logo madu vitummy
Search
Close this search box.

Manfaat Bermain Puzzle untuk Si Kecil, Tak Hanya Permainan!

manfaat bermain puzzle

Moms, apakah si Kecil suka bermain puzzle? Permainan puzzle memang jadi salah satu yang sangat populer di dunia. Pasalnya, puzzle banyak dimainkan, baik oleh anak-anak maupun orang dewasa. 

Meski demikian, tahukah Moms mengenai manfaat bermain puzzle menurut para ahli? Perlu Moms ketahui, ada banyak manfaat dari permainan yang membutuhkan konsentrasi tinggi ini. 

Artikel ini akan membahas mengenai hal tersebut. Selain itu, juga tentang cara-cara bermain puzzle. 

Yuk, simak selengkapnya di bawah ini, Moms! 

Apa itu Permainan Puzzle? 

Permainan puzzle adalah mainan berupa potongan-potongan kecil terpisah yang saat disusun dan disatukan akan membentuk suatu gambar yang indah. Pengertian tersebut merupakan definisi secara umum tentang puzzle. Sebab, ada beberapa definisi puzzle menurut beberapa ahli. 

Berikut pengertian puzzle menurut ahli seperti dilansir dari laman Universitas Quality Medan. 

  • Soebachman mendefinisikan permainan puzzle adalah permainan yang terdiri atas kepingan-kepingan dari satu gambar tertentu yang dapat melatih kreativitas, keteraturan, dan tingkat konsentrasi. Adapun tingkat kesulitannya disesuaikan dengan umur. 
  • Yudha mendefinisikan puzzle adalah suatu gambar yang dibagi menjadi potongan-potongan gambar yang bertujuan untuk mengasah daya pikir, melatih kesabaran, dan membiasakan kemampuan berbagi. Media puzzle disebut sebagai permainan untuk mengasah otak dan melatih kecepatan pikiran serta tangan. 
  • Rambe dan Harahap mendefinisikan permainan puzzle merupakan permainan yang dilakukan dengan menyusun beberapa potongan gambar, kemudian digabungkan atau disatukan akan membentuk sebuah gambar yang lengkap. 
  • Defi, dkk. mendefinisikan puzzle (susunan gambar) sebagai suatu kumpulan potongan-potongan yang terpisah yang dapat digabungkan kembali menjadi beberapa bentuk model. 

Itulah beberapa definisi puzzle menurut para ahli yang harus Moms ketahui. Hal ini sangat penting sebelum membahas lebih lanjut mengenai manfaat dan cara memainkannya. Adapun mengenai kedua hal tersebut akan diuraikan pada poin selanjutnya ya, Moms. 

Manfaat Bermain Puzzle 

manfaat bermain puzzle

Puzzle punya banyak manfaat bagi setiap orang yang memainkannya, terutama untuk anak-anak ya, Moms. Sebab, puzzle tidak hanya berfungsi sebagai mainan, tapi sebagai alat untuk melatih kemampuan si Kecil. 

Nah, apa saja manfaat bermain puzzle? Berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan ketika si Kecil bermain puzzle ya, Moms. 

Konsentrasi dan Fokus Meningkat 

Meningkatnya konsentrasi dan fokus otak menjadi manfaat bermain puzzle yang pertama. Sebab, bermain puzzle memang butuh konsentrasi dan fokus yang sangat tinggi ya, Moms. 

Hal ini kaitannya proses penyusunan potongan puzzle menjadi gambar yang utuh. Proses tersebut membuat perhatian si Kecil akan sangat terpusat pada mainannya, terutama pada hal-hal detail dan kecil. 

Selain itu, mereka juga akan memperhatikan pola-pola yang muncul pada bagian puzzle. Tindakan ini tentunya akan membantu mereka untuk melatih fokus otak dalam menyelesaikan tugas. 

Manfaat tersebut tentunya akan membantu si Kecil dalam kehidupan sehari-hari ya, Moms. Pasalnya, dengan berlatih menyelesaikan permainan puzzle maka, ia akan terbiasa untuk menyelesaikan tugasnya, baik yang wajib maupun yang tidak. 

Oleh karenanya, memberikan permainan puzzle untuk si Kecil bukanlah suatu hal yang merugikan ya, Moms karena justru bisa sangat bermanfaat. 

Problem Solving Meningkat 

Manfaat bermain puzzle selanjutnya adalah meningkatkan kemampuan memecahkan masalah (problem solving) ya, Moms. Alasannya, ketika si Kecil bermain puzzle maka secara otomatis ia akan membuat strategi. 

Strategi tersebut umumnya digunakan untuk merangkai potongan-potongan puzzle menjadi bentuk yang sempurna atau menyatu. Salah satu caranya dengan melihat pola puzzle dari bagian yang perlu disatukan. 

Si Kecil yang sering melakukan aktivitas tersebut secara alami akan meningkatkan kemampuan analisis, perencanaan, dan evaluasi. Oleh karenanya, bermain puzzle sangat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari. 

Daya Ingat Meningkat 

Ingatan setiap orang sangat perlu untuk ditingkatkan. Salah satu cara yang paling efektif adalah dengan bermain puzzle, terutama pada anak-anak. Alasannya, si Kecil akan berlatih untuk mengingat dan mencocokkan potongan-potongan puzzle. 

Latihan tersebut biasanya terkait dengan mencocokkan warna, bentuk, dan pola puzzle. Proses ini sangat memengaruhi pengolahan visual, persepsi spasial, dan memori jangka pendek. Hasilnya, kemampuan untuk mengingat sesuatu bisa lebih kuat. 

