logo madu vitummy
Search
Close this search box.

Tabel Berat Badan Anak Usia 1-5 Tahun Menurut WHO, Catat Ya Moms!

Tabel Berat Badan Anak Usia 1-5 Tahun Menurut WHO

Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah mengelompokkan berat badan anak usia 1–5 tahun loh, Moms. Tindakan ini dilakukan untuk memantau pertumbuhan anak yang ideal. Selain itu, juga untuk mempersiapkan berbagai faktor pendukung pertumbuhannya. 

Lalu, tahukah Moms mengenai tabel berat badan anak usia 1-5 tahun menurut WHO? Sebagai orang tua, sangat penting bagi Moms untuk tahu akan hal tersebut.

Artikel berikut akan membahas secara detail mengenai berat badan anak usia 1–5 tahun. Hal ini berdasarkan pengelompokkan yang dilakukan oleh WHO. 

Oleh karena itu, simak selengkapnya di bawah ini ya, Moms! 

Berat Badan Ideal Anak 

Moms, anak-anak sedang dalam masa pertumbuhan dan perkembangan yang pesat. Kondisi ini menjadikan orang tua harus ekstra perhatian, tak terkecuali pada berat badannya. 

Seperti orang dewasa, anak-anak juga memiliki berat badan ideal. Adapun pedomannya mengacu pada kurva pertumbuhan dari Badan Kesehatan Dunia (WHO). Hal ini bertujuan agar terdapat acuan pasti yang tidak membingungkan orang tua. 

Dilansir dari laman Primaya Hospitals, WHO telah menyusun standar yang menggambarkan pertumbuhan anak normal. Penyusunan standar ini dilakukan pada anak-anak baru lahir hingga usia 5 tahun. 

Hasilnya, dapat diterapkan pada semua anak, baik pada suatu kelompok tertentu (negara) maupun kelompok yang lebih besar (dunia). Hal ini dikarenakan pertumbuhan dan perkembangan anak-anak pada umumnya adalah sama. 

Meski demikian, Moms harus ketahui bahwa kondisi tersebut berbeda pada anak usia di atas 5 tahun. Pasalnya, pedoman berat badan ideal untuk usia ini menggunakan kurva CDC atau kurba pertumbuhan nasional. 

Perbedaan pedoman antara anak usia di bawah 5 tahun dengan yang di atas 5 tahun memiliki maksud tertentu. Salah satunya adalah untuk mengantisipasi masalah pertumbuhan yang sering terjadi pada anak-anak. 

Alasannya, meski berat badan anak umumnya hampir sama, akan tetapi perkembangan fisiknya kadang berbeda. Beberapa kasus bahkan menunjukkan perkembangan yang tidak sesuai dengan usianya. 

Moms, kelebihan berat badan mengakibatkan anak mengalami obesitas. Sedangkan kekurangan berat badan menyebabkan anak stunting. 

Oleh karena itu, sangat penting bagi orang tua untuk mengetahui tabel berat badan anak usia 1-5 tahun menurut WHO. Tujuannya adalah untuk mengetahui standar ideal berat badan anak, yaitu agar tidak berlebihan maupun kekurangan. 

Faktor Pengaruh Berat Badan Anak 

Faktor Pengaruh Berat Badan Anak 

Berat badan anak dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti asupan gizi dan kondisi kesehatan tertentu. Faktor ini sangat memengaruhi pertumbuhannya, terutama pada mereka yang usianya 1–5 tahun. 

Kondisi berat badan yang tidak sesuai dengan standar berat badan ideal perlu sangat diwaspadai. Contohnya pada anak usia 2 tahun. Secara ideal, anak laki-laki pada usia ini idealnya memiliki berat 9,7–15,3 kg, sedangkan perempuan 9–14,8 kg. 

Moms, apabila si Kecil pada usia tersebut memiliki berat badan yang tidak sesuai dengan standar ideal, sebaiknya perlu diperhatikan. Tujuannya agar ideal dengan anak yang seusianya. 

Tabel Berat Badan Anak Usia 1-5 Tahun Menurut WHO 

Pengelompokkan berat badan anak usia 1–5 tahun telah dilakukan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO). Selain berdasarkan usia, pengelompokkan juga dilakukan berdasarkan jenis kelamin, yaitu laki-laki dan perempuan. 

Berikut tabel berat badan anak usia 1-5 tahun menurut WHO dilansir dari laman Crystal of The Sea. 

1. Berat Badan Ideal Anak Laki-laki 

Berikut berat badan ideal anak laki-laki usia 1–5 tahun seperti dilansir dari laman Badan Kesehatan Dunia (WHO). 

tabel berat badan anak usia 1-5 tahun menurut who
UsiaLaki-Laki
1 tahun7,7-12 kg
2 tahun9,7-15,3 kg
3 tahun11,3-18,3 kg
4 tahun12,7-21,2 kg
5 tahun14,1-24,2 kg

2. Berat Badan Ideal Anak Perempuan 

Selain laki-laki, WHO juga menyajikan kurva berat badan ideal perempuan berdasarkan usia 1–5 tahun sebagai berikut.

tabel berat badan anak usia 1-5 tahun menurut who
UsiaPerempuan
1 tahun7-11,5 kg
2 tahun9-14,8 kg
3 tahun10,8-18,1 kg
4 tahun12,3-21,5 kg
5 tahun13,7-24,9 kg

Baca Juga Artikel Lainnya: Berat Badan Ideal Wanita (Dewasa).

