logo madu vitummy
Search
Close this search box.

Snack Time Artinya Apa? Ini Manfaat, Aturan, dan Contoh Camilannya

snack time artinya

Si Kecil pasti sering menunggu-nunggu waktu camilan ya, Moms? Waktu camilan bukan hanya soal mengisi perut mereka loh, tetapi juga momen berharga untuk mengajarkan kebiasaan makan sehat. 

Ketika Moms memilih camilan yang tepat, Moms bisa membantu menjaga kesehatan mereka sambil tetap memanjakan lidah mereka.

Nah, artikel berikut akan membahas snack time artinya, manfaatnya, inspirasinya, dan aturannya. 

Yuk, simak selengkapnya di bawah ini! 

Snack Time Artinya Apa?

Snack time adalah periode waktu di antara waktu makan utama seperti sarapan, makan siang, dan makan malam di mana seseorang mengonsumsi makanan kecil atau camilan. 

Hal ini sering kali terjadi sebagai waktu istirahat di antara aktivitas atau pekerjaan untuk memberikan dorongan energi tambahan dan memuaskan rasa lapar yang muncul di antara waktu makan utama.

Menurut artikel How Snacking Became Respectable oleh Bee Wilson di The Guardian, snack time merupakan kebiasaan yang semakin umum di masyarakat modern, terutama di kalangan yang memiliki jadwal yang padat. 

Banyak orang menggunakan snack time sebagai cara untuk mengisi waktu di antara waktu makan utama dan memberikan dorongan energi tambahan. Kebiasaan ini telah menjadi semakin diterima secara luas dalam budaya makanan modern. 

Snack time artinya memberikan konteks yang jelas tentang pengertian dan juga menunjukkan bagaimana kebiasaan ini telah menjadi bagian integral dari gaya hidup masyarakat modern.

Manfaat Snack Time untuk Anak 

apa itu snack time

Setelah memahami apa itu snack time dan pentingnya dalam masyarakat modern, penting untuk Moms mempertimbangkan bagaimana snack time dapat berdampak secara khusus pada anak-anak.

 Snack time bukan hanya sekadar istirahat di antara waktu makan utama bagi mereka, tapi  bagian penting dari pola makan mereka yang mempengaruhi kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Dilansir dari laman  Healthy Children, berikut ada beberapa manfaat snack time untuk anak. 

Memberikan Energi Tambahan 

Snack time bukan hanya tentang memberikan “top-up” energi, tetapi juga tentang memberikan nutrisi yang diperlukan bagi pertumbuhan dan perkembangan optimal. 

Saat anak-anak aktif bermain atau belajar di sekolah, mereka memerlukan asupan energi tambahan untuk mempertahankan tingkat aktivitas mereka. 

Dengan memasukkan snack time dalam jadwal harian mereka, anak-anak memiliki kesempatan untuk mengonsumsi makanan yang memberikan energi secara berkelanjutan, membantu mereka tetap aktif dan terfokus.

Menurut Academy of Nutrition and Dietetics, snack time dapat membantu menjaga tingkat glukosa darah yang stabil, yang penting untuk menjaga energi dan konsentrasi anak-anak. Ketika anak-anak merasa lapar di antara waktu makan utama, tingkat glukosa darah mereka bisa turun, yang dapat mengakibatkan penurunan energi dan kemampuan konsentrasi. 

Mengonsumsi camilan sehat selama snack time, seperti buah-buahan, kacang-kacangan, atau yogurt, anak-anak dapat mempertahankan tingkat glukosa darah yang stabil dan menjaga energi mereka tetap optimal.

Selain itu, makanan yang dipilih selama snack time juga dapat memengaruhi tingkat energi jangka panjang anak-anak. Pilihan camilan yang sehat dan bernutrisi, yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, dan lemak sehat, akan memberikan energi yang lebih tahan lama daripada camilan yang tinggi gula atau tinggi lemak jenuh. 

Dengan demikian, snack time dapat berfungsi sebagai kesempatan bagi anak-anak untuk memperoleh nutrisi penting yang mendukung tingkat energi yang stabil dan kesehatan secara keseluruhan.

Nah, memahami pentingnya snack time dalam menyediakan energi tambahan bagi anak-anak, Moms dapat melihat betapa pentingnya memasukkan camilan sehat dan bernutrisi dalam pola makan sehari-hari mereka. 

Ini bukan hanya tentang memberikan dorongan energi cepat, tetapi juga tentang memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh mereka untuk pertumbuhan dan perkembangan yang optimal.

