logo madu vitummy
Search
Close this search box.

Moms, Ini Dia Tabel Tinggi Badan Anak Usia 1-5 Tahun Menurut WHO!

Tabel Tinggi Badan Anak Usia 1-5 Tahun Menurut WHO

Tinggi badan anak sangat berpengaruh terhadap postur tubuhnya ya, Moms. Semakin ideal maka akan semakin bagus dilihatnya. Selain itu, tinggi badan ideal juga menunjukkan indikasi kesehatan tubuh yang baik. 

Mengapa bisa demikian ya, Moms? Ternyata, kondisi kondisi badan seseorang sangat dipengaruhi jenis makanan yang dikonsumsi dan aktivitas sehari-hari. 

Oleh karena itu, tabel tinggi badan anak usia 1-5 tahun menurut WHO dibuat. Tujuannya sebagai acuan orang tua untuk mengontrol kondisi anak-anak mereka. 

Tabel Tinggi Badan Anak Usia 1-5 Tahun Menurut WHO  

Standar tinggi badan anak usia 1-5 tahun menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO) dibagi menjadi dua kategori, yaitu berdasarkan jenis kelaminnya.

Ada tinggi badan anak laki-laki dan perempuan. Perbedaan tersebut disebabkan keduanya memiliki sifat alami fisik yang berbeda. 

Umumnya, laki-laki memiliki badan yang lebih tinggi dibanding perempuan. Oleh karena itu, WHO mengelompokkannya menjadi dua kategori. 

Selain berdasarkan jenis kelamin, standar ini juga dibuat berdasarkan kelompok usia, yaitu antara 1-5 tahun.

1. Tabel Tinggi Badan Anak Usia 1-5 Tahun Menurut WHO (Laki-Laki)

WHO menetapkan standar tinggi badan anak laki-laki sebagai berikut 

Usia Tinggi Badan (cm)
0–6 Bulan46–54 cm 
6 Bulan – 2 Tahun63–73 cm 
0–2 Tahun46–54 cm 
0–5 Tahun44–54 cm 
2–5 Tahun81–93 cm

2. Tabel Tinggi Badan Anak Usia 1-5 Tahun Menurut WHO (Perempuan) 

Tidak hanya untuk laki-laki, WHO juga menetapkan standar tinggi badan ideal untuk perempuan. Standar ini dibuat terutama untuk usia 0-5 tahun seperti berikut. 

Usia Tinggi Badan (cm)
0–6 Bulan44–54 cm
6 Bulan – 2 Tahun61–70 cm
0–2 Tahun45–53 cm
0–5 Tahun44–53 cm
2–5 Tahun79–92 cm

Selain tinggi badan, Moms juga pastikan anak memiliki berat badan sesuai acuan tabel berat badan anak usia 1-5 tahun menurut WHO.

Faktor Pengaruh Tinggi Badan Anak 

Tabel Tinggi Badan ideal Anak Usia 1-5 Tahun Menurut WHO

Setelah memahami kedua tabel tinggi badan, baik anak laki-laki maupun perempuan, terdapat perbedaan mengenai faktor yang mempengaruhi tinggi badan di antara keduanya. 

Kondisi tersebut dipengaruhi oleh banyak faktor seperti berikut.

1. Faktor Genetik dan Lingkungan 

Menurut Jon Piter Sinaga, Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Prima Medan, perbedaan tinggi badan dipengaruhi faktor genetik dan lingkungan. 

Faktor genetik, artinya kondisi yang sangat dipengaruhi oleh orang tua atau pendahulunya dalam garis hubungan darah yang sama. Faktor ini dinilai sangat berpengaruh terhadap tinggi badan seseorang, terutama anak-anak. 

Tidak hanya genetik, faktor lingkungan juga sangat berpengaruh terhadap hal ini. Pasalnya, lingkungan yang sehat akan mendukung pertumbuhan anak sehat. Sebaliknya, lingkungan yang tidak sehat akan memengaruhi pertumbuhan anak. 

2. Hormon 

Hormon menjadi faktor selanjutnya yang memengaruhi tinggi badan anak, baik laki-laki maupun perempuan. Hal ini dikarenakan hormon berfungsi untuk memerintahkan lempeng tubuh membentuk lapisan baru. 

Perlu diketahui bahwa terdapat beberapa jenis hormon, yaitu sebagai berikur. 

