logo madu vitummy
Search
Close this search box.

Herbal Penambah Nafsu Makan, Bantu Bikin Doyan Makan Lagi!

Herbal Penambah Nafsu Makan

Nafsu makan memang sangat memengaruhi tumbuh kembang anak ya, Moms. Kondisi ini membuat setiap orang tua perlu memberikan perhatian ekstra. Pasalnya, nafsu makan yang menurun sering terjadi pada anak-anak. 

Padahal, mereka yang mengalami nafsu makan menurun atau tidak selera makan dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangannya. Oleh karenanya, Moms perlu tahu cara menjaga sekaligus menambah nafsu makan si Kecil. 

Salah satu caranya dengan memberikan herbal penambah nafsu makan anak. Nah, apa saja yang termasuk bahan-bahan tersebut? Artikel ini akan membahas secara detail ya, Moms. 

Yuk, simak selengkapnya di bawah ini! 

Bahan Herbal Penambah Nafsu Makan Anak 

Herbal adalah tanaman yang punya khasiat obat dan digunakan sebagai obat dalam penyembuhan maupun pencegahan penyakit. Menurut Tim FKIK UIN Malang, pengertian berkhasiat obat adalah mengandung zat aktif yang berfungsi mengobati penyakit tertentu atau memiliki efek resulting/sinergi dari berbagai zat yang berfungsi mengobati. 

Tanaman herbal tersebut kemudian diartikan sebagai tumbuhan atau tanaman obat yang dapat dimanfaatkan untuk pengobatan tradisional. Pengobatan ini biasanya dilakukan untuk membantu mengatasi berbagai gangguan kesehatan atau penyakit tertentu. Oleh karenanya, bahan bahan-bahan herbal termasuk populer di masyarakat. 

Moms, tahukah tentang bahan herbal penambah nafsu makan anak? Perlu diketahui bahwa ada beberapa tanaman herbal yang berfungsi untuk meningkatkan nafsu makan si Kecil loh, Moms. Nah, beberapa bahannya seperti berikut. 

Temulawak (Curcuma xanthorrhiza Roxb.) 

Temulawak adalah jenis tanaman yang ditetapkan sebagai tanaman obat unggulan di Indonesia. Penetapan ini tidak dilakukan secara-merta, melainkan berdasarkan penetapan yang disampaikan oleh Kemenkes RI dalam rangka Hari Kesehatan Nasional ke-59. 

Sebagai tanaman obat unggulan, temulawak nyatanya punya banyak khasiat loh, Moms. Salah satunya untuk meningkatkan nafsu makan anak. Seperti menurut hasil penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, temulawak memang efektif dalam meningkatkan nafsu makan anak, terutama usia toddler

Moms, usia toddler adalah usia 1-3 tahun yang merupakan usia emas (golden age). Si Kecil yang sedang dalam usia ini biasanya mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang pesat dalam segala aspek. 

Meski demikian, tidak jarang dari mereka ternyata mengalami gangguan nafsu makan. Hasilnya, pertumbuhan dan perkembangannya bisa terganggu. Membantu mengatasi kondisi ini sebenarnya bisa dilakukan dengan memberikan temulawak. 

Pasalnya, tumbuhan jenis rimpang ini mengandung minyak atsiri dan kurkumin yang tinggi. Fungsi dari keduanya bermanfaat untuk membantu meningkatkan nafsu makan seseorang, yaitu dengan melancarkan fungsi pencernaan. 

Baca Juga: Makanan Sehat untuk Anak 2 Tahunan.

Kunyit (Curcuma domestica Val.) 

Kunyit adalah salah satu tanaman asli Asia Tenggara yang termasuk dalam famili Zingiberaceae, yang banyak tumbuh di sekitar pekarangan, kebun, dan hutan jati. Keadaan ini menjadikan kunyit termasuk tanaman obat rumahan ya, Moms. 

Fungsinya bagi kesehatan sangatlah banyak, salah satunya sebagai herbal penambah nafsu makan. Alasannya, ternyata terdapat kandungan kurkumin seperti di dalam temulawak ya, Moms. Nah, kandungan inilah yang dapat membantu memperbaiki nafsu makan yang menurun. 

Temu Hitam (Curcuma aeruginosa Roxb.) 

Temu hitam adalah tanaman yang sudah terbukti secara empiris mempunyai banyak khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Salah satunya membantu masalah pencernaan, yaitu dengan meningkatkan nafsu makan. 

Menurut Journal of Pharmacy Science and Technology, manfaat tersebut bisa didapatkan dari kandungan minyak atsiri di dalamnya. Sebab, minyak minyak atsiri dapat membantu menurunkan lemak dalam tubuh. Hasilnya, nafsu makan jadi meningkat ya, Moms. 

Selain itu, temu hitam juga mengandung tinggi selenium. Meski sangat diperlukan tubuh, tapi zat ini tidak dapat diproduksi di dalam tubuh. Oleh karenanya, setiap orang perlu asupan selenium dari luar tubuh ya, Moms. 

Nah, salah satunya melalui temu hitam. Lalu, manfaatnya bagi tubuh adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Kondisi ini akan memengaruhi nafsu makannya agar meningkat. 

Lempuyang Emprit (Zingiber Amaricans B1) 

Lempuyang emprit adalah tanaman obat tradisional yang berasal dari famili Zingiberaceae. Tanaman ini punya rimpang berwarna kuning dengan rasa pahit yang punya banyak manfaat. 

Adapun manfaat paling populer adalah untuk membantu meningkatkan nafsu makan. Sebab, terdapat kandungan minyak atsiri yang memicu stimulasi sistem saraf pusat. Hasilnya, mengonsumsi lempuyang emprit dapat membantu meningkatkan nafsu makan, termasuk pada anak-anak ya, Moms. 

Lada Hitam (Piper nigrum L.) 

Lada hitam adalah remah dari tanaman Piper nigrum yang sering dimanfaatkan sebagai bumbu dapur. Padahal, fungsinya tidak hanya itu loh, Moms. Sebab, bumbu dapur yang satu ini juga bermanfaat untuk membantu meningkatkan nafsu makan. 

Manfaat tersebut didapatkan dari kemampuannya untuk meningkatkan sistem kerja pencernaan dan mengurangi anoreksia. Oleh karenanya, dengan mengonsumsi lada hitam, tentunya tidak secara langsung melainkan dicampur dengan makanan dapat membantu meningkatkan nafsu makan. 

Bacaan Lebih Lanjut: Pusing, Mual, Lemas, dan Tidak Nafsu Makan Gejala Apa Ya?

Itulah beberapa contoh herbal penambah nafsu makan yang perlu dipahami ya, Moms. Sebab, apabila si Kecil sedang mengalami susah makan maka Moms bisa memilih salah satu dari bahan-bahan tersebut. 

Tapi, apabila Moms merasa ragu untuk menggunakannya, Moms bisa memberikan Vitummy. Madu herbal yang diproduksi dari madu hutan asli dan ekstrak bahan alami ini mengandung formula Selenium Silver Pro

Formula tersebut berfungsi untuk membantu meningkatkan nafsu makan anak dan daya tahan tubuhnya. Sebab, terdapat kandungan temulawak dan temu hitam yang bermanfaat untuk memperbaiki nafsu makan si Kecil. 

Yuk, berikan Vitummy, Multivitamin untuk Tingkatkan Nafsu Makan Anak, 100% Herbal sekarang juga untuk mendapatkan manfaatnya sekarang juga! 

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?