logo madu vitummy
Search
Close this search box.

5+ Cara Meningkatkan Nafsu Makan Anak

cara meningkatkan nafsu makan anak

Pada masa pertumbuhan, meningkatkan nafsu makan menjadi tugas penting bagi para orang tua. Di mana pada masa tersebut, asupan gizi dan nutrisi seimbang sangat berperan penting dalam proses tumbuh kembang anak.

Namun nyatanya, sering kali anak justru malah memilih-milih makanan bahkan sampai mogok makan. Hal ini tentunya membuat orang tua khawatir akan kesehatan dan terhambatnya tumbuh kembang anak.

Selain itu, anak yang sulit makan cenderung lebih rentan kena penyakit akibat kurangnya asupan gizi dan nutrisi yang menyebabkan imun sang anak rendah.

Bagaimana sih cara meningkatkan nafsu makan anak?

Cara Meningkatkan Nafsu Makan Anak Paling Ampuh

cara meningkatkan nafsu makan anak

Sebagai orang tua, tentunya berbagai cara dilakukan untuk meningkatkan nafsu makan anak. Berikut adalah tips untuk meningkatkan nafsu makan anak.

Yuk ketahui cara meningkatkan nafsu makan anak yang ampuh yang dikutip dari alodokter.

1. Membuat Variasi Menu Makanan Unik

Cara meningkatkan nafsu makan anak yang pertama adalah dengan membuat menu makanan unik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi makanan dapat meningkatkan nafsu makan anak. Warna, rasa, serta bentuknya yang unik tentu menarik perhatian dan rasa ingin tahu sehingga anak ingin menyantap makanan. Dengan menu yang variatif, anak tidak akan merasa bosan mengonsumsi makanan yang dibuat untuk mereka.

2. Mengajak Anak Bermain

Selanjutnya, cara meningkatkan nafsu makan anak adalah dengan mengajak mereka bermain. Penelitian menunjukkan bahwa mengajak anak bermain dapat meningkatkan nafsu makan anak. Anak akan bergerak aktif menggerakkan tubuhnya secara optimal sehingga selera makan anak meningkat.

3. Jangan Memaksa Makan dan Memarahi Anak

Berikutnya, cara meningkatkan nafsu makan anak yang lain adalah dengan tidak memaksa dan memarahi anak untuk makan. Kesulitan makan pada anak merupakan masalah yang paling banyak dijumpai oleh orang tua. Tak jarang, akibat rasa khawatir, orang tua akan memarahi dan memaksa anak untuk makan.

Namun, dengan memaksa atau memarahi anak bukan solusi untuk meningkatkan nafsu makan anak. Anak justru malah akan menjadi sulit makan akibat tekanan dan ketegangan yang dirasakannya.

Baca Juga: Nafsu Makan Meningkat Apakah Tanda Sedang Hamil?

4. Mengkonsumsi Buah Pepaya Secara Rutin

Mengonsumsi buah pepaya dipercaya sebagai salah satu cara meningkatkan nafsu makan anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buah pepaya mengandung enzim papain yang aktif dan memiliki kemampuan untuk mempercepat proses pencernaan protein sehingga membantu mewujudkan proses pencernaan makanan yang lebih baik sehingga anak akan lebih cepat lapar.

Selain itu, buah pepaya juga kaya akan vitamin B kompleks yang dapat meningkatkan laju reaksi metabolisme tubuh dan merangsang hipotalamus untuk meningkatkan nafsu makan anak.

5. Terapi Pijat Terapeutik (Tui Na)

Pijat Tui Na merupakan teknik akupuntur tanpa jarum untuk meningkatkan dan memperlancar edaran darah pada limpa dan pencernaan. Hasil penelitian membuktikan bahwa teknik pijat ini dapat meningkatkan nafsu makan anak sehingga ibu perlu tidak merasa khawatir terhadap pertumbuhan dan perkembangan sang anak.

6. Membatasi Minum Ketika Makan

Untuk meningkatkan nafsu makan anak, hindari terlalu banyak memberikan minum pada saat si kecil makan guna untuk mencegah kembung dan kenyang lebih cepat. Sebaiknya, berikan minum ketika si kecil selesai makan.

7. Membagi Makanan dengan Porsi Kecil dan Berikan Secara Rutin

Makan dalam porsi besar dapat membuat anak merasa cepat bosan dengan makanannya. Untuk itu, siasati dengan memberikan makanan dalam porsi kecil namun sering untuk meningkatkan nafsu makan anak.

Baca Juga: pusing lemas tidak nafsu makan gejala apa.

8. Konsumsi Sayur Kubis Brussel

Kubis Brussel merupakan sayuran hijau yang mengandung antioksidan tinggi, serta mengandung 20 vitamin esensial, termasuk Vitamin A, B, C, dan K, sehingga sayur ini kaya akan nutrisi.

Tak hanya itu, kubis ini dipercaya dapat meningkatkan produksi air liur untuk merangsang dan meningkatkan nafsu makan anak.