  1. Hormon pertumbuhan, yaitu hormon yang dibuat pada kelenjar pituitari dan sangat penting untuk pertumbuhan. Menurut laman Halodoc, beberapa kondisi memang memengaruhi pertumbuhan anak, salah satunya membuat tingginya menjadi tidak ideal. Kondisi ini menyebabkan hormon pertumbuhan sangat penting perannya dalam tubuh. 
  2. Hormon tiroid, yaitu kelenjar yang sangat memengaruhi pertumbuhan. 
  3. Hormon seks, yaitu terdiri atas testosteron dan estrogen yang sangat penting untuk pertumbuhan. Hal ini menjadikannya sangat berperan dalam proses pematangan seksual. 

3. Asupan Nutrisi 

Nutrisi merupakan kandungan zat gizi yang seseorang dapatkan dari sumber makanan dan minuman yang dikonsumsi. Zat gizi ini kemudian menentukan pertumbuhannya, terutama pada anak-anak. Semakin nutrisinya baik maka tinggi badannya pun semakin baik. 

Baca Juga: Makan Banyak Tapi Tetap Kurus Apakah Cacingan?

4. Pola Hidup 

Kebiasaan hidup, baik makan, olahraga, dan lain sebagainya juga menjadi faktor tinggi badan anak. Pasalnya, banyak pengaruh yang diberikan pola hidup pada pertumbuhan seseorang. 

Tips Tinggi Badan Anak Ideal 

Mendukung anak memiliki tinggi badan ideal, Moms bisa melakukan banyak cara. Adapun beberapa caranya dilansir dari beberapa sumber sebagai berikut. 

1. Memberikan Nutrisi Seimbang 

Nutrisi seperti yang telah disebutkan merupakan salah satu faktor yang memengaruhi tinggi badan anak. Nah, perlu diketahui bahwa tinggi badan ideal biasanya didukung oleh nutrisi yang seimbang dalam tubuh. 

Caranya bisa dilakukan dengan memberikan jenis-jenis makanan mengandung gizi seimbang. Selain itu, juga mengatur pola makan yang baik sehingga mendukung anak-anak untuk tumbuh tinggi dan sehat. 

2. Mengurangi Makanan Junk Food atau Minuman Bersoda 

Banyak orang menyukai junk food dan minuman bersoda ya, Moms. Padahal, makanan tersebut mengandung garam yang tinggi. Adapun minuman bersoda mengandung tinggi gula. 

Apabila tubuh mengonsumsi makanan dengan tinggi garam dan gula secara terus-menerus, maka dapat menghambat pertumbuhan tinggi badannya. Oleh karena itu, perlu mengurangi jenis makanan ini agar tinggi badannya maksimal. 

3. Menambah Asupan Protein 

Protein merupakan salah satu nutrisi yang bisa diserap oleh tubuh untuk mendukung tinggi badan seseorang. Hal ini dikarenakan protein sangat baik untuk membangun otot dan tulang. Hasilnya, dapat mendukung proses pertumbuhan anak, seperti tinggi badan. 

Beberapa jenis makanan yang mengandung tinggi protein, seperti daging, ikan, kacang-kacangan, dan telur. Bagi anak-anak akan lebih aman apabila mengonsumsi tahu, tempe, kacang-kacangan, atau produk kedelai. 

4. Jangan Lewatkan Sarapan 

Sarapan merupakan rutinitas yang sangat penting bagi anak dalam proses pertumbuhan. Selain untuk meningkatkan konsentrasi belajar, ternyata sarapan juga dapat mendukung pertumbuhan tinggi badan anak. Oleh karena itu, jangan biarkan anak melewatkan sarapannya. 

5. Memberikan Vitamin D 

Vitamin D adalah nutrisi yang penting dan berperan memperkuat pertumbuhan tulang anak. Oleh karenanya, memberikan vitamin D secara rutin sangat baik untuk anak. Salah satunya dengan rutin melakukan aktivitas di luar rumah, terutama pagi hari. 

6. Meberikan Madu Vitummy Secara Rutin 

vitummy main image

Madu Vitummy merupakan madu untuk daya tahan tubuh yang dilengkapi dengan formula Selenium Silver Pro. Formula ini dirancang untuk menjadikan imun tubuh anak kuat dengan merangsang nafsu makannya. 

Nafsu makan yang baik akan mendukung pemenuhan kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Hasilnya dapat mendukung tumbuh kembang anak. Salah satunya adalah tinggi badan mereka. 

Moms bisa mendapatkan Madu Vitummy melalui website resminya di www.maduvitummy.id. Yuk, dapatkan produknya sekarang juga sebelum kehabisan! 

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?