Cara Menaikkan Berat Badan Anak 

cara menaikan berat badan anak

Setelah mengetahui tabel berat badan anak usia 1-5 tahun menurut WHO, apakah anak Moms sudah masuk kategori ideal? Apabila berat badannya masih kurang maka Moms bisa melakukan berbagai cara berikut untuk menaikkan berat badan. 

1. Memberikan Asupan Lemak Sehat 

Lemak sehat sangat efektif untuk menaikkan berat badan anak loh, Moms. Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan asupan makanan, seperti alpukat, keju, dan mentega. Selain itu, juga bisa berupa ikan yang mengandung tinggi omega 3. 

2. Memberikan Makanan Tinggi Kalori 

Kalori merupakan salah satu nutrisi yang sangat diperlukan tubuh, salah satunya untuk menaikkan berat badan. Moms, sangat penting untuk memenuhi kebutuhan kalori dalam tubuh anak, seperti memberikan asupan makanan alpukat, telur, salmon, dan daging sapi. 

3. Mengatur Waktu Makan 

Waktu makan anak-anak bisa memengaruhi berat badannya ya, Moms. Kondisi ini menjadikan setiap orang tua perlu mengatur waktunya. Pasalnya, waktu makan yang tepat dapat menaikkan berat badan anak. 

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membagi waktu makan menjadi tiga, yaitu pagi, siang, dan sore. Selain itu, bisa juga menambahkan makanan selingan sebanyak satu sampai dua kali. 

4. Memberikan Makanan Bergizi Seimbang 

Gizi seimbang sangat efektif untuk meningkatkan berat badan anak. Artinya, Moms bisa mengatur gizi makanan yang diberikan, yaitu mengandung karbohidrat, lemak, protein, serat, dan vitamin. 

5. Mengatur Waktu Minum Anak 

Waktu minum pada anak-anak perlu sangat diatur ya, Moms. Pasalnya, semakin banyak minum maka anak akan semakin merasa kenyang. Kondisi ini dapat menjadikan mereka tidak mau makan. 

Oleh karena itu, mengatur waktu minum akan lebih efektif untuk meningkatkan berat badan anak. 

Selain berat badan, Moms juga harus memantau tinggi badan anak dengan mengacu pada tabel tinggi badan anak usia 1-5 tahun menurut WHO.

Cara Menurunkan Berat Badan Anak 

Selain menaikkan berat badan, Moms bisa juga menurunkan berat badan anak. Hal ini perlu dilakukan, terlebih saat anak dalam kriteria berat badan berlebih atau kelebihan berat badan. 

Adapun cara menurunkan berat badan anak sebagai berikut. 

1. Mengatur Pola Makan Sehat 

Pola makan sehat akan sangat berpengaruh terhadap berat badan ideal anak. Pasalnya, cara ini membantu si Kecil dalam konsumsi makanan sehari-hari. Artinya, makanan yang dikonsumsi tidak memicu berat badan berlebih. 

Contohnya adalah membatasi konsumsi gula atau pemanis buatan. Sebab, makanan atau minuman jenis ini akan memicu kelebihan berat badan. Moms bisa menggantinya dengan buah atau sayur. 

2. Rutin Berolahraga 

Cara selanjutnya untuk menurunkan berat badan anak adalah dengan rutin berolahraga. Sebagai orang tua, Moms bisa mengajak si Kecil untuk ikut olahraga ringan, seperti jalan santai di sekeliling rumah, berenang, dan bermain bola. 

Berbagai aktivitas tersebut memicu mereka membakar kalori dalam tubuh. Hasilnya, berat badan bisa menurun apabila dilakukan secara rutin. 

3. Membatasi Konsumsi Cemilan 

Seperti Moms ketahui, cemilan biasanya didominasi oleh makanan yang mengandung tinggi garam. Hal ini menyebabkan kegemukan apabila dikonsumsi terus-menerus oleh tubuh. Oleh karenanya, membatasi konsumsi cemilan dinilai efektif untuk menurunkan berat badan. 

Dengan upaya menaikan atau menurunkan berat badan yang bisa Moms lakukan, harapannya bisa mewujudkan berat badan yang ideal sesuai Tabel Berat Badan Anak Usia 1-5 Tahun Menurut WHO.

Madu Vitummy untuk Menambah Nafsu Makan 

Nafsu makan merupakan masalah umum yang dialami oleh anak-anak. Bentuknya bisa karena tidak nafsu makan maupun nafsu makanan berlebih. Moms, kedua hal ini bukanlah sesuatu yang baik. 

Cara mengatasinya bisa Moms lakukan dengan memberikan Madu Vitummy secara rutin. Vitummy merupakan madu untuk meningkatkan nafsu makan, sehingga daya tahan tubuhnya meningkat. 

Selain itu, bisa juga untuk mengendalikan apabila si Kecil memiliki nafsu makan yang berlebih. Hal ini dikarenakan Madu Vitummy dilengkapi formula Selenium SIlver Pro. 

Oleh karena itu, Moms bisa memberikan Madu Vitummy secara rutin untuk mengendalikan nafsu makan si Kecil.

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?