terluar yang fungsinya melindungi dan mencegah patogen masuk kedalam tubuh. 

Fungsi perlindungan dan pencegahan kulit tersebut didukung oleh imun tubuh. Baik atau tidaknya imun tubuh akan memengaruhi kemampuan tersebut. Artinya, semakin baik imunitasnya maka perlindungan kulit juga semakin maksimal, begitupun sebaliknya. 

Itulah ciri-ciri sistem kekebalan tubuh menurun yang bisa Moms identifikasi. Kondisi tersebut bisa dialami, baik pada anak-anak maupun orang dewasa. Sehingga, Moms bisa lebih waspada terhadap ciri-ciri tersebut. 

Penyebab Daya Tahan Tubuh Menurun 

Setelah tahu ciri-cirinya, Moms pasti penasaran apa sebenarnya penyebab daya tahan tubuh menurun? Nah, dilansir dari berbagai sumber kesehatan, ada beberapa faktor yang dinilai sangat memengaruhi seperti berikut. 

1. Kurang Cairan (Dehidrasi) 

Tubuh yang kekurangan cairan merupakan penyebab utama imun tubuh menurun. Pasalnya, sebagian besar komposisi tubuh manusia terdiri dari air. Oleh karenanya, kebutuhan cairan yang tidak terpenuhi akan memengaruhi daya tahan tubuh. 

2. Kurang Istirahat 

contoh sistem kekebalan tubuh menurun

Selain kurang cairan, orang yang kurang istirahat juga menyebabkan imun tubuhnya lemah ya, Moms. Sebab dengan beristirahat, seseorang bisa memperbaiki sel-sel yang rusak dalam tubuh sehingga bisa lebih bugar saat beraktivitas. 

Nah, sel-sel dalam tubuh yang kurang istirahat akan sulit diperbarui. Kondisi ini kemudian berpengaruh pada daya tahan tubuhnya. Sebab, tubuh yang sel-selnya kurang baik akan menghasilkan imunitas yang tidak sempurna. 

3. Kurang Olahraga 

Penyebab menurunnya daya tahan tubuh selanjutnya adalah kurang berolahraga. Sebab, olahraga dapat membantu produksi sel darah putih. Fungsinya bagi tubuh adalah untuk menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh. 

Kurang berolahraga menyebabkan produksi sel darah putih menurun. Akibatnya, daya tahan tubuh juga ikut menurun. 

Baca Juga: Malam Demam Padahal Siang Normal, Kok Bisa?

4. Konsumsi Makanan Tidak Bergizi Seimbang 

Makanan juga sangat berpengaruh terhadap daya tahan tubuh. Hal ini dikarenakan semakin banyak variasi makanan yang dikonsumsi maka kebutuhan gizi dalam tubuh bisa tercukupi. Tubuh sangat memerlukan gizi dari makanan untuk memastikan daya tahan tubuhnya baik. 

Konsumsi makanan tidak bergizi seimbang menyebabkan kebutuhan gizi dalam tubuh tidak tercukupi. Kondisi ini menjadi penyebab daya tahan tubuh menurun. 

5. Mengonsumsi Antibiotik tanpa Resep Dokter 

Obat antibiotik umumnya dikonsumsi berdasarkan resep dokter. Sebab, mengonsumsinya tanpa anjuran dokter bisa menyebabkan daya tahan tubuhnya menurun. Kondisi ini terjadi karena tubuh resisten dan kebal terhadap obat. 

Akibatnya, sistem daya tahan tubuh menurun dan sangat membahayakan tubuh, terutama yang sedang mengalami infeksi. 

Nah, itulah beberapa penyebab daya tahan tubuh menurun, baik pada anak-anak maupun orang dewasa. Mencegah terjadinya hal tersebut bisa Moms lakukan dengan cara menghindari faktor-faktor penyebabnya. 

Selain itu, Moms juga bisa memberikan Vitummy untuk bantu daya tahan tubuh membaik. Vitummy dilengkapi formula Selenium Silver Pro yang ampuh meningkatkan daya tahan tubuh dan nafsu makan anak. 

Formula tersebut bersumber dari komposisi Vitummy, yaitu madu hutan asli dan ekstrak bahan alami, seperti buah pepaya, bawang putih, timpang temulawak, rimpang temu hitam, dan rasa jeruk. 

Oleh karenanya, memberikan Madu Vitummy secara rutin akan terhindar dari ciri-ciri sistem kekebalan tubuh menurun. Yuk, dapatkan produk Vitummy sekarang juga melalui website resminya di www.maduvitummy.id

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?