logo madu vitummy
Search
Close this search box.

Bulan Penuh Amalan dan Berkah, Bulan Puasa Tinggal Berapa Hari Lagi?

Bulan puasa berapa hari lagi

Siapa nih yang sudah tak sabar menunggu bulan yang penuh berkah dan ampunan? Pasti dalam benak tersirat pertanyaan, bulan puasa tinggal berapa hari lagi?

Mengacu pada kalender nasional, bulan puasa akan dimulai pada tanggal 23 Maret 2023. Nah, jika dihitung mundur dari sekarang, artinya bulan puasa hanya tinggal 28 hari lagi.

Pasti sudah tidak sabar kan?

Ngomong-ngomong tentang bulan puasa tinggal berapa hari lagi, moms sudah mempersiapkan diri untuk menyambut bulan puasa yang penuh berkah ini belum?

Jika belum, Mindy punya beberapa tips nih untuk membantu moms dan keluarga dalam menyambut bulan puasa.

Baca Juga: Niat Puasa Qadha yang Wajib Diamalkan

Tips Menyambut Bulan Puasa Tinggal Berapa Hari Lagi

vitummy | Bulan Penuh Amalan dan Berkah, Bulan Puasa Tinggal Berapa Hari Lagi?

Bulan puasa tinggal berapa hari lagi. Bulan puasa atau bulan suci Ramadhan ini merupakan bulan yang paling ditunggu oleh seluruh umat muslim di dunia karena pada bulan tersebut, segala ibadah dan amal saleh kita akan dilipatgandakan oleh Allah SWT.

Selain itu, ada banyak keutamaan dari bulan suci Ramadhan ini, seperti bulan pengampunan dosa, dibukakannya pintu-pintu surga, dan terbuka kesempatan untuk meraih malam lailatul qadar, yaitu malam yang lebih baik daripada seribu bulan.

Dengan demikian, bulan puasa ini menjadi bulan di mana orang-orang akan berlomba-lomba untuk melaksanakan ibadah dan amal kebaikan lainnya.

Masya Allah! Sungguh luar biasa dan mulia sekali Allah SWT.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menyambut bulan puasa tinggal berapa hari lagi:

Melunasi Hutang Puasa Tahun Lalu (Puasa Qadha)

Sama seperti bentuk hutang lainnya, hutang puasa Ramadhan pun wajib untuk dilunasi. Hutang puasa ini harus lunas sebelum bulan Ramadhan selanjutnya.

Jadi, ketika moms, masih memiliki hutang puasa tahun sebelumnya, segera lakukanlah puasa qadha, jangan ditunda-tunda karena bulan puasa tinggal berapa hari lagi.

Memperdalam Ilmu Agama

Moms, bulan puasa tinggal berapa hari lagi. Nah, agar puasanya berjalan dengan lancar, ada baiknya untuk memperdalam ilmu agama agar bisa memahami hal-hal yang boleh atau tidak dilakukan selama berpuasa.

Dengan begitu, segala amal ibadah yang kita lakukan di bulan puasa dapat diterima oleh Allah SWT.

Untuk memperdalam ilmu agama ini, moms bisa membaca buku berisi ajaran islam, menghadiri kajian islam, berdiskusi dengan orang yang paham agama, atau melalui tontonan youtube atau media lainnya untuk mengetahui lebih dalam tentang ajaran islam.

Menjaga Hati, Lisan, dan Perbuatan

Selain memperbanyak doa dan melakukan tradisi umat muslim di Indonesia, dalam menyambut bulan puasa berapa hari lagi ini, kita dianjurkan untuk menjaga hati, lisan, dan perbuatan.

Menjaga hati artinya kita harus senantiasa berada dalam keimanan dan keikhlasan, serta menghindari hal-hal yang bisa menyebabkan dosa.

Melakukan Doa Ziarah

Dalam menyambut bulan suci Ramadhan, umat muslim di Indonesia biasanya melakukan tradisi ziarah ke makam keluarga dan kerabat.

