logo madu vitummy
Search
Close this search box.

9 Manfaat Madu Murni, Obat Alami yang Dipercaya Punya Banyak Fungsi

Manfaat Madu Murni

Madu sering dipercayai sebagai obat alami yang punya banyak fungsi, salah satunya untuk kesehatan tubuh, baik anak-anak, remaja, maupun dewasa. 

Adapun madu yang paling banyak ditemukan di pasaran adalah madu murni. Hal ini dikarenakan banyak manfaat madu murni apabila dikonsumsi dalam tubuh. 

Lalu, apa saja manfaat madu murni? Artikel berikut akan membahas mengenai hal tersebut. Oleh karena itu, simak di bawah ini ya, Moms! 

Manfaat Madu Murni untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Madu Murni

Moms, kira-kira apa sih manfaat madu murni untuk kesehatan tubuh? Ketahui jawabannya di bawah ini ya, Moms. 

Seperti yang telah disebutkan bahwa banyak manfaat madu murni untuk kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan madu murni mengandung banyak mineral, vitamin, dan zat lainnya. 

Dilansir dari laman Kemenkes RI, zat yang terkandung dalam madu murni, di antaranya adalah mineral, tujuh vitamin B kompleks, vitamin C, polifenol, asam amino, karotenoid, enzim, asam organik, dan senyawa yang mudah menguap. 

Berbagai kandungan tersebut menjadikan manfaat madu murni untuk kesehatan tubuh seperti berikut. 

Meningkatkan Kebugaran Tubuh 

Manfaat madu murni yang pertama adalah dapat meningkatkan kebugaran tubuh. Alasannya karena mengandung senyawa karbohidrat, seperti fruktosa, sukrosa, dan dekstrin karbohidrat. 

Berbagai kandungan tersebut kemudian membentuk komponen nutrisi yang menyediakan energi dalam bentuk kalori. 

Kemenkes RI menjelaskan dalam artikelnya Manfaat Madu Bagi Kesehatan Tubuh, bahwa setiap 1.000 gram madu mengandung 3.280 kalori. 

Sementara itu, nilai kalori pada 1 kgg madu sama dengan 50 butir telur. Selain itu, 1 kgg madu juga memiliki nilai kalori yang sama dengan 5,575 liter susu atau 1,680 kg daging. 

Oleh karena itu, manfaat madu murni bisa untuk meningkatkan kebugaran tubuh.

Membantu Mencegah Terkena Penyakit 

Selanjutnya nih Moms, manfaat madu murni bisa untuk membantu mencegah terkena penyakit, baik penyakit ringan maupun penyakit berat (kronis)

Pasalnya, madu murni mengandung vitamin, asam, mineral, dan enzim yang sangat bermanfaat apabila dikonsumsi dalam tubuh seseorang. 

Misalnya kandungan asam laktobasilin sebagai zat yang dapat menghambat pertumbuhan sel penyakit kronis, seperti sel kanker dan tumor

Kondisi ini menjadikan madu murni sering digunakan sebagai bahan utama pengobatan, baik secara medis maupun alternatif. 

Itulah alasan manfaat madu murni bisa membantu mencegah terkena penyakit.

Bunda Perlu Tahu: 5+ Bahaya MSG bagi Anak, Perlu Diperhatikan Nih!

Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat madu murni yang lain, yaitu bisa meningkatkan fungsi otak. Hal ini dikarenakan adanya kandungan asam amino bebas di dalamnya. 

Asam amino merupakan satu dari banyak kandungan asam organik dalam madu. Seperti dilansir dari laman Kemenkes RI, terdapat asam glikolat, asam format, asam laktat, asam sitrat, asam asetat, asam oksalat, asam malat, asam tartrat, dan asam amino. 

Adapun fungsi berbagai asam organik tersebut untuk tubuh sangat beragam, salah satunya bisa untuk meningkatkan fungsi otak. 

Asam amino dalam madu merupakan bahan pembentuk neurotransmitter atau senyawa yang berperan dalam mengoptimalkan fungsi otak, sehingga dapat meningkatkan kecerdasan seseorang. 

Oleh karena itu, manfaat madu murni dipercaya bisa untuk meningkatkan fungsi otak. 

Memenuhi Kebutuhan Zat Besi dalam Tubuh 

Moms, apa sih manfaat zat besi dalam tubuh? Zat besi bisa membantu menjaga fungsi vital tubuh, seperti energi, fokus tubuh, proses pencernaan, sistem kekebalan, dan mengatur suhu tubuh. 

Nah, salah satu manfaat madu murni adalah dapat memenuhi kebutuhan zat besi dalam tubuh seseorang. Misalnya, mengatur pewarnaan darah (hemoglobin). 

Hal ini dikarenakan madu mengandung banyak mineral, yaitu zat besi, tembaga, dan mangan. Adapun kondisi ini sangat dipengaruhi oleh asal sari bunga yang dihisap lebah. 

Jika bunga yang dihisap lebah mengandung banyak mineral maka madu yang dihasilkan pun mengandung banyak mineral. Ciri-cirinya adalah madu berwarna gelap. 

Sehingga, manfaat madu murni bisa untuk memenuhi kebutuhan zat besi dalam tubuh. 

Melawan Oksidasi 

Moms, perlu diketahui bahwa madu murni mengandung zat antioksidan, salah satunya antioksidan fenolat. 