9. Mengajak Anak Menyiapkan Makanan

Cara lain yang dapat digunakan untuk meningkatkan nafsu makan anak adalah dengan melibatkan anak dalam menyiapkan makanan. Mom dapat memberi kesempatan anak memilih makanan yang ia sukai.

Manfaat dari mengajak si kecil meyiapkan makanan adalah mom dapat menjelaskan jenis dan manfaat makanan tersebut untuk kesehatan anak.

Dengan melibatkan anak dalam menyiapkan makanan, dapat membuat anak menjadi lebih dekat, nyaman, dan meningkatkan nafsu makan anak

10. Menggunakan Obat Tradisional/Herbal

Obat tradisional adalah salah satu sumber daya yang sudah dimanfaatkan sejak dahulu kala untuk mengatasi masalah kesehatan bahkan juga sebagai solusi atau cara meningkatkan nafsu makan pada anak menggunakan bahan alami. Misalnya, Temulawak yang telah dipercaya dan teruji dapat meningkatkan nafsu makan.

Resep Masakan Penambah Nafsu Makan Anak

cara meningkatkan nafsu makan anak

Salah satu cara meningkatkan nafsu makan anak yang susah makan adalah dengan mengajak anak untuk berkreasi dalam membuat dan menyiapkan makanan.

Dengan hal ini anak akan memilih makanan yang disukai, selain itu para ibu juga bisa menjelaskan jenis dan manfaat dari makanan tersebut untuk kesehatan anak.

Nah berikut ini adalah beberapa pilihan resep makanan penambah nafsu makan anak.

1. Pom-Pom Potato

Salah satu cemilan yang bisa menjadi pilihan menu untuk disajikan dirumah ketika anak tidak mau makan nasi adalah Pom-Pom Potato, dengan bahan kentang yang memiliki kandungan karbohidrat tentunya bisa menjadi pengganti nasi.

Untuk membuatnya silahkan siapkan bahan berikut:

Bahan:

  • 500 gram kentang rebus
  • 200 gram keju
  • 1 buah wortel (diparut)
  • 1 butir telur (dikocok lepas)
  • Garam dan merica, tepung roti, secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng secukupnya

Cara Membuat Pom-Pom Potato:

  1. Haluskan kentang, lalu campurkan dengan wortel dan keju, campur hingga rata, tambahkan bumbu seperti garam, merica sesuai selera
  2. Bentuk adonan dengan ditekan agar padat dan celupkan pada telur yang sudah dikocok, kemudian gulirkan pada tepung roti
  3. Simpan pada freezer selama 2 jam sebelum menggorengnya
  4. Goreng pada minyak panas hingga warnanya menjadi kuning keemasan, lalu angkat dan tiriskan
  5. Pom-Pom Potato siap disajikan.

2. Omelet Sayur

Cara meningkatkan nafsu makan anak pada sayuran dapat dengan memasak sayuran dengan telur misalnya, maka bisa dengan membuat omelet yang dicampur dengan sayuran. Nah cara membuatnya pun cukup mudah dan praktis.

Bahan:

  • 2 telur ayam
  • 1 buah wortel, cincang menjadi halus
  • 1 bonggol brokoli, parut menggunakan parutan keju hingga terlihat seperti serpihan
  • 2 batang daun sawi, iris secara halus
  • ½ bawang bombay, cincang halus
  • ½ sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh lada bubuk
  • 3 sendok makan minyak goreng
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 2 siung bawang merah, cincang halus

Cara membuat:

  1. Masukkan wortel, brokoli, sawi, garam dan lada bubuk, dan telur kedalam wadah, lalu aduk hingga rata.
  2. Panaskan teflon dan minyak goreng di atas api sedang. Lalu, masukkan bawang putih, bawang merah dan bawang bombay. Tumis hingga harum.
  3. Masukkan adonan telur yang sudah dicampur dengan sayur pada teflon, dan ratakan.
  4. Masak hingga matang, lalu tiriskan.
  5. Omelette sayur siap disajikan untuk sikecil.

Demikianlah cara meningkatkan nafsu makan pada anak yang dapat dicoba. Semoga bermanfaat ya..

Jika ingin lebih mudah bisa menggunakan Vitummy yaitu produk madu herbal dengan bahan-bahan alami pilihan guna meningkatkan nafsu makan terutama pada anak.

cara meningkatkan nafsu makan anak
vitummy – cara meningkatkan nafsu makan anak secara alami dan praktis

Untuk membantu para ibu, Vitummy hadir sebagai vitamin penambah nafsu makan anak yang terbuat dari madu dan beberapa bahan herbal seperti extrak buah pepaya, bawang putih, temulawak, dan temu hitam yang dapat mencegah dan mengobati anak dari cacingan serta meningkatkan nafsu makan.

Anak Sehat, Ibu Tenang.

maduvitummy.id

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?