logo madu vitummy
Search
Close this search box.

Makanan untuk Meningkatkan Imun Tubuh: Nutrisi Kesehatan yang Optimal

makanan untuk meningkatkan imun tubuh

Kesehatan tubuh yang optimal tidak hanya tergantung pada pola hidup aktif dan olahraga teratur saja ya, Moms. Tapi juga sangat dipengaruhi oleh asupan nutrisi harian.

Salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan adalah kekuatan sistem kekebalan tubuh. Memiliki sistem kekebalan yang kuat dapat membantu melindungi tubuh dari serangan penyakit dan infeksi.

Untuk mendukung itu, Moms bisa makan berbagai makanan untuk meningkatkan imun tubuh secara alami. Yuk simak sampai akhir.

Apa itu Imun Tubuh? 

Sistem kekebalan tubuh atau yang sering disebut sebagai sistem imun tubuh merujuk pada kumpulan sel, protein, jaringan, dan organ yang bekerja sama untuk melindungi tubuh dari serangan mikroorganisme patogen seperti bakteri, virus, jamur, dan parasit. 

Imun tubuh bertindak sebagai pertahanan alami yang kompleks dan terkoordinasi untuk menjaga kesehatan dan melawan infeksi.

imun tubuh

Menurut National Institute of Allergy and Infectious Diseases (NIAID), yang merupakan bagian dari National Institutes of Health (NIH) di Amerika Serikat, sistem kekebalan tubuh terdiri dari dua komponen utama seperti berikut ya, Moms. 

  • Kekebalan Innate (Bawaan)

Fungsi kekebalan ini adalah memberikan respons umum dan cepat terhadap ancaman dari mikroorganisme. Adapun komponennya adalah sel darah putih, kulit, dan sel-sel lendir yang melapisi saluran pernapasan dan pencernaan.

  • Kekebalan Adaptif (Didapat)

Berbeda dengan sebelumnya, kekebalan adaptif berfungsi memberikan respons yang lebih spesifik dan terkoordinasi, berkembang seiring waktu sebagai tanggapan terhadap paparan mikroorganisme atau vaksin.

Komponen sistem ini terdiri dari limfosit T dan B, yang menghasilkan respons imun yang lebih khusus dan memiliki kemampuan untuk “mengingat” patogen yang pernah dihadapi sebelumnya.

Perlu Moms ketahui, sistem kekebalan tubuh bekerja dengan sangat kompleks dan terkoordinasi. Sel-sel kekebalan berinteraksi dan berkomunikasi satu sama lain untuk mengenali dan menghancurkan substansi asing atau sel yang dapat membahayakan tubuh. 

Selain itu, juga memiliki kemampuan untuk “mengingat” patogen tertentu yang telah dihadapi sebelumnya, memberikan dasar bagi kekebalan yang diperoleh melalui vaksinasi. 

Oleh karena itu, pemahaman yang lebih dalam tentang sistem kekebalan tubuh membantu dalam pengembangan strategi untuk menjaga kesehatan dan mencegah penyakit.

Makanan untuk Meningkatkan Imun Tubuh

makanan untuk meningkatkan imun tubuh

Moms, makanan memainkan peran penting dalam mendukung kekebalan tubuh, loh. Pasalnya, beberapa di antaranya mengandung nutrisi khusus yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan. 

Berikut adalah beberapa makanan untuk meningkatkan imun tubuh yang dapat Moms pertimbangkan:

1. Buah Citrus

Vitamin C adalah salah satu nutrisi utama yang diketahui dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh ya, Moms. Buah-buahan citrus seperti jeruk, lemon, dan grapefruit mengandung vitamin C dalam jumlah tinggi. 

Menurut National Institute of Health, vitamin C membantu produksi sel darah putih, yang berperan penting dalam melawan infeksi. Selain itu, juga memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan radikal bebas.

2. Yogurt

Yogurt yang mengandung probiotik adalah makanan yang baik untuk mendukung kesehatan sistem pencernaan dan meningkatkan imun tubuh. Moms, probiotik merupakan bakteri baik yang membantu menjaga keseimbangan mikroflora usus. 

Adapun sebagian besar sistem kekebalan tubuh terkonsentrasi di usus, sehingga menjaga kesehatan usus dapat secara positif memengaruhi respons kekebalan tubuh. Hal ini seperti dilansir dari laman International Scientific Association for Probiotics and Prebiotics (ISAPP)

3. Brokoli

Brokoli adalah sayuran yang kaya akan nutrisi esensial seperti vitamin C, vitamin A, vitamin K, dan serat. Komponen-komponen ini bekerja sama untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. 

