logo madu vitummy
Search
Close this search box.

√ 7+ Manfaat dan Efek Samping Buah Sukun bagi Kesehatan (Berdasarkan Medis)

efek samping buah sukun

Kaya akan manfaat dan nutrisi, efek samping buah sukun dapat dirasakan bagi kesehatan tubuh. Buah yang berbentuk bulat berwarna hijau ini sering kali diolah menjadi camilan seperti keripik, kue sukun, kolak sukun, dan masih banyak lainnya.

Dalam buah sukun terdapat banyak nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Seperti karbohidrat kompleks, protein, serat, air, mineral (kalium, zat besi, magnesium, zinc, dan fosfor), vitamin (vitamin B, vitamin C, beta-karoten, riboflavin, dan niasin), serta kaya akan antioksidan yang dihasilkan oleh kandungan flavonoid dan polifenol dari buah sukun.

Makin penasaran kan apa saja efek samping buah sukun yang baik bagi kesehatan? Sebelum itu, kita mulai dari yang baik-baik dulu ya. Buah sukun punya cukup banyak manfaat untuk kesehatan, lho!

Manfaat Buah Sukun Bagi Kesehatan

manfaat buah sukun

Berdasarkan kandungan nutrisi dalam buah sukun, inilah berbagai efek samping buah sukun yang baik bagi kesehatan.

1. Bagus untuk diet

Jika dibandingkan dengan sumber karbohidrat lainnya seperti beras, singkong, atau kentang, buah sukun mengandung mineral dan vitamin yang lebih tinggi dan lengkap, namun kalorinya tetap lebih rendah dari mereka.

Dalam 100-gram buah sukun, terdapat sekitar 24,5 gram karbohidrat yang setara dengan 10% kebutuhan karbohidrat sehari-hari. Karbohidrat kompleks yang dimiliki buah sukun membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna sehingga efek samping buah sukun dapat menghasilkan efek kenyang lebih lama.

Karena kalorinya yang rendah ini, buah sukun menjadi salah satu pilihan terbaik untuk diet.

Tentu saja, hindari mengolah buah sukun dengan cara digoreng apabila ingin digunakan sebagai menu diet.

2. Melawan radikal bebas

Efek samping buah sukun

Sebuah penelitian menunjukan bahwa dalam buah sukun terdapat kandungan senyawa phenolic dan flavonoid yang bersifat antioksidan. Antioksidan ini dapat membantu tubuh melawan radikal bebas.

3. Meringankan kolesterlol

Buah sukun mengandung serat tinggi yang dapat menurunkan kolesterol darah dengan cara mencegah penyerapan kolesterol dari sistem pencernaan. Efek samping buah sukun ini disebut-sebut dapat mengurangi sekaligus mendorong jumlah kolesterol jahat hilang dari dalam tubuh.

Nah, selain itu, serat dalam buah sukun juga diyakini dapat menurunkan risiko diabetes, menurunkan tekanan darah, serta melindungi usus besar dari penyakit kanker.

4. Memelihara kesehatan jantung

efek samping buah sukun bagi kesehatan

Buah sukun mengandung fitokimia tertentu yang dapat menjaga jantung dari arteriosklerosis. Selain itu, kandungan antioksidan tinggi dalam buah sukun dapat menjaga kesehatan jantung.

5. Memelihara sistem peredaran darah

Buah sukun mengandung sumber kalium yang dapat memelihara peredaran darah untuk mengatur detak jantung dengan meminimalkan efek natrium.

Selain itu, kandungan senyawa fitokimia dalam buah sukun dapat membantu mencegah penyempitan dan pengerasan pembuluh darah akibat timbunan kolesterol sehingga aliran darah menjadi lancar.

6. Menurunkan gula darah

Buah sukun diyakini dapat menurunkan kadar gula darah serta menjaga kadar gula darah agar tetap stabil.

Dari studi yang telah dilakukan, ditemukan bahwa buah sukun memiliki potensi sebagai pengobatan bagi penderita diabetes. Kendati demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih dalam untuk memastikan kebenaran hal tersebut.

7. Meningkatkan kesehatan mata

Buah sukun mengandung karotenoid yang disebut dapat melindungi sel-sel sehat pada mata, serta mencegah generasi makula yang merupakan salah satu penyebab utama kebutaan.

Efek Samping Buah Sukun

Efek samping buah sukun

Meskipun buah sukun kaya akan manfaat, namun mengonsumsi buah sukun secara berlebihan dapat memicu resiko penyakit tertentu bagi tubuh. Ada beberapa efek samping yang mungkin terjadi:

1. Menurunkan tekanan darah

Meskipun bagi sebagian orang (terutama yang memiliki riwayat darah tinggi), menurunnya tekanan darah merupakan suatu manfaat. Namun, bagi sebagian orang juga dapat menjadi efek samping yang merugikan bagi tubuh.

Mengonsumsi buah sukun terlalu banyak juga disebutkan dapat menimbulkan pendarahan yang lebih parah.

2. Mengakibatkan gatal-gatal

Pada buah sukun yang masih mentah terdapat getah yang dapat menyebabkan iritasi pada sebagian orang. Efek iritasi tersebut dapat menyebabkan rasa gatal pada kulit yang terkena getah.

Nah itulah sederet efek samping buah sukun serta manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Meskipun memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, alangkah baiknya untuk tidak mengonsumsi buah sukun secara berlebihan.

Meskipun sudah banyak diteliti, namun secara klinis manfaat dari buah sukun sebagai pengobatan penyakit tertentu belum dapat dipastikan dan masih harus diteliti lebih lanjut lagi.

Untuk itu, sebaiknya mom konsultasi terlebih dahulu dengan dokter jika ingin menggunakan buah sukun sebagai bahan pengobatan suatu penyakit agar terhindar dari efek samping buah sukun yang tidak diinginkan.

Nah, untuk membantu mom dalam memelihara kesehatan keluarga, terutama si kecil, bisa minum madu Vitummy. Vitummy merupakan madu herbal pelindung anak untuk meningkatkan nafsu makan, atasi cacingan, serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca Juga Artikel Lainnya: Manfaat Daun Kentang.

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?