logo madu vitummy
Search
Close this search box.

6 Manfaat Susu Prebiotik untuk Pertumbuhan Anak

Manfaat susu prebiotik

Pernahkah moms mendengar tentang manfaat susu prebiotik? Jika belum, yuk kita simak sama-sama dalam artikel ini.

Mommies pasti sudah familiar dengan probiotik dan prebiotik. Probiotik merupakan bakteri baik yang dapat meningkatkan kesehatan usus dan pencernaan tubuh.

Bakteri ini dapat ditemukan di beberapa makanan, seperti susu, yogurt, kimchi, atau suplemen untuk membantu memelihara sistem pencernaan.

Lalu, bagaimana dengan manfaat prebiotik?

Meski terdengar hampir sama, prebiotik dan probiotik merupakan dua hal yang berbeda. Keduanya juga memiliki peran dan manfaat yang berbeda.

Prebiotik merupakan jenis makanan yang umumnya mengandung tinggi serat. Prebiotik ini berfungsi sebagai asupan makanan untuk bakteri baik dalam tubuh manusia agar jumlahnya tetap terjaga.

Salah satu contoh makanan prebiotik adalah susu prebiotik. Seperti namanya, susu prebiotik merupakan susu yang mengandung prebiotik.

Nah, ASI merupakan salah satu susu yang mengandung prebiotik. Selain ASI beberapa susu formula pun sudah ada yang mengandung prebiotik sehingga sangat baik untuk kesehatan bayi.

Oleh karena itu, ketika memilih produk susu formula, perhatikan kandungan gizi dan komposisinya, apakah ada prebiotik atau tidak.

Baca Juga: Ternyata Air Putih Bermanfaat Loh, Yuk Simak Manfaat air putih untuk kesehatan!

Manfaat Susu Prebiotik

vitummy | 6 Manfaat Susu Prebiotik untuk Pertumbuhan Anak

Berikut ini adalah beberapa manfaat susu prebiotik yang baik untuk kesehatan dan pertumbuhan anak:

Menunjang Pertumbuhan Bakteri Baik dalam Sistem Pencernaan

Moms, fungsi utama dari manfaat prebiotik adalah untuk menjaga kesehatan pencernaan anak. Nah, asupan prebiotik yang teratur dapat membantu melancarkan sistem pencernaan si kecil karena prebiotik ini membantu perkembangan bakteri baik di dalam usus.

Dengan begitu, ia bisa BAB dengan teratur dan feses tidak keras.

Selain itu, asupan prebiotik yang teratur dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh karena 70-80% sel daya tahan tubuh manusia dihasilkan oleh sistem pencernaan.

Manfaat Susu Prebiotik untuk Mencegah Pertumbuhan Bakteri Jahat

Tidak hanya menunjang pertumbuhan bakteri baik, manfaat susu prebiotik juga dapat mencegah pertumbuhan bakteri jahat yang dapat merugikan tubuh.

Sebab, pertumbuhan bakteri jahat dapat menyebabkan gangguan pada pencernaan si kecil, seperti diare atau sembelit.

Manfaat Susu Prebiotik untuk Mencegah Obesitas dan Anti-diabetes

Moms, obesitas dapat terjadi pada bayi maupun orang dewasa. Pada bayi, obesitas dapat disebabkan oleh banyak faktor, seperti makanan yang tidak sehat, porsi makan yang berlebihan, serta faktor keturunan.

Obesitas ini dapat meningkatkan risiko si kecil terkena penyakit yang berkaitan dengan obesitas, seperti penyakit jantung atau diabetes 2.

Dilansir dari International Dairy Journal manfaat susu prebiotik adalah sebagai anti-diabetes, anti-hipertensi, dan memperbaiki lipid darah.

Beberapa penelitian pun membuktikan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung prebiotik dapat mengurangi HbA1c dan beberapa tanda inflamasi pada pasien Diabetes Melitus 2.

Manfaat Susu Prebiotik untuk Mengoptimalkan Penyerapan Kalsium

vitummy | 6 Manfaat Susu Prebiotik untuk Pertumbuhan Anak

Moms, manfaat susu prebiotik yang lainnya adalah bisa membantu mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan menjaga kekuatan tulang si kecil. Sebab, prebiotik bermanfaat untuk mempercepat penyerapan kalsium dalam tubuh.

