logo madu vitummy
Search
Close this search box.

Tips Mengajarkan Anak Berhitung, Ketahui Manfaatnya!

Mengajarkan Anak Berhitung

Berhitung adalah kemampuan yang sangat penting untuk dimiliki setiap orang, terutama anak-anak. Kemampuan ini diperlukan, baik untuk mendukung proses belajar di sekolah maupun aktivitas di lingkungannya. 

Meski demikian, tidak sedikit anak yang kurang memahami atau merasa kesulitan untuk berhitung. Kondisi ini tentunya memengaruhi proses dan hasil belajar di sekolah. Selain itu, juga bisa mengganggu aktivitasnya. 

Padahal, banyak tips mengajarkan anak berhitung loh, Moms. Lalu, apa saja tipsnya? Artikel berikut akan membahas mengenai hal tersebut. Oleh karena itu, simak di bawah ini ya, Moms!

Tips Mengajarkan Anak Berhitung Cepat 

Mengajarkan Anak Berhitung

Tips mengajarkan anak berhitung biasanya dibuat untuk anak-anak yang memiliki kesulitan dalam berhitung. Selain itu, juga untuk menambah kecepatan berhitung pada anak-anak secara umum.

Penting Jangan Dilewatkan: Ketahui Berapa Lama Durasi Anak Bermain Gadget! Ini Dampak Negatif Bermain Gadget Terlalu Lama pada Anak!

Mengajarkan anak berhitung bisa dilakukan oleh orang tua, guru, atau tutor/pendamping belajar anak. Sehingga, anak bisa belajar berhitung, baik di rumah, sekolah, maupun di tempat les. 

Semakin sering mengajarkan anak berhitung maka anak akan semakin banyak pengalaman tentang berhitung. Pengalaman yang dimiliki kemudian menjadikan anak tertarik untuk terus belajar berhitung. 

Minat tersebut perlu diimbangi oleh orang tua, salah satunya dengan memberikan tips mengajarkan anak berhitung dengan cepat. Nah, berikut beberapa tipsnya. 

Berhitung Menggunakan Jari 

Tips mengajarkan anak berhitung yang pertama adalah dengan menggunakan jari. Berhitung dengan jari termasuk salah satu metode yang paling umum dilakukan oleh masyarakat. 

Misalnya, Moms bisa memberikan soal hitungan, seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, atau pembagian. Pada tahap awal, soal bisa dibuat lebih sederhana, namun tingkat kesulitan soal bisa ditambah seiring berjalannya waktu. 

Soal-soal tersebut kemudian harus diselesaikan dengan metode berhitung menggunakan jari. Latihan ini dapat merangsang syaraf-syaraf otak untuk lebih aktif, sehingga dapat pula menggerakkan anggota tubuh yang lain. 

Itulah alasan berhitung dengan jari termasuk tips mengajarkan anak berhitung dengan cepat. 

Menggunakan Lagu 

Tips mengajarkan anak berhitung selanjutnya adalah dengan menggunakan lagu. Metode ini sangat efektif karena anak lebih mudah menghafal lirik lagu daripada rumus-rumus baku. Selain itu, juga memberikan kesan santai dalam belajar. 

Moms bisa memberikan contoh lagu yang mengandung angka, seperti “Balonku Ada Lima” dan “Satu-Satu Aku Sayang Ibu”. Lagu ini memudahkan anak untuk memahami konsep berhitung. 

Oleh karena itu, Moms bisa menggunakan lagu untuk mengajarkan anak berhitung cepat. 

Memanfaatkan Benda di Sekitar 

Selanjutnya, mengajarkan anak berhitung bisa dilakukan dengan memanfaatkan benda-benda di sekitar. Misalnya, Moms bisa mengaitkan dengan kebutuhan sehari-hari, seperti minuman, sayuran, buah-buahan, dan lain sebagainya. 

Caranya yang dilakukan adalah dengan bertanya jumlah setiap barang atau benda yang ada di sekitar anak. Selain itu, juga bisa dengan menanyakan barang-barang yang biasanya dibeli. 

Menggunakan Alat Bantu Hitung 

Moms, seperti kita tahu bahwa telah banyak alat bantu hitung yang beredar di pasaran. Beberapa di antaranya adalah sempoa, napier’s bones, kalkulator, kartu angka, dan gadget. 

Alat bantu tersebut dapat digunakan sebagai tips mengajarkan anak berhitung ya, Moms. Hal ini akan membantu anak untuk berhitung secara cepat, meskipun anak tetap harus belajar berhitung manual. 

Belajar dan Bermain 

Tips lain mengajarkan anak berhitung bisa dilakukan dengan metode belajar dan bermain. Pasalnya, berhitung merupakan hal yang tidak mudah untuk sebagian anak. Oleh karena itu, perlu metode menyenangkan dalam proses belajarnya. 

Misalnya, Moms bisa menerapkan permainan ular tangga, monopoli, atau tebak angka. Permainan seperti ini akan memotivasi anak untuk berhitung dengan cara yang menyenangkan, yaitu dengan bermain. 

Menghitung Sambil Membaca Buku 

Moms, saat ini banyak loh buku-buku yang dibuat untuk membantu anak, seperti membaca, berhitung, dan lain sebagainya. Nah, buku seperti ini juga bisa dijadikan metode dalam tips mengajarkan anak berhitung. 

