logo madu vitummy
Search
Close this search box.

Penawar Setelah Makan Durian, Cuma Perlu Makan dan Minum Ini Aja!

penawar setelah makan durian

Vitummy | Vitamin Penambah Nafsu Makan Terbaik – Berhubung sekarang lagi banyak yang makan durian dimana-mana, dan rata-rata dari mereka mengalami hal yang sama (masih bau durian). Nah untuk menetralkan kembali, kamu perlu coba bebebrapa penawar setelah makan durian.

Selain itu, Mabuk durian juga tidak jarang dialami oleh banyak orang ya, Moms. Penyebab utamanya adalah konsumsi buah durian yang berlebihan. 

Pasalnya, buah ini mengandung banyak zat yang apabila masuk dalam tubuh dengan jumlah banyak akan memicu banyak reaksi. Beberapa ditandai dengan perut yang terasa tidak nyaman, buang gas terus-menerus, diare, muntah, dan reaksi alergi lainnya. 

Nah, untuk menghindari hal tersebut maka Moms perlu tahu penawar setelah makan durian. Tujuannya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. 

Yuk, beberapa tipsnya di bawah ini! 

Sebagai orang Indonesia, Moms pasti pernah melihat atau bahkan makan buah durian. Sebab, buah yang dijuluki King of Fruit ini banyak ditemukan di berbagai daerah. 

Selain rasanya yang enak, buah ini kerap disukai karena mengandung banyak nutrisi dan memiliki aroma yang khas. Tidak sedikit orang yang justru sangat menyukai aromanya. 

Menurut laman Portal University Quality, bau tersebut bersumber dari kandungan senyawa belerang (sulfuric smell) dalam buah. Senyawa ini yang menyebabkan bau durian sangat menyengat, terutama setelah matang. 

Selebihnya, daging buah durian mengandung senyawa karbohidrat atau fosfor dan asam askorbat. Kandungan ini sangat diperlukan untuk mendukung pemenuhan kebutuhan nutrisi dalam tubuh. 

Penawar Setelah Makan Durian 

makanan dan minuman penawar setelah makan durian

Lalu bagaimana jika seseorang terlanjur mabuk durian ya, Moms? Sebenarnya ada nih beberapa jenis makanan dan minuman untuk penawar setelah makan durian. 

1. Banyak Minum Air Putih 

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah minum air putih yang banyak. Tindakan ini bermanfaat untuk mencegah terjadinya dehidrasi dan meredakan rasa sakit serta panas di tenggorokan. Hal ini terutama setelah makan buah durian terlalu banyak. 

Moms pasti tahu kan kalau buah durian tergolong sebagai buah “panas”. Hal ini menjadikan konsumsi berlebihan dapat memicu dehidrasi. Alasannya, di dalamnya terdapat kandungan glukosa yang tinggi. 

Selain itu, juga menyebabkan saluran pencernaan terasa panas, seperti mulut dan tenggorokan. 

Oleh karenanya, Moms bisa nih memanfaatkan air putih untuk meredakan efek mabuk durian. Bahkan untuk lebih efektifnya bisa ditambah garam untuk mengisi kembali elektrolit tubuh. 

2. Mengonsumsi Sayuran Hijau Lebih Banyak 

Cara selanjutnya untuk menawar efek setelah makan durian adalah mengonsumsi lebih banyak sayuran hijau. Beberapa jenisnya, seperti bayam, kangkung, dan sawi hijau. 

Moms, sayuran hijau tersebut apabila dikonsumsi setelah makan durian akan sangat bermanfaat, seperti meredakan rasa tidak nyaman pada perut, mengurangi begah, melancarkan pencernaan, dan menstabilkan gula darah. 

Mengonsumsinya secara teratur akan akan membantu tubuh pada kondisi semula, yaitu yang terbebas dari efek konsumsi durian berlebih. 

3. Mengonsumsi Buah Manggis 

Buah manggis juga bisa menjadi cara alternatif untuk membantu meredakan mabuk durian loh, Moms. Sebab, terlalu banyak mengonsumsi buah durian biasanya memicu sakit kepala. 

Mengonsumsi beberapa buah manggis tentunya bisa membantu meredakan gejala tersebut. Alasannya, buah ini mengandung antiinflamasi yang tinggi, sehingga dapat meredakan sakit kepala. 

Selain itu, berbagai kandungan dalam buah manggis juga bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah. Oleh karena itu, sangat cocok dimanfaatkan sebagai penawar setelah makan durian. 

4. Minum Air Lemon 

Selain buah manggis, air lemon juga bermanfaat untuk membantu menghilangkan kembung. Seperti Moms ketahui, kembung merupakan salah satu efek yang muncul apabila konsumsi buah durian berlebih. 

Oleh karenanya, Moms bisa memanfaatkan air lemon untuk dikonsumsi secara rutin, terutama setelah mengonsumsi durian. 

5. Mengonsumsi Air Kelapa 

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk meredakan efek akibat konsumsi durian adalah minum air kelapa. Sebab, air kelapa mengandung gula alami dan kalium yang berfungsi untuk mengatasi dehidrasi. 

Seperti Moms ketahui, dehidrasi bisa terjadi apabila berlebihan dalam makan buah durian. Kondisi ini bisa diredakan kalium dalam air kelapa. Alasannya, kalium dapat menyeimbangkan cairan elektrolit dalam tubuh. 

Bahkan, minum air kelapa juga dapat meningkatkan fungsi saraf dan otot yang tegang akibat mabuk durian ya, Moms. 

Sehingga, mengonsumsi air kelapa setelah makan durian bisa menjadi penawar agar mengurangi efek mabuk durian. 

Batasan Konsumsi Buah Durian 

Memberikan penawar perlu dilakukan setelah konsumsi durian berlebihan ya, Moms. Tujuannya untuk mencegah efek mabuk durian yang semakin parah. 

Padahal nih Moms, kondisi tersebut sebenarnya bisa dicegah loh. Lalu, bagaimana cara mencegahnya? 

Salah satu caranya adalah dengan mengetahui batasan konsumsi buah durian ya, Moms. Hal ini dikarenakan, setiap orang memiliki batasan konsumsi perhari. 

Dilansir dari laman Kompas, setiap orang sebaiknya mengonsumsi tidak lebih dari empat buah daging durian sehari. Alasannya, setiap 100 gram durian mengandung 147 kalori. Sementara, daging buahnya rata-rata memiliki berat 250 gram. 

Angka tersebut nyatanya menunjukkan bahwa dalam setiap daging buah mengandung 367 kalori. Oleh karenanya, buah durian termasuk jenis buah tinggi kalori sehingga perlu adanya batasan mengonsumsinya. 

Mengonsumsi buah durian melebihi batasan yang dianjurkan dapat memicu kondisi mabuk durian. Selain itu, juga bagi para penderita diabetes dan gagal ginjal karena bisa memicu kambuh setelah makan buah durian. 

Bahkan, mengonsumsi buah durian dengan dicampur buah lain, seperti anggur akan memperparah efek yang ditimbulkan. Adapun gejalanya, seperti sakit kepala, mual, muntah, dan efek yang tidak diinginkan lainnya. 

Yuk, andalkan penawar setelah makan durian untuk terbebas dari masalah yang muncul setelah makan buah durian!

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?