Kesalahan Orang Tua pada Anak, Jarang Disadari!

Mungkin sebagian dari para orang tua sering bertanya-tanya, apakah mereka sudah menjadi orang tua yang baik bagi anak-anaknya, atau malah kerap melakukan kesalahan pada anak-anaknya tanpa mereka sadari?

Jika demikian, mari kita simak bersama-sama tentang kesalahan orang tua pada anak yang terjadi secara tidak sadar.

Kesalahan Orang Tua pada Anak dalam Hal Mendidik

Moms, menjadi orang tua bukanlah hal yang mudah, apalagi untuk menjadi orang tua yang baik tanpa melakukan kesalahan. Memang, manusia pada dasarnya tak pernah luput dari kesalahan.

Namun, ada beberapa hal tentang kesalahan orang tua pada anak yang dapat mempengaruhi tumbuh kembang dan kepribadian anak kelak. Berikut adalah beberapa kesalahan orang tua pada anak dalam hal mendidik anak-anaknya.

Berfikir bahwa menghukum adalah cara mendidik yang baik

Moms, kesalahan orang tua pada anak yang paling sering ditemukan adalah berpikir bahwa mendisiplinkan anak yang benar yaitu dengan cara menghukum anaknya.

Padahal, ada banyak cara yang dapat dilakukan selain menghukum, salah satunya adalah dengan mengajarkan anak tentang konsekuensi.

Berbeda dengan hukuman yang bersifat menyakiti dan mengambil hak anak untuk belajar, konsekuensi justru mengajarkan anak untuk membuat sebuah pilihan serta memikirkan akibat yang harus ia hadapi dari pilihan yang dipilih.

Jadi, pikirkan kembali ya moms tentang cara mendisiplinkan anak. Selain itu kamu juga perlu tahu ciri-ciri keluarga toxic, agar terhindar dari bahayanya.

Terlalu protektif dan terlalu mengatur

Moms, sebagai orang tua pasti tak pernah lepas dari rasa khawatir dan takut akan hal-hal yang dapat melukai sang buah hati.

Tak jarang, orang tua pun kerap membuat aturan yang terlalu mengekang dengan harapan agar anak dapat terlindungi dari berbagai mara bahaya.

Padahal, terlalu protektif atau terlalu mengatur justru dapat membuat anak menjadi seorang penakut dalam mengambil keputusan dan resiko apapun, seperti takut untuk menjalin pertemanan baru, mencoba kegiatan baru, atau beradaptasi dengan lingkungan baru.

Lebih parahnya lagi, terlalu mengatur dan terlalu mengekang dapat membuat anak menjadi pribadi yang suka memberontak.

Ia akan melawan orang tua untuk menentukan pilihannya bahkan mungkin akan berbohong untuk melakukan hal yang ia ingin lakukan.

Penting untuk moms ketahui, mendidik anak dengan cara seperti ini dapat memicu depresi atau tekanan mental pada anak.

Menegur dan mengkritik secara berlebihan

Mengkritik secara berlebihan

Moms, salah satu kesalahan orang tua pada anak yang dapat menyakiti perasaan anak adalah cara orang tua menegur anaknya. Menegur anak secara berlebihan, apalagi sampai membentaknya.

Hal ini dapat membuat anak menjadi seorang yang tidak percaya diri dan takut untuk melakukan apapun karena takut dimarahi.

Selain itu, mengkritik anak anak secara berlebihan dapat membuatnya menjadi bosan mendengarkan sehingga ia menjadi semakin sulit untuk dinasehati.

Sering membandingkan anak

Moms, apapun alasannya, jangan pernah membandingkan anak dengan anak-anak yang lain. Setiap anak memiliki kemampuan, kelebihan, dan kekurangannya masing-masing.

Membandingkan anak hanya akan membuat ia merasa tidak berguna, memendam amarah, sakit hati, atau menurunkan rasa percaya dirinya.

