logo madu vitummy
Search
Close this search box.

Ingin Berwisata Saat Liburan? Berikut 20 Ide Destinasi Wisata yang Bisa Dicoba

Destinasi Wisata

Moms, libur sekolah telah tiba, kini saatnya mencari referensi destinasi wisata untuk mengisi waktu libur panjang bersama keluarga. 

Seperti kita tahu, ada banyak destinasi wisata yang tersebar di berbagai daerah Indonesia. Beberapa di antaranya adalah di Yogyakarta, Bandung, Bogor, Bali, dan Jakarta.

Artikel berikut akan menyajikan berbagai destinasi wisata yang bisa Moms dan keluarga coba berdasarkan beberapa tempat tersebut. 

Apakah Moms penasaran? Simak ulasannya di bawah ini ya, Moms!  

Apa itu Destinasi Wisata? 

Destinasi Wisata

Indonesia merupakan negara yang yang penuh akan pesona keindahan, baik alam maupun buatan. Meski demikian, belum semua tempat yang indah tersebut bisa dikatakan sebagai destinasi wisata. 

Pasalnya, sesuai dengan Undang-Undang Republik Indonesia No. 10 Tahun 2009 yang dilansir dari laman DPRD Kabupaten Kepulauan Talaud, destinasi wisata memiliki arti tersendiri. 

Destinasi wisata atau yang dikenal pula dengan daerah tujuan wisata diartikan sebagai kawasan geografis yang berada dalam satu atau lebih wilayah administrasi. Kawasan ini memiliki daya tarik wisata, fasilitas umum, fasilitas pariwisata, akses, serta masyarakat yang saling terkait dan melengkapi terwujudnya kepariwisataan. 

Berdasarkan pengertian tersebut maka belum bisa dikatakan semua tempat yang memiliki pesona keindahan di Indonesia adalah destinasi wisata. 

Tapi jangan khawatir ya, Moms, karena masih banyak destinasi wisata di berbagai daerah Indonesia yang bisa Moms coba bersama keluarga. 

Destinasi Wisata di Berbagai Daerah Indonesia 

Setiap daerah di Indonesia memiliki pesona keindahannya masing-masing yang kemudian sering dijadikan sebagai destinasi wisata. 

Beberapa destinasi wisata paling ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, di antaranya Yogyakarta. Bandung, Bogor, Bali, dan Jakarta. 

Daerah tersebut memang memiliki pesonanya sendiri untuk menarik wisatawan. Kira-kira pesona seperti apa? Yuk, simak di bawah ini! 

Baca Juga: Liburan Sekolah Telah Tiba? Yuk Tentukan Ide Liburan Bersama Keluarga!

Destinasi Wisata Jogja 

Destinasi Wisata

Yogyakarta (Jogja) adalah daerah dengan destinasi wisata favorit wisatawan lokal dan mancanegara. Hal ini dikarenakan Jogja punya banyak tempat dengan pesona keindahan, baik alam, klasik, maupun modern. 

Pesona keindahan Jogja diwujudkan pada beberapa tempat berikut. 

  1. Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat

    Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat merupakan tempat tinggal raja yang saat ini menjabat sebagai Gubernur Yogyakarta. Selain itu, tempat ini juga dipusatkan sebagai tempat pelestarian budaya Jawa.

    Oleh karena itu, banyak kebudayaan Jawa yang disajikan dan ditampilkan di sini, seperti bangunan keraton, musik, pakaian adat, dan beberapa kebudayaan (kebiasaan) lainnya. Sehingga, sangat cocok untuk dikunjungi sebagai destinasi wisata. 
  1. Kampung Wisata Taman Sari 

    Kampung Wisata Taman Sari menyajikan pesona keindahan destinasi wisata dengan arsitektur bangunan kuno, gemercik air, dan sejarah. Oleh karena itu, tempat ini menjadi destinasi wisata yang bisa dicoba ketika di Yogyakarta. 
  1. Candi Borobudur 

    Seperti kita tahu, Candi Borobudur adalah salah satu candi terbesar di dunia. Hal ini menjadi magnet bagi setiap wisatawan yang mengunjungi Yogyakarta. 
    Candi Borobudur 

    Seperti kita tahu, Candi Borobudur adalah salah satu candi terbesar di dunia. Hal ini menjadi magnet bagi setiap wisatawan yang mengunjungi Yogyakarta. 
  1. Titik Nol Yogyakarta 

    Titik Nol Yogyakarta merupakan tempat yang menunjukkan 0 km Yogyakarta. Tempat ini termasuk dalam daftar wisata Yogyakarta yang harus dikunjungi karena keindahannya. 
  1. Hutan Pinus Mangunan 

    Hutan Pinus Mangunan adalah tempat wisata di Yogyakarta yang menyajikan pemandangan alam dari dataran tinggi. Kondisi ini menjadikan setiap wisatawan yang datang bisa menikmati udara segar pegunungan dan pemandangan yang menakjubkan.

