logo madu vitummy
Search
Close this search box.

Mengenal Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan selama Puasa

Manfaat Buah Kurma

Moms pasti sudah tidak asing lagi mendengar tentang manfaat buah kurma untuk kesehatan.

Buah berwarna yang berwarna coklat gelap, kemerahan, atau kuning muda ini mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti serat, zat besi, hingga kalium.

Dilansir dari Kementerian Kesehatan RI, kandungan nutrisi yang ada dalam buah kurma tersebut, mampu mengembalikan energi dan mengganti elektrolit yang hilang selama berpuasa.

Itulah alasan kenapa Rasulullah SAW sangat menyarankan umat muslim untuk mengonsumsi beberapa butir buah kurma saat buka puasa.

Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan

vitummy | Mengenal Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan selama Puasa

Ngomong-ngomong tentang manfaat buah kurma, ternyata tak hanya untuk mengembalikan energi selama puasa, lho.

Baca Juga: Beragam Manfaat Omega 3 untuk Kesehatan Tubuh

Ada banyak sekali manfaat buah kurma yang telah dibuktikan oleh penelitian, manfaat-manfaat tersebut di antaranya:

Memenuhi Kebutuhan Gizi dan Energi Tubuh

Moms, dilansir dari laman Klikdokter, manfaat buah kurma yaitu bisa memenuhi kebutuhan gizi untuk tubuh, lho.

Dalam satu butir buah kurma, terdapat kandungan seperti, kalori, lemak, karbohidrat, serat, gula, protein, vitamin, zat besi, magnesium, dan potasium.

Bahkan, penduduk di daerah Gurun Sahara menganggap bahwa buah kurma merupakan makanan penting yang harus dikonsumsi oleh mereka.

Selain itu, buah kurma pun kerap menjadi hidangan wajib di bulan puasa karena manfaat buah kurma ini bisa membantu memenuhi kebutuhan kalori harian tubuh.

Dilansir dari penelitian yang dilakukan oleh Mahasiswi Fakultas Kedokteran, Universitas Hasanudin, kelembutan buah kurma mengandung 80% nilai energi.

Buah kurma yang sudah matang juga mengandung banyak kalsium dan zat besi sesi.

Dengan begitu, mengonsumsi buah kurma saat buka puasa bisa membantu membantu memenuhi kebutuhan kalori harian agar tubuh tetap sehat dan bugar selama menjalani ibadah puasa.

Zat besi yang tinggi dalam buah kurma pun membantu tubuh untuk mencegah terjadinya anemia selama puasa sehingga tubuh menjadi tidak mudah lelah dan pucat.

Menjaga Kesehatan Mata

vitummy | Mengenal Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan selama Puasa

Moms, seperti yang disebutkan sebelumnya, buah kurma merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin A. Vitamin ini bermanfaat untuk menurunkan risiko terjadinya gangguan mata.

Selain itu, menurut penelitian yang dilakukan oleh Mahasiswi Fakultas Kedokteran, Universitas Hasanudin, dalam kurma Al Jazira ditemukan lutein.

Lutein ini sangat berperan dalam menjaga kesehatan mata dan mencegah terjadinya gangguan mata, seperti degenerasi makula atau katarak.

Menjaga Kesehatan Kulit

vitummy | Mengenal Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan selama Puasa

Selain untuk menjaga kesehatan mata, kurma juga bisa menjaga kecantikan kulit, lho. Dilansir dari Rumah Sakit Siloam, kurma mengandung zat asam pantotenat yang diketahui bisa membuat kulit menjadi lebih halus dan elastis.

Meningkatkan dan Memelihara Kesehatan Tulang

Kurma mengandung selenium, tembaga, kalium, dan magnesium dalam jumlah yang tinggi. Selain itu, daging kurma juga mengandung mangan, zat besi, fosfor, dan kalsium dalam jumlah sedang.

Nah, kandungan-kandungan tersebut sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tulang agar terhindar dari risiko penyakit osteoporosis.

Ingat! Untuk menjaga kesehatan tulang bukan hanya mengonsumsi kurma atau makanan bernutrisi lainnya, namun harus ditambah dengan rutin melakukan olahraga dan berjemur di bawah sinar matahari pagi.

Mengontrol Kadar Gula Darah

vitummy | Mengenal Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan selama Puasa

Moms, meskipun memiliki rasa yang manis, nyatanya rasa manis kurma tidak begitu berdampak pada peningkatan kadar gula dalam darah. Dengan begitu, kurma bisa dijadikan sebagai pengganti gula putih.

Selain itu, kurma juga memiliki indeks glikemik rendah sehingga tidak membuat kadar gula darah menjadi cepat meningkat.

Bahkan, berkat kandungan antioksidan dalam sebutir kurma, disebut-sebut bisa membantu mengontrol gula darah dan mencegah terjadinya resistensi insulin.

Meski begitu, manfaat buah kurma untuk mengontrol kadar gula darah ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Jadi, sebaiknya tetap batasi konsumsi makanan-makanan manis, termasuk kurma.

Mengontrol Tekanan Darah

Selain mengontrol kadar gula darah, manfaat buah kurma juga bisa mengontrol tekanan darah.