Manfaat Susu Prebiotik untuk Mengoptimalkan Sumber Energi

Manfaat susu prebiotik juga dapat membantu mengoptimalkan sumber energi bagi si kecil lho. Dilansir dari laman hellosehat, bakteri baik yang subur karena asupan prebiotik dapat membantu tubuh si kecil dalam mencerna karbohidrat.

Nah, karbohidrat yang dicerna dengan baik ini akan meningkatkan energi yang dihasilkan oleh si kecil sebagai sumber tenaga si kecil.

Tenaga ini sangatlah penting untuk si kecil agar ia dapat bergerak dengan aktif, belajar, dan bermain.

Manfaat Susu Prebiotik untuk Mencegah Penyakit pada Saluran Pencernaan

Seperti yang kita tahu, bahwa bakteri baik dalam usus dapat menjaga kesehatan pencernaan.

Selain itu, bakteri yang baik dapat memproduksi vitamin K dan asam lemak rantai pendek yang diperlukan tubuh untuk menjaga ketahanan dinding saluran pencernaan dari penyakit infeksi atau peradangan.

Apakah Tambahan Prebiotik pada Sufor Aman untuk Bayi?

vitummy | 6 Manfaat Susu Prebiotik untuk Pertumbuhan Anak

Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), prebiotik dalam bentuk oligosakarida yang ditambahkan pada susu formula tidak memiliki efek samping yang membahayakan bayi.

Akan tetapi, sampai saat ini belum ada bukti yang cukup untuk mendukung penggunaan rutin prebiotik dalam susu formula.

Selain itu, American Academy of Pediatrics juga mengingatkan para orang tua agar lebih berhati-hati dalam memberikan makan anak-anak dengan produk yang mengandung aditif yang belum teruji, seperti prebiotik dan probiotik.

Jenis-Jenis Prebiotik

vitummy | 6 Manfaat Susu Prebiotik untuk Pertumbuhan Anak

Meski prebiotik memiliki banyak manfaat untuk bayi, namun moms juga harus tetap memastikan bahwa pemberian prebiotik selalu dalam takaran yang tepat agar tidak menimbulkan masalah kesehatan yang dapat mengganggu tumbuh kembang si kecil.

Perlu moms ketahui bahwa dalam susu formula yang mengandung prebiotik terdapat dua jenis serat yang memiliki peran penting dalam menunjang kesehatan anak.

Jenis prebiotik yang pertama adalah Fruktan, prebiotik ini terbentuk dari zat inulin dan zat zat fruktooligosakarida (FOS) atau oligofruktosa.

Kemudian yang kedua adalah Galaktooligosakarida (GOS) yang terbentuk dari bahan dasar laktosa. Prebiotik ini yang mendukung pertumbuhan bakteri Bifidobacteria dan Lactobacilli.

Dalam pemberian prebiotik, yang terpenting adalah kandungan per sajiannya sesuai dengan takaran kebutuhan si kecil.

Jadi, tidak masalah apabila si kecil hanya mendapatkan salah satunya saja maka tidak ada masalah.

Penting untuk diketahui, ketika memilih susu formula yang mengandung prebiotik, pilihlah susu formula yang mengandung minimal 2 gram prebiotik dalam satu takaran saji.

Dengan begitu, susu formula yang mengandung prebiotik sebagai MPASI bisa menjadi pilihan yang tepat dalam menjaga kesehatan dan mengoptimalkan tumbuh kembang anak.

Tentunya, tak hanya dari susu, manfaat prebiotik pun bisa moms dapatkan dari berbagai sumber makanan, seperti buah dan sayuran.

Itulah informasi tentang manfaat susu prebiotik bagi kesehatan dan pertumbuhan anak. Untuk mendapatkan informasi penting lainnya tentang pola asuh dan kesehatan anak, kunjungi laman blog kami dalam website maduvitummy.id.

Madu Vitummy merupakan madu yang mengandung ekstrak rempah-rempah pilihan, seperti temulawak, temu hitam, bawang putih, dan pepaya yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan, meningkatkan nafsu makan, meningkatkan daya tahan tubuh, dan mencegah anak dari risiko infeksi cacingan.

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?