Alasannya karena membaca buku dapat meningkatkan kemampuan membaca anak. Selain itu, juga meningkatkan kemampuan berhitung. Hal ini dikarenakan kemampuan bahasa seseorang dapat memengaruhi kemampuan berhitungnya. 

Moms sebagai orang tua bisa memilih buku berhitung yang berisi gambar dan cerita. Buku ini akan lebih menarik sebagai metode belajar anak. 

Menonton Film atau Video 

Menonton film atau video bisa menjadi tips mengajarkan anak berhitung yang menyenangkan ya, Moms. Pasalnya, banyak anak zaman now yang sangat suka menonton film atau video. 

Kondisi ini kemudian memunculkan banyak film atau video yang menampilkan pembelajaran berhitung. Misalnya, film animasi yang mengajarkan anak berhitung, video animasi bernyanyi angka, dan video berisi materi agar anak mengingat lebih cepat. 

Melalui tayangan visual ini, anak bisa menjadi lebih mudah dan cepat dalam belajar berhitung. 

Menggunakan Aplikasi 

Aplikasi merupakan salah satu bagian yang terdapat dalam gadget. Dari sekian banyak aplikasi, banyak yang dibuat untuk tujuan belajar berhitung. Moms bisa menggunakan aplikasi ini sebagai metode dalam tips mengajarkan anak berhitung. 

Hal ini dikarenakan selain suka menonton film atau video, anak zaman now juga sangat suka bermain gadget. Nah, agar anak mendapatkan manfaat gadget dibanding dampaknya, Moms bisa menjadikan gadget sebagai media belajar. 

Caranya, Moms bisa mengunduh beberapa aplikasi belajar berhitung untuk anak. Dengan catatan, aplikasi yang diunduh harus aman untuk anak ya, Moms. 

Jadi, itulah beberapa tips mengajarkan anak berhitung yang bisa Moms terapkan pada si kecil di rumah ya, Moms.

Manfaat Mengajarkan Anak Berhitung 

Mengajarkan Anak Berhitung

Setelah mengetahui beberapa tips mengajarkan anak berhitung, kini saatnya Moms mengetahui manfaatnya. Banyak manfaat mengajarkan anak berhitung ya, Moms. Nah, beberapa di antaranya sebagai berikut. 

Menyiapkan Kesiapan Anak Belajar di Sekolah 

Manfaat mengajarkan anak berhitung yang pertama adalah membantu menyiapkan kesiapan anak belajar di sekolah. Hal ini karena proses belajar di sekolah salah satunya belajar matematika. 

Matematika termasuk disiplin ilmu yang sangat erat kaitannya dengan berhitung. Beberapa di antaranya adalah penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. 

Oleh karena itu, mengajarkan anak berhitung sebelum masuk sekolah bermanfaat untuk meningkatkan kesiapan belajar, menganalisis, serta menyelesaikan masalah. 

Membantu Memudahkan Aktivitas Sehari-hari 

Manfaat lain mengajarkan anak berhitung adalah membantu memudahkan aktivitas sehari-hari. Seperti kita tahu bahwa banyak aktivitas yang memerlukan keterampilan berhitung, seperti jual beli, waktu, dan jarak. 

Anak-anak yang telah belajar berhitung tentunya akan lebih mudah melakukan beberapa aktivitas tersebut dibandingkan yang tidak belajar berhitung. Hal ini dikarenakan dengan belajar berhitung maka anak bisa memahami konsep matematika dalam jual beli, waktu, dan jarak. 

Mendukung Kemampuan Berpikir Sistematis

Manfaat mengajarkan anak berhitung juga bisa untuk mendukung kemampuan berpikir sistematis ya, Moms. Alasannya karena berhitung merupakan aktivitas menghitung, seperti menjumlahkan dan mengurangi. 

Aktivitas tersebut termasuk matematika yang dalam proses penyelesaiannya sangat sistematis. Oleh karena itu, kemampuan berhitung pada anak dapat mendukung kemampuan berpikir sistematis. 

Meningkatkan Kreativitas

Meningkatkan kreativitas termasuk manfaat mengajarkan anak berhitung ya, Moms. Hal ini dikarenakan banyak soal matematika yang menuntut pemecahan masalah dengan berhitung. 

Oleh karena itu, berhitung dalam rangka memecahkan masalah dalam soal matematika dapat meningkatkan kreativitas anak. 

Itulah 4 manfaat mengajarkan anak berhitung. Manfaat tersebut dapat diperoleh apabila anak mendapatkan pelatihan belajar berhitung yang maksimal. Nah, mendukung proses belajar anak bisa juga dilakukan dengan menjaga daya tahan tubuhnya ya, Moms. 

Mengajarkan Anak Berhitung

Menjaga daya tahan tubuh anak bisa Moms lakukan dengan memberikan Madu Vitummy. Madu Vitummy adalah vitamin penambah nafsu makan yang dibuat dari madu herbal dan ekstrak bahan alami. 

Manfaatnya selain untuk menjaga daya tahan tubuh anak, juga bisa untuk menambah nafsu makan, melancarkan pencernaan, mengatasi cacingan, menambah berat badan, dan mengatasi pertumbuhan yang terhambat. 

Yuk, Moms, beri si kecil Madu Vitummy secara rutin dan dapatkan manfaatnya!

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?