5+ Manfaat Nasi Kuning untuk Kesehatan dan Resep Terbaiknya

Moms, apakah anak-anak suka makan nasi kuning? Seperti kita tahu, banyak anak suka makan nasi kuning ya, Moms. Hal ini dikarenakan mereka menyukai warnanya yang menarik dan cita rasanya yang lezat. 

Selain itu, ternyata banyak juga manfaat makan nasi kuning untuk kesehatan tubuh. Lalu, apa saja sih Moms manfaat nasi kuning? Yuk simak ulasannya di artikel berikut!

Apa itu Nasi Kuning? 

Apa itu Nasi Kuning

Sebagai orang Indonesia, Moms pasti sudah mengetahui tentang nasi kuning. 

Nasi kuning merupakan makanan khas masyarakat Indonesia, dibuat dari beras yang dimasak dengan kunyit dan berbagai rempah lainnya. Hal ini menjadikan nasi kuning kaya akan cita rasa dan nutrisi yang terkandung di dalamnya. 

Selain itu, nasi kuning sebagai makanan khas masyarakat Indonesia ini biasanya disajikan dengan lauk pelengkap. Adapun beberapa jenis lauknya seperti:

  • Ayam goreng.
  • Telur dadar.
  • Perkedel kentang.
  • Sambal goreng kentang.
  • Bihun goreng.
  • Tempe orek.
  • Sambal.
  • Kerupuk. 

Pada umumnya, nasi kuning disajikan untuk acara-acara tertentu, seperti selamatan dan ulang tahun. Meski demikian, banyak juga orang yang menjual nasi kuning sebagai menu makanan harian. 

Kondisi tersebut menjadikan nasi kuning mudah didapatkan oleh setiap orang. Hasilnya, setiap orang bisa mengonsumsi nasi kuning setiap saat. Akan tetapi, dengan catatan tidak berlebihan. 

Manfaat Nasi Kuning untuk Kesehatan Tubuh 

infografis manfaat nasi kuning untuk kesehatan

Manfaat nasi kuning untuk kesehatan tubuh ada banyak ya, Moms. Alasannya, nasi kuning mengandung banyak nutrisi yang diperlukan tubuh. Berikut beberapa manfaatnya yang dilansir dari berbagai sumber. 

1. Sumber Energi

Pasalnya, nasi kuning terbuat dari bahan utama nasi yang mengandung karbohidrat. Fungsi karbohidrat bagi tubuh adalah sebagai sumber energi. 

Memenuhi kebutuhan energi bagi tubuh akan membantu seseorang untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, mengonsumsi nasi kuning pada takaran normal dapat menjadi sumber energi bagi tubuh. 

2. Menurunkan Risiko Diabetes 

Manfaat selanjutnya adalah dapat menurunkan risiko diabetes. Kondisi ini bisa terjadi apabila dikonsumsi secara rutin, namun tetap pada takaran normal atau tidak berlebihan. 

Alasannya, kandungan karbohidrat di dalamnya akan sangat memengaruhi kadar gula darah dalam tubuh. Oleh karena itu, mengonsumsi nasi kuning secara rutin dapat menurunkan risiko naiknya gula darah. 

3. Menurunkan Risiko Kolesterol 

Nasi kuning akan sangat bermanfaat bagi setiap orang yang mengalami masalah kolesterol. Pasalnya, nasi kuning mengandung zat atau senyawa yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. 

4. Meredakan Penyakit Maag 

Manfaat ini bisa didapatkan apabila seseorang mengonsumsi nasi kuning secara rutin. Pada takaran konsumsi ideal, nasi kuning sangat bermanfaat untuk meredakan penyakit maag. 

5. Mencegah Potensi Penyakit Kanker 

Kanker merupakan salah satu penyakit yang berbahaya. Alasannya, penyakit ini dapat mengakibatkan kematian pada penderitanya. 

Oleh karena itu, mengonsumsi nasi kuning secara rutin dengan catatan tidak berlebihan dapat mencegah potensi terkena penyakit kanker. 

6. Membantu Mendapatkan Berat Badan Ideal 

Ingin punya berat badan ideal? Moms bisa makan nasi kuning untuk mewujudkannya. Hal ini dikarenakan nasi kuning dibuat dari campuran kunyit yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. 

Kondisi pencernaan yang lancar akan mengurangi tekanan gas pada perut. Selain itu, juga dapat membantu lambung menghentikan produksi asam secara berlebih. 

Oleh karena itu, mengonsumsi nasi kuning pada takaran tertentu dapat membantu mendapatkan berat badan ideal. 

Baca Juga Artikel Lainnya: Akibat Anak Tidak Mau Makan Nasi.

Resep untuk Mendapatkan Manfaat Nasi Kuning

Resep untuk Mendapatkan Manfaat Nasi Kuning

Setelah mengetahui berbagai manfaat nasi kuning bagi tubuh, Moms pasti tertarik untuk membuatnya. Bagaimana cara membuat nasi kuning ya, Moms? Berikut akan diuraikan resep membuat nasi kuning dilansir dari laman cookpad.com. 

Bahan: 

  • 3 cup beras (1 cup = 185–200 gr)
  • 10 cm kunyit (blender dgn 3 sdm air, saring, ambil airnya)
  • 3 lembar daun pandan (ikat simpul)
  • 4 batang daun serai (geprek)
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 ruas ibu jari lengkuas (digeprek)
  • 1 ruas jahe (iris-iris)
  • 5 lembar daun salam
  • 1 kotak santan kara 200 ml
  • 5 buah bawang merah (iris-iris)
  • 4 buah bawang putih (iris-iris)
  • secukupnya garam dan penyedap

Cara Membuat: 

  1. Cuci bersih beras, tiriskan. Masukan ke dalam rice cooker.
  2. Panaskan wajan, masukkan santan kara dan semua bumbu. Tambahkan air kira-kira sebanyak takaran normal untuk memasak nasi di rice cooker. Aduk terus sampai agak mendidih. Matikan api.
  3. Tuang santan ke dalam beras di rice cooker. Kalau kurang airnya boleh ditambahkan air santan secukupnya. Aduk-aduk beras dan santan agar tercampur rata.
  4. Tekan tombol “cook” dan tunggu sampai matang.
  5. Nasi kuning siap disajikan dengan bahan pelengkap lainnya.

Itulah resep untuk mendapatkan manfaat nasi kuning bagi tubuh. Apakah Moms tertarik untuk membuatnya? Moms bisa mencoba membuat nasi kuning dengan resep tersebut untuk sarapan anak. 

Selain mendapatkan manfaat nasi kuning, memenuhi kebutuhan sarapan pagi anak dengan menu ini juga dapat mendukung tumbuh kembangnya. 

Memaksimalkan tumbuh kembang anak bisa dilakukan dengan memberi makanan yang berkualitas. Selain itu, Moms juga harus mendukungnya dengan cara lain, seperti memberikan Madu Vitummy untuk meningkatkan nafsu makan anak

Vitummy dilengkapi dengan formula Selenium Silver Pro yang ampuh meningkatkan daya tahan tubuh dan meningkatkan nafsu makan. Yuk, dapatkan produk Madu Vitummy sekarang juga melalui website resminya di www.maduvitummy.id!


Share on:

Seorang content writer brand support Madu Vitummy di Erdigma Indonesia. Dia menulis artikel tentang kesehatan, pola asuh, dan gaya hidup sehat. Selain itu, dia juga menyukai riset, membaca buku, dan menulis.

Tinggalkan komentar