logo madu vitummy
Search
Close this search box.

Waktu Terbaik Minum Jus Daun Pepaya Agar Khasiatnya Lebih Terasa

Waktu Terbaik Minum Jus Daun Pepaya

Siapa nih yang belum tahu jika daun pepaya ternyata bisa dibuat jus? Meski rasanya pahit, nyatanya tidak sedikit loh Moms orang yang memanfaatkan jus daun pepaya untuk kesehatan tubuh.

Kandungan nutrisi dan senyawa di dalamnya dinilai membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan, misalnya meredakan sakit tenggorokan, mengontrol gula darah, dan masih banyak lagi. 

Nah, untuk mendapatkan berbagai manfaat tersebut, Moms harus tahu waktu terbaik minum jus daun pepaya. Lalu, kapan waktunya? Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini! 

Manfaat Jus Daun Pepaya 

Alih-alih fokus pada rasanya yang pahit, ternyata daun pepaya punya segudang manfaat. Berikut akan dijelaskan secara detail mengenai manfaatnya, dari membantu mengatasi masalah kesehatan yang ringan hingga berat. 

1. Meredakan Sakit Tenggorokan 

Dilansir dari laman Siloam Hospitals, manfaat daun pepaya bisa membantu meredakan sakit tenggorokan ya, Moms. Manfaat ini diperoleh dari kandungan enzim papain yang salah satunya berfungsi untuk membuat tenggorokan menjadi lebih lega. 

Kondisi tenggorokan yang lega akan mencegah terjadinya penumpukan lendir atau dahak. Hasilnya, sakit tenggorokan bisa cepat reda atau bahkan mencegah sakit pada saluran pencernaan dan pernapasan yang satu ini. 

2. Mengontrol Kadar Gula Darah dan Tekanan Darah 

Manfaat daun pepaya selanjutnya, yaitu bisa untuk mengontrol kadar gula darah dan tekanan darah. Masih dalam laman yang sama, disebutkan bahwa daun pepaya mengandung sifat antioksidan yang tinggi. 

Kandungan tersebut sangat bermanfaat bagi tubuh untuk melindungi sel penghasil insulin. Perlindungan pada sel beta pankreas ini memicu produksi hormon insulin tetap terjaga. Dampak positifnya bagi tubuh dapat menjaga kestabilan kadar gula darah. 

Tubuh yang kondisi gula darahnya stabil akan memberikan efek berkelanjutan. Salah satunya membantu menurunkan risiko diabetes. Selain itu, juga bisa mencegah terjadinya penyakit lain, seperti darah tinggi dan penyakit kardiovaskular. 

3. Memberikan Asupan Energi Tubuh 

Daun pepaya nih Moms ternyata juga bisa memberikan manfaat yang sangat penting bagi tubuh, yaitu memberikan asupan energi. Setiap tubuh yang memerlukan energi untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. 

Manfaat tersebut ternyata diambil dari kandungan karbohidrat sebagai sumber energi utama tubuh. Mengonsumsinya akan mendukung asupan energi harian. 

Tidak hanya itu, sebagai jenis daun-daunan atau sayur, daun pepaya juga mengandung serat yang tinggi. Oleh karenanya, sangat cocok dijadikan sebagai menu diet harian karena membantu rasa kenyang yang lebih lama. 

4. Melancarkan Pencernaan 

Manfaat penting lainnya dari daun pepaya adalah membantu mengatasi gangguan pencernaan, misalnya sembelit. Sebab, seperti yang telah disebutkan bahwa terdapat kandungan serat yang tinggi di dalamnya. 

Serat tersebut apabila masuk ke tubuh akan membantu melunakkan feses. Hasilnya, Moms bisa buang air besar (BAB) lebih mudah. Nah, apabila BAB dalam keadaan lancar maka akan mengurangi risiko sembelit. 

Bahkan, kandungan enzim papainnya juga dapat meredakan perut kembung. Manfaat ini bahkan sering membuat daun pepaya dijadikan sebagai obat kembung. 

5. Membantu Menyembuhkan Penyakit

Selain manfaat yang telah disebutkan, apakah daun pepaya bisa menyembuhkan penyakit? Menurut laman Siloam Hospitals, terdapat beberapa jenis penyakit yang bisa diatasi dengan memanfaatkan khasiat daun pepaya loh, Moms. 

Adapun jenis penyakitnya, seperti Demam Berdarah Dengue (DBD), kanker, dan nyeri haid. Penyakit tersebut bisa diatasi dengan memanfaatkan berbagai kandungan zat dan senyawa di dalam daun pepaya, meskipun tidak secara langsung. 

Kandungan untuk mengatasi DBD, misalnya, diambil dari kandungan karpain dan senyawa yang bersifat antivirus pada daun pepaya. Selanjutnya, senyawa yang bersifat sitotoksik juga dapat menghancurkan sel-sel kanker. Adapun untuk meringankan nyeri haid karena bisa menyeimbangkan kadar hormon dalam tubuh. 

