logo madu vitummy
Search
Close this search box.

Tabel Tinggi dan Berat Badan Anak Usia 6 12 Tahun 

Tabel Tinggi dan Berat Badan Anak Usia 6 12 Tahun 

Memastikan pertumbuhan dan perkembangan anak-anak dengan baik merupakan tugas orang tua ya, Moms. Hal ini bisa dilakukan dengan mengetahui tabel tinggi dan berat badan anak usia 6 12 tahun yang ideal berapa, agar nantinya Moms bisa terus memantau perkembangannya.

Sebab, keduanya memiliki standar untuk mengukur baik atau tidaknya pertumbuhan dan perkembangan anak. Adapun standar yang biasanya digunakan adalah tabel tinggi dan berat badan menurut WHO (World Health Organization) 

Faktor yang Memengaruhi 

Sebelum membahas tabelnya, Moms harus tahu bahwa tinggi dan berat badan anak dipengaruhi oleh banyak faktor. Beberapa di antaranya seperti yang disebutkan dalam Jurnal Kesehatan Olahraga berikut. 

1. Status Gizi

Moms, status gizi anak ternyata sangat berpengaruh, tidak hanya pada tinggi badannya melainkan juga pada beratnya. Kondisi ini berkaitan dengan asupan makanan yang dikonsumsi setiap hari. 

Asupan makanan tersebut nyatanya dipengaruhi tingkat pendapatan orang tua. Hal ini menjadikan faktor zat gizi merupakan dampak dari kondisi sosial ekonomi setiap orang. 

Selain itu, kondisi sosial ekonomi juga berdampak pada pola hidup sehat. Adapun beberapa aspek yang termasuk, yaitu kebersihan rumah dan sanitasi. Keduanya memengaruhi pertumbuhan anak-anak. 

2. Faktor Genetik 

Faktor selanjutnya yang memengaruhi tinggi dan berat badan anak adalah genetik. Umumnya meliputi hormon, asupan nutrisi seimbang, dan aktivitas fisik. 

Genetik menjadi faktor yang tidak bisa dimanipulasi dan diintervensi. Hal ini dikarenakan keturunan pertumbuhan genetis baik akan menghasilkan pertumbuhan genetis yang baik pula. 

Selain itu, anak dengan orang tua yang aktif berolahraga akan menghasilkan kondisi fisik yang lebih baik. Kondisi ini jika dibandingkan dengan orang yang tidak melakukan olahraga secara rutin. 

Hasilnya, pertumbuhan dan perkembangan anak-anak mereka lebih baik dibandingkan yang orang lain. 

Itulah faktor yang memengaruhi tinggi dan berat badan anak-anak. Kesimpulannya, terdapat faktor internal dan faktor eksternal. Oleh karena itu, Moms harus tau agar bisa mencegah dari hal-hal yang tidak diinginkan. 

Tabel Tinggi dan Berat Badan Anak Usia 6 12 Tahun 

Selain faktor yang memengaruhi, Moms juga harus paham mengenai standar tinggi dan berat badan anak. Caranya bisa dengan melihat tabel standar yang dikeluarkan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) berikut ini. 

1. Tabel Tinggi Badan dan Berat Badan Laki-Laki Usia 6-12 Tahun

Secara umum, laki-laki memiliki tinggi dan berat badan yang berbeda dengan wanita. Adapun standarnya sebagai berikut. 

Usia Laki-Laki 
Berat Badan Tinggi Badan 
6 Tahun 21 kg 116 cm 
7 Tahun 23 kg 122 cm 
8 Tahun 26 kg 128 cm 
9 Tahun 29 kg 134 cm 
10 Tahun 32 kg 139 cm 
11 Tahun 36 kg 144 cm 
12 Tahun 41 kg149 cm 

2. Tabel Tinggi Badan dan Berat Badan Perempuan Usia 6-12 Tahun

Selain laki-laki, perempuan juga memiliki standar tinggi badannya sendiri. Adapun tabelnya sebagai berikut. 

Usia Perempuan
Berat Badan Tinggi Badan 
6 Tahun 20 kg 115 cm 
7 Tahun 23 kg 122 cm 
8 Tahun 26 kg 128 cm 
9 Tahun 29 kg 133 cm 
10 Tahun 33 kg 138 cm 
11 Tahun 37 kg 144 cm 
12 Tahun 42 kg 152 cm 

Cek Juga:

Tips Agar Tinggi dan Berat Badan Anak uSIA 6-12 tAHUN Ideal 

Tips Agar Tinggi dan Berat Badan Anak uSIA 6-12 tAHUN Ideal 

Anak-anak merupakan masa pertumbuhan dan perkembangan yang pesat. Keadaan ini menjadikan Moms ikut mendukung tinggi dan berat badan mereka agar ideal. Caranya seperti dilansir dari berbagai sumber berikut. 

