logo madu vitummy
Search
Close this search box.

Kegiatan Anak Setelah Bangun Tidur, Rutinitas Baik Untuk Si Kecil

Kegiatan Anak Setelah Bangun Tidur

Kegiatan anak setelah bangun tidur bisa bermacam-macam. Ada yang begitu bangun langsung bermain, makan, atau seperti kebiasaan anak sekarang yaitu bermain gadget. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan ya, Moms.

Memastikan kegiatan si Kecil adalah kegiatan yang positif bisa menjadi upaya cerdas agar nantinya bisa menjadi kebiasaan sehari-hari anak.

Bukan hanya aktivitas yang baik dilakukan, memastikan si kecil menghindari beberapa aktivitas yang tidak boleh dilakukan juga sama pentingnya.

Artikel berikut akan membahas mengenai apa aja sih kegiatan yang baik dan tidak boleh bagi anak setelah bangun tidur? Terutama kegiatan apa yang dapat mendukung tumbuh kembang. 


Anak-anak pada umumnya memiliki waktu tidur yang lebih lama dibanding orang dewasa. Hal ini berkaitan dengan fungsi tidur pada mereka, yaitu untuk mendukung tumbuh kembangnya. 

Waktu tidur yang banyak dan berkualitas akan mendukung perkembangan anak. Hal ini terjadi pada perkembangan mental dan fisik. Oleh karena itu, tidur merupakan salah satu aktivitas yang sangat penting. 

Dilansir dari laman UIN Malang, bangun tidur adalah kegiatan yang sangat sederhana. Akan tetapi, dalam hal-hal yang sederhana pasti terdapat nilai-nilai pelajaran yang berharga. Pada artikel ini akan diulas mengenai nilai-nilai pelajaran tersebut. 

Kegiatan Anak Setelah Bangun Tidur yang Baik Dilakukan

Kegiatan Anak Setelah Bangun Tidur yang Baik Dilakukan

Moms, apa saja sih kegiatan anak setelah bangun tidur? Ternyata banyak loh, Moms. Beberapa kegiatan yang biasanya dilakukan itu ternyata dapat membantu tumbuh kembangnya!

1. Ibadah Bagi Kaum Muslim 

Kegiatan pertama yang bisa dilakukan yaitu Ibadah salat Subuh. Melakukan ibadah salat Subuh mendukung anak-anak untuk disiplin beribadah.

Selain itu, mengajarkan mereka untuk berwudu dan salat termasuk melatih tanggung jawab terhadap dirinya sendiri. 

Oleh karena itu, ibadah menjadi kegiatan setelah bangun tidur yang sangat diperlukan. 

2. Merapikan Tempat Tidur 

Merapikan tempat tidur adalah kegiatan yang harus dilakukan oleh setiap orang setelah bangun. Hal ini bertujuan agar selalu rapi dan nyaman untuk ditempati. Selain itu, juga dapat melatih tanggung jawab terhadap lingkungan di sekitarnya. 

Cara yang biasanya dilakukan adalah dengan melipat selimut, menata bantal, dan merapikan sprei. Selanjutnya, Moms juga bisa mengajarkan si Kecil untuk menyapu lantai kamar. 

Dengan cara tersebut maka si Kecil terlatih untuk bertanggung jawab terhadap ruangannya. 

3. Minum Air 

Minum air putih ini sangat disarankan untuk dilakukan. Pasalnya, mengonsumsi air putih dapat memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. 

Seperti Moms ketahui, sebagian besar tubuh terdiri atas air. Kondisi ini menjadikan setiap orang harus memenuhi kebutuhan cairannya. Tujuannya untuk mendukung aktivitas sehari-hari. 

4. Melakukan Peregangan Tubuh 

Olahraga merupakan salah satu cara melakukan peregangan tubuh yang efektif. Caranya bisa dengan menggerakkan bagian punggung, leher, atau kaki. Selain itu, juga bisa dengan push up, sit up, dan plank. 

Gerakan-gerakan tersebut bisa dilakukan selama 5–10 menit setelah bangun tidur. Manfaatnya dapat membuat tubuh menjadi rileks.

5. Mandi

Mandi dapat menjadi aktivitas untuk memulai hari. Setelahnya, akan ada banyak aktivitas lain yang mengikuti. 

Sebelum melakukan berbagai aktivitas lain, mandi dapat membuat tubuh menjadi lebih segar. Selain itu, juga dapat menjaga tubuh tetap bersih, terutama setelah tidur.

Baca Juga Artikel Lainnya: Ciri Demam Karena Kecapekan Pada Anak.

Kegiatan Anak Setelah Bangun Tidur yang Tidak Boleh Dilakukan 

Kegiatan Anak Setelah Bangun Tidur yang Tidak Boleh Dilakukan 

Ada beberapa kegiatan anak setelah bangun tidur yang tidak boleh dilakukan. Beberapa di antaranya sebagai berikut. 

1. Menunda-nunda Bangun Tidur 

Menunda bangun tidur adalah hal yang seharusnya tidak boleh dilakukan. Sebab, hal ini dapat mengganggu aktivitas lain setelahnya. Selain itu, bisa juga menyebabkan sakit kepala dan merasa mudah lelah. 

2. Bermain Gawai (Gadget

Kegiatan lain yang tidak boleh dilakukan setelah bangun tidur adalah bermain gawai. Hal ini dapat menyebabkan stres di pagi hari. Akibatnya, aktivitas seharian si Kecil bisa terganggu. 

3. Menonton Televisi 

Kenapa disarankan untuk tidak menonton TV langsung setelah bangun? Alasannya, televisi sering memberikan suara bising yang dapat mengganggu otak, yaitu membuat stres. 

Madu Vitummy untuk Dukung Daya Tahan Tubuh Anak

madu herbal solusi cacingan

Madu Vitummy bisa menjadi pilihan Moms untuk si Kecil di pagi hari. Vitummy adalah madu untuk daya tahan tubuh yang dilengkapi dengan Selenium Silver Pro. Formula ini dirancang dari bahan madu dan ekstrak bahan alami. 

Mengonsumsi Madu Vitummy untuk mengawali hari akan mendukung aktivitas si Kecil yang maksimal setiap harinya. Hal ini didukung dengan daya tahan tubuhnya yang baik dan meningkatnya nafsu makan.

Yuk, dapatkan produk Madu Vitummy sekarang juga melalui website resminya di www.maduvitummy.id

Artikel Lainnya Seputar Si Kecil: Obat Tradisional Anak Demam Malam Hari.

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?