Alih-alih membandingkan anak dengan dalih sebagai motivasi, moms sebaiknya lebih fokus dalam mendukung setiap aspek yang dimiliki oleh anak.

Jangan sampai kasih sayang yang diberikan berbeda beda, berikut informasi mengenai anak emas atau anak kesayangan.

Terlalu membebaskan anak

vitummy | Kesalahan Orang Tua pada Anak, Jarang Disadari!

Moms, terlalu mengekang atau mengatur anak memang bukan hal yang baik, namun terlalu membebaskan anak tanpa aturan juga sangat tidak baik.

Anak yang terbiasa tanpa aturan biasanya akan bebas melakukan banyak hal tanpa bisa membedakan mana yang baik dan buruk.

Padahal, seorang anak membutuhkan aturan, struktur, dan batasan agar dapat tumbuh dengan baik. Jika anak dibiarkan tanpa aturan, ditakutkan anak akan tumbuh menjadi pribadi yang sulit diatur dan mungkin akan dibenci oleh orang lain karena sikap dan perilakunya yang kurang baik.

Tidak bangga dengan prestasinya

Salah satu kesalahan orang tua pada anak adalah tidak menghargai usaha anak, seperti tidak memuji prestasi yang didapatkan oleh anak dan tidak menunjukan rasa bangga akan kerja keras anak.

Hal tersebut dapat menyakiti perasaan anak dan merasa bahwa dirinya tidak diinginkan sehingga ia berpikir bahwa segala usahanya hanya sia-sia.

Memarahi atau menghukum anak di depan umum

Perilaku dan tingkah si kecil memang kerap membuat para orang tua kehilangan kesabaran. Namun, jangan sampai memarahi, membentak, atau bahkan memukul anak di depan orang lain.

Hal ini bukan hanya menyakiti perasaan anak, tapi dapat membuat anak menjadi malu dan kehilangan kepercayaan dirinya.

Memarahi atau menghukum anak di depan orang lain atau depan umum, termasuk sebuah kesalahan orang tua pada anak. Jadi, mulai hindari untuk melakukan ini ya moms.

Tidak menghormati privasi anak

Moms, tak hanya orang tua, anak pun memiliki privasi atau hal-hal yang harus dihormati oleh para orang tuanya. Apalagi jika anak mulai menginjak remaja atau dewasa.

Moms harus mulai memberikan kepercayaan dan wewenang kepada anak. Dengan demikian, anak-anak akan merasa dihargai dan dipercaya.

Salah satu bentuk contoh menghargai privasi anak adalah mengetuk pintu terlebih dahulu sebelum memasuki kamarnya dan tidak mengumbar kesalahan atau aibnya di depan umum.

Tidak meluangkan waktu untuk anak

Salah satu kesalahan orang tua pada anak adalah mereka jarang meluangkan waktu untuk bermain atau berkomunikasi dengan anak.

Anak akan merasa kesepian, terabaikan, dan merasa kurang diperhatikan. Akibatnya, ia akan melakukan hal-hal untuk mencari perhatian dari orang tuanya.

Padahal, bermain atau berbicara dengan anak dapat membantu orang tua untuk memperbaiki komunikasi antar anak dengan orang tua sehingga bisa saling memahami satu sama lain.

Bertengkar di hadapan anak

vitummy | Kesalahan Orang Tua pada Anak, Jarang Disadari!

Bertengkar di hadapan anak merupakan kesalahan orang tua pada anak yang dapat membuat anak menjadi trauma, takut, cemas, dan efek negatif lainnya.

Hal-hal tersebut dapat mengganggu proses belajar anak di sekolah, pertemanan dan kehidupan sosialnya, serta kehidupan sehari-hari.

Selain itu, bertengkar di hadapan anak dapat memberikan contoh yang kurang baik. Anak akan menilai bahwa hubungan pernikahan merupakan hal yang negatif dan tidak menyenangkan.

