logo madu vitummy
Search
Close this search box.

15+ Manfaat Pepaya untuk Kesehatan

manfaat pepaya untuk kesehatan

Manfaat pepaya memang dikenal ampuh untuk mengatasi seputar masalah pada pencernaan. Tak hanya itu, buah yang sering dijuluki sebagai malaikat dari buah-buahan ini memiliki banyak manfaat dan keistimewaan untuk kesehatan tubuh lho! Penasaran apa saja manfaat dan keistimewaanya? Yuk kita simak dalam penjelasan berikut ini.

Manfaat Pepaya bagi Kesehatan Tubuh

manfaat pepaya

Manfaat pepaya dapat dirasakan oleh semua orang yang mengonsumsinya. Berikut adalah manfaat pepaya untuk kesehatan yang dikutip berdasarkan kementrian kesehatan.

1. Memelihara kesehatan pencernaan

Salah satu manfaat pepaya bagi kesehatan tubuh adalah untuk memelihara kesehatan pencernaan. Pepaya yang sangat matang mengandung enzim seperti papain, chymopapain, caricain, dan glycyl endopeptidase dalam kadar tinggi. Enzim papain tersebut membantu mencerna protein yang masuk ke dalam tubuh.

2. Menyehatkan mata

Mengandung cyptoxanthin, zeaxanthin, lutein, dan vitamin A, pepaya dapat mencegah pertumbuhan makula akibat penuaan dan melindungi mata dari kemungkinan kerusakan mata.

3. Baik untuk penderita diabetes

Meskipun memiliki rasa yang manis, buah pepaya aman untuk dijadikan camilan bagi penderita diabetes. Pepaya memiliki kandungan gula rendah serta mengandung indeks glikemik yang rendah juga.

4. Meningkatkankekebalan tubuh

Pepaya merupakan sumber vitamin C, A, dan E. Unsur kandungan gizi lengkap dalam pepaya tersebut dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

5. Baik untuk kesehatan jantung

Pepaya memiliki manfaat bagi kesehatan jantung karena mengandung Vitamin C dan likopen sebagai zat yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Tak hanya itu, pepaya juga mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan efek kolesterol baik (HDL) yang ada di dalam tubuh.

6. Menurunkan kolesterol

Pepaya merupakan buah yang kaya akan serat, antioksidan, serta vitamin C. Nah, dengan mengonsumsi buah pepaya secara teratur diketahui dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

7. Melindungi dari radang sendi

Pepaya memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat serta kaya akan vitamin C sehingga pepaya sangat baik untuk memperkuat tulang dan melindungi mom dari gangguan radang sendi.

8. Mencegah kanker usus dan kanker prostat

Menurut penelitian Harvard School of Public Health, beta karoten dalam pepaya efektif untuk menekan pertumbuhan kanker usus serta kanker prostat. Selain itu, antioksidan dan flavonoid dalam pepaya dapat mencegah kerusakan radikal dalam sel dan membantu mengurangi risiko kanker.

Manfaat pepaya Mangkal / Muda

Pepaya muda kerap dijadikan lalapan atau campuran sayur. Bukan hanya enak untuk dijadikan cocolan sambal, pepaya muda juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Penasaran? Yuk simak manfaat pepaya muda berikut ini.

1. Mempercepat penyembuhan luka

Pepaya mengandung papain yang dapat membantu mempercepat penyembuhan luka. Temuan tersebut didukung oleh tinjauan sistematis yang dikeluarkan oleh food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat bahwa kandungan senyawa papain dalam daun pepaya dapat membantu mempercepat penyembuhan luka dan mengobati berbagai jenis luka pada kulit.

2. Meningkatkan produksi dan melancarkan pengeluaran ASI

Mengonsumsi pepaya muda memang berbahaya bagi ibu hamil karena kandungan getah atau lateks yang dapat memicu kontraksi hingga keguguran janin. Namun, bagi ibu menyusui, pepaya muda memiliki manfaat untuk meningkatkan produksi ASI lho.

