logo madu vitummy
Search
Close this search box.

Cara Meningkatkan Kecerdasan Otak Anak

Cara Meningkatkan Kecerdasan Otak Anak

Cara meningkatkan kecerdasan otak anak tentu menjadi hal yang paling banyak dicari oleh para orang tua. Mengapa tidak? Memiliki anak cerdas dan kreatif tentu menjadi dambaan para orang tua. Lebih pentingnya lagi, kemampuan otak merupakan suatu hal yang berperan penting dalam proses tumbuh kembang anak bahkan dipercaya sebagai kunci kesuksesannya di masa depan.

Cara Meningkatkan Kecerdasan Otak Anak

Kecerdasan otak anak bukan hanya dipengaruhi oleh faktor genetik. Pola asuh, asupan gizi, serta lingkungan juga berpengaruh terhadap kecerdasannya.

Jika mom penasaran apa saja caranya, berikut adalah cara mencerdaskan otak anak yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak Melewatkan Sarapan Sehat

vitummy | Cara Meningkatkan Kecerdasan Otak Anak

Cara meningkatkan kecerdasan otak anak adalah dengan tidak melewatkan si kecil sarapan pagi. Menurut suatu penelitian di Jerman, sarapan dapat meningkatkan daya ingat anak. Berikanlah si kecil sarapan sehat, seperti buah, gandum, dan makanan yang mengandung protein dan kalsium.

Membiasakan Membaca

Membiasakan membaca pada anak sejak dini memiliki banyak keuntungan. Membaca dapat menjadi cara untuk mengenalkan kosakata pada anak. Dengan membaca, ia akan mengerti makna dan kontes dari sebuah kata. Hal ini juga dapat membantu melatih komunikasinya. Anak yang rajin membaca akan terbiasa melihat struktur kalimat yang baik, serta kosakata yang beragam. Selain itu, membaca juga dapat membantu anak dalam belajar memahami suatu permasalahan sehingga anak dapat memiliki pola pikir yang baik.

Mendengarkan dan Memainkan Alat Musik

Dikutip dari kemendikbud.go.id, mendengarkan musik dapat meningkatkan kecerdasan dan meningkatkan daya ingat anak. Ketika mendengarkan musik, sel-sel otak anak akan lebih aktif bekerja.

Pillow Talk

Dikutip dari alodokter, membangun interaksi anak dan orang tua adalah kunci penting dalam meningkatkan kecerdasan otak anak. Untuk itu, pillow talk merupakan salah satu cara yang tepat. Pillow talk atau mengajak anak mengobrol sebelum tidur memiliki banyak manfaat, baik itu untuk menjalin kedekatan anak dengan orang tua, atau bahkan meningkatkan kecerdasan otak anak.

Lakukanlah pillow talk dengan topik ringan untuk memancing keterbukaan anak sehingga mom mengetahui masalah dan kesulitan apa yang sedang dialami oleh anak. Hal ini dapat membantu mengatasi stress pada anak. Tak hanya itu, pillow talk membantu membangun emosional hangat yang berfungsi dalam perkembangan fungsi kognitif dan keterampilan anak.

Bermain Puzzle

vitummy | Cara Meningkatkan Kecerdasan Otak Anak

Bermain puzzle secara rutin dapat membantu meningkatkan kecerdasan anak dalam menyelesaikan masalah, meningkatkan daya konsentrasi, dan mengatur emosionalnya. Anak akan dituntut untuk mengenal dan memahami bentuk kepingan puzzle yang harus ia susun sehingga terlatih untuk melihat dan menyelesaikan masalah dari berbagai sudut pandang.

Olahraga

vitummy | Cara Meningkatkan Kecerdasan Otak Anak

Cara meningkatkan kecerdasan anak dapat dilakukan melalui aktivitas fisik seperti berolahraga. Dikutip dari Medical College of Georgia di Agusta, ketika anak rutin berolahraga selama 20 sampai 40 menit sehari dapat memperbaiki fungsi kognitif otak. Ajaklah anak untuk berolahraga seperti bersepeda atau jalan pagi.

Tidur Tepat Waktu

Mom, tidur yang nyenyak merupakan salah satu dari cara meningkatkan kecerdasan otak anak. Usahakan si kecil tidur tepat waktu dengan waktu tidur yang cukup. Anak yang kurang tidur cenderung akan kehilangan fokus akibat mengantuk. Tak hanya itu, tidur yang cukup juga dapat membantu perkembangan aspek kognitif seperti daya ingat, cara memecahkan masalah, dan pengambilan keputusan.

Memenuhi Asupan Gizi

Tak hanya aktivitas yang disebutkan sebelumnya, memberi asupan gizi yang seimbang juga merupakan cara meningkatkan kecerdasan otak anak. Gizi yang seimbang berperan penting dalam pembentukan dan perbaikan sel-sel otak anak, terutama asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 diyakini dapat meningkatkan aspek kognitif anak.

Memuji Proses Belajar Anak

vitummy | Cara Meningkatkan Kecerdasan Otak Anak

Tahukah mom bahwa memuji anak karena upaya dan kegigihannya dalam menyelesaikan masalah adalah salah satu cara meningkatkan kecerdasan otak anak? Sebagai orang tua kita harus memotivasi anak agar memiliki prestasi lebih baik lagi di sekolah, yaitu dengan cara memuji hasil belajar dan nilai sekolah apapun hasilnya. Apresiasilah segala aspek usaha, cara, dan proses belajarnya.

Membiasakan Anak Untuk Memiliki Pribadi yang Baik

Mom, memiliki otak cerdas tak hanya merujuk pada nilai akademis. Kerja keras, ketekunan, kepribadian, dan tingkah laku anak juga berperan dalam meningkatkan kecerdasan otak anak. Untuk itu, mendidik anak untuk memiliki pribadi yang baik dalam berperilaku dan bersosialisasi merupakan salah satu cara meningkatkan kecerdasan otak anak.

Itulah beberapa cara meningkatkan kecerdasan otak anak yang dapat mom aplikasikan dalam kegiatan sehari-hari. Pola asuh, asupan gizi, dan lingkungan juga berperan penting dalam meningkatkan kecerdasannya. Selain itu, kesehatan juga merupakan hal penting untuk meningkatkan kecerdasan otak anak.

Untuk menjaga kesehatan anak, Vitummy akan selalu hadir dalam melindungi dan memelihara kesehatan anak.

Yuk miliki Vitummy sebagai pelindung kesehatan keluarga, terutama si kecil.

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?