Cara Menghitung Berat Badan Ideal, Pakai 2 Rumus Berikut, Mudah Lho!

Berat badan ideal merupakan salah satu hal yang diinginkan oleh hampir semua orang. Mungkin Moms adalah salah satunya. 

Menginginkan berat badan ideal adalah hal yang wajar loh, Moms. Pasalnya, selain memiliki badan yang indah, juga sebagai salah satu tolok ukur kesehatan seseorang. 

Lalu bagaimana cara menghitung berat badan ideal? Artikel berikut akan membahas mengenai hal tersebut. 

Simak di bawah ini ya, Moms! 

Apa itu Berat Badan Ideal? 

Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Cara menghitung berat badan ideal bisa dilakukan dengan mudah. Namun sebelum itu, Moms perlu mengetahui apa itu berat badan ideal? 

Secara umum, berat badan ideal adalah berat badan yang pas pada seseorang. Artinya, seseorang memiliki berat badan yang tidak berlebih atau kekurangan.

Kondisi ini menjadikan berat badan ideal sebagai salah satu tolok ukur kesehatan seseorang. Pasalnya, orang yang kekurangan berat badan mengindikasikan kekurangan nutrisi dalam tubuh. Adapun kelebihan berat badan dapat mengindikasikan penyakit dalam tubuh. 

Nah, untuk menghindari hal tersebut, setiap orang biasanya berusaha untuk mendapatkan berat badan ideal. Namun perlu diketahui bahwa berat badan ideal wanita berbeda dengan pria. 

Berat badan ideal wanita adalah berat badan yang disarankan untuk wanita. Moms, sudah tau belum berapa berat badan ideal wanita? 

Baca : Berat Badan Ideal Wanita yang Disarankan Kemenkes RI

Tidak hanya wanita, pria juga memiliki berat badan ideal yang disarankan Kemenkes RI. Berapa berat badan ideal pria? 

Baca: Berat Badan Ideal Pria yang Disarankan Kemenkes RI (ADD LINK) 

Itulah kategori berat badan ideal wanita dan pria yang perlu diketahui. Dengan mengetahui berat badan ideal yang disarankan maka Moms bisa mengatur agar berat badan ideal. 

Cara Menghitung Berat Badan Ideal 

Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Moms, sudah tau belum tentang cara menghitung berat badan ideal? Jika Moms belum tau maka bisa menyimak uraian berikut. 

Uraian berikut akan membahas tentang cara menghitung berat badan ideal yang mudah dilakukan oleh Moms di rumah. Berikut cara menghitung berat badan ideal. 

Cara Menghitung Berat Badan Ideal dengan Rumus Broca 

Rumus Broca merupakan salah satu cara menghitung berat badan ideal yang bisa Moms coba. Alasannya karena rumus ini mudah dan umum digunakan sebagai cara menghitung berat badan ideal. 

Meski demikian, Rumus Broca menyajikan cara menghitung berat badan ideal yang berbeda antara wanita dan pria. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan komposisi tubuh antara wanita dan pria. 

Berikut perbedaan cara menghitung berat badan ideal wanita dan pria dengan rumus Broca. 

Berat Badan Ideal Wanita 

Cara menghitung berat badan ideal wanita dengan Rumus Broca adalah sebagai berikut. 

Berat Badan Ideal Wanita (kilogram) = [tinggi badan (sentimeter) – 100] – [(tinggi badan (sentimeter) – 100) X 15 %] 

Sehingga, apabila seorang wanita memiliki tinggi badan 158 maka cara menghitung berat badan idealnya adalah (158-100) – [(158-100) X 15%) = 58 – 8,7 = 49,3. Jadi, seorang wanita dengan tinggi badan 158 memiliki berat badan ideal 49,3 kilogram. 

Itulah cara menghitung berat badan ideal wanita dengan Rumus Broca. 

Berat Badan Ideal Pria 

Cara menghitung berat badan ideal pria berbeda dengan wanita, yaitu sebagai berikut. 

Berat Badan Ideal Pria (kilogram) = [tinggi badan (sentimeter) – 100] – [tinggi badan (sentimeter) – 100) x 10 %] 

Sehingga, apabila seorang pria memiliki tinggi badan 170 sentimeter maka cara menghitung berat badan idealnya adalah (170-100) – [(170-100) X 10 %] = 70 – 7= 63. Jadi, seorang pria dengan tinggi badan 170 memiliki berat badan ideal 63 kilogram. 

