logo madu vitummy
Search
Close this search box.

Nafsu Makan Menurun Saat Hamil, Ketahui 3 Penyebabnya!

nafsu makan menurun saat hamil

Moms, sedang khawatir karena nafsu makan menurun saat hamil? Kondisi seperti ini memang sangat tidak mudah ya, Moms. Terlebih bagi sebagian Moms yang baru pertama kali mengalaminya. 

Sebenarnya, nafsu makan menurun saat hamil memang disebabkan oleh banyak faktor. Artikel berikut akan membahas mengenai faktor-faktor tersebut. 

Kira-kira faktor apa saja yang membuat nafsu makan menurun saat hamil ya, Moms? Yuk, simak di bawah ini! 

Penyebab Nafsu Makan Menurun Saat Hamil 

nafsu makan menurun saat hamil

Nafsu makan menurun saat hamil memang suatu hal yang biasa terjadi ya, Moms. Meski demikian, kondisi ini tidak boleh dibiarkan begitu saja. Perlu adanya upaya untuk meningkatkan nafsu makan. 

Sebelum membahas tentang upaya mengatasinya, Moms harus tahu terlebih dahulu akan penyebab nafsu makan menurun saat hamil. Berikut beberapa penyebabnya seperti dilansir dari laman Hellosehat.

Morning Sickness 

Moms, pernah nggak mengalami morning sickness? Kondisi kehamilan satu ini kerap kali dirasakan oleh ibu hamil. Tandanya adalah sulit memasukkan makanan ke dalam mulut. Alasannya, muncul rasa mual dan muntah yang membuat tidak nyaman untuk makan. 

Perlu Moms ketahui, morning sickness merupakan kondisi yang sering terjadi pada trimester pertama. Adapun seiring dengan bertambahnya usia kehamilan maka kondisinya akan terus membaik.

Oleh karena itu, morning sickness termasuk penyebab nafsu makan menurun saat hamil. 

Perubahan Hormon 

Awal trimester pertama, setiap ibu hamil pasti mengalami peningkatan beberapa jenis hormon. Salah satu hormon yang memengaruhi nafsu makan adalah Human chorionic gonadotropin. Hormon ini sangat memengaruhi kondisi tubuh hingga sering merasa mual. 

Rasa mual yang terjadi secara terus-menerus karena peningkatan hormon tersebut menyebabkan nafsu makan menurun saat hamil. 

Gangguan Nafsu Makan 

Gangguan nafsu makan menjadi penyebab lain nafsu makan menurun saat hamil. Jenis gangguannya, seperti bulimia dan anoreksia. Kedua gangguan ini merupakan yang paling parah, sehingga penting untuk memberitahu dokter sejak pemeriksaan pertama kehamilan. 

Nah, itulah beberapa penyebab nafsu makan menurun saat hamil yang perlu Moms ketahui. 

Cara Mengatasi Nafsu Makan Menurun Saat Hamil 

nafsu makan menurun saat hamil

Setelah mengetahui penyebabnya, kini saatnya Moms mengetahui cara mengatasi nafsu makan menurun saat hamil. Ada beberapa cara yang bisa Moms terapkan untuk meningkatkan nafsu makan. Beberapa di antaranya sebagai berikut. 

Makan Porsi Sedikit Namun Sering 

Umumnya makan dengan porsi banyak sekaligus akan lebih membuat kenyang dibandingkan dengan porsi sedikit ya, Moms. Nah, untuk mengatasi nafsu makan menurun saat hamil, caranya bisa dengan makan porsi sedikit. 

Mengonsumsi makanan dengan porsi sedikit akan lebih efektif untuk meningkatkan nafsu makan. Namun, cara ini harus dilakukan lebih sering dibandingkan dengan makan porsi besar. 

Menurut laman Hellosehat, ibu hamil bisa mulai makan atau sarapan pukul delapan pagi dengan catatan porsinya kecil. Selanjutnya, mereka bisa kembali makan saat jam 10 dengan porsi kecil juga. 

