logo madu vitummy
Search
Close this search box.

Ragam Jenis Susu dan Kandungan Nutrisinya

Jenis Susu

Siapa sih yang belum pernah minum susu? Hampir semua orang pasti pernah minum susu. Susu merupakan salah satu minuman kaya nutrisi yang dapat memenuhi kebutuhan gizi harian dan mampu menjaga organ tubuh agar tetap berfungsi dengan baik.

Ada banyak jenis susu yang dapat dikonsumsi oleh manusia. Jenis susu ini dibedakan dari cara pengolahan, kandungan lemak, dan sumbernya. Tentunya, beda jenis susu beda juga khasiat dan manfaatnya.

Penasaran, yuk kita simak jenis-jenis susu dan kandungan nutrisinya.

Jenis Susu Berdasarkan Kandungan Lemaknya

vitummy | Ragam Jenis Susu dan Kandungan Nutrisinya
Ilustrasi Susu

Moms, jenis-jenis susu dapat dibedakan berdasarkan kandungan lemaknya, seperti:

Susu Full Cream

Susu full cream atau whole milk merupakan jenis susu yang kandungan lemak aslinya tetap dipertahankan sehingga rasanya legit dan gurih. Susu ini mengandung kadar lemak yang tinggi, yaitu sekitar 8 gram per gelasnya dan mengandung kalori sekitar 150 kkal, atau setara dua kali lipat lebih banyak dari susu low fat.

Susu Rendah Lemak (Low Fat)

Susu low fat merupakan susu rendah lemak yang hanya mengandung lemak sekitar 1-2 % dibandingkan dengan susu biasa yang mengandung lemak sekitar 3,25%. Selain rendah lemak, susu ini juga diperkaya dengan vitamin D sehingga sangat bagus untuk membantu mengontrol berat badan. Itulah mengapa susu low fat kerap menjadi pilihan yang baik untuk menurunkan berat badan.

Susu Skim

Susu skim merupakan susu bebas lemak dan rendah kalori. Kandungan lemak dalam susu ini hanya sekitar 0,5% atau bahkan tidak ada sama sekali. Susu skim sangat bagus untuk mengontrol berat badan dan dipercaya dapat menurunkan kolesterol.

Kandungan nutrisi susu skim umumnya tetap sama dengan kandungan nutrisi pada susu full cream, yaitu sama-sama kaya akan vitamin A, vitamin B12, kalsium, dan fosfor.

Susu skim sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh anak di bawah 5 tahun karena pada usia tersebut anak-anak masih membutuhkan asupan energi yang tinggi untuk mengoptimalkan masa pertumbuhannya.

Selain itu, susu skim cenderung lebih banyak gulanya dibanding dengan susu full cream.

Jenis Susu Berdasarkan Cara Mengolahnya

vitummy | Ragam Jenis Susu dan Kandungan Nutrisinya
Ilustrasi Susu

Selain dibedakan berdasarkan kandungan lemak, jenis-jenis susu juga dibedakan berdasarkan proses pengolahannya. Seperti:

Susu UHT

Moms pasti sering mendengar susu UHT (Ultra High Temperature). Sesuai dengan namanya, susu ini diproses dalam suhu tinggi, yaitu sekitar 135-150º celcius dalam waktu sekitar 2-3 detik.

Proses pemanasan ini bertujuan untuk membunuh bakteri jahat yang terdapat pada susu segar, dan membuat susu memiliki masa simpan yang lebih lama. Setelah melalui proses pemanasan, susu akan dikemas dalam karton atau kaleng steril.

Susu Murni

Susu murni atau fresh milk merupakan jenis susu hasil perahan sapi yang tidak dikurangi atau ditambahkan bahan apapun. Setelah diperah, susu biasanya hanya disaring secara manual untuk menghilangkan kotoran.

Susu murni dinilai mengandung asam amino, vitamin, mineral, dan asam lemak yang lebih banyak dibanding dengan susu yang telah melalui proses pemanasan.

Kekurangan dari susu murni yaitu tidak dapat bertahan lama sehingga dianjurkan untuk langsung diminum setelah melalui proses saring.

Susu Evaporasi

Susu evaporasi merupakan susu yang telah dipanaskan dengan suhu tinggi untuk menghilangkan sekitar 60% kadar air dalam susu sapi segar. Meski demikian, proses pembuatan susu evaporasi tetap mempertahankan kandungan laktosa. mineral, lemak, kalsium. dan vitamin.