1. Memberikan Nutrisi Seimbang 

Pertumbuhan anak-anak sangat memerlukan nutrisi yang seimbang. Kebutuhan ini dapat dipenuhi dengan asupan makanan yang seimbang, seperti mengandung karbohidrat, protein, lemak, mineral, vitamin, serat, dan air. 

Berbagai nutrisi tersebut memiliki fungsinya masing-masing dalam tubuh. Salah satunya mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak. Bentuk konkritnya seperti tinggi badan dan berat badan ideal. 

2. Penuhi Kebutuhan Vitamin D 

Vitamin D bisa didapatkan dengan mengonsumsi susu, ikan, dan kuning telur. Selain itu, juga bisa dengan aktivitas di bawah sinar matahari pagi. 

Tubuh yang mendapatkan vitamin D akan mendukung pertumbuhan yang ideal. Sebab, fungsinya adalah untuk membantu pertumbuhan tulang anak. 

Oleh karena itu, memenuhi kebutuhan vitamin D, baik dari makanan maupun aktivitas dapat memperkuat pertumbuhan tulang anak. 

3. Minimalkan Konsumsi Minuman Soda dan Junk Food  

Minuman bersoda adalah berbagai jenis minuman yang biasanya tinggi gula. Adapun junk food merupakan makanan yang umumnya mengandung tinggi garam dan rendah serat. 

Keduanya termasuk yang kurang baik apabila dikonsumsi oleh anak-anak, terutama jika konsumsinya berlebihan. Sebab, kandungan gula dan garam yang tinggi namun rendah serat dapat menyebabkan berbagai masalah atau gangguan dalam tubuh. 

Padahal, anak-anak sangat membutuhkan makanan dengan kandungan nutrisi yang tinggi. Hal ini untuk mendukung tumbuh kembangnya. 

Oleh karenanya, Moms bisa lebih selektif untuk memilih makanan yang dikonsumsi anak-anak, bisa dengan memberikan buah, sayur, dan kacang-kacangan untuk mendukung tinggi badan dan berat badannya yang ideal. 

4. Memenuhi Kebutuhan Protein Tubuh 

Protein termasuk jenis nutrisi yang sangat diperlukan tubuh. Sebab fungsinya adalah untuk membangun otot dan tulang yang kuat. Hasilnya dapat mendukung proses pertumbuhan anak dengan baik. 

Asupan protein dalam tubuh bisa dipenuhi dengan mengonsumsi makanan, seperti tahu, tempe, kacang-kacangan, atau produk kedelai. Selain itu, juga bisa dengan mengonsumsi daging atau ikan. 

5. Tidak Melewatkan Sarapan 

Sarapan merupakan rutinitas yang sangat penting, terutama bagi anak-anak. Alasannya karena sarapan dapat memenuhi kebutuhan energi dalam tubuh, sehingga mereka siap untuk beraktivitas sehari-hari. 

Memenuhi kebutuhan energi tersebut bisa dengan mengonsumsi makanan, seperti oatmeal, roti gandum, telur, dan buah-buahan segar. Berbagai makanan ini mengandung nutrisi yang diperlukan tubuh. 

Hasilnya, energi yang masuk ke dalam tubuh bisa mendukung anak-anak untuk melakukan aktivitas sepanjang hari. Selanjutnya, aktivitas ini akan membantu mendukung tumbuh kembang mereka. 

6. Rutin Melakukan Aktivitas Fisik 

Aktivitas fisik dapat membantu anak-anak untuk membentuk otot dan tinggi badannya. Hal ini menjadikan mereka harus rutin melakukan aktivitas fisik. 

Caranya bisa dengan membiasakan aktivitas ringan, seperti bermain di luar rumah, berjalan mengelilingi komplek, dan olahraga dengan teman. Rutin melakukan aktivitas tersebut sangat baik untuk anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan dan perkembangan. 

7. Memastikan Anak Cukup Istirahat 

Tidur merupakan salah satu bentuk istirahat yang sangat efektif untuk mengembalikan sel-sel tubuh yang rusak. Proses regenerasi sel, nantinya akan mendukung tumbuh kembang anak. 

Oleh karenanya, memastikan anak tidur cukup adalah tugas yang penting bagi setiap orang tua. 

8. Jaga Nafsu Makan dengan Vitummy

Madu Vitummy merupakan madu untuk daya tahan tubuh yang dilengkapi dengan formula Selenium Silver Pro. Formula ini dirancang untuk meningkatkan nafsu makan sehingga daya tahan tubuhnya juga meningkat. 

Sebab, nafsu makan yang baik dapat mendukung pemenuhan kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Hasilnya, pertumbuhan dan perkembangan tubuh akan maksimal, seperti menjadikan tinggi badan dan berarat badan anak ideal.

Yuk, dapatkan produk Madu Vitummy sekarang juga melalui website resminya di www.maduvitummy.id

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?