Tradisi ziarah kubur ini merupakan cara umat muslim di Indonesia untuk mengenang dan mendoakan anggota keluarga yang sudah tiada.

Pada awalnya, kebiasaan ziarah kubur ini bersifat haram dan dilarang oleh Rasulullah SAW.

Sebab, pada zaman dahulu kala orang-orang yang berziarah kubur melakukan hal-hal yang merugikan, seperti berteriak, memukul badan, serta menangis berlebihan.

Namun, hal tersebut akhirnya dibatalkan, dan kemudian menjadi hal yang dianjurkan (sunnah) untuk dilakukan.

Sebab, kebiasaan tersebut bisa mengingatkan kita akan kematian sehingga kita bisa menjadi lebih waspada dalam menjalankan hidup agar lebih baik dan terus melakukan ibadah dan kebaikan.

Seperti yang dikatakan Rasulullah SAW dalam HR. Hakim, yang berbunyi:

كُنْتُ نَهَيْتُكُمْ عَنْ زِيَارَةِ الْقُبُورِ أَلَا فَزُورُوهَا، فَإِنَّهُ يُرِقُّ الْقَلْبَ، وَتُدْمِعُ الْعَيْنَ، وَتُذَكِّرُ الْآخِرَةَ، وَلَا تَقُولُوا هُجْرً

Artinya: “Dahulu saya melarang kalian berziarah kubur, tapi (sekarang) berziarahlah kalian, sesungguhnya ziarah kubur dapat melunakkan hati, menitikkan (air) mata, mengingatkan pada akhirat, dan janganlah kalian berkata buruk (pada saat ziarah)”. (HR Hakim).

Memperbanyak Doa

Bulan puasa tinggal berapa hari lagi

Bertanya-tanya tentang bulan puasa tinggal berapa hari lagi memang penting untuk membantu kita menyambut bulan suci Ramadhan.

Namun, alangkah lebih baik jika pertanyaan puasa berapa hari lagi ini dijawab dengan melakukan banyak ibadah, contohnya adalah dengan memperbanyak doa.

Menyambut bulan puasa Ramadhan dengan memperbanyak doa merupakan kebiasaan Rasulullah yang kemudian dicontoh oleh para sahabat dan salafus shalih.

Nah, berikut ini adalah beberapa doa yang populer untuk ucapkan dalam menyambut bulan puasa.

قُلْ بِفَضْلِ اللّٰهِ وَبِرَحْمَتِهٖ فَبِذٰلِكَ فَلْيَفْرَحُوْاۗ هُوَ خَيْرٌ مِّمَّا يَجْمَعُوْنَ

Artinya : “Sampaikanlah wahai Nabi Muhammad, bersama karunia Allah dan rahmat-Nya, hendaknya bersama itu mereka bergembira. Karunia Allah dan rahmat-Nya itu lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan dari harta benda”. (QS Yunus: 58).

Selain itu, ada juga doa yang terkenal untuk diamalkan saat menyambut bulan puasa agar segala amalan diterima oleh Allah SWT, doa tersebut berbunyi:

اَللَّهُمَّ سَلِّمْنـِي إِلَى رَمَضَانَ وَسَلِّمْ لِـي رَمَضَانَ وَتَسَلَّمْهُ مِنِي مُتَقَبَّلاً

Artinya: “Ya Allah, antarkanlah aku hingga sampai Ramadhan, dan antarkanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadhan”. (Lathaif Al-Ma’arif, hlm. 264).

Bertaubat dan Lebih Mendekatkan Diri pada Allah SWT

vitummy | Bulan Penuh Amalan dan Berkah, Bulan Puasa Tinggal Berapa Hari Lagi?