Mendukung Fokus dan Konsentrasi Anak 

Snack yang sehat tidak hanya memberikan energi tambahan, tetapi juga memberikan nutrisi penting yang mendukung fungsi otak yang optimal. Otak merupakan organ yang sangat aktif dan membutuhkan nutrisi yang tepat untuk berfungsi dengan baik. 

Saat anak-anak belajar di sekolah atau terlibat dalam aktivitas belajar lainnya, mereka membutuhkan asupan nutrisi yang memadai untuk membantu mereka memproses informasi dengan baik dan mempertahankan konsentrasi.

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal “Nutritional Neuroscience“, konsumsi makanan yang kaya akan nutrisi seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian dapat berkontribusi positif terhadap kinerja kognitif anak-anak. 

Nutrisi-nutrisi ini, seperti antioksidan, vitamin, dan mineral, membantu meningkatkan aliran darah ke otak dan memperbaiki komunikasi antara sel-sel saraf, yang penting untuk memperbaiki kemampuan konsentrasi dan fokus.

Selain itu, makanan yang mengandung asam lemak omega-3, seperti ikan berlemak, kacang kenari, dan biji rami, telah dikaitkan dengan peningkatan fungsi kognitif, termasuk kemampuan belajar dan memori. 

Asam lemak omega-3 merupakan komponen penting dari struktur otak dan memainkan peran dalam pengaturan neurotransmiter yang terlibat dalam proses belajar dan memori.

Oleh karena itu, dengan memasukkan snack yang sehat dan bernutrisi dalam pola makan sehari-hari anak-anak, kita dapat memberikan dukungan yang penting bagi fungsi kognitif mereka. 

Mengatasi Rasa Lapar 

Snack time adalah momen yang penting untuk memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk merasa kenyang di antara waktu makan utama seperti sarapan, makan siang, dan makan malam. 

Ketika anak-anak merasa lapar di antara waktu makan utama, mereka cenderung mencari camilan atau makanan cepat saji yang mungkin tidak sehat atau tidak bernutrisi. Hal ini dapat menyebabkan konsumsi makanan berlebihan dan pola makan yang tidak seimbang.

Dengan memasukkan snack time dalam jadwal harian anak-anak, kita dapat membantu mengatasi rasa lapar mereka dengan memberikan camilan sehat dan bernutrisi. 

Camilan yang mengandung kombinasi karbohidrat kompleks, protein, dan serat dapat membantu menjaga rasa kenyang lebih lama, sehingga anak-anak tidak merasa terlalu lapar saat waktu makan utama tiba.

Menurut American Heart Association, memasukkan camilan yang sehat dan bernutrisi dalam pola makan anak-anak dapat membantu mengendalikan asupan kalori secara keseluruhan dan mencegah kebiasaan makan berlebihan. 

Dengan memberikan snack yang memuaskan rasa lapar di antara waktu makan utama, kita dapat membantu anak-anak untuk mengembangkan hubungan yang lebih sehat dengan makanan dan memahami sensasi lapar dan kenyang.

Selain itu, snack time juga memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk memilih camilan yang sehat dan sesuai dengan selera mereka sendiri. Dengan memperkenalkan mereka pada berbagai pilihan camilan sehat, seperti buah-buahan segar, sayuran, atau yogurt, kita dapat membantu mereka untuk mengembangkan preferensi makanan yang sehat sejak dini.

Dengan demikian, snack time tidak hanya membantu mengatasi rasa lapar di antara waktu makan utama, tetapi juga membantu mengendalikan asupan kalori secara keseluruhan dan mempromosikan pola makan yang seimbang dan sehat pada anak-anak.

Baca Juga: pusing lemas tidak nafsu makan gejala apa

Membantu Pertumbuhan dan Perkembangan Tubuh 

Snack time adalah kesempatan yang berharga bagi anak-anak untuk mendapatkan asupan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan yang optimal. Saat mereka aktif bermain, belajar di sekolah, atau terlibat dalam berbagai aktivitas, tubuh mereka memerlukan nutrisi yang cukup untuk mendukung fungsi tubuh yang optimal.

Protein adalah salah satu nutrisi penting yang diperlukan untuk pertumbuhan otot dan jaringan tubuh. Memilih camilan yang mengandung protein, seperti telur, kacang-kacangan, atau yogurt, dapat membantu memenuhi kebutuhan protein harian anak-anak.

Karbohidrat kompleks adalah sumber energi utama bagi tubuh, terutama untuk otak yang aktif. Snack yang mengandung karbohidrat kompleks, seperti roti gandum, sereal berserat tinggi, atau buah-buahan, dapat memberikan energi yang tahan lama dan membantu menjaga tingkat glukosa darah yang stabil.

