Manfaat Buah Mangga yang Wajib Kamu Ketahui!

Tahukah mom, bahwa manfaat buah mangga untuk kesehatan sangatlah banyak? Tak hanya memiliki rasa yang lezat, manis, dan asam yang segar, manfaat buah mangga untuk kesehatan tubuh sangatlah banyak. Manfaat buah mangga yaitu mulai dari meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan mata, memelihara kecantikan kulit dan rambut, hingga menurunkan risiko penyakit jantung.

Selain bermanfaat untuk kesehatan, manfaat buah mangga juga dapat digunakan sebagai camilan untuk diet dan juga untuk ibu hamil lho. Faktanya, buah mangga merupakan golongan buah rendah kalori, yaitu hanya mengandung sekitar 100-110 kalori.

Tak hanya itu, buah mangga kaya akan antioksidan (polifenol dan beta karoten) serta memiliki banyak nutrisi lainnya yang bermanfaat bagi tubuh.

Dalam satu buah mangga, terkandung beragam nutrisi sebagai berikut:

  • 1,5 – 2gram serat
  • 15 gram karbohidrat
  • 1-1,5 gram protein
  • 55-60 mikrogram vitamin A
  • 35-60 mg vitamin C
  • 9 mg vitamin E
  • 40 – 50 mikrogram folat
  • 10-15 mg kalsium
  • 10-15 mg magnesium
  • 200 mg kalium
  • 14-20 mg fosfor
  • Vitamin B
  • Vitamin K
  • Likopen
  • Air

Semakin besar ukuran buah mangga, semakin tinggi kandungan nutrisi yang dikandungnya. Namun, untuk mempertahankan nutrisi yang utuh dari buah mangga, mom dianjurkan untuk mengonsumsi buah mangga secara langsung. Menurut beberapa penelitian, proses olahan seperti jus dapat menghilangkan sekitar 90% serat yang dikandung oleh mangga. antas, apa saja sih manfaat buah mangga? yuk intip dalam uraian berikut ini.

Baca juga : Yuk Ketahui 5+ Manfaat pepaya untuk kesehatan

Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan

Manfaat Buah mangga

Tak hanya segar, berbagai kandungan nutrisi dalam mangga dapat memberikan sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Berikut adalah penjelasannya:

1. Menjaga daya tahan tubuh

Buah mangga mengandung antioksidan, protein, vitamin A, vitamin B, vitamin C, serta vitamin E dan K yang berperan penting untuk membentuk sistem kekebalan tubuh. Nutrisi-nutrisi tersebut dapat membantu tubuh memproduksi sel darah putih yang berfungsi untuk melawan bakteri dan virus penyebab penyakit. Oleh sebab itu, dengan rutin mengonsumsi buah mangga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dalam mencegah infeksi dan penyakit.

2. Menjaga kesehatan kulit

Mom, faktanya, kandungan vitamin C dalam mangga memiliki manfaat untuk membantu memproduksi kolagen, yaitu jenis protein yang memiliki peran penting untuk membantu tubuh dalam memelihara keelastisan kulit sehingga kulit terhidar dari resiko keriput atau kerutan. Jadi, jangan heran ya mom, jika buah mangga sering dijadikan bahan untuk produk kecantikan kulit.

3. Memelihara kesehatan rambut

Menurut beberapa penelitian, mangga mengandung zat antiradang yang dapat melindungi rambut dari dampak buruk akibat paparan sinar matahari sehingga rambut tetap lembut dan indah. Selain itu, kandungan vitamin A dan vitamin E dalam buah mangga terbukti efektif untuk mengatasi ketombe.

4. Menurunkan risiko penyakit jantung

Mom, kandungan serat, kalium, serta vitamin dalam mangga diketahui dapat mencegah resiko penyakit jantung dan mencegah sumbatan pada pembuluh darah sehingga aliran darah dalam tubuh menjadi lancar.

Namun, perlu diingat, bahwa untuk menurunkan risiko terserang menyakit jantung, mom dan orang disekitar harus menerapkan pola hidup sehat. Mulai menerapkan pola makan sehat, menghindari rokok, serta rutin berolahraga.

5. Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A, anitioksidan lutein, serta zeaxanthin dalam mangga memiliki peran penting dalam memelihara sel-sel mata. Oleh sebab itu, mengonsumsi mangga dapat menjaga kesehatan mata mom dan keluarga, terutama si kecil kesayangan.

6. Dapat mencegah kanker

Manfaat buah mangga diketahui memiliki potensi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker pada usus besar, payudara, paru-paru, jaringan prostat, hingga leukemia.

Penelitian dari Malaysia menunjukan bahwa kulit mangga mengandung zat polifenol, karotenoid, serat makanan, vitamin C, vitamin E, serta berbagai senyawa aktif lainnya yang berpotensi sebagai terapi antikanker.

