logo madu vitummy
Search
Close this search box.

Penyebab Rambut Rontok Pada Remaja

penyebab rambut rontok pada remaja

Apa yang menjadi penyebab rambut rontok pada remaja? Kerontokan rambut pada usia remaja tentu menurunkan kepercayaan diri, apalagi jika kerontokan terjadi pada remaja perempuan.

Rambut adalah salah satu bagian tubuh yang menunjang penampilan dan percaya diri seseorang. Di usia remaja perubahan hormon mengakibatkan timbulnya emosi sensitif dan perubahan tubuh secara cepat.

Penyesuaian diri dengan perubahan hormon remaja adalah tantangan untuk para remaja, terutama bagi remaja dengan masalah kerontokan rambut.

Penyebab rambut rontok pada remaja perempuan dan pria dapat disebabkan dari faktor eksternal ataupun internal, genetik, hingga kondisi medis.

Dan mayoritas manusia akan mengalami beberapa tingkat kerontokan disepanjang hidupnya. Dan sebagian orang mulai mengalami kerontokan rambut di usia remaja.

Penyebab Rambut Rontok Pada Remaja Perempuan dan Pria

penyebab rambut rontok pada remaja

Masalah rambut rontok kebanyakan dialami oleh orang dewasa, akan tetapi sebagian remaja juga dapat mengalaminya.

Salah satu penyebab rambut rontok pada remaja yang paling sering adalah karena seseorang mungkin terserang penyakit, atau pola makan yang tidak benar.

Tidak hanya itu, obat-obatan, perawatan, dan tindakan medis seperti kemoterapi juga dapat menyebabkan kerontokan rambut.

Kehilangan rambut di usia remaja tentu bisa membuat stress, terutama pada anak-anak remaja yang mulai mengenal pergaulan dan mengikuti berbagai kegiatan.

Akan tetapi, tidak perlu khawatir berlebihan, sebab rambut rontok saat usia remaja sebagian bersifat sementara. Rambut pada usia remaja dapat tumbuh kembali ketika masalah penyebabnya diketahui dan diatasi.

Yuk simak nih beberapa penyebab rambut rontok pada remaja perempuan ataupun pria.

1. Genetika

Penyebab kerontokan rambut pada usia remaja diantaranya disebabkan oleh genetik. Androgenetic alopecia merupakan genetik dari kerontokan rambut yang disebut pola kebotakan wanita atau pola kebotakan pria.

Pada pria secara umum, terdapat resesi garis dengan bentuk M, V, atau U dan kebotakan bertahap pada mahkota. Sedangkan untuk wanita akan terlihat menipis terhadap sepanjang bagian rambut.

Pola kebotakan rambut sering terjadi ketika usia dewasa, namun tidak jarang ada juga yang mengalami ketika beranjak remaja, hal ini kemungkinan besar disebabkan oleh faktor genetik dari kerabat atau keluarga yang juga mengalaminya.

2. Hormon

Kerontokan rambut yang disebabkan oleh hormon biasanya terjadi pada remaja perempuan. Ketika anak perempuan sedang bertumbuh dan berkembang menjadi seorang remaja, maka akan mengalami banyak perubahan tubuh dan perubahan hormon.

Dan dengan masa pubertas ini membuat hormon pada tubuh tidak seimbang yang membuat beberapa efek seperti naik turunya emosi, pola makan yang acak-acakan, hingga pertumbuhan rambut.

Pertumbuhan rambut dari akarnya diikat oleh hormon khusus, dan yang mengakibatkan kerontokan rambut adalah hormon dihidrotestosteron (DHT). Hormon tersebut berperan dalam pertumbuhan remaja ketika masa pubertas.

Penyebab kerontokan rambut pada remaja perempuan dikarenakan oleh hormon DHT yang tidak seimbang. Dan akan kembali normal ketika hormon dalam tubuh kembali seimbang.

3. Masalah Psikologis

Penyebab kerontokan rambut pada remaja yang lain adalah dikarenakan adanya gangguan psikologis seperti trikotilomania.

Trikotilomania adalah gangguan mental yang membuat penderitanya terdorong untuk mencabut helaian rambut, bulu mata, atau alis.

Dengan hal tersebut mengakibatkan bintik-bintik botak substansial pada bagian atas kepala dan alis atau pelebaran pada sejumlah bagian rambut.

Penderita gangguan trikotilomania merasa lepas dan rileks ketika rambut dicabut. Dan mencabut rambut bisa dilakukan secara sengaja atau mungkin tidak disadari.

Sebagian remaja yang menderita gangguna psikologi ini menyembunyikan kondisinya, karena takut mendapat masalah atau merasa malu.

4. Pengobatan

penyebab rambut rontok pada remaja

Beberapa penyebab rambut rontok pada remaja adalah dikarenakan oleh konsumsi obat-obatan. Karena beberapa obat dapat menyebabkan efek samping seperti kerontokan rambut, hingga efek samping lainnya. Untuk hal tersebut, maka bisa dengan konsultasi dengan dokter untuk menemukan pilihan obat lain yang lebih baik.

5. Kurangnya Gizi & Nutrisi

Makanan yang sehat adalah hal penting bagi remaja, namun banyak remaja yang abai akan makanan sehat. Penyebab rambut rontok pada remaja yang lain adalah disebabkan karena kekurangan nutrisi yang banyak terjadi pada orang dengan usia 10-20 tahun adalah minim protein, zat besi, vitamin B12, magnesium, vitamin D. Kekurangan tersebut dapat memincu efek buruk pada kesehatan termasuk rambut rontok pada usia remaja.

6. Perawatan Rambut Berlebihan

penyebab rambut rontok pada remaja

Melihat tren perkembangan gaya rambut (hairstyle) yang semakin hari semakin banyak mode, remaja sering menggunakan produk dengan bahan kimia yang membuat kulit kepala menjadi panas, atau berganti-ganti gaya rambut yang membuat akar rambut tertarik.

Meluruskan atau mengeriting rambut setiap hari juga dapat membuat rambut menjadi kering dan rapuh sehingga menjadi penyebab rambut rontok pada remaja perempuan dan pria.

Baca juga yuk, cara ampuh mengatasi sembelit secara alami

Cara Mengatasi Penyebab Rambut Rambut Pada Remaja

penyebab rambut rontok pada remaja

Setelah mengetahui penyebab rambut rontok pada remaja perempuan dan pria, maka perlu juga diketahui cara mengatasi kerontokan rambut, sehingga dapat teratasi.

Berikut ini adalah cara mengatasi kerontokan rambut yang dialami ketika remaja menurut John Hopskin Children’s Hospital:

  • Mengonsumsi makanan yang bernutrisi seimbang dan asupan kalori yang optimal.
  • Mengonsumsi lebih banyak makanan mengandung Omega-3.
  • Batasi penggunaan hairdryer dan pelurus rambut yang terlalu panas dan terlalu sering. Hindari penggunaan bahan kimia pada rambut terlalu sering seperti pewarnaan, dan bleaching.
  • Pastikan asupan vitamin terpenuhi, terutama zat besi.
  • Konsultasikan pada dokter jika terdapat kemungkinan ketidakseimbangan hormon yang tidak normal.
  • Kurangi stress dan tekanan pada anak remaja.

Secara umum kebanyakan penyebab rambut rontok pada remaja dapat diatasi dengan langkah-langkah diatas. Akan tetapi, apabila kerontokan berlanjut setelah beberapa bulan, sebaiknya konsultasikan ke dokter dan mencari penyebab utamanya.

Itulah ulasan seputar penyebab kerontokan rambut pada remaja perempuan dan pria, semoga bermanfaat.

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?