logo madu vitummy
Search
Close this search box.

Herbal untuk Imunitas Anak, Efektif Perkuat Daya Tahan Tubuhnya

Herbal untuk Imunitas Anak

Imun tubuh anak ternyata belum sekuat orang dewasa loh, Moms. Padahal, fungsinya sangat penting bagi tubuh, yaitu melindungi dari patogen penyebab penyakit. Sebab, ada beberapa jenis patogen, seperti bakteri, virus, jamur, dan parasit lainnya yang bisa membuat tubuh si Kecil mengalami sakit. 

Mencegah anak-anak dari sakit bisa Moms lakukan dengan banyak cara. Salah satunya menjaga imun tubuh mereka dengan baik. Caranya bisa dengan memberikan si Kecil makanan atau minuman untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh mereka. 

Lalu, apa saja herbal untuk imunitas anak? Artikel ini akan membahas mengenai herbal untuk imunitas tubuh. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini, Moms! 

Herbal untuk Imunitas Anak

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh (imun) bisa dilakukan dengan memanfaatkan berbagai bahan tradisional (herbal). Sebab, ada potensi peningkatan imunitas tubuh dengan mengonsumsi tanaman obat keluarga (TOGA) loh, Moms. 

Tanaman obat tersebut biasanya diolah menjadi jamu atau berbagai olahan lain. Tujuannya adalah agar mudah dikonsumsi dan meningkatkan imun tubuh. Nah, berikut ada beberapa jenis tanaman herbal untuk imunitas anak yang bersifat preventif dan promotif. 

Jahe 

Jahe menjadi tanaman herbal untuk imunitas anak yang sangat direkomendasikan. Pasalnya, terdapat kandungan gingerol dan curcumin yang berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau imunostimulator. 

Menurut Jurnal Abdimas Mutiara, manfaat tersebut bisa didapatkan dengan adanya sifat antioksidan yang tinggi dan antiinflamasi yang terkandung dalam senyawa-senyawanya. Kondisi ini menjadikan jahe sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. 

Moms bisa mengolah jahe menjadi minuman kesehatan sebelum diminum si Kecil. Cara ini akan mempermudah anak mendapatkan manfaat jahe. Meski demikian, Moms harus tetap memastikan bahwa minuman tersebut aman dikonsumsi oleh anak-anak. 

Berikut salah satu cara membuat Wedang Jahe Susu yang bisa Moms ikuti. 

Bahan: 

  • 100 g jahe putih yang tua 
  • 2 batang serai yang dimemarkan 
  • 10 butir merica putih 
  • 1 lembar daun pandan yang dipotong-potong 
  • 1 liter susu segar 
  • 5 sdm gula pasir 
  • ¼ sdt garam 

Cara Membuat: 

  1. Cuci bersih jahe lalu bakar di atas bara api kompor hingga kulit agak kering sedikit gosong. Angkat, kemudian kerok kulitnya dengan pisau hingga bersih.
  2. Potong-potong jahe dan memarkan.
  3. Panaskan susu dalam panci, masukkan jahe, serai, daun pandan dan merica.
  4. Masak dengan api kecil sambil aduk-aduk hingga mendidih. Biarkan beberapa saat hingga susu berkurang.
  5. Matikan api, tambahkan gula dan garam. Aduk hingga gula larut.
  6. Saring dan tuangkan dalam cangkir.
  7. Sajikan dalam keadaan hangat.

Itulah cara membuat wedang jahe susu yang bisa Moms lakukan di rumah. Memberikannya secara rutin pada si Kecil akan membantu menjaga daya tahan tubuhnya dengan baik. Sebab, terdapat kandungan jahe yang sangat dibutuhkan untuk memperkuat imun tubuh. 

Temulawak 

Jenis herbal untuk daya tahan tubuh anak selanjutnya adalah temulawak. Pasalnya, dalam temulawak terdapat curcuminoid dan ukanon jenis A, B, C, dan D yang mampu mendukung sistem imun. 

Kandungan tersebut layaknya yang terdapat dalam jahe, yaitu membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan adanya kandungan antioksidan yang tinggi dan sifat antiinflamasi. 

Senyawa-senyawa tersebut sangat bermanfaat untuk membantu tubuh melawan berbagai ancaman patogen. Selain itu, menurut laman Unair, aktivitas antioksidan dan antiradang dalam temulawak juga dapat mendongkrak imun tubuh dan antikanker. 

Lalu, apa yang bisa Moms lakukan untuk mendapatkan berbagai manfaat tersebut? Salah satunya dengan membuatnya sebagai minuman. Moms bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk membuatnya. 