Baca Juga: Apakah Buah Pepaya Mengandung Serat?

Manfaat Pepaya untuk Ibu Hamil

manfaat pepaya untuk ibu hamil

Pepaya memiliki banyak nutrisi yang baik untuk memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil dan janin seperti protein, karbohidrat, serat, mineral yang mencakup kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium zinc, tembaga, mangan, selenium, serta Vitamin A, B, C, dan K. Selain itu, buah pepaya juga mengandung folat dan antioksidan.

Dari kandungan-kandungan senyawa tersebut diketahui bahwa buah pepaya memiliki manfaat luar biasa bagi ibu hamil.

Untuk menambah pengetahuan mom, berikut adalah manfaat pepaya bagi ibu hamil. Yuk kita simak.

Baca juga: 3+ Bahan Alami untuk Atasi Cacingan, Yuk Ketahui!

1. Meringankan kram kaki

Pepaya mengandung banyak mineral kalium yang ampuh untuk mengatasi kram kaki pada ibu hamil. Kram kaki memang keluhan yang sering dirasakan oleh para ibu hamil, terutama pada masa trimester kedua dan ketiga.

Meskipun kram kaki bukan hal berbahaya, namun kram kaki dapat menimbulkan rasa tak nyaman yang mengakibatkan ibu hamil menjadi tidak leluasa dalam beraktivitas.

Untuk itu, ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi buah pepaya serta mengonsumsi air yang cukup agar terhindar dari dehidrasi dan kram kaki.

2. Mengatasi morning sickness

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kandungan vitamin B6 dalam buah pepaya dapat meredakan gejala mual atau morning sickness pada ibu hamil.  Konsumsilah buah pepaya matang ketika sarapan pagi. Hindari pepaya setengah matang karena kandungan lateks atau getah pepaya dapat menimbulkan masalah pada kehamilan.

3. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Manfaat pepaya berikutnya adalah untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh pada ibu hamil. Buah pepaya mengandung antioksidan serta vitamin A, C, dan E yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh.

4. Bagus untuk perkembangan Janin

Buah pepaya yang telah matang mengandung asam folat tinggi yang bagus untuk perkembangan janin dalam kandungan. Asam folat tersebut memiliki peran utama dalam mendukung tumbuh kembang janin.

5. Mendukung pembentukan organ penglihatan Janin

Manfaat pepaya juga dapat membantu pembentukan organ penglihatan janin. Pepaya mengandung vitamin A yang bermanfaat untuk pembentukan organ penglihatan pada janin. Tak hanya itu, beragam nutrisi seperti vitamin A, folat, lutein, dan kolin, sangat baik untuk kesehatan janin.

Meskipun manfaat pepaya pada ibu hamil sangat banyak, namun perlu diingat, pepaya yang setengah matang mengandung lateks atau getah yang dapat memicu kontraksi rahim dan dianggap dapat menyebabkan keguguran pada kehamilan serta dapat memicu alergi seperti gatal-gatal, sakit perut, atau diare. Untuk itu, konsumsilah pepaya yang benar-benar matang.

Khasiat Pepaya Jepang

Pepaya Jepang merupakan salah satu jenis pepaya yang kerap dijumpai di wilayah Indonesia. Rasa daun pepaya jepang tidak pahit seperti jenis daun pepaya pada umumnya sehingga kerap dijadikan lalapan atau tumis. Di samping itu semua, tahukah mom bahwa daun pepaya ini memiliki segudang manfaat? Yuk kita simak manfaat pepaya jepang berikut ini.

1. Meningkatkan kekuatan otot

Dalam 100 gram daun pepaya Jepang, terdapat 6 gram protein yang bisa memenuhi 12-15 protein harian. Daun pepaya Jepang ini sangat cocok untuk ke dalam menu makanan, terutama ketika mom sedang berlatih meningkatkan massa otot.

