logo madu vitummy
Search
Close this search box.

Malam Demam Siang Normal? Ini Kemungkinan Terbesar Penyebabnya

malam demam siang normal

Anak-anak memang sering mengalami demam ya, Moms. Kondisi seperti ini sebenarnya adalah hal yang wajar. Pasalnya, sistem kekebalan tubuh mereka memang belum terlalu kuat layaknya orang dewasa.

Hasilnya, tubuh akan menunjukkan reaksi berupa demam. Reaksi ini sebagai bentuk perlawanan sistem kekebalan tubuh terhadap berbagai faktor penyebab penyakit. 

Nah, anak-anak bisa mengalami malam demam siang normal. Kira-kira kenapa bisa demikian sih, Moms? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini! 

Malam Demam Siang Normal, Gejala Apa? 

Moms, apabila si Kecil sedang mengalami demam ketika malam hari, padahal di siang harinya normal maka perlu diwaspadai. Sebab, kondisi ini biasanya menjadi gejala adanya suatu penyakit tertentu. 

Meski demikian, penyebab demam tersebut umumnya berbeda antara anak-anak dengan orang dewasa. Nah umumnya, meriang setiap malam yang terjadi pada anak menunjukkan gejala penyakit berikut. 

penyebab malam demam siang normal

1. Infeksi Saluran Pernapasan 

Meriang setiap malam padahal siang harinya normal pada anak-anak biasanya dikarenakan adanya infeksi ya, Moms. Bentuknya, seperti flu, pilek, atau infeksi telinga. 

Beberapa jenis infeksi tersebut memang menyebabkan rasa tidak nyaman pada anak. Akibatnya, mereka mengalami gejala malam demam siang normal. 

Dilansir dari laman Siloam Hospitals, penyakit infeksi merupakan masalah kesehatan yang disebabkan oleh mikroorganisme. Adapun jenis mikroorganismenya, seperti bakteri, virus, jamur, atau parasit. 

Tubuh yang mengalami infeksi patogen tersebut kemudian memunculkan reaksi, salah satunya gejala demam di malam hari. Tapi, reaksi ini bukanlah satu-satunya. Sebab, biasanya diiringi gejala-gejala lain. 

Gejala yang menyertai demam tersebut bisa berbeda-beda. Kondisi ini sesuai dengan infeksi saluran pernapasan yang mereka alami. Oleh karenanya, Moms perlu sangat perlu memperhatikan kondisi si Kecil dari infeksi saluran pernapasan. 

2. Dehidrasi 

Dehidrasi menurut Kemenkes RI adalah sebuah kondisi tubuh kehilangan banyak cairan daripada yang mereka terima. Kondisi ini nyatanya menjadi penyebab lain meriang setiap malam, terutama yang terjadi pada anak-anak ya, Moms. 

Demam yang disebabkan oleh dehidrasi biasanya terjadi ketika si Kecil mengalami diare atau muntah. Alasannya, kedua hal tersebut memang memicu tubuh kehilangan banyak cairan. 

Oleh karenanya, selain mengalami demam, tubuh anak juga bisa menunjukkan gejala lain, seperti lelah, sakit kepala, atau pusing. 

3. Tumbuh Gigi 

Anak-anak sedang dalam masa pertumbuhan dan perkembangan yang pesat. Kaitannya dengan pertumbuhan, Moms pasti paham kalau mereka masih sering mengalami tumbuh gigi. 

Nah, masa tumbuh gigi ini biasanya menjadi penyebab meriang setiap malam, padahal siang normal. Meriang atau rasa tidak enak badan ini dikarenakan rasa sakit atau tidak nyaman pada mulut dan gusi anak. 

Oleh karena itu, apabila si Kecil mengalami malam demam siang normal, bisa jadi merupakan gejala giginya sedang tumbuh. 

4. Reaksi Alergi 

Selanjutnya, anak panas malam hari siang normal juga bisa menjadi suatu gejala reaksi alergi. Seperti Moms ketahui, sistem kekebalan tubuh anak memang belum terlalu kuat. Akibatnya, mereka rawan terkena alergi akan suatu hal. 

Gejala alergi pada anak umumnya ditunjukkan dengan demam yang terjadi pada malam hari. Meskipun, demam bukanlah satu-satunya gejala, tapi bisa menjadi tanda akan reaksi alergi. 

5. Stres atau Kecemasan

Tidak hanya reaksi alergi, penyebab meriang setiap malam padahal siang normal juga bisa karena stres atau kecemasan. Perlu Moms ketahui, anak-anak bisa mengalami kedua kondisi tersebut. 

Perasaan cemas dan stres yang dialami mereka memicu demam di malam hari. Hal ini sebagai bentuk reaksi tubuh terhadap situasi dan kondisi yang tidak nyaman begi mereka. 

6. Efek Samping Obat 

Terakhir, malam demam siang normal yang umumnya terjadi pada anak merupakan gejala efek samping obat. Dilansir dari laman Ibu dan Balita, beberapa obat memang menyebabkan demam pada anak sebagai efek sampingnya. 

Adapun obat yang dimaksud, biasanya berbentuk antibiotik. Jenis obat ini dikonsumsi untuk melawan infeksi bakteri. Cara kerjanya, yaitu dengan membunuh atau menghambat pertumbuhan bakteri dalam tubuh. 

Oleh karenanya, sebagai suatu obat yang aktif maka bisa menimbulkan efek samping, seperti demam dan berbagai gejala lain yang mengiringinya. 

Itulah beberapa penyebab meriang setiap malam padahal siang normal ya, Moms.

Cegah Anak Demam dengan Vitummy 

jual madu vitummy (mobile)

Setelah mengetahui berbagai penyebabnya, lalu bagaimana cara mengatasinya? Sebagai orang tua, Moms bisa melakukan banyak cara mengatasi anak malam demam siang normal. Salah satunya dengan memberikan Vitummy. 

Vitummy adalah madu herbal yang dibuat dari berbagai bahan alami, yaitu madu hutan asli dan ekstrak bahan alami. Nah, berbagai ekstrak bahan alami, seperti buah pepaya, bawang putih, rimpang temulawak, rimpang temu hitam, dan rasa jeruk diformulasikan dengan teknologi canggih. 

Hasilnya, Vitummy mengandung formula Selenium Silver Pro. Formula ini berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan nafsu makan anak. Oleh karenanya, mengonsumsi Vitummy setiap hari akan membantu si Kecil terhindar dari berbagai penyakit. 

Si Kecil yang terhindar dari penyakit tentunya akan mencegah mereka mengalami demam. Oleh karenanya, Moms bisa cegah anak demam dengan Vitummy. 

Yuk, dapatkan produknya sekarang juga melalui website resminya di www.maduvitummy.id

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?