Lemak sehat, seperti yang ditemukan dalam alpukat, kacang-kacangan, dan minyak zaitun, penting untuk perkembangan otak dan sistem saraf anak-anak. Lemak sehat membantu dalam penyerapan vitamin dan mineral penting, serta menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Selain itu, snack yang sehat juga merupakan sumber vitamin dan mineral yang penting untuk mendukung berbagai fungsi tubuh. Vitamin dan mineral seperti vitamin C, vitamin D, kalsium, dan zat besi memainkan peran kunci dalam pertumbuhan tulang dan gigi, sistem kekebalan tubuh, serta fungsi otak dan saraf.

Dengan memilih snack yang sehat dan bergizi, seperti sayuran segar, buah-buahan, kacang-kacangan, atau produk susu rendah lemak, kita dapat membantu memastikan bahwa anak-anak mendapatkan nutrisi yang cukup untuk pertumbuhan dan perkembangan yang optimal.

Inspirasi Snack untuk Anak 

Setelah mengeksplorasi manfaat snack time dan pentingnya memilih camilan yang sehat dan bergizi untuk anak-anak, adalah waktu yang tepat untuk mengeksplorasi beberapa ide snack yang bisa Moms siapkan. 

Dengan memasukkan variasi camilan yang sehat dan lezat dalam pola makan anak-anak, kita dapat membantu memastikan bahwa mereka mendapatkan nutrisi yang cukup untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan yang optimal. 

Nah, berikut beberapa inspirasi snack time untuk anak ya, Moms. 

Baca Juga: Tips Meningkatkan Nafsu Makan Anak.

Potongan Buah Segar 

Potongan apel, pir, jeruk, melon, atau anggur adalah pilihan camilan yang menyegarkan dan kaya akan serat dan vitamin. Mereka juga bisa menjadi camilan yang menyenangkan untuk dimakan di antara waktu bermain.

Sayuran dengan Hummus 

Irisan mentimun, wortel, paprika, atau seleri disajikan dengan hummus sebagai dip memberikan kombinasi yang sehat dan kaya akan nutrisi. Hummus mengandung protein dan serat, sementara sayuran memberikan vitamin dan mineral.

Yoghurt Parfait 

Yogurt Greek rendah lemak dicampur dengan granola dan potongan buah-buahan segar seperti stroberi, blueberry, atau kiwi menciptakan camilan yang lezat dan bergizi. Yogurt mengandung kalsium dan protein, sementara buah-buahan memberikan serat dan vitamin.

Sandwich Mini 

Potong roti gandum menjadi ukuran kecil dan tambahkan selai kacang tanpa gula tambahan atau selai buah, serta potongan pisang atau strawberry. Ini adalah camilan yang kaya akan karbohidrat kompleks dan lemak sehat.

Smoothie 

Campurkan buah-buahan favorit anak-anak, seperti pisang, mangga, dan bayam bersama dengan yogurt rendah lemak dan sedikit madu atau sirup maple untuk manis alami. Smoothie ini menyegarkan, kaya akan nutrisi, dan mudah diminum.

Aturan Makan Snack Time untuk Anak 

Waktu yang tepat untuk snack time anak dapat bervariasi tergantung pada jadwal harian dan kebiasaan makan keluarga. Namun, umumnya disarankan untuk memberikan snack sekitar 1-2 jam sebelum waktu makan utama, seperti sarapan, makan siang, atau makan malam. Hal ini membantu menjaga tingkat energi dan memenuhi kebutuhan nutrisi anak-anak di antara waktu makan utama.

Apakah Moms khawatir melihat si Kecil kehilangan nafsu makan? Kehilangan nafsu makan pada anak bisa menjadi sumber kekhawatiran bagi banyak orang tua. Ini bisa mengganggu pertumbuhan dan perkembangan mereka, serta meningkatkan risiko kekurangan nutrisi yang penting.

Dukunglah anak Moms dengan pilihan makanan yang menarik dan bernutrisi. Berikan mereka camilan sehat seperti buah-buahan segar, sayuran dengan hummus, atau yogurt dengan tambahan buah-buahan. Pastikan camilan tersebut mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh anak untuk tetap sehat dan aktif.

Mulailah sekarang juga dengan mempersiapkan camilan sehat untuk anak. Dengan memberikan dukungan dan nutrisi yang tepat, Moms dapat membantu mereka menjaga nafsu makan yang baik dan mendukung kesehatan serta perkembangan mereka.

Moms juga bisa memberikan Vitamin Penambah Nafsu Makan dari Vitummy. Karena vitummy menggunakan 100% bahan herbal yang sudah teruji efektif meningkatkan nafsu makan serta daya tahan tubuhnya. Cocok sebagai multivitamin harian!

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?