7. Meredakan sembelit

manfaat buah mangga untuk kesehatan

Mangga merupakaan salah saat buah yang kaya akan serat. Serat ini membantu memecah makanan dalam sistem pencernaan. Selain mengandung banyak serat, mangga juga mengandung nutrisi lainnya seperti vitamin A, vitamin C, serta kalium.

8. Mencegah radikal bebas

Radikal bebas merupakan zat sisa metabolisme yang terbentuk secara alami di dalam tubuh dan dapat meningkat akibat sering terpapar sinar ultraviolet, zat beracun, polusi, hingga asap rokok atau asap kenadaraan.

Radikal bebas dapat memicu resiko penuaan dini pada kulit hingga meningkatkan risiko beberapa penyakit seperti diabetes, penyakit jantung, atau kanker.

Nah, salah satu manfaat buah mangga adalah dapat mencegah efek buruk radikal bebas tersebut. Mangga mengandung antioksidan yang cukup tinggi seperti polifenol, vitamin C, likopen, serta beta karoten yang bertugas untuk melindungi tubuh dari efek buruk radikal bebas.

Selain mangga, mom juga harus menerapkan pola hidup dan diet sehat. Salah satunya yaitu dengan rajin mengonsumsi buah dan sayuran untuk menjaga dan memelihara kesehatan mom dan keluarga.

Selain untuk kesehatan, manfaat buah mangga juga dapat dirasakan oleh ibu hamil lho.

Penasaran? Yuk simak mafaat buah mangga untuk ibu hamil berikut ini.

Manfaat Buah Mangga untuk Ibu Hamil

buah mangga untuk ibu hamil

Ibu hamil biasanya identik dengan makanan asam seperti rujak mangga. Namun, apakah mengonsumsi mangga saat hamil itu aman? Mari kita simak manfaat mangga dan efeksampingnya dalam uraian berikut ini.

1. Mencegah anemia

Tahukah mom, bahwa mengonsumsi mangga ketika hamil dapat mencegah mom dari anemia? Mangga mengandung vitamin C dan zat besi yang dapat menjaga ketersediaan jumlah darah dalam tubuh. Vitamin C dalam mangga juga dapat membantu tubuh menyerap zat besi dari makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil lho. Oleh sebab itu, gabungan vitamin C dan zat besi dalam mangga dapat mencegah anemia pada ibu hamil.

Menarik bukan?

2. Mendukung tumbuh kembang janin

Selain dapat mencegah anemia, mangga juga mengandung asam folat yang dapat membantu tumbuh kembang otak dan saraf tulang belakang janin dalam kandungan. Vitamin A dalam mangga dapat membantu pembentukan gigi dan tulang bayi, serta perkembangan sistem organ tubuh.

3. Mencegah terkena penyakit

Kaya akan nutrisi, mangga dapat mencegah ibu hamil terkena penyakit. Antioksidan yang dikandung oleh mangga dapat membantu tubuh menangkal radikal bebas penyebab penyakit seperti kanker, penyakit jantung, hingga alzheimer.

Selain itu, kandungan magnesium dalam mangga dapat menurunkan tekanan darah sehingga ibu hamil terhindar dari risiko pre-eklampsia (peningkatan tekanan darah dan kelebihan protein dalam urin yang terjadi setelah usia kehamilan 20 minggu).

4. Meredakan morning sickness

Ketika mual, biasanya ibu hamil identik dengan makanan asam seperti rujak mangga untuk meredakan pusing dan mual. Ternyata, kandungan vitamin B6 dalam mangga dapat meringankan gejala ibu hamil seperti mual akibat morning sickness.

5. Menyeimbangkan cairan tubuh

Mangga mengandung elektrolit yang dapat membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh, serta mengatur kerja otak, jantung, dan otot-otot agar tetap berfungsi optimal.

Efek Samping Mengonsumsi Mangga saat Hamil

efek samping buah mangga

Meskipun memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan tubuh, mengonsumsi buah mangga saat hamil tidak boleh berlebihan. Hal itu dapat memicu gangguan kesehatan seperti mulas dan diare. Kandungan gula dalam mangga juga dapat meningkatkan risiko kenaikan berat badan serta diabetes gestasional bagi ibu hamil.

Untuk menjaga kesehatan dan mendapatkan manfaat buah mangga secara maksimal, pastikan mom mencuci mangga dan kebersihan tangan sebelum mengolah dan mengonsumsinya.

Demikianlah informasi terkait manfaat buah mangga yang wajib mom ketahui untuk menjaga keluarga tetap sehat dan kaya akan nutrisi.

Untuk membantu mom dalam memelihara kesehatan si kecil dan keluarga, Vitummy hadir sebagai madu herbal pelindung anak untuk atasi anak cacingan serta membantu meningkatkan nafsu makan.

Ayo miliki Vitummy sebagai sahabat penolong mom untuk menjaga nutrisi si kecil dan keluarga!


Share on:

Seorang pembelajar yang tertarik dengan hal-hal kesehatan dan digital, serta gemar dalam membuat konten artikel terkait gaya hidup sehat.

Tinggalkan komentar