Itulah cara menghitung berat badan ideal pria dengan Rumus Broca. 

Cara Menghitung Berat Badan Ideal dengan Kalkulator BMI 

Kalkulator BMI merupakan salah satu yang sering digunakan sebagai cara menghitung berat badan ideal. Body Mass Index (BMI) adalah cara menghitung berat badan ideal yang didasarkan atas tinggi badan dan berat badan. 

Hal tersebut menjadikan cara kerja kalkulator BMI berbeda dengan cara kerja Rumus Broca. Kalkulator ini dianggap lebih cepat untuk mengukur berat badan ideal. Meski demikian, hasilnya tidak bisa menjadi tolok ukur untuk semua orang. 

Pasalnya, kalkulator BMI tidak bisa membedakan massa otot setiap orang, sehingga hasilnya kurang valid untuk digunakan terutama pada atlet atau olahragawan. Nah, untuk mengetahui hal ini sebaiknya memahami beberapa keterangan perhitungan berikut. 

  • Angka 18,5 – 25 menunjukkan angka BMI normal. 
  • Angka >25 menunjukkan berat badan berlebih. 
  • Angka <18 menunjukkan kekurangan berat badan. 

Itulah beberapa kategori penghitungan berat badan ideal dengan kalkulator BMI. Adapun rumusnya sebagai berikut. 

Berat Badan Ideal = Berat badan (kilogram) : Tinggi badan (meter) 

Sehingga, apabila seseorang memiliki berat badan 47 kilogram dan tinggi badan 1,63 meter maka cara menghitung nilai BMI sebagai berikut 47 : (1,63) = 17,8. 

Jadi, orang tersebut memiliki nilai BMI 17,8 yang menunjukkan berat badan di bawah rata-rata. 

Itulah cara menghitung berat badan ideal menggunakan kalkulator BMI, baik untuk wanita maupun untuk pria. 

Cara Menghitung Berat Badan Ideal dengan Kalkulator BMI dalam Laman Website Vitummy 

Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Moms, laman Vitummy (www.maduvitummy.id) menyediakan tools kalkulator BMI dan BMR. Tools ini bisa digunakan untuk menghitung berat badan ideal. Pasalnya terdapat beberapa keunggulan seperti berikut. 

  • Bisa menghitung berat badan. 
  • Bisa mengetahui seseorang termasuk dalam kategori berat badan ideal atau tidak. 
  • Bisa menjaga berat badan ideal. 
  • Bisa mengetahui kalori yang diperlukan dalam tubuh. 

Itulah beberapa keunggulan kalkulator BMI dan BMR yang terdapat dalam tools laman Vitummy. 

Dengan mengetahui Body Mass Index (BMI) maka seseorang dapat mengetahui status gizinya. Hal ini berdasarkan berat badan dan tinggi badan. 

Misalnya, apabila seseorang memiliki nilai BMI yang tinggi maka dapat mengindikasikan kelebihan berat badan. Sebaliknya, jika seseorang memiliki nilai BMI rendah maka mengindikasikan kekurangan asupan nutrisi. 

Itulah alasan tools kalkulator BMI dalam laman Vitummy sangat bermanfaat untuk digunakan sebagai metode menghitung berat badan ideal. 

Vitummy: Solusi Kekurangan Berat Badan 

Moms, sudahkah mencoba cara menghitung berat badan ideal yang telah diuraikan sebelumnya? Apabila hasilnya Moms memiliki berat badan ideal maka harus dijaga pola makannya.

Namun apabila Moms memiliki berat badan tidak ideal maka perlu melakukan berbagai upaya untuk menjadikannya ideal.

Misalnya, Moms yang memiliki berat badan berlebih disarankan untuk menurunkan berat badannya. Salah satunya bisa dilakukan dengan diet. 

Adapun yang memiliki kekurangan berat badan bisa diatasi dengan minum Vitummy. Vitummy adalah vitamin penambah nafsu makan dengan formula “Selenium Silver Pro” yang juga ampuh meningkatkan daya tahan tubuh. 

Mengonsumsi Vitummy bisa menjadi solusi untuk mendapatkan berat badan ideal. Oleh karena itu, dapatkan produk Vitummy sekarang juga di website resmi www.maduvitummy.id!


Share on:

Seorang content writer brand support Madu Vitummy di Erdigma Indonesia. Dia menulis artikel tentang kesehatan, pola asuh, dan gaya hidup sehat. Selain itu, dia juga menyukai riset, membaca buku, dan menulis.

Tinggalkan komentar