Moms, bulan puasa tinggal berapa hari lagi. Oleh karena itu, sambutlah bulan puasa dengan lebih mendekatkan diri ada Allah SWT. Ada banyak cara untuk mendekatkan diri pada Allah, di antaranya adalah:

  • Rutin membaca ayat-ayat suci Al-Qur’an
  • Mengamalkan ajaran-ajaran yang ada dalam Al-Qur’an, seperti menjauhi dosa dan memperbanyak amal baik
  • Banyak berdoa
  • Banyak melakukan ibadah dengan hati tulus dan ikhlas
  • Bersyukur atas segala nikmat yang diberikan Allah SWT pada kita
  • Melakukan sedekah
  • Memperbaiki shalat

Selain itu, untuk mendekatkan diri pada Allah SWT, moms bisa melakukan Dzikir dengan rutin, baik itu di antara waktu luang, atau setelah melakukan shalat.

Membersihkan Rumah

Tak terasa ya, jika dihitung mundur, bulan puasa tinggal berapa hari lagi. Nah, selain berziarah ke makan saudara dan kerabat, umat muslim di Indonesia memiliki kebiasaan membersihkan rumah sebelum bulan puasa tiba.

Hal ini dilakukan karena selama berpuasa, tubuh akan lebih mudah merasa lemas dan lapar sehingga ketika berpuasa, orang lebih memilih untuk tidak melakukan kegiatan atau pekerjaan berat yang bisa membatalkan puasa.

Menjaga Kesehatan Tubuh

Bulan puasa tinggal berapa hari lagi, oleh karena itu kita harus menjaga kesehatan tubuh agar bisa menjalankan ibadah puasa Ramadhan tanpa gangguan kesehatan tubuh, terutama kesehatan yang berhubungan dengan lambung.

Untuk menjaga kesehatan tubuh ini, moms bisa melakukan olahraga yang teratur, mengonsumsi makanan yang bergizi, serta memperbaiki pola tidur.

Selain itu, pastikan untuk mendapatkan istirahat yang cukup agar tetap sehat dan bugar meski harus bangun dini hari untuk sahur ketika puasa nanti.

Jadwal Bulan Puasa Ramadhan 2023

vitummy | Bulan Penuh Amalan dan Berkah, Bulan Puasa Tinggal Berapa Hari Lagi?

Seperti yang kita ketahui, bahwa umat muslim di Indonesia memiliki tiga acuan yang bisa dijadikan pedoman dalam menentukan jadwal bulan puasa Ramadhan 2023, yakni Muhammadiyah, Nu, dan Pemerintah.

Apabila mengacu pada ketetapan Muhammadiyah, bulan puasa Ramadhan 2023 tinggal 28 hari lagi, yakni pada tanggal 23 Maret 2023, dan akan berlangsung selama 29 hari.

Nah, jika mengacu pada Nahdlatul Ulama, atau NU, maka ketetapan awal puasa dan Idul Fitri akan diambil berdasarkan pemantauan hilal terlebih dahulu. Dari hasil pemantauan Hilal tersebut, akan dilanjutkan dengan sidang Isbat. Ketetapan awal puasa pun akan diambil pada sidang Isbat tersebut.

Sementara menurut pemerintah, ketetapan waktu awal puasa adalah sama seperti NU, yakni akan diumumkan setelah mengetahui hasil sidang Isbat. Sebab, sidang Isbat ini melibatkan Kementrian Agama Islam dan perwakilan dari Muhammadiyah.

Itulah informasi tentang bulan puasa. Bulan puasa tinggal berapa hari lagi, jadi yuk segera lakukan persiapan agar bisa menjalankan ibadah bulan puasa dengan penuh berkah.

Salah satu caranya adalah dengan rutin mengonsumsi Madu Vitummy yang bermanfaat untuk menaikan nafsu makan, menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh, serta mencegah anak dari infeksi cacingan.

Dengan mengonsumsi Madu Vitummy, puasa anak lancar, aktivitas dan belajar pun tetap lancar.

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?