Tekstur susu evaporasi lebih kental dari susu segar pada umumnya sehingga sering dianggap sama dengan susu kental manis. Padahal kedua jenis susu tersebut berbeda. Susu evaporasi tidak mengandung gula tambahan seperti susu kental manis.

Susu Kental Manis

vitummy | Ragam Jenis Susu dan Kandungan Nutrisinya
Ilustrasi Susu Kental Manis

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, susu kental manis sering dianggap sama dengan susu evaporasi. Bedanya, susu kental manis mengandung tambahan gula sebagai pengawet untuk membantu memperpanjang umur penyimpanannya.

Proses pembuatan susu kental manis juga menyebabkan susu kehilangan banyak nutrisi penting. Selain itu, karena mengandung tambahan gula, susu kental manis memiliki jumlah kalori yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis susu lainnya.

Susu Bubuk

Susu bubuk berasal dari susu cair yang diproses dengan bantuan alat spray dryer. Susu bubuk memiliki daya tahan yang lebih lama daripada susu cair sehingga tidak perlu disimpan di lemari es.

Jenis Susu Berdasarkan Sumbernya

vitummy | Ragam Jenis Susu dan Kandungan Nutrisinya
Ilustrasi Jenis Susu Berdasarkan Sumbernya

Ada beberapa jenis susu berdasarkan sumber dan jenis proteinnya, yaitu susu nabati dan susu hewani. Berikut adalah penjelasannya.

Susu Sapi

Susu sapi merupakan jenis susu yang dihasilkan oleh ternak sapi perah. Susu ini mengandung banyak nutrisi lengkap yang baik untuk dikonsumsi manusia. Susu ini kaya akan nutrisi, seperti protein, karbohidrat, asam amino, vitamin A, vitamin D, dan vitamin E.

Susu Kambing

Seperti namanya, susu kambing merupakan susu yang berasal dari kambing. Jika dibandingkan dengan susu sapi atau susu nabati susu kambing mengandung nutrisi lebih banyak, terutama kandungan protein dan kalsiumnya.

Dalam susu kambing etawa terdapat berbagai kandungan nutrisi yang tinggi, seperti forfor, kalium, sodium, dan flourin. Susu ini disebut-sebut memiliki nutrisi yang hampir setara dengan ASI.

Susu Almond

Susu almond merupakan susu yang terbuat dari kacang almond. Susu ini dianggap lebih menyehatkan, terutama bagi orang-orang yang alergi terhadap laktosa atau protein pada susu sapi. Susu almond memiliki jumlah kalori yang lebih sedikit dibandingkan dengan susu sapi, sehingga kerap dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalani diet.

Susu almond disebut-sebut dapat menjadi ASI booster karena mengandung nutrisi yang lengkap, serta mengandung asam lemak omega 3 yang dapat merangsang hormon produksi ASI.

Susu Soya (Susu Kedelai)

Susu soya merupakan jenis susu yang terbuat dari kacang kedelai. Susu soya sering dijadikan alternatif bagi si kecil yang memiliki galaktosemia (kelainan tidak mampu mencerna gula dalam susu sapi), anak yang tidak mengonsumsi produk hewani, dan anak yang memiliki intoleransi terhadap laktosa dalam susu sapi.

Susu soya mengandung protein nabati, lemak, kalori, kalsium, zat besi, dan kalium. Ada banyak produk susu soya yang bisa dijumpai di pasaran sebagai susu formula si kecil. Jika moms hendak memberikan susu soya pada anak, sebaiknya konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Susu Beras

Susu beras merupakan susu yang terbuat dari beras. Dibandingkan dengan susu almond atau susu soya, susu beras merupakan produk susu nabati yang minim menimbulkan alergi.

Selain itu, susu beras mengandung karbohidrat yang lebih banyak daripada susu lainnya, namun mengandung protein yang rendah. Dalam susu beras, terdapat kandungan gizi seperti vitamin B, kalsium, dan antioksidan.

Itulah informasi tentang jenis-jenis susu, semoga bermanfaat ya moms.

Untuk membantu memelihara kesehatan keluarga, terutama si kecil, konsumsi Madu Vitummy setiap pagi dan malam sebelum tidur. Madu Vitummy mengandung banyak gizi yang baik untuk meningkatkan nafsu makan dan menyehatkan pencernaan anak.

Dengan Madu Vitummy, nafsu makan anak naik, mommy bebas panik.

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?