Pilih kasih

vitummy | Kesalahan Orang Tua pada Anak, Jarang Disadari!

Moms, pilih kasih merupakan kesalahan orang tua pada anak yang sangat berdampak pada kesehatan mental dan emosionalnya.

Setiap anak pasti menginginkan kasih sayang yang adil dari orang tuanya. Namun, masih banyak orang tua yang secara tidak sadar melakukan pilih kasih kepada salah satu anak kesayangannya, entah itu karena faktor keadaan atau perbedaan usia anak.

Pilih kasih ini dapat menimbulkan perselisihan dan mengganggu emosional anak. Jadi, ketika moms dihadapkan dengan suatu kondisi yang harus memberi perhatian lebih pada salah satu anak, cobalah untuk berdiskusi dan meminta pengertian dari anak-anak yang lainnya.

Tidak konsisten

Kesalahan orang tua pada anak dalam hal mendidik anak adalah ketidak konsistenan. Misalnya, ketika moms menerapkan peraturan, kadang bersikap tegas, namun kadang juga bersikap tidak peduli. Hal ini dapat membingungkan dan menyulitkan anak.

Alhasil, anak akan merasa serba salah dan melanggar peraturan. Jadi, jika moms menerapkan aturan seperti membatasi penggunaan gawai, maka harus terus diterapkan secara konsisten ya.

Tidak menjadi panutan yang baik

Moms, pada dasarnya anak-anak belajar dari hal-hal yang mereka lihat dan mereka dengar, termasuk mencontoh kebiasaan dan perilaku orang tuanya.

Untuk menghindari kesalahan orang tua pada anak, cobalah untuk memberikan contoh perilaku yang baik. Jangan sampai anak-anak yang seharusnya bersosialisasi dan berteman menjadi dijauhi oleh teman-temannya karena memiliki perilaku yang buruk ya moms.

Sering membohongi anak

Tahukah moms bahwa membohongi anak merupakan kesalahan orang tua pada anak yang dapat menimbulkan hilangnya rasa percaya anak pada orang tua?

Banyak orang tua yang menganggap bahwa membohongi anak merupakan hal yang biasa saja. Biasanya, orang tua akan berbohong pada anaknya karena malas menjelaskan sesuatu secara detail, atau untuk melarang anaknya melakukan sesuatu yang berbahaya.

Orang tua yang sering berbohong pada anaknya akan mengutarakan hal-hal secara mendadak dan tidak memikirkan dari dampak yang mereka katakan.

Misalnya, ketika anak malas mandi, orang tua mengatakan bahwa jika anak mandi mereka akan pergi ke pasar malam, namun ketika sudah selesai mandi ternyata tidak pergi ke mana-mana.

Akibatnya, anak akan merasa kecewa dan kesal kepada orang tua, bahkan melakukan hal-hal rumit seperti rewel atau mengamuk.

Itulah beberapa informasi tentang kesalahan orang tua pada anak yang sering dilakukan secara tidak sadar. Semoga informasi-informasi di atas dapat membantu moms untuk menghindari hal-hal yang dapat memicu dampak buruk pada anak.

Selain hal-hal di atas, kesalahan orang tua pada anak adalah tidak mendukung asupan gizi yang dibutuhkan oleh anak.

Untuk memenuhi asupan gizi sehingga pertumbuhan anak menjadi optimal, jangan lupa untuk memberikan Madu Vitummy setiap pagi dan malam sebelum tidur.

Jika moms membutuhkan informasi lainnya tentang kesehatan dan pertumbuhan anak, silahkan kunjungi website kami di maduvitummy.id

Jika ada yang ingin ditanyakan, jangan ragu untuk menghubungi kami di nomor 0813-9383-8568.

Madu Vitummy, rahasia mommy happy!


Share on:

Seorang pembelajar yang tertarik dengan hal-hal kesehatan dan digital, serta gemar dalam membuat konten artikel terkait gaya hidup sehat.

Tinggalkan komentar