logo madu vitummy
Search
Close this search box.

Manfaat Multivitamin dan Kapan Waktu yang Tepat Meminumnya?

manfaat multivitamin

Moms, siapa nih yang sering memberikan si Kecil multivitamin? Banyak orang tua memang memberikan anaknya multivitamin (macam-macam vitamin) ya, Moms. Meski demikian, tidak sedikit dari mereka yang belum tahu tentang manfaat multivitamin. 

Selain itu, Moms juga harus tahu tentang waktu yang tepat untuk minum multivitamin bagi si Kecil. Bahkan, orang tua perlu sangat mempertimbangkan perlu atau tidaknya memberikan multivitamin sebagai asupan tambahan. 

Artikel ini akan membahas mengenai hal tersebut. Simak selengkapnya di bawah ini ya, Moms! 

Apa itu Multivitamin? 

Melansir laman National Institute of Health, multivitamin (MVM) adalah kombinasi antara satu atau lebih vitamin dan mineral. Moms perlu ketahui bahwa orang-orang menyebutnya dengan banyak nama, seperti multis dan multiples, atau bahkan hanya sekedar vitamin. 

Multivitamin biasanya dikonsumsi, baik oleh anak-anak maupun orang dewasa. Tujuannya untuk memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Pasalnya, setiap vitamin memiliki fungsi atau perannya masing-masing. 

Meski demikian, multivitamin tambahan yang dikonsumsi tidak dapat menggantikan peran makanan. Pasalnya, makanan masih menjadi sumber asupan vitamin yang utama bagi tubuh.

Oleh karenanya, multivitamin hanya diperlukan ketika seseorang, termasuk si Kecil ada dalam kondisi tertentu yang sangat membutuhkan. 

Manfaat Multivitamin 

Multivitamin gunanya apa sih, Moms? Secara umum, ada banyak manfaat multivitamin bagi tubuh ya, Moms. Berikut beberapa manfaat yang perlu Moms ketahui sebagai bahan pertimbangan ketika akan memberikan multivitamin. 

Meningkatkan Imun Tubuh 

Daya tahan tubuh (imun) merupakan sistem kekebalan tubuh yang dirancang untuk mendeteksi atau menghancurkan patogen yang masuk dalam tubuh. Patogen itu sendiri terdiri dari bakteri, kuman, virus, dan jamur. 

Meningkatkan imun tubuh bisa dilakukan dengan mendapatkan manfaat multivitamin. Pasalnya, fungsi multivitamin bagi tubuh yang paling penting adalah meningkatkan sistem kekebalan. 

Caranya dengan memberikan asupan vitamin C dan D. Selain itu, juga vitamin E yang dapat membantu melepaskan energi makanan yang Moms atau si Kecil konsumsi. Bahkan, memberikan termasuk magnesium dapat membantu mengurangi rasa lelah dan letih. 

Oleh karenanya, dengan memberikan multivitamin secara rutin dapat membantu tubuh tetap bugar dan berenergi ketika beraktivitas sehari-hari. 

Mendukung Pemenuhan Energi Harian 

Energi adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Berkat energi, seseorang dapat bergerak dan melakukan aktivitasnya. Moms, salah satu yang mendukung pemenuhan energi harian adalah multivitamin. 

Alasannya, beberapa jenis multivitamin mengandung vitamin B12. Fungsinya adalah untuk melepaskan energi dari makanan yang telah dikonsumsi. Selain itu, juga membantu mengurai magnesium yang dapat mencegah seseorang dari kelelahan. 

Moms, apa saja sih yang termasuk vitamin B kompleks? Menurut laman Siloam Hospitals, yang termasuk vitamin B kompleks, yaitu B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niasin), B5 (asam pantotenat), B6 (piridoksin), B7 (biotin), B9 (asam folat), dan B12 (cobalamin). 

Berbagai vitamin tersebut sangat diperlukan dalam tubuh manusia ya, Moms. Laman Healthline menyebutkan bahwa makanan yang tinggi akan kandungan vitamin ini antara lain daging, ikan, unggas, kacang-kacangan, biji-bijian, telur, produk susu, dan sayuran hijau.

Oleh karenanya, multivitamin yang mengandung berbagai bahan tersebut dapat membantu memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin B kompleks. 

Mendukung Kecantikan Tubuh 

Kecantikan tubuh, seperti rambut, kulit, dan kuku bisa didapatkan dengan manfaat multivitamin. Pasalnya, dalam multivitamin biasanya terkandung vitamin B7 (biotin). 

Vitamin tersebut berfungsi membantu mendukung kesehatan rambut dan kulit. Selain itu, kandungan zinc bagi tubuh juga membantu menjaga kesehatan kuku. Oleh karenanya, mengonsumsi multivitamin dapat mendukung kecantikan tubuh. 

Itulah beberapa manfaat multivitamin yang perlu diketahui ya, Moms. Beberapa manfaat tersebut bisa menjadi pertimbangan ketika akan memberikan multivitamin, baik untuk si Kecil maupun diri sendiri. 

Kenapa Harus Minum Multivitamin? 

