logo madu vitummy
Search
Close this search box.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Salad Buah? Harus Perhatikan 5 Hal Berikut!

Bolehkah Ibu Hamil Makan Salad Buah?

Pada umumnya, ibu hamil harus sangat hati-hati setiap mengonsumsi makanan. Hal ini dikarenakan jenis makanan yang dikonsumsi dapat memengaruhi kondisi kesehatan janin dalam kandungan. 

Meski demikian, tidak sedikit ibu hamil yang ingin mengonsumsi berbagai makanan, salah satunya salad buah. Lalu, bolehkah ibu hamil makan salad buah? 

Artikel berikut akan membahas tentang bolehkah ibu hamil makan salad buah? Selain itu, juga akan diuraikan jawabannya berdasarkan berbagai alasan yang melatarbelakangi. 

Simak di bawah ini ya, Moms! 

Apa itu Salad Buah? 

Bolehkah Ibu Hamil Makan Salad Buah?

Sebelum membahas tentang bolehkah ibu hamil makan salad buah, Moms harus paham apa itu salad buah dan kandungan yang terdapat di dalamnya. 

Salad buah merupakan makanan yang disajikan dari berbagai macam buah yang enak dan segar dengan campuran bahan lain, seperti yoghurt, mayones, keju, dan susu. 

Berbagai campuran tersebut dibuat untuk menambah kelezatan salad buah. Meskipun, pada dasarnya salad buah sudah dipenuhi dengan buah-buahan yang lezat. 

Beberapa jenis buah yang dijadikan sebagai bahan pembuatnya adalah apel, anggur hijau, anggur hitam, stroberi, pisang, jeruk, dan kiwi. Buah-buahan ini secara umum dijadikan bahan salad buah, terutama oleh masyarakat Indonesia. 

Bahan-bahan tersebut menjadikan banyak kandungan nutrisi dalam salad buah. Seperti dilansir dari laman Gramedia, semangkuk salad buah mengandung serat, vitamin (A, B1, B5, B6, C, dan E), kalsium, asam folat, dan kalium. 

Nutrisi dalam salad buah bermanfaat untuk menjaga berat badan ideal, mengurangi risiko terkena penyakit kronis, melancarkan pencernaan, dan meningkatkan lemak baik. 

Beberapa manfaat salad buah tentunya bisa didapatkan apabila dalam proses pembuatannya mempertimbangkan berbagai hal, seperti jenis bahan yang digunakan, takaran setiap bahan, dan kombinasi bahan. 

Dengan memperhatikan berbagai hal tersebut dalam proses pembuatannya akan menghasilkan salad buah yang sehat untuk dikonsumsi. Nah, bolehkah ibu hamil makan salad buah yang sehat ini? Temukan jawabannya pada poin selanjutnya. 

Bolehkah Ibu Hamil Makan Salad Buah? 

Bolehkah Ibu Hamil Makan Salad Buah?

Seperti telah kita ketahui bahwa salad buah merupakan sajian yang lezat, menyegarkan, dan tentunya kaya akan nutrisi. Berdasarkan keunggulan ini, kemudian bolehkah ibu hamil makan salad buah? 

Jawabannya, ibu hamil boleh makan salad buah ya, Moms. Hal ini seperti dilansir dalam laman rumahsakitislam, bahwa salad buah merupakan cemilan manis dan menyegarkan yang tentunya boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. 

Ibu hamil biasanya memerlukan lebih banyak nutrisi dalam tubuh, baik untuk dirinya maupun perkembangan janin di dalamnya. Adapun sebagai cemilan, salad buah tentunya sangat cocok untuk dikonsumsi ibu hamil. 

Jadi, apabila ada pertanyaan bolehkah ibu hamil makan salad buah? Tentunya boleh ya, Moms. Pasalnya ibu hamil yang mengonsumsi salad buah dapat mendukung pemenuhan kebutuhan nutrisi dalam tubuh. 

Moms perlu mengetahui, bahwa kebutuhan asupan buah ibu hamil rata-rata adalah 4.5 sampai 6 cangkir buah per hari. Hal ini dikarenakan nutrisi dari buah sangat diperlukan, terutama dalam trimester ketiga. 

Artikel berjudul Salad Apa yang Aman untuk Ibu Hamil? yang dimuat dalam laman rumahsakitislam.com, menyebutkan bahwa salad buah dapat memenuhi kebutuhan buah dalam trimester ketiga ibu hamil.

Hal tersebut dengan catatan tidak menambah topping, misalnya whipped cream. Alasannya karena whipped cream sangat tinggi kalori, lemak, dan gula. Namun, Moms bisa menggunakan bahan tambahan yoghurt atau bahan lain yang rendah kalori, lemak, dan gula. 

Meskipun jawabannya adalah boleh, ketika ada pertanyaan bolehkah ibu hamil makan salad buah? Akan tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti berikut. 

Memperhatikan Jenis Buah yang Digunakan 

Dilansir dari laman aladokter, salad buah tidak dilarang untuk dikonsumsi ibu hamil dengan catatan harus memperhatikan jenis buah yang digunakan. 