Terhindar dari Stres 

Bermain puzzle juga bermanfaat untuk mengurangi stres dan dapat membantu menenangkan pikiran. Alasannya, aktivitas bermain yang satu ini sangat membantu tubuh lebih rileks dari biasanya. 

Kondisi tersebut bisa terjadi dikarenakan produksi hormon endorfin dalam tubuh meningkat. Fungsi hormon ini bagi tubuh, yaitu dapat membangkitkan suasana hati. Selain itu, juga dapat memicu seseorang merasa lebih tenang, tidak terkecuali pada anak-anak ya, Moms. 

Memiliki Keterampilan Sosial yang Baik 

Manfaat bermain puzzle lainnya adalah membangun keterampilan sosial, baik dengan keluarga maupun teman. Hal ini berkaitan dengan aktivitas berinteraksi, berbagai ide, dan problem solving saat bermain. 

Sering melakukan aktivitas tersebut akan membangun keterampilan sosial, komunikasi, dan kerja sama yang penting dalam lingkungan sosial. Oleh karenanya, bermain puzzle bagi anak-anak punya banyak manfaat. 

Baca Juga Tentang Permainan Sosial Emosional Anak yang tak kalah pentingnya!

Cara Bermain Puzzle 

Setelah tahu berbagai manfaatnya, Moms pasti ingin mengajarkan si Kecil untuk bermain puzzle. Apabila permainan ini Moms nilai sebagai sesuatu yang sulit maka jangan khawatir. Sebab, berikut ada beberapa cara bermain puzzle yang bisa Moms ikuti. 

Memilih Tempat yang Nyaman 

Moms, tempat menjadi hal yang sangat penting untuk disiapkan sebelum bermain puzzle, loh. Sebab, dalam menyusun potongan-potongan puzzle haruslah dalam bidang yang datar dan keras. Nah, contoh tempat yang nyaman adalah meja atau lantai. 

Menuangkan Keping Puzzle pada Tempat yang Dipilih 

Setelah memilih tempat, Moms bisa mengarahkan si Kecil untuk menuangkan keping puzzlenya. Caranya dengan membalikkan semua potongan-potongan puzzle untuk menghadap ke atas. 

Selanjutnya, Moms juga harus memastikan agar si Kecil memilih kepingan puzzle bagian tepi gambar untuk kemudian disisihkan. Langkah ini akan sangat membantu tahapan-tahapan selanjutnya dengan mudah. 

Menyusun Semua Keping Bagian Tepi Gambar 

Langkah selanjutnya, si Kecil perlu merangkai semua keping bagian tepi gambar. Rangkaian ini bertujuan untuk membentuk bingkai dari puzzle ya, Moms. Pasalnya, apabila bingkai telah terbentuk maka tinggal melanjutkan ke bagian tengah puzzle. 

Mengurutkan Keping-keping Potongan 

Setelah bingkai terbentuk maka kepingan puzzle bisa langsung diurutkan. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengurutkan sesuai tab and blank ya, Moms. Adapun yang dimaksud tab adalah kepingan potongan yang memiliki bagian menganjur. Sedangkan blank adalah pasangannya. 

Menyusun Kepingan Sesuai Warna 

Langkah yang paling populer untuk menyelesaikan puzzle adalah menyusunnya sesuai kelompok warna ya, Moms. Meskipun, waktu penyusunan biasanya sangat bergantung pada tingkat kerumitan puzzle, tapi kelompok warna akan memudahkan si Kecil dalam menyelesaikan susunannya. 

Menyusun Kelompok Warna

Sebelumnya, si Kecil sudah menyusun kepingan sesuai warnanya ya, Moms. Nah, langkah selanjutnya, kelompok-kelompok warna yang telah tersusun harus digabungkan menjadi satu dalam petak yang lebih besar. Proses ini akan menunjukkan bentuk gambar yang utuh. 

Letakkan Gambar dalam Bingkai Puzzle 

Gambar yang telah dirangkai kemudian diletakkan dalam bingkai puzzle. Langkah ini akan menunjukkan gambar hasil jadi. 

Lanjutkan dengan Mengisi Kekosongan Puzzle 

Setelah diletakkan dalam bingkai, biasanya ada beberapa bagian yang masih kosong. Bagian-bagian yang kosong tersebut harus segera dilengkapi untuk menyempurnakan gambar puzzle. Langkah ini biasanya lebih mudah karena puzzle hampir sempurna. 

Periksa Setelah Selesai 

Moms, apabila puzzle telah selesai dirangkai maka saatnya untuk memeriksa semua bagiannya. Si Kecil harus memastikan bahwa tidak ada bagian yang kosong atau kurang. Kelengkapan puzzle akan menunjukkan bahwa proses telah selesai dan sempurna. 

Itulah cara bermain puzzle yang bisa Moms dan si Kecil ikuti. Nah, untuk memaksimalkan bermain si Kecil, Moms bisa memberikan Vitummy. Madu herbal dengan campuran bahan alami ini mengandung formula Selenium Silver Pro

Formula tersebut dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan nafsu makan anak. Oleh karenanya, untuk memaksimalkan pertumbuhan anak, Moms bisa mengajarkan si Kecil bermain puzzle sekaligus minum Vitummy. 

Yuk, dapatkan produknya sekarang juga melalui website resminya di www.maduvitummy.id

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?