Kandungan ini memiliki daya aktif yang tinggi dalam tubuh. Selain itu, juga bisa untuk meningkatkan perlawanan tubuh terhadap tekanan oksidasi. 

Misalnya oksidasi stres (stress oksidatif), yaitu kondisi tidak seimbang antara radikal bebas dengan antioksidan dalam tubuh yang terjadi secara alami. 

Oleh karena itu, manfaat madu murni apabila dikonsumsi oleh seseorang maka dapat memenuhi kebutuhan antioksidan tubuh untuk melawan oksidasi. 

Itulah beberapa manfaat madu murni untuk kesehatan. 

Manfaat Madu Murni untuk Anak 

Manfaat Madu Murni

Setelah mengetahui mengenai beberapa manfaat madu murni untuk kesehatan, apakah Moms juga penasaran tentang manfaatnya untuk anak? Pastinya Moms juga penasaran kan. 

Madu murni tidak hanya memberikan manfaat umum untuk kesehatan, akan tetapi juga untuk anak-anak. 

Apa saja sih manfaat madu murni untuk anak? Beberapa manfaatnya akan disajikan di bawah ini ya, Moms. 

Meredakan Batuk 

Anak-anak termasuk masa yang paling rentan mengalami infeksi virus, salah satunya adalah yang mengakibatkan batuk. Kondisi ini menjadikan batuk pada anak merupakan suatu hal yang wajar. 

Meski demikian, anak yang mengalami batuk tidak boleh dibiarkan begitu saja. Pasalnya, batuk adalah infeksi saluran pernapasan yang mengakibatkan gangguan pernapasan. 

Lalu, bagaimana cara meredakan batuk pada anak? Salah satu caranya, Moms bisa memberikan madu murni. 

Dilansir dari laman National Library Medicine, National Center for Biotechnology Information, madu dapat direkomendasikan untuk meredakan batuk. 

Caranya dengan memberikan dosis tunggal 2,5 ml madu sebelum tidur untuk anak usia satu tahun yang menderita batuk. 

Berdasarkan hal tersebut, manfaat madu murni berarti bisa untuk meredakan batuk pada anak. 

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Selain meredakan batuk, manfaat madu murni juga bisa untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak. Kondisi ini dipengaruhi banyaknya kandungan zat dalam madu. 

Dilansir dari laman Lybrate, madu kaya akan mineral, antioksidan, asam amino, dan enzim yang sangat penting untuk meningkatkan kesehatan bayi. 

Salah satunya dengan meningkatkan kekebalan tubuh terhadap serangan berbagai penyakit pada tubuh anak. 

Itulah alasan manfaat madu murni dapat meningkatkan kekebalan tubuh. 

Menurunkan Risiko Anak Mengalami Keracunan

Moms, kita semua mengetahui bahwa anak-anak sangat sensitif terhadap makanan yang dikonsumsinya. Hal ini dikarenakan sistem pencernaan yang belum terlalu kuat untuk mencerna banyak makanan. 

Akibatnya, anak-anak menjadi rentan terkena keracunan yang disebabkan karena makanan, salah satunya botulisme bayi. 

Dilansir dari laman Government of Canada, botulisme bayi adalah bentuk keracunan makanan yang jarang namun serius. Keracunan ini bisa dialami oleh anak-anak. 

Nah, salah satu manfaat madu murni apabila diberikan kepada anak-anak yang sehat di atas usia satu tahun, maka bisa untuk menurunkan risiko anak mengalami keracunan makanan. 

Menyehatkan Pencernaan

Seperti telah disebutkan bahwa anak-anak memiliki sistem pencernaan yang sensitif, sehingga kesehatan pencernaannya harus selalu dijaga. 

Bagaimana sih menjaga kesehatan pencernaan anak, Moms? Ada banyak cara menjaga kesehatan pencernaan anak, salah satunya dengan mengonsumsi madu murni secara rutin. 

Seperti dilansir dari laman Mayo Clinic, berbagai bukti telah menunjukkan bahwa madu dapat membantu meringankan kondisi saluran pencernaan. 

Misalnya, dapat mengurangi risiko terkena penyakit diare yang berhubungan dengan gastroenteritis. Oleh karena itu, manfaat madu murni bisa untuk menyehatkan pencernaan. 

Nah, itulah beberapa manfaat madu murni untuk kesehatan dan untuk anak apabila dikonsumsi secara rutin ya, Moms. 

Apakah Moms teratrik untuk memberikan madu murni pada si kecil? Jika Moms teratai melakukan hal ini, maka Moms bisa memberikan Madu Vitummy. 

Manfaat Madu Murni

Madu Vitummy adalah madu herbal dengan ekstrak bahan alami, seperti buah pepaya, bawang putih, rimpang temulawak, rimpang temu hitam, dan rasa jeruk. Berbagai bahan tersebut memberikan banyak manfaat seperti berikut. 

  • Mengatasi cacingan pada anak dan orang dewasa
  • Mengatasi kurangnya nafsu makan
  • Menambah berat badan anak
  • Mengatasi perut buncit pada anak
  • Melancarkan pencernaan
  • Mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit dll.
  • Menjaga daya tahan tubuh
  • Mengatasi pertumbuhan yang terhambat

Selain manfaat tersebut, Madu Vitummy juga dilengkapi dengan Selenium Silver Pro yang dapat melindungi anak dari serangan penyakit. Yuk, Moms, beri anak Madu Vitummy secara rutin dan dapatkan manfaatnya!

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?