2. Memperkuat kesehatan tulang

Selain kandungan protein yang tinggi, daun pepaya Jepang mengandung kalsium yang tinggi sehingga daun ini bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan tulang.

3. Mencegah anemia

Daun pepaya jepang mengandung zat besi dua kali lipat dari daun bayam. Oleh sebab itu, daun pepaya ini dapat menambah darah dan mencegah anemia.

Manfaat Pepaya untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

manfaat pepaya untuk kecantikan

Setumpuk kebaikan dan manfaat dalam buah pepaya tentu saja tak kalah hebatnya untuk dijadikan sebagai buah yang menunjang kesehatan kulit dan rambut. Apalagi di era digital sekarang, masalah kesehatan dan kecantikan pada kulit serta rambut menjadi utama bagi kaum muda-mudi.

Tak perlu skincare mahal, mom dapat menggunakan pepaya untuk perawatan kecantikan kulit dan rambut. Jangan bosan ya untuk mendengar manfaat yang tertumpuk dalam buah pepaya ini.

Yuk kita simak manfaat berikutnya.

1. Mencegah jerawat

Tahukah mom bahwa pepaya dapat mencegah timbulnya jerawat dan noda hitam pada kulit?

Buah pepaya mengandung enzim papain dan chymopapain yang efektif mencegah jerawat dengan mengangkat sel-sel kulit mati. Tak heran bila buah pepaya kerap dijadikan sebagai bahan untuk sabun-sabun atau obat jerawat.

2. Mencegah penuaan pada kulit

Ingin memiliki kulit awet muda? Rutinlah mengonsumsi buah pepaya. Buah pepaya mengandung vitamin A yang dapat menjaga kulit tetap lembut dan kenyal. Pepaya juga mengandung alpha hydroxy acids atau AHA yang mampu mencegah tanda-tanda penuaan pada kulit seperti kerutan dan garis halus.

Selain itu, kandungan vitamin C dan E pada pepaya dapat meremajakan kulit sehingga kulit wajah tampak lebih muda dan sehat.

3. Mencerahkan kulit

Khawatir karena kulit kusam? Atasi dengan rutin mengonsumsi buah pepaya. Seperti biasa, enzim papain dapat membuat kulit lebih cerah. Enzim papain tersebut dapat meningkatkan regenerasi kulit dan pergantian sel.

4. Menutrisi rambut

Dengan mengonsumsi pepaya minimal tiga kali dalam seminggu dapat membantu mengurangi rambut rontok. Kandungan vitamin, mineral, dan protein pada buah pepaya mampu meningkatkan kekuatan rambut, mencegah rambut bercabang, serta meningkatkan pertumbuhan rambut.

5. Mengatasi Ketombe

Tak hanya rambut, buah pepaya juga memiliki sifat anti jamur yang bermanfaat untuk mengatasi ketombe pada kulit kepala. Kandungan vitamin C dan A yang tinggi dalam buah pepaya dapat membantu menghilangkan sel kulit mati yang kemudian mendorong pergantian sel sehat dan memberi nutrisi pada batang rambut.

Manfaat Pepaya untuk Diet

Manfaat pepaya untuk diet dapat membantu turunkan berat badan. Buah pepaya menyediakan nutrisi dan serat untuk mendukung diet yang sehat.

Jika dibandingkan dengan buah tropis lainnya dalam jumlah porsi yang sama, buah pepaya cenderung lebih rendah kalori. Oleh sebab itu, mengonsumsi buah pepaya dapat membantu memangkas lebih banyak kalori ketika diet.

Demikian setumpuk dari manfaat buah pepaya yang kerap dijadikan sebagai bahan jamu, obat herbal, hingga sabun dan obat kecantikan. Semoga informasi di atas bermanfaat. Untuk memudahkan mom dan si kecil dalam mengonsumsi buah pepaya sebagai penunjang kesehatan, Vitummy hadir untuk memelihara kesehatan mom dan keluarga.

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?