logo madu vitummy
Search
Close this search box.

Inilah 10+ Manfaat Buah Naga bagi Kesehatan!

manfaat buah naga

Tahukah mom bahwa manfaat buah naga bagi kesehatan sangatlah banyak? Tak hanya memiliki bentuk yang unik, rasa yang manis, dan menyegarkan, buah naga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan mom dan si kecil.

Buah naga mengandung kalori cukup rendah namun memiliki banyak nutrisi seperti vitamin C, vitamin B, kalsium, Natrium, kalium, fosfor, zat besi, zinc, protein, serta antioksidan yang tinggi. Tak hanya itu, buah naga juga mengandung vitamin dan mineral lainnya seperti vitamin E serta magnesium.

Di Indonesia, terdapat dua buah naga yang umum ditemukan, yaitu buah naga merah dan buah naga putih. Meskipun memiliki warna yang berbeda, kandungan gizi dalam kedua buah tersebut hampir serupa.

Untuk mengetahui lebih lanjut manfaat buah naga, yuk simak dalam uraian berikut ini.

Baca juga: Telisik Lebih Jauh Seputar Manfaat buah mangga untuk kesehatan

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

manfaat buah naga untuk kecantikan

Berdasarkan kandungan nutrisi yang dimiliki oleh buah naga, berikut adalah manfaat buah naga untuk kesehatan.

Mencegah dehidrasi

Meskipun tumbuh di daerah kering, buah naga mengandung kadar air yang cukup tinggi lho. Kandungan air dalam buah naga dapat membantu tubuh mencegah dehidrasi. Selain itu, buah naga juga memberikan sensasi segar saat dikonsumsi. Itulah mengapa buah ini kerap dijadikan sebagai jus atau campuran es buah dan salad.

Menjaga kesehatan jantung

Nah, salah satu manfaat buah naga bagi kesehatan adalah untuk memelihara kesehatan jantung. Buah naga dapat menurunkan kolestrol jahat dalam tubuh. Selain itu, buah naga juga mengandung lemak tidak jenuh yang sangat baik bagi kesehatan.

Mengontrol kadar gula darah

Kandungan serat yang tinggi dalam buah naga dapat membantu mengontrol kadar gula darah agar tetap stabil. Serat yang terkandung dalam buah naga disebut-sebut dapat menekan lonjakan gula setelah seseorang makan makanan yang memiliki indeks glikemik tinggi.

Menjaga kesehatan pencernaan

Manfaat buah naga untuk kesehatan adalah dapat menjaga keseimbangan antara bakteri baik dan bakteri jahat di usus. Pasalnya, buah naga mengandung prebiotik yang berfungsi sebagai makanan untuk bakteri baik di dalam usus, terutama bakteri Lactobacilli dan Bifidobacteria. Bakteri-bakteri tersebut berfungsi untuk membunuh virus dan bakteri penyebab penyakit.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Buah naga kaya akan vitamin C dan mengandung vitamin A. Kedua vitamin tersebut dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah infeksi, sehingga tubuh terlindung dari serangan virus dan bakteri penyebab penyakit.

Menjaga berat badan seimbang

Buah naga disebut-sebut mengandung kolesterol yang rendah. Oleh sebab itu, buah naga memiliki manfaat untuk menjaga berat badan tetap seimbang.

Melawan radang sendi

Buah naga kaya akan antioksidan yang bersifat sebagai antiinflamasi. Oleh sebab itu, manfaat buah naga untuk kesehatan adalah dapat membantu melawan peradangan sendi atau artritis. Radang sendi atau arthritis sendiri dapat menimbulkan iritasi parah pada persendian yang mengakibatkan penderitanya mengalami kesulitan gerak.

Selain untuk kesehatan, buah naga juga dapat memelihara kecantikan kulit dan rambut lho. Jangan sampai terlewatkan, yuk simak manfaat buah naga untuk kecantikan.

Manfaat Buah Naga untuk Kecantikan

manfaat buah naga untuk kecantikan dan kesehatan

Selain untuk kesehatan tubuh, manfaat buah naga juga dapat dirasakan untuk kecantikan. Misalnya, mengatasi jerawat, menghaluskan kulit, dan membuat rambut indah berkilau.

Manfaat buah naga untuk mengurangi jerawat

Hampir semua wanita pasti pernah memiliki jerawat di kulit wajah. Dari jerawat yang mudah hilang, hingga jerawat yang membandel susah dihilangkan. Selain menggangu kecantikan, rasa sakit pada area wajah akibat peradangan juga menganggu kenyamanan.