Bahan: 

  • 1 genggam temulawak kering atau segar (geprek dengan kasar) 
  • 7 cm kayu manis 
  • 7 butir cengkih 
  • ½ buah pala yang diiris tipis 
  • 7 butir kapulaga 
  • 2 liter air bersih 

Cara Membuat:  

  1. Cuci bersih semua bahan baku yang dibutuhkan. 
  2. Masukkan semuanya ke dalam panci dan air. 
  3. Rebus semua bahan sampai mendidih dan saring air rebusannya. 
  4. Sajikan dalam keadaan hangat dan tambahkan madu sesuai selera.

Itulah minuman atau wedang temulawak yang bisa Moms buat di rumah. Pastikan semua bahan dan tahapannya benar ya, Moms. Tujuannya untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. 

Kunyit 

Kunyit juga dikenal untuk meningkatkan imun tubuh. Seperti dilansir dari Jurnal Abdimas Mutiara, tanaman yang termasuk famili Zingiberaceae ini mengandung senyawa kurkumin yang tinggi. Selain itu, juga punya aktivitas antibakteri, antioksidan, dan antihepatoloksik. 

Apa sih manfaat dari kandungan tersebut? Perlu Moms ketahui bahwa senyawa-senyawa tersebut dapat memperkuat imun tubuh. Hasilnya, tubuh akan lebih kuat untuk melawan berbagai patogen penyebab penyakit. 

Kondisi tubuh dengan imun tubuh yang baik akan menunjang kesehatan si Kecil ya, Moms. Oleh karenanya, Moms bisa melakukan langkah-langkah berikut untuk membuat minuman jamu kunyit asam. 

Bahan: 

  • 2 rimpang kunyit 
  • 2 sdm madu 
  • 1 gelas air 

Cara Membuat: 

  1. Parut 2 rimpang kunyit hingga halus. 
  2. Rebus 1 gelas air hingga mendidih. 
  3. Masukkan parutan kunyit hingga matang. 
  4. Matikan api dan saring kunyit ke dalam gelas. 
  5. Tambahkan madu dan aduk hingga rata. 
  6. Sajikan dalam keadaan hangat. 

Itulah cara membuat minuman kunyit madu untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak ya, Moms. Langkah-langkah tersebut sangat mudah diikuti sehingga bisa menjadi tuntunan bagi Moms yang ingin membuatnya di rumah. 

Jeruk Nipis 

Jeruk nipis dapat dijadikan minuman yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh ya, Moms. Sebab, di dalamnya terdapat kandungan nutrisi dan senyawa aktif yang mendukung sistem imun lebih kuat dari biasanya. 

Adapun kandungan yang dimaksud, yaitu vitamin C yang tinggi dan antioksidan. Seperti jenis herbal lainnya, keduanya sangat bermanfaat untuk membantu tubuh dalam melawan patogen penyebab penyakit. 

Oleh karenanya, mengonsumsi jeruk nipis secara rutin akan sangat membantu memperkuat sistem imun tubuh ya, Moms. 

Lalu, bagaimana cara membuat minuman jeruk nipis untuk tingkatkan imun tubuh? Moms bisa mengikuti langkah-langkah berikut di rumah. 

Bahan: 

  • 3 buah jeruk nipis yang sudah dicuci bersih 
  • 3 sdm madu 
  • 1 sdm gula pasir 
  • 1 batang daun mint 
  • air dingin secukupnya 
  • es batu secukupnya 

Cara Membuat: 

  1. Potong 2 jeruk nipis menjadi dua bagian, kemudian peras untuk mendapat airnya dan masukkan ke gelas. 
  2. Tambahkan gula dan madu, lalu aduk hingga larut. 
  3. Tuang air dingin, kemudian aduk. 
  4. Masukkan irisan jeruk nipis yang tersisa yang bijinya telah dibuang agar menimbulkan rasa pahit. 
  5. Masukkan es batu agar lebih segar. 
  6. Sajikan dalam keadaan dingin. 

Itulah cara membuat minuman jeruk nipis madu yang sangat mudah dibuat di rumah. Meski terbilang sangat mudah, tapi manfaatnya sangat banyak loh, Moms. Pasalnya, rutin mengonsumsi minuman jeruk nipis akan membantu imun tubuh lebih kuat, dengan catatan tidak berlebihan dalam meminumnya. 

Cek Juga: Herbal Penambah Nafsu Makan.

Cara Lain Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak 

Selain mengonsumsi herbal untuk imunitas anak, ada banyak cara lain untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Berbagai cara ini tentunya sudah sering Moms dengar. Tapi, berikut akan disajikan detail cara-caranya. 

Rutin Olahraga 

Olahraga masih menjadi kunci untuk daya tahan tubuh yang maksimal ya, Moms. Alasannya, semakin rutin seseorang berolahraga maka sirkulasi sel kekebalan dalam tubuh semakin lancar. Selain itu, juga meningkatkan aliran darah dan getah bening saat otot berkontraksi. 

Kondisi tersebut nyatanya akan secara otomatis meningkatkan sistem kekebalan tubuh ya, Moms. Oleh karenanya, sering melakukan olahraga akan sangat bermanfaat bagi tubuh. 