Misalnya, Moms harus mencuci buah hingga bersih sebelum dibuat salad buah. Kondisi ini dikarenakan kebersihan buah menjadi salah satu hal penting untuk menghasilkan salad buah yang sehat untuk dikonsumsi. 

Selain itu, mencuci buah juga harus dilakukan karena pada umumnya buah yang dijual di pasaran belum melalui proses pencucian. Oleh karena itu, mencuci buah hingga bersih akan menghasilkan bahan salad buah yang higienis. 

Sehingga apabila ada pertanyaan, bolehkah ibu hamil makan salad buah? Jawabannya adalah boleh, asalkan memperhatikan jenis buah yang digunakan dalam membuat salad buah. 

Memperhatikan Penggunaan Topping  

Pada umumnya, salad buah yang dijual di pasaran banyak menggunakan toping mayones. Padahal, belakangan ini banyak jenis mayones yang kurang aman untuk dikonsumsi, misalnya mayones buatan sendiri. 

Seperti dilansir dari laman aladokter, ibu hamil yang mengonsumsi salad buah harus memilih mayones, misalnya yang terbuat dari telur yang sudah dipasteurisasi. Hal ini dikarenakan mayones buatan sendiri kurang aman untuk dikonsumsi, terutama oleh ibu hamil. 

Menghindari terjadinya hal tersebut sebenarnya bisa dilakukan dengan mengganti toping mayones dengan bahan yang lebih aman. Beberapa bahan pengganti toping mayones, di antaranya yoghurt, susu, dan keju. 

Sehingga, bolehkah ibu hamil makan salad buah? Maka jawabannya adalah boleh asalkan memperhatikan penggunaan toping atau bahan tambahan. 

Porsi yang Terlalu Banyak 

Segala sesuatu yang berlebihan atau terlalu banyak memang tidak boleh ya, Moms. Hal ini termasuk dalam mengonsumsi salad buah. Meskipun termasuk dalam cemilan yang sehat, akan tetapi mengonsumsi salad buah secara berlebihan dapat memberikan efek buruk. 

Kondisi tersebut bisa terjadi terutama apabila dalam memasukkan bahan-bahan salad buah berlebihan. Misalnya, Moms yang suka terhadap keju membuat topping kejunya berlebihan. Tindakan ini tentu menjadikan salad buah tidak sehat untuk dikonsumsi. 

Salad buah dengan keju berlebihan apabila dikonsumsi terlalu sering akan mengakibatkan berat badan berlebih (obesitas). Seperti dilansir dari laman gramedia, keju mengandung tinggi lemak. Akibatnya, jika dikonsumsi terlalu banyak akan menjadikan berat badan naik secara drastis. 

Oleh karena itu, bolehkah ibu hamil makan salad buah? Jawabannya adalah boleh, asalkan porsinya ideal (tidak terlalu banyak). 

Tidak Menambahkan Roti Kering 

Dilansir dari laman gramedia, menambahkan roti kering dapat menjadikan salad buah menjadi tidak sehat, terutama untuk dikonsumsi ibu hamil. Hal ini dikarenakan roti kering mengandung glikemik yang tinggi. 

Glikemik atau yang dikenal dengan Indeks Glikemik (IG) menurut Kemenkes RI merupakan indikator cepat atau lambatnya unsur karbohidrat dalam bahan pangan terutama untuk meningkatkan kadar gula dalam tubuh. 

Roti kering mengandung tinggi glikemik sehingga dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat, terutama pada ibu hamil. Oleh karena itu, bolehkah ibu hamil makan salad buah? Jawabannya adalah boleh asalkan tidak menambahkan roti kering. 

Tidak Menggunakan Buah Kering 

Buah kering sering dijadikan sebagai variasi dalam salad buah. Perlu Moms ketahui, bahwa menggunakan buah kering pada salad buah bukanlah pilihan yang tepat. 

Kondisi ini dikarenakan buah kering mengandung kadar gula yang sangat tinggi, sehingga rasanya seperti permen. Menggunakan buah kering sebagai variasi tentunya dapat menjadikan kandungan gula berlebih dalam salad buah. 

Mengonsumsi salad buah dengan kandungan gula berlebih secara terus menerus dapat mengakibatkan obesitas. Oleh karena itu, bolehkah ibu hamil makan salad buah? Boleh asalkan tidak menggunakan buah kering. 

Berdasarkan uraian tersebut, maka bolehkah ibu hamil makan salad buah? Jawabannya adalah boleh dengan catatan memperhatikan berbagai hal, seperti jenis buah, porsi, dan topping. 

Nah, perlu Moms ketahui bahwa Vitummy bisa dijadikan sebagai topping pengganti pada salad buah. Vitummy mengandung formula “Selenium Silver Pro” yang ampuh meningkatkan daya tahan tubuh. 

madu vitummy vitamin penambah nafsu makan

Selain meningkatkan daya tahan tubuh, Vitummy juga aman dikonsumsi oleh ibu hamil karena dibuat dari bahan alami. Yuk, dapatkan produk Vitummy sekarang juga di website resminya www.maduvitummy.id!

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?