Selain itu, menurut National Cancer Institute, brokoli juga mengandung senyawa sulforaphane yang telah diketahui memiliki sifat antiinflamasi dan dapat membantu meningkatkan respons kekebalan tubuh.

4. Almond

Menurut laman Linus Pauling Institute, almond merupakan sumber vitamin E yang penting untuk kesehatan sistem kekebalan tubuh. Vitamin E bekerja sebagai antioksidan yang membantu melawan radikal bebas dan mendukung fungsi normal sel-sel tubuh. 

Selanjutnya, almond juga mengandung lemak sehat, sehingga dapat menjadi pilihan camilan sehat untuk meningkatkan energi dan nutrisi.

5. Daging Ayam

Protein adalah komponen penting untuk membangun dan memperbaiki sel-sel tubuh, termasuk sel-sel kekebalan. Daging ayam menurut National Institutes of Health, merupakan sumber protein hewani yang tinggi dan juga mengandung zinc. 

Zinc adalah mineral yang berperan dalam perkembangan dan aktivitas sel-sel kekebalan tubuh. Asupan yang cukup dari protein dan zinc dapat membantu memperkuat pertahanan tubuh terhadap infeksi.

Baca Juga: Resep Sayur untuk Balita 2 Tahun.

6. Spinach

Spinach adalah salah satu sayuran hijau yang kaya akan nutrisi, termasuk vitamin C, beta-karoten, dan antioksidan lainnya. 

Dilansir dari laman United States Department of Agriculture (USDA), kandungan nutrisi ini dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh.

7. Jeruk Nipis

Selain jeruk biasa, jeruk nipis juga merupakan sumber vitamin C yang baik. Selain itu, jeruk nipis mengandung senyawa flavonoid yang memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi. 

Mengonsumsi jeruk nipis secara teratur dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan mengurangi risiko peradangan.

8. iKAN Salmon

Ikan salmon merupakan sumber asam lemak omega-3, yang memiliki peran penting dalam mendukung kesehatan sistem kekebalan tubuh. Omega-3 dapat membantu mengatur respon peradangan dalam tubuh dan meningkatkan aktivitas sel-sel kekebalan. 

Konsumsi ikan salmon secara teratur juga dapat memberikan manfaat tambahan untuk kesehatan jantung dan fungsi otak.

9. Wortel

Wortel mengandung beta-karoten, sejenis senyawa yang dapat diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Vitamin A memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan mata dan kulit, serta memperkuat sistem kekebalan tubuh. 

Mengonsumsi wortel secara rutin dapat membantu meningkatkan ketahanan tubuh terhadap infeksi.

10. Bawang Putih

Bawang putih telah dikenal memiliki sifat antimikroba, terutama berkat kandungan senyawa allicin di dalamnya. Senyawa ini telah terbukti memiliki efek positif pada sistem kekebalan tubuh dan dapat membantu melawan berbagai infeksi. Mengonsumsi bawang putih mentah atau dimasak dapat menjadi tambahan yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

11. Blueberry

Blueberry mengandung flavonoid, sejenis antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. 

Menurut Journal of Agricultural and Food Chemistry, antioksidan ini berkontribusi pada perbaikan sel-sel kekebalan tubuh dan dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis. 

Caranya, Moms bisa menambahkan blueberry ke dalam menu harian sebagai camilan sehat atau tambahan pada smoothie.

Mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi dapat menjadi kunci untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami. Kombinasi asupan vitamin C, probiotik, zinc, dan antioksidan dapat membantu tubuh melawan infeksi dan menjaga kesehatan secara keseluruhan. 

Penting untuk Moms ketahui bahwa pola makan yang seimbang dan beragam sangat penting dalam mendukung kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Dalam memilih makanan untuk meningkatkan imun tubuh, penting untuk menciptakan menu yang seimbang dan beragam. Kombinasi berbagai jenis makanan yang kaya akan nutrisi dapat memberikan manfaat yang optimal bagi kesehatan. 

Terlebih lagi, selain asupan makanan, penting juga untuk mempertahankan gaya hidup sehat yang mencakup tidur yang cukup, manajemen stres, dan aktivitas fisik.

Madu Vitummy untuk Daya Tahan Tubuh 

harga madu vitummy 2 botol

Madu Vitummy merupakan madu herbal yang dibuat dari madu hutan asli dan ekstrak bahan alami, seperti buah pepaya, bawang putih, rimpang temulawak, rimpang temu hitam, dan rasa jeruk. 

Kandungan berbagai bahan tersebut menjadikan Madu Vitummy mengandung formula Selenium Silver Pro. Formula ini bermanfaat untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan nafsu makan anak. 

Yuk, Moms dapatkan produk Madu Vitummy sekarang juga melalui website resminya di www.maduvitummy.id! 

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?