Destinasi Wisata Bandung 

Destinasi Wisata

Selain Yogyakarta, destinasi wisata Bandung juga bisa menjadi pilihan Moms dan keluarga untuk mengisi waktu liburan sekolah. Pasalnya, banyak wisata alam, sejarah, dan modern yang ada di Kota Bandung. Beberapa di antaranya sebagai berikut. 

  1. Gedung Sate 

    Bagi para penyuka wisata arsitektur dan sejarah, Gedung Sate bisa menjadi tempat yang harus dikunjungi ketika di Bandung. Pasalnya, bangunan ini dibuat pada masa Hindia Belanda. Meskipun sekarang dijadikan sebagai Kantor Gubernur Jawa Barat. 
  1. Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda 

    Bandung masih menjadi salah satu daerah dengan kekayaan wisata alam yang mempesona. Salah satu yang bisa Moms dan keluarga coba adalah Taman Hutan Raya. Tempat ini akan menyajikan hutan pinus dengan jembatan kayu yang bisa memacu adrenalin. 
  1. Museum Geologi Bandung 

    Museum Geologi Bandung bisa menjadi solusi untuk Moms dan keluarga yang ingin menikmati wisata edukasi. Pasalnya, tempat ini menyajikan bimbingan edukasi dan penyebarluasan informasi kegeologian untuk semua kalangan. 
  1. Kawah Putih Ciwiday 

    Kawah Putih Ciwidey merupakan hasil letusan Gunung Patuha yang sekarang menjadi salah satu destinasi wajib dikunjungi di Bandung. Tempat ini menyajikan pesona keindahan alam birunya air danau yang bisa dijadikan latar belakang foto keluarga. 
  1. Floating Market Lembang 

    Moms dan keluarga yang suka wisata kuliner bisa mencoba mengunjungi Floating Market Lembang. Wisata ini menyajikan pasar kuliner terapung, tentunya untuk makanan khas daerah dan nusantara. 

Destinasi Wisata Bogor 

Destinasi Wisata

Bogor bisa menjadi salah satu solusi untuk Moms dan keluarga yang ingin berwisata saat liburan di sekitar Jabodetabek. Seperti Yogyakarta dan Bandung, kota ini juga memiliki banyak destinasi wisata yang patut dicoba. Beberapa di antaranya sebagai berikut. 

  1. Kebun Raya Bogor 

    Kebun Raya Bogor merupakan tempat yang wajib dikunjungi, baik untuk Moms dan keluarga yang berada di sekitar atau di luar Jabodetabek. Pasalnya, tempat ini bahkan telah dinobatkan menjadi kebun botani terbesar dan tertua di Asia Tenggara. 

    Penobatan tersebut bukan tanpa alasan karena di dalamnya terdapat 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan. Adapun luas lahannya sekitar 87 hektar. Selain itu, terdapat pula fasilitas lain, seperti golf car, shuttle bus, dan sepeda. 

    Oleh karena itu, mengunjungi Kebun Raya Bogor bisa menjadi pengalaman liburan paling berkesan untuk si kecil dan keluarga. 
  1. Taman Safari Indonesia 

    Taman Safari Indonesia merupakan tempat wisata yang recomended untuk Moms dan keluarga kunjungi di Bogor. Hal ini dikarenakan selain menjadi destinasi wisata, tempat ini juga dijadikan sebagai tempat konservasi satwa. 

    Kondisi ini menjadikan setiap orang yang berkunjung dapat disuguhi wisata edukasi, terutama tentang hewan-hewan yang dilestarikan. Beberapa di antaranya, seperti jerapah, harimau, beruang madu, dan lain sebagainya. 
  1. Jungleland Adventure Theme Park Sentul

    Jungleland Adventure Theme Park bisa menjadi rekomendasi destinasi wisata untuk Moms dan keluarga yang ingin liburannya lebih menantang. Alasannya karena tempat ini adalah taman bermain wahana terbesar di Indonesia. 

    Banyak wahana yang menantang adrenalis, seperti air race, wave swinger, bumper car, dan jungle mission. Menaiki wahana ini bisa menjadikan Moms dan keluarga memiliki pengalaman berkesan ketika liburan. 
  1. Museum Zoologi 

    Museum Zoologi memiliki banyak koleksi satwa dari berbagai spesimen yang diawetkan (fosil). Mengunjungi tempat ini ketika liburan tentunya bisa menjadi wisata edukasi tentang sejarah hewan yang mengesankan. 
  1. The Illusion Bogor 

    The Illusion adalah destinasi wisata di Bogor yang sangat cocok untuk dicoba ketika liburan keluarga. Hal ini karena banyak spot foto menarik dan unik di dalamnya yang bisa dijadikan objek foto keluarga. Sehingga, memiliki dokumentasi liburan yang berkesan. 