Oleh karenanya, manfaat daun pepaya bisa untuk membantu menyembuhkan penyakit. 

Baca Juga: Apakah Pepaya Mengandung Serat?

Cara Membuat Jus Daun Pepaya Mentah 

Berapa kali sehari minum jus daun pepaya

Setelah tahu bahwa ada banyak manfaat daun pepaya, Moms pasti ingin mendapatkan berbagai manfaat tersebut. Nah, ternyata salah satu caranya adalah dengan membuatnya menjadi jus. 

Jus daun pepaya adalah sari minuman yang terbuat dari daun pepaya. Berikut ini langkah-langkah yang bisa Moms ikuti untuk membuatnya. 

Bahan: 

  • 10 lembar daun pepaya sedang (tidak terlalu tua atau muda) 
  • 1 liter air 
  • 1 sdm garam kasar 

Cara Membuat: 

  1. Cuci bersih daun pepaya dengan air yang mengalir. Buang ruas-ruas daunnya. 
  2. Cincang kasar daun pepaya. 
  3. Masukkan daun pepaya yang telah dicincang, air, dan garam pada blender. 
  4. Saring hasilnya dengan alat penyaring untuk memisahkan ampasnya. 
  5. Masukkan hasil saringan pada botol dan simpan di dalam kulkas. 
  6. Sajikan dalam keadaan dingin agar rasa pahitnya sedikit memudar. 

Itulah cara membuat jus daun pepaya sangat mudah Moms lakukan di rumah. 

Waktu Terbaik Minum Jus Daun Pepaya 

Daun pepaya yang dibuat jus tidak boleh sembarangan dikonsumsi ya, Moms. Sebab, jus ini termasuk ramuan tradisional yang perlu batasan dalam mengonsumsinya. 

Seperti dilansir dari laman Quora, jumlah konsumsi jus daun pepaya berbeda-beda tiap orang. Perbedaan ini berdasarkan kondisi kesehatan individu. Selain itu, Moms juga bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk memastikannya. 

Meski demikian, Moms perlu tahu bahwa ada panduan umum untuk mengonsumsi jus daun pepaya. Rekomendasi ini didasarkan pada penyakit tertentu, seperti untuk penderita DBD disarankan minum sebanyak 2-3 kali dalam sehari dengan catatan sesuai rekomendasi dokter. 

Nah, berkaitan dengan kapan waktu terbaik minum jus daun pepaya? Sebenarnya tidak ada kesepakatan mengenai waktu mengonsumsinya. Tapi, meminumnya saat perut kosong dinilai lebih efektif untuk mendapatkan berbagai manfaatnya. 

Namun, tubuh memiliki preferensi dan toleransinya masing-masing. Ada yang meminumnya di pagi hari sebelum sarapan. Sementara, tidak sedikit pula yang meminumnya di malam hari. 

Moms, perlu dicatat bahwa apabila tubuh telah memberikan reaksi yang kurang baik, sebaiknya segera dihentikan. Bahkan, akan lebih baik jika sebelum mengonsumsi telah berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. 

Upaya tersebut perlu dilakukan, terutama bagi mereka yang punya masalah kesehatan tertentu ya, Moms. Tujuannya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. 

Efek Sampung Jus Daun Pepaya 

Tidak hanya memberikan banyak manfaat, jus daun pepaya juga bisa memberikan efek samping nih, Moms. Efek ini biasanya terjadi saat berlebihan dalam mengonsumsinya. 

Dilansir dari laman Siloam Hospital, efek samping biasanya muncul setelah terlalu sering minum jus daun pepaya. Disebutkan bahwa lebih dari 5 hari berturut-turut mengonsumsinya akan memicu gejala gejala mual dan muntah. 

Untuk menghindari terjadinya kondisi tersebut, Moms sebenarnya bisa mengganti jus daun pepaya dengan Madu Vitummy. Vitummy juga mengandung ekstrak buah pepaya yang punya banyak manfaat seperti daunnya. 

Madu Vitummy dilengkapi formula Selenium Silver Pro yang ampuh meningkatkan daya tahan tubuh dan nafsu makan. Mengonsumsinya secara rutin akan membantu tubuh melawan berbagai patogen penyebab penyakit.

Selanjutnya, Moms juga tidak perlu memikirkan efek samping karena Madu Vitummy tidak menimbulkan efek samping. Oleh karenanya, Madu Vitummy akan lebih aman untuk dikonsumsi. 

Itu dia penjelasan mengenai waktu terbaik minum jus daun pepaya. Yuk, dapatkan produk Madu Vitummy sekarang juga melalui website resminya di www.maduvitummy.id

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?