Pembagian waktu tersebut tidak hanya dilakukan pada siang hari, akan tetapi juga pada malam hari. Oleh karena itu, kebutuhan gizi ibu hamil dan bayi dalam kandungannya akan tetap tercukupi kebutuhan gizinya, meskipun makan sedikit demi sedikit. 

Membuat Variasi Makanan 

Moms, seperti kita tahu bahwa ibu hamil bisa mengalami nafsu makan yang menurun. Cara lain mengatasinya bisa dengan membuat variasi makanan. Upaya ini akan mendukung ibu hamil untuk lebih tertarik makan. 

Salah satu contohnya adalah saat sudah bosan dengan makan-makanan sayur. Jenis makanan ini bisa divariasikan dengan mengganti makanan buah. Kandungan nutrisi yang terdapat pada kedua jenis makanan ini masih terkait, sehingga bisa saling menggantikan. 

Hindari Makanan Berbau Menyengat 

Ibu hamil biasanya merasakan mual dikarenakan hormon dalam tubuhnya naik. Selain itu, mual juga bisa disebabkan karena bau menyengat. 

Kedua hal ini merupakan penyebab utama nafsu makan menurun saat hamil. Oleh karena itu, untuk menaikkan nafsu makan saat hamil bisa dilakukan dengan menghindari makanan berbau menyengat. 

Minum Air Jahe 

Dilansir dari laman Hellosehat, jahe merupakan salah satu bahan untuk mengatasi mual saat hamil. Bahan ini bisa dibuat menjadi minuman yang kaya akan manfaat.

Selain meningkatkan nafsu makan, jahe juga dapat memberikan rasa hangat dan meningkatkan kinerja lambung. Kedua hal ini mendukung ibu hamil untuk tidak merasa mual sehingga nafsu makannya bisa meningkat. 

Selengkapnya: Daftar Minuman Penambah Nafsu Makan.

Tidur dengan Cukup 

Tidur cukup dan berkualitas merupakan cara yang sangat efektif untuk mengatasi nafsu makan menurun saat hamil. Pasalnya, menurunnya nafsu makan sering terjadi dikarenakan waktu tidur yang kurang. 

Ibu hamil yang kurang tidur akan sering mengalami mual, sehingga tidak mau makan. Oleh karena itu, memiliki waktu tidur yang cukup akan mendukung ibu hamil untuk lebih mudah lapar dan nafsu makannya meningkat. 

Olahraga Secara Rutin 

Olahraga merupakan aktivitas yang dapat membakar kalori dalam tubuh. Namun, bagi ibu hamil perlu memilih olahraga yang tidak terlalu berat. Pasalnya proses ini akan mengurangi jumlah kalori, sehingga ibu hamil akan lebih mudah merasa lapar.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi nafsu makan menurun saat hamil yang harus diketahui. 

Madu Vitummy: Mengatasi Gangguan Nafsu Makan 

nafsu makan menurun saat hamil

Ngomong-ngomong tentang nafsu makan, Madu Vitummy merupakan madu untuk daya tahan tubuh dan meningkatkan nafsu makan. Madu ini dilengkapi formula Selenium Silver Pro

Selain itu, Madu Vitummy dibuat dari bahan herbal berupa madu hutan asli dan ekstrak bahan alami, seperti buah pepaya, bawang putih, rimpang temulawak, temu hitam, dan rasa jeruk. 

Berbagai bahan tersebut diformulasikan sehingga memiliki banyak khasiat apabila dikonsumsi dalam tubuh. Salah satunya adalah vitummy bisa menjadi vitamin terbaik penambah nafsu makan. Bahkan, Madu Vitummy cocok untuk dikonsumsi anak-anak dan dewasa, termasuk ibu hamil. 

Yuk, dapatkan produk Madu Vitummy sekarang juga melalui website resminya di www.maduvitummy.id!

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?