Kalkulator BMI dan BMR

Berikut ini adalah kalkulator BMI dan BMR yang berguna untuk mengetahui Body Mass Index (BMI) dan juga kalori pada tubuh.

Berat badan ideal adalah impian semua orang, tidak hanya memiliki bentuk tubuh yang menunjang penampilan, berat badan ideal juga menandakan kondisi tubuh yang sehat.

Bagaimana denganmu? Yuk, hitung sekarang di Kalkulator BMI dan BMR kamu di maduvitummy.id.


Keunggulan Fitur Kalkulator BMI & BMR

kalkulator BMI dan BMR
Kalkulator BMI dan BMR

Untuk keunggulan dari fitur kalkulator BMI dan BMR dari MaduVitummy adalah dapat:

  • Menghitung Berat Badan
  • Mengetahui Klasifikasi Berat Badan Ideal atau Tidak Ideal
  • Tips untuk Menjaga Berat Badan Ideal
  • Mengetahui kalori yang diperlukan oleh tubuh

BMI (Body Mass Index) atau lebih dikenal dengan Indeks Masa Tubuh (IMT) adalah value guna mengetahui status gizi seseorang dengan melihat berat badan dan tinggi badan.

Nilai BMI yang tinggi menandakan jika tubuh kelebihan berat badan, sementara nilai BMI yang rendah mengisyaratkan jika tubuh kekurangan asupan bergizi, akan tetapi BMI tidak bisa membedakan persentase lemak tubuh dan persentase masa otot.

Sedangkan BMR adalah kebutuhan kalori minimal yang digunakan oleh organ-organ tubuh dalam melakukan tugas dasarnya. Seperti pernapasan, sirkulasi, hingga produksi sel.

Proses tersebut dikenal dengan istilah metabolisme, dengan mencukupi kebutuhan BMR, tubuh akan bisa tumbuh dan berfungsi secara baik.

FAQ Seputar Kalkulator BMI dan BMR

Bagaimana cara menilai BMI?

BMI atau IMT diukur dengan cara membandingkan berat badan dengan tinggi badan.

Cara ini dapat digunakan untuk orang yang berusia di atas 18 tahun.

Sementara itu, menghitung indeks massa tubuh dengan cara ini tidak berlaku untuk anak dan remaja (usia di bawah 18 tahun).

Status gizi anak diukur dengan indikator berat badan menurut usia, tinggi badan menurut usia, dan berat badan menurut tinggi badan.

Nilai BMI atau IMT yang tidak normal dapat menandakan Anda berisiko mengalami penyakit tertentu.

Namun, menghitung IMT saja tidak cukup untuk menegakkan suatu diagnosis penyakit.

Maka itu, biasanya dokter akan melakukan tes dan skrining lanjutan.

Mengapa saya perlu mengetahui Body Mass Indeks (BMI)?

Mengetahui BMI membantu Anda untuk menjaga rasio lemak tubuh yang terkait dengan tinggi badan Anda.

BMI juga memberi peringatan peluang risiko penyakit yang mungkin mengintai kesehatan Anda.

BMI yang sehat umumnya mengarah pada kualitas hidup yang lebih bahagia dan lebih sehat.

Sementara BMI yang tinggi berkaitan erat dengan risiko penyakit seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi.

Mengetahui IMT berarti memberi pertimbangan bagi Anda dan tenaga kesehatan dalam mengambil keputusan mengenai kondisi kesehatan tubuh Anda.

Apakah BMI yang tinggi dapat menimbulkan risiko kesehatan serius?

BMI dapat menjadi alat skrining, tetapi bukan tolok ukur diagnosis kegemukan atau kesehatan tubuh seseorang.

Untuk menentukan apakah BMI Anda menunjukkan risiko kesehatan tertentu, Anda perlu mendapatkan penilaian ke tenaga kesehatan lebih lanjut.

Penilaian ini meliputi pengukuran ketebalan lipatan kulit, evaluasi diet, aktivitas fisik, serta riwayat keluarga.

Bagaimana cara menghitung BMR?