Destinasi Wisata Bali 

Destinasi Wisata

Siapa nih yang ingin menghabiskan liburan kali ini dengan mengunjungi berbagai destinasi wisata di Bali? Banyak pastinya ya, Moms. 

Bali memang sudah menjadi tempat favorit, baik bagi wisatawan asing maupun lokal untuk liburan. Kondisi ini dikarenakan ratusan atau bahkan ribuan destinasi wisata terdapat di Bali. 

Seperti destinasi wisata favorit, yaitu pantai, laut, tebing, hutan, sawah, pedesaan, dan lain sebagainya. Berbagai tempat tersebut tersebar di seluruh wilayah Bali. Oleh karena itu, menghabiskan waktu liburan di Bali adalah keputusan yang tepat untuk Moms dan keluarga. 

Kira-kira destinasi wisata mana saja yang harus dikunjungi di Bali? Simak di bawah ini ya, Moms! 

  1. Pantai Kuta 

    Bali tidak bisa dilepaskan dari pantai. Pasalnya, tempat ini memiliki ratusan destinasi wisata pantai yang sangat mempesona. Salah satu yang paling menarik wisatawan adalah Pantai Kuta. 

    Pantai ini merupakan pantai paling ramai yang dipenuhi wisatawan mancanegara dan wisatawan lokal. Selain karena menyajikan pemandangan pantai yang indah, tempat ini juga menyajikan sunset yang ditunggu-tunggu. 
  1. Desa Penglipuran 

    Desa Penglipuran merupakan salah satu tempat wajib yang harus dikunjungi ketika di Bali. Desa ini termasuk satu dari tiga desa terbersih di dunia. Adapun pesona yang disajikan tempat ini adalah kebersihan desa, pemandangan dataran tinggi, dan tradisi masyarakat setempat. 
  1. Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK) 

    Garuda Wisnu Kencana (GWK) merupakan patung karya I Nyoman Nuarta yang termasuk dalam salah satu patung raksasa di dunia. Lingkungan di sekitar GWK kemudian dijadikan taman budaya yang menyajikan berbagai penampilan budaya Bali. 

    Menghabiskan waktu liburan di Bali dengan mengunjungi Taman Budaya GWK bisa membuat liburan Moms dan keluarga lebih berkesan. 
  1. Waterboom Bali 

    Meski dikenal dengan keindahan alamnya, Bali masih menyimpan tempat wisata waterpark yang bisa menjadi pilihan Moms dan keluarga. Salah satu waterpark yang paling terkenal adalah Waterbom Bali. 

    Tempat ini menyediakan berbagai wahana air yang seru dan menantang. Oleh karena itu, menghabiskan waktu liburan di Bali dengan mencoba waterpark bersama keluarga akan terasa menyenangkan. 
  1. Tegalalang Rice Terrace

    Selain beberapa wisata yang telah disebutkan sebelumnya, Bali juga memiliki destinasi wisata yang cocok untuk refreshing Moms dan keluarga. Salah satunya adalah Teras Sawah Tegalalang (Tegalalang Rice Terrace). 

    Tempat wisata ini menyajikan pemandangan persawahan yang berundak. Kondisi ini biasanya sangat disukai wisatawan, terutama yang berasal dari perkotaan. Pasalnya, sejuknya udara sawah, hamparan padi, dan pemandangan yang indah sangat bermanfaat untuk melepaskan penat. 

    Oleh karena itu, menghabiskan waktu liburan di Bali dengan mengunjungi destinasi wisata ini menjadi salah satu keputusan yang tepat. 

Itulah beberapa destinasi wisata yang recomended untuk Moms dan keluarga coba pada liburan kali ini. Semoga dengan mengisi waktu liburan di tempat-tempat tersebut bisa membantu melepas penat dari aktivitas sehari-hari. 

Nah, untuk memastikan si kecil bisa mengikuti liburan bersama keluarga, Moms harus memperhatikan daya tahan tubuhnya. Meningkatkan daya tahan tubuh anak bisa dengan memberikan Vitummy. 

Vitummy adalah madu herbal dengan ekstrak bahan alami yang bermanfaat sebagai vitamin penambah nafsu makan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Yuk, berikan Vitummy secara rutin agar si kecil bisa mengikuti liburan bareng keluarga!

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?