Melansir laman Mayo Clinic, anak-anak yang tumbuh dengan sangat baik, yaitu mengonsumsi makanan yang bervariasi, biasanya tidak perlu mengonsumsi multivitamin. Pasalnya, makanan yang dikonsumsi adalah sumber nutrisi terbaik bagi tubuh. 

Beberapa jenis makanan yang sangat disarankan, yaitu mengandung lemak sehat, protein, karbohidrat, vitamin, dan mineral. Kandungan tersebut biasanya terdapat pada makanan dan cemilan si Kecil. 

Meski demikian, Moms tetap bisa memberikan multivitamin, terutama pada si Kecil apabila mengalami beberapa kondisi berikut. 

Kekurangan Vitamin D 

Anak-anak sangat mungkin mengalami kekurangan vitamin D ya, Moms. Padahal, akibatnya bisa memicu masalah pada tulang dan otot. Oleh karenanya, mereka perlu mendapatkan asupan tambahan, terutama yang mengandung vitamin D 

Nah, multivitamin biasanya mengandung tinggi vitamin D. Bahkan, beberapa di antaranya dibuat untuk memenuhi kebutuhan vitamin D. Oleh karenanya, mengonsumsi multivitamin diperlukan ketika si Kecil kekurangan akan vitamin D. 

Pertumbuhan dan Perkembangan yang Terhambat 

Anak-anak sedang dalam masa pertumbuhan dan perkembangan yang pesat ya, Moms. Kondisi ini menjadikan mereka yang tumbuh kembangnya terlambat harus segera diperhatikan dengan serius, salah satunya dengan memberikan multivitamin. 

Alasannya, faktor pemicu tumbuh kembang yang terhambat biasanya dikarenakan asupan nutrisi atau vitamin yang kurang. Oleh karenanya, memberikan multivitamin secara rutin dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin dalam tubuh. 

Kebutuhan vitamin yang tercukupi akan mendukung sel-sel di dalamnya untuk tumbuh dan berkembang. Kondisi ini akan sangat membantu pertumbuhan dan perkembangan mereka. 

Mengidap Penyakit Kronis 

Penyakit kronis adalah suatu penyakit yang diderita seseorang, termasuk anak-anak dalam waktu yang relatif lama, yaitu sekitar lebih dari enam bulan bahkan hingga bertahun-tahun. Menurut laman Mayo Clinic, mereka yang memiliki kondisi ini sangat perlu asupan vitamin tambahan. 

Memenuhi kebutuhan tersebut bisa dilakukan dengan memberikan multivitamin ya, Moms. Sebab, mengonsumsi multivitamin secara rutin akan mendukung pemenuhan kebutuhan vitamin dalam tubuh, sehingga membantu meningkatkan sistem imun. 

Sedang dalam Diet 

Menurut Kemenkes RI, diet merupakan salah satu cara yang dilakukan untuk menurunkan berat badan. Meski demikian, makna diet tidak hanya itu ya, Moms. Pasalnya, beberapa orang melakukan diet justru untuk mengatur makanan yang masuk ke tubuh. 

Bagi mereka yang sedang menjalani diet, terutama karena alergi makanan tertentu ternyata sangat perlu asupan multivitamin. Sebab, tubuh biasanya memerlukan vitamin tambahan dari luar untuk menjaga sistem imun. 

Mengonsumsi multivitamin bisa menjadikan mereka dapat memenuhi kebutuhan vitamin dalam tubuh. Oleh karenanya, program diet yang dilakukan tidak akan mengganggu kesehatan tubuh ya, Moms. 

Itulah beberapa kondisi yang sangat disarankan untuk mengonsumis multivitamin ya, Moms. Oleh karenanya, apabila si Kecil memiliki salah satu kondisi tersebut maka tidak ada salahnya untuk orang tua mendukung dengan memberikan multivitamin. 

Kapan Waktu yang Tepat untuk Minum Multivitamin? 

Waktu yang tepat untuk minum multivitamin adalah pagi hari. Mengacu pada laman Weldments, banyak praktisi kesehatan yang merekomendasikan pagi hari sebagai waktu terbaik untuk memberikan multivitamin, terutama pada si Kecil. 

Pernyataan tersebut berdasarkan kondisi metabolisme dan pencernaan yang mencapai puncaknya selama amours. Akibatnya, tubuh dapat memproses dan menggunakan nutrisi yang diserap secara efisien di pagi hari. Hal ini jika dibandingkan dengan sebelum tidur atau malam hari. 

Itulah waktu terbaik untuk memberikan multivitamin pada si Kecil. Moms bisa memberikan Vitummy, Multivitamin Anak Terbaik pada waktu tersebut. Pasalnya, Vitummy mengandung formula Selenium Silver Pro yang ampuh meningkatkan nafsu makan dan daya tahan tubuh anak. 

Sebab, Vitummy dibuat dari madu hutan asli dan ekstrak bahan alami, seperti buah pepaya, bawang putih, rimpang temulawak, temu hitam, dan rasa jeruk. Berbagai bahan tersebut tentunya mengandung banyak vitamin yang diperlukan tubuh. 

Oleh karenanya, Moms bisa memberikan Vitummy setiap hari pada si Kecil sebagai multivitamin anak terbaik. Yuk, dapatkan produknya sekarang juga melalui website resminya di www.maduvitummy.id! 

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?