Kurma mengandung tinggi kalium, serat, dan antioksidan. Selain itu, kurma juga rendah akan kandungan natrium atau garam sehingga baik untuk dikonsumsi oleh penderita hipertensi.

Sebagai Antioksidan

Moms, kurma mengandung banyak senyawa yang bersifat antioksidan, seperti fenolik, polifenol, asam askorbat, karotenoid, askorbat, dan fenolat.

Kandungan antioksidan tersebut bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit kronis, seperti kanker, penyakit jantung, alzheimer, dan parkinson.

Selain itu, kurma juga mengandung polifenol yang bermanfaat untuk membantu memadamkan spesies oksigen reaktif (ROS), sebuah proses yang dibutuhkan untuk mencegah kanker.

Memelihara Sistem Pencernaan

vitummy | Mengenal Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan selama Puasa

Moms, manfaat buah kurma yang lainnya adalah bisa memelihara kesehatan sistem pencernaan. Kurma tergolong ke dalam jenis buah yang mengandung tinggi serat dan karbohidrat kompleks.

Nah, kandungan serat yang tinggi tersebut bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, bahkan bisa membantu mengatasi dan mencegah terjadinya sembelit.

Selain itu, dilansir dari laman Alodokter, beberapa penelitian menunjukkan bahwa kurma ataupun sari kurma bisa membantu menjaga keseimbangan jumlah probiotik (bakteri baik) di dalam usus.

Dengan begitu, kurma bisa membantu kesehatan saluran cerna agar tetap terjaga dan terhindar dari berbagai penyakit.

Mengganti Elektrolit Tubuh yang Hilang

Moms, tak hanya air kelapa, ternyata buah kurma juga bisa membantu mengganti kadar elektrolit yang hilang.

Kurma mengandung kadar kalium yang tinggi, salah satu unsur elektrolit yang dibutuhkan oleh tubuh.

Melindungi Tubuh dari Risiko Peradangan

Moms, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa kurma mengandung antioksidan yang tinggi. Nah, salah satu kandungan senyawa antioksidan dalam buah kurma adalah polifenol. Polifenol ini bisa membantu tubuh terhindar dari berbagai macam jenis radang.

Dilansir dari laman Klikdokter, sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang sering mengonsumsi polifenol memiliki risiko kematian yang lebih rendah daripada orang yang jarang mendapatkan asupan polifenol.

Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Dilansir dari laman Fakultas Kedokteran, Universitas Islam Indonesia, buah kurma basah (Ruthab) bisa mencegah terjadinya pendarahan pada wanita saat melahirkan.

Selain itu, manfaat buah kurma ini bisa membantu mempercepat proses pengembalian posisi rahim seperti semula sebelum waktu hamil berikutnya.

Hal ini dikarenakan dalam buah kurma yang segar terkandung hormon yang menyerupai hormon oxytocin yang bisa membantu proses kelahiran.

Hormon oxytocin ini merupakan hormon yang sering dihubungkan dengan gairah pada pasangan. Hormon ini juga berfungsi membantu terjadinya persalinan secara normal.

Manfaat Buah Kurma Untuk Ibu Menyusui

Buah kurma memiliki kandungan vitamin B yang memiliki peran dalam membentuk sel darah merah baru, dengan hal tersebut ibu menyusui dapat mengonsumsi kurma untuk menghindari resiko anemia dan kelelahan.

Selain itu, kurma juga memberikan efek meningkatkan imun tubuh bagi ibu yang sedang menyusui. Buah kurma memiliki kandungan tanin sehingga memperkuat ibu menyusui agar tidak mudah jatuh sakit.

Kurma memiliki kandungan fruktosa, vitamin K, serat, mangan dan masih banyak kandungan lainnya dan itu bagus bagi ibu menyusui.

Akan tetapi terdapat aturan dalam mengonsumsi kurma bagi ibu menyusui, terutama ibu hamil dan menyusui, takaran konsumsi kurma bisa sekitar 7-10 butir setiap harinya, apabila memiliki diabetes, sebaiknya kurangilah, sesuaikan dengan kebutuhan.

Selain itu juga terdapat beberapa manfaat buah kurma untuk ibu hamil tua seperti mencegah anemia, memperkuat selaput ketubah, melancarkan persalinan, hingga mengatur tekanan darah.

Nah, itulah seputar informasi tentang manfaat buah kurma. Untuk menambah informasi dan pengetahuan tentang pola asuh atau kesehatan anak, terutama kesehatan anak selama puasa, selalu kunjungi laman blog madu vitummy.

Untuk menambah informasi dan pengetahuan tentang pola asuh atau kesehatan anak, terutama kesehatan anak selama puasa, selalu kunjungi laman blog madu vitummy.

Madu Vitummy merupakan madu yang mengandung ekstrak rempah-rempah pilihan, seperti temulawak, temu hitam, bawang putih, dan pepaya yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Selain itu, Madu Vitummy bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan, meningkatkan daya tahan tubuh, dan mencegah anak dari risiko infeksi cacingan.

Yuk, rutin minum Madu Vitummy sehari dua kali untuk mendapatkan daya tahan tubuh yang kuat dan bebas cacingan selama puasa.

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?