Berbicara tentang jerawat, ternyata buah naga memiliki manfaat untuk mengurangi jerawat lho. Buah naga kaya akan vitamin C yang dapat mengurangi proses radang pada wajah akibat jerawat. Caranya cukup mudah, haluskan buah naga menjadi seperti bentuk saus pasta, kemudian oleskan pada daerah kemerahan wajah, lalu diamkan sekitar 10-20 menit, kemudian bilas.

Untuk hasil yang optimal, gunakan buah naga sebagai masker dua kali sehari sampai radang berkurang.

Meredakan kulit yang terbakar matahari

Selain mengurangi jerawat, ternyata buah naga dapat mengatasi luka akibat berjemur atau sunburn. Kandungan vitamin B3 dalam buah naga dapat melembabkan kulit yang terbakar. Mom bisa gunakan buah naga dengan campuran timun dan madu untuk meredakan kulit yang terbakar.

Mencegah penuaan dini

Kulit kencang, kenyal, dan awet muda tentunya menjadi dambaan semua wanita. Namun berbagai faktor seperti radikal bebas, kurangnya perawatan, hingga kerusakan akibat sinar matahari dapat mempercepat proses munculnya tanda-tanda penuaan dini seperti keriput, gari halus, dan yang lainnya.

Sebagai solusi, antioksidan tinggi dalam buah naga dapat membantu memulihkan keremajaan kulit mom dan mencegah tanda-tanda penuaan dini tersebut.

Mom bisa menggunakan buah naga sebagai masker wajah untuk menjaga kulit tetap awet muda dan kencang lho.

Solusi rambut rusak

manfaat buah naga untuk kecantikan rambut

Paparan polusi, terlalu lama di bawah sinar matahari, hingga efek zat kimia akibat styling rambut, dapat mengakibatkan rambut rusak dan kering. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, nutrisi dalam buah naga dapat memperbaiki rambut rusak dan mencegah kerusakan rambut lebih parah.

Kandungan vitamin C dan enzim dalam buah naga juga diyakini dapat membuat rambut sehat halus, berkilau, dan mencegah rambut bercabang. Haluskan buah naga dan gunakan sebagai masker rambut.

Selain untuk kesehatan tubuh, kulit dan rambut, manfaat buah naga juga dapat dirasakan oleh ibu hamil lho. Jangan sampai terlewatkan, mari kita simak manfaat buah naga untuk ibu hamil berikut ini.

Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil

manfaat buah naga untuk ibu hamil

Kandungan vitamin dan mineral dalam buah naga sangatlah penting bagi ibu hamil dan calon buah hati, terutama bagi pertumbuhan dan perkembangan janin. Selain itu, buah naga juga memiliki beberapa manfaat yang penting bagi ibu hamil serta dapat membantu mengatasi keluhan yang sering dirasakan oleh ibu hamil seperti sembelit dan anemia.

Ingin tahu lebih lanjut? Yuk kita simak bersama.

Membantu pertumbuhan dan perkembangan otak janin

Buah naga mengandung antioksidan dan tiamin yang dibutuhkan untuk membantu perkembangan otak janin. Tak hanya itu saja, kandungan ribofalvin dalam buah naga juga dapat membantu tubuh menghasilkan energi serta mendukung pertumbuhan tulang, otot. dan syaraf bayi.

Mencegah terjadinya sembelit

Buah naga memiliki manfaat untuk mencegah sembelit selama masa kehamilan dan juga membantu mengeluarkan racun dalam tubuh. Untuk itu, ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi 25-30 gram serat per hari. Buah naga sendiri mengandung 3 gram serat per 100 gram buah naga. Nah, untuk mencukupi serat tersebut, konsumsilah makanan-makanan kaya serat lainnya seperti pepaya, gandum untuh, dan sereal.

Mencegah anemia

Pada masa kehamilan, ibu hamil membutuhkan setidaknya 27 mg zat besi per hari. Buah naga merupakan salah satu buah yang mengandung sekitar 7 persen kebutuhan zat besi harian seseorang. Zat besi ini sangatlah penting bagi ibu hamil untuk mendukung pertumbuhan janin, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta mencegah anemia.

Meskipun buah naga memiliki banyak manfaat penting bagi ibu hamil, ibu hamil tetap dianjurkan untuk mengonsumsi buah naga dalam jumlah yang cukup. Selain itu, konsultasilah ke dokter terkait asupan nutrisi penting yang dibutuhkan selama masa kehamilan.

Demikianlah sederet manfaat buah naga bagi kesehatan tubuh, kulit dan rambut, serta manfaat bagi ibu hamil.

Untuk membantu mom menjaga dan memelihara kesehatan keluarga, terutama si kecil kesayangan, Vitummy hadir sebagai madu herbal pelindung anak dengan kandungan ekstrak jamu berkualitas untuk meningkatkan nafsu makan dan melindungi anak dari cacing parasit.

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?