Salah satu cara untuk mengukur BMR adalah dengan formula Harris-Benedict. Berikut caranya:

Wanita: BMR – 655 + (9.6 x berat badan dalam kg) + (1.8 x tinggi dalam cm) – (4.7 x umur dalam tahun)
Pria: BMR = 66 + (13.7 x berat badan dalam kg) + (5 x tinggi dalam cm) – (6.8 x umur dalam tahun)

Anda juga bisa mengukurnya secara mudah dengan kalkulator BMR.

Apa itu kalori dan apa fungsi untuk tubuh?

Di dalam ranah gizi, kalori adalah sumber bahan bakar tubuh yang didapatkan dari mengonsumsi beragam makanan dan minuman. Kalori dari makanan dan minuman tersebut akan digunakan tubuh sebagai energi untuk melakukan segala aktivitas fisik.

Hampir setiap bahan pangan dan makanan kemasan memiliki kalori. Anda bisa mengecek kandungan kalori dari suatu makanan olahan pada kemasannya.

Menurut penelitian, kebutuhan kalori harian setiap orang akan berbeda tergantung dengan berat, tinggi badan, usia, aktivitas fisik, jenis kelamin, dan kondisi tubuh. Maka itu, penting untuk mengetahui berapa banyak kalori yang Anda butuhkan setiap hari agar tubuh tetap sehat, bugar, dan aktif.

Jika kalori harian yang Anda dapatkan dari makanan tidak sesuai dengan kebutuhan kalori, Anda berisiko mengalami kekurangan gizi (jika kekurangan kalori) atau obesitas (jika berlebihan).

Apa perbedaan BMR dan RMR?

BMR singkatan dari bassal metabolic rate, sedangkan RMR adalah resting metabolic rate. Meskipun keduanya tampak kemiripan, tetapi ada perbedaannya.

BMR mengacu pada jumlah kalori yang dibutuhkan untuk mendukung fungsi dasar tubuh ketika beristirahat. Sementara RMR mengukur jumlah kalori yang dibakar tubuh saat Anda sedang istirahat.

Jangan Sampai Kehabisan!

Dibuat dengan menggunakan bahan alami pilihan yang berkualitas dan dipercaya ampuh mengatasi cacingan hingga ketelurnya serta meningkatkan nafsu makan.

Mau Dapat Diskon Tambahan?

Isi Formulirnya untuk Dapatkan Diskon Special! Segera Dapatkan Produknya dan Rasakan Khasiat Terbaik Vitamin Penambah Nafsu Makan dan Pembasmi Cacingan

Ringan

produk madu vitummy ringan

Dapatkan 1 Botol Vitummy dengan Harga Special

Rp. 120.000,-

Rp 90.000,-


  • Hemat hingga 60 ribu
  • Bisa bayar di tempat (COD)
Order Sekarang

Best Seller!

Sehat

produk madu vitummy sehat

Dapatkan 2 Botol Vitummy dengan Harga Terjangkau

Rp. 240.000,-

Rp 174.000,-


  • Hemat hingga 128 ribu
  • Bisa bayar di tempat (COD)
Order Sekarang

Ampuh

madu vitummy paket ampuh

Dapatkan 3 Botol Vitummy dengan Harga Terbaik

Rp. 360.000,-

Rp 255.000,-


  • Hemat hingga 198 ribu
  • Bisa bayar di tempat (COD)
Order Sekarang

Kalkulator BMI dan BMR Madu Vitummy

Usia Kamu :
Jenis Kelamin :   
Berat Badan (KG) :
Tinggi Badan :   
Keadaan Fisik
Pilih kondisi fisik dan Kebiasaan Olahraga

Kondisi FisikKeterangan
< RendahTanpa Olahraga: Bukan Pekerja Keras
NormalNormal - Olahraga ringan, tugas ringan, 2-3 kali dalam seminggu melakukan olahraga
SedangSedang - Olahraga sedang, bekerja keras, 2-3 kali dalam seminggu banyak melakukan olahraga
AktifTinggi - Sangat aktif, pekerja keras, setiap hari dalam seminggu Melakukan olahraga
Sangat AktifSangat Tinggi - Ekstra aktif, sangat pekerja keras, banyak berolahraga








Hasil BMI dan BMR Kamu


Hasilnya Adalah