Moms bisa melakukan aktivitas olahraga ringan dengan si Kecil, seperti berjalan kaki, lari, dan bersepeda. Beberapa aktivitas tersebut dinilai sangat mudah dilakukan, terutama apabila berada jauh dari tempat olahraga. 

Mengonsumsi Makanan Bergizi Seimbang 

Makanan bergizi seimbang juga sangat memengaruhi imun tubuh loh, Moms. Pasalnya, asupan gizi dari makanan akan membantu tubuh untuk meregenerasi berbagai sel dan lain sebagainya. 

Salah satu fungsi gizi seimbang bagi tubuh adalah meningkatkan imunitas, termasuk pada anak-anak. Hal ini bisa dicapai dengan mengonsumsi makanan mengandung protein, vitamin, mineral, dan antioksidan. 

Berbagai kandungan gizi tersebut umumnya terdapat pada makanan, seperti buah, sayur, ikan, telur, susu, daging, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Oleh karenanya, jenis-jenis makanan tersebut sangat disarankan khususnya bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan dan perkembangan yang pesat. 

Tidur dengan Cukup 

Sama pentingnya dengan mengonsumsi makanan bergizi, tidur yang cukup juga dapat membantu meningkatkan imun tubuh. Pasalnya nih Moms, sel-sel dalam imun biasanya akan regenerasi saat seseorang dalam keadaan tidur (istirahat). 

Kondisi tersebut menjadikan tidur sangat penting untuk regenerasi sel. Adapun rekomendasi waktu tidur yang sangat direkomendasikan, yaitu 7-8 jam sehari untuk orang dewasa ya, Moms. Sedangkan untuk anak-anak hingga remaja adalah 8–10 jam sehari. 

Selain lamanya waktu yang harus diperhatikan, Moms juga perlu memperhatikan kualitas tidur. Pasalnya, semakin berkualitas tidur seseorang maka hasilnya akan semakin baik bagi tubuh. Sebaliknya, semakin tidak berkualitasnya tidur yang dilakukan maka hasilnya tidak akan membantu tubuh dalam meningkatkan imun tubuh. 

Oleh karenanya, Moms perlu memastikan bahwa tidur si Kecil berkualitas agar imun tubuhnya baik. 

Baca Juga: Penyebab Pusing, Mual, Lemas, dan Tidak Nafsu Makan.

Mengelola Stress 

Seperti yang Moms ketahui, stress merupakan salah satu sumber penyakit. Kondisi ini menjadikan imun tubuh seseorang lemah. Oleh karenanya, setiap orang perlu mengelola stressnya dengan baik, tidak terkecuali pada anak-anak ya, Moms. 

Alasannya, stress yang tidak dikelola dengan baik justru memicu melemahnya sel-sel imun dalam tubuh. Akibatnya, tubuh akan mudah diserang oleh patogen penyebab penyakit. Hasilnya, tubuh akan sering mengalami sakit. Itulah alasan pentingnya mengelola stress dalam tubuh ya, Moms. 

Berjemur di Bawah Sinar Matahari Pagi 

Sinar matahari terutama di pagi hari ternyata punya manfaat penting bagi tubuh loh, Moms. Pasalnya, dengan berjemur dibawah sinar matahari maka tubuh akan memproduksi vitamin D. Sementara itu, fungsi vitamin ini adalah membantu meningkatkan imun tubuh. 

Oleh karenanya, dengan berjemur saat pagi sebanyak tiga kali dalam seminggu akan membantu imun tubuh lebih kuat ya, Moms. 

Menjaga Kebersihan Makanan 

Mengonsumsi makanan yang bersih, baik dari proses mencuci, membuat, dan mengonsumsinya akan sangat bermanfaat bagi tubuh. Salah satunya membantu meningkatkan sistem kekebalan. 

Alasannya, makanan yang bersih dapat mencegah tubuh dari patogen penyebab penyakit. Selain itu, juga kandungan nutrisinya yang terjaga sehingga mampu memenuhi kebutuhan nutrisi harian anak. 

Itulah beberapa cara lain meningkatkan daya tahan tubuh anak yang lemah ya, Moms. Berbagai cara tersebut bisa Moms aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.  

Vitamin Herbal untuk Daya Tahan Tubuh Anak 

Apabila Moms sedang menghadapi si Kecil yang daya tahan tubuhnya menurun maka Vitummy adalah solusinya. Dibuat dari madu hutan asli dan ekstrak bahan alami, Vitummy mengandung formula Selenium Silver Pro

Formula tersebut berfungsi membantu meningkatkan nafsu makan anak dan daya tahan tubuhnya. Oleh karenanya, memberikan Vitummy secara rutin akan membantu imun tubuh si Kecil kuat ya, Moms. 

Yuk, dapatkan Produk Vitummy sekarang juga melalui website resminya di www.maduvitummy.id! 

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?