logo madu vitummy
Search
Close this search box.

8 Cara Mengatasi Polusi Udara, Paling Direkomendasikan! Yuk Simak Tipsnya

Cara Mengatasi Polusi Udara

Bagaimana sih cara mengatasi polusi udara? Pertanyaan ini mungkin sering diutarakan oleh banyak orang, terutama yang tinggal di kota-kota besar. Pasalnya, beberapa kota besar seperti Jakarta dan sekitarnya sedang mengalami hal ini. 

Polusi yang terjadi di Jakarta dan sekitarnya telah mengakibatkan kualitas udara menjadi tidak sehat. Dampaknya, semakin banyak gangguan kesehatan tubuh dan mental yang dialami oleh masyarakat. 

Oleh karena itu, Moms perlu memahami cara mengatasi polusi udara. Tujuannya untuk mencegah dari berbagai dampak yang bisa ditimbulkan. 

Simak di bawah ini ya, Moms! 

Polusi Udara, Apakah Sudah Parah?

polusi udara

Sebelum membahas mengenai cara mengatasi polusi udara, Moms harus tahu terlebih dahulu kondisi udara di Indonesia. Apakah polusi udara yang terjadi di Indonesia sudah sangat parah? Jawabannya adalah iya, terutama untuk daerah-daerah tertentu. 

Beberapa kota, seperti Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi (Jabodetabek), Yogyakarta, dan Surabaya memiliki kualitas udara terburuk. Hal ini seperti dilansir dari laman CNBC INDONESIA.

Selain itu menurut Indeks Kualitas Udara (AQI), kualitas udara di Jakarta saat ini dikatakan tidak sehat, terutama bagi kelompok sensitif. Hal ini dibuktikan dengan konsentrasi PM2.5 di Jakarta, yaitu 7.6 kali nilai panduan kualitas udara tahunan World Health Organization (WHO). 

Data tersebut menunjukkan bahwa kualitas udara di kota besar, seperti Jakarta dan sekitarnya sudah sangat buruk. Penyebabnya adalah polusi udara yang bersumber dari berbagai aktivitas manusia. 

Seperti dilansir dari jurnal Pencemaran Udara di Perkotaan Berdampak Bahaya Bagi Manusia, Hewan, Tumbuhan, dan Bangunan, penyebab pencemaran udara, di antaranya kendaraan bermotor, pabrik-pabrik industri, pabrik zat kimia, dan limbah rumah tangga. 

Berbagai penyebab tersebut dipengaruhi oleh banyaknya penduduk perkotaan. Alasannya, semakin banyak penduduk maka aktivitasnya juga semakin banyak. Aktivitas inilah yang kemudian menghasilkan berbagai penyebab polusi udara. 

Baca Juga: 5 Dampak Pencemaran Udara Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini, Harus Diperhatikan!

Cara Mengatasi Polusi Udara

cara mengatasi polusi udara

Setelah memahami kondisi polusi udara yang sudah sangat memprihatinkan, Moms pasti terpikir tentang cara mengatasinya. Perlu diketahui bahwa banyak cara mengatasi polusi udara. 

Berikut cara mengatasi polusi udara dilansir dari jurnal Pencemaran Udara di Perkotaan Berdampak Bahaya Bagi Manusia, Hewan, Tumbuhan, dan Bangunan. 

Membangun Ruang Terbuka Hijau (RTH)

Ruang Terbuka Hijau (RTH) merupakan ruang kota yang berperan sebagai kawasan hijau. Adapun bentuknya, seperti hutan kota, tamasya kota, pemakaman, pertanian, jalan hijau, dan pekarangan. 

Berbagai tempat tersebut memiliki peran sebagai sumber oksigen, selain itu juga untuk menyerap karbondioksida. Hal ini dikarenakan setiap pohon secara ideal dapat memenuhi kebutuhan oksigen bagi dua orang.

Berdasarkan hal tersebut, ruang terbuka hijau merupakan upaya yang dibuat sebagai salah satu bentuk cara mengatasi polusi udara. Tindakan ini sering dilakukan terutama di kota-kota besar. 

Eksistensi Gedung Hijau (Green Building)

Keberadaan gedung-gedung di kota besar biasanya menyumbang berbagai penyebab polusi udara. Hal ini dikarenakan banyak konsumsi energi yang dilakukan untuk berbagai aktivitas di dalamnya. 

Bentuk aktivitas penggunaan energi pada gedung-gedung di kota besar, seperti penggunaan lampu, pendingin udara, dan berbagai alat elektronik lainnya. Berbagai aktivitas ini akan memperparah polusi udara. 

Membangun gedung hijau (green building) bisa menjadi cara mengatasi polusi udara. Pasalnya, gedung seperti ini dibuat dengan prinsip ramah lingkungan, seperti memaksimalkan pencahayaan dan keadaan alami. 

Salah satu bentuknya adalah ketersediaan taman pada bagian-bagian tertentu gedung. Keberadaan taman ini sangat bermanfaat untuk mengurangi emisi karbondioksida dari kendaraan bermotor dan asap pabrik. 

Membangun Permukiman Berkelanjutan

Permukiman berkelanjutan adalah upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas hidup secara berkelanjutan. Hal ini menjadi salah satu cara mengatasi polusi udara yang terjadi di perkotaan. 

Alasannya, permasalahan yang muncul di area kota disebabkan karena kondisi permukiman yang kurang baik. Bentuknya adalah ketidakseimbangan berbagai aktivitas yang terdapat di lingkungan tersebut. 

Berdasarkan permasalahan tersebut maka muncul upaya untuk membangun permukiman yang berkelanjutan atau berkepanjangan. Permukiman ini dibuat dengan mempertimbangkan segala aspek kehidupan. 

Beberapa aspek kehidupan, seperti menyusun wilayah tempat tinggal berdasarkan kondisi pejalan kaki dengan mengurangi pemakaian kendaraan bermotor, beragam fungsi tempat, dan bermacam-macam jenis rumah. 

Upaya ini akan mendukung meningkatnya ruang terbuka hijau, interaksi sosial, dan konservasi lahan. Tujuannya untuk menurunkan tingkat polusi udara yang terjadi di lingkungan tersebut. 

Oleh karena itu, membangun permukiman berkelanjutan termasuk cara mengatasi polusi udara yang sering terjadi di kota-kota besar. 

Mengurangi Penggunaan Transportasi

Cara mengatasi polusi udara lainnya adalah dengan mengurangi penggunaan transportasi atau kendaraan bermotor. Sebabnya, berbagai alat transportasi termasuk sumber polusi udara terbesar di perkotaan. 

Kondisi ini perlu dikendalikan dengan mengurangi penggunaan transportasi, misalnya dengan beralih dari transportasi pribadi menjadi transportasi umum. Peralihan kebiasaan ini sangat efektif untuk mengurangi polutan asap kendaraan. 

Selain itu,  pihak-pihak terkait juga bisa menerapkan standar emisi kendaraan yang lebih ketat dan memberikan solusi penggunaan kendaraan yang bebas emisi. Kendaraan bebas emisi contohnya adalah kendaraan listrik. 

Pengelolaan Limbah Pabrik

Mengelola limbah pabrik termasuk salah satu upaya atau cara mengatasi polusi udara. Hal ini terkait dengan limbah sebagai produsen polutan yang dapat mencemari udara. Oleh karena itu, semua pihak harus berperan dalam pengolahan limbah. 

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan meningkatkan praktik pengolahan limbah. Bentuk praktiknya adalah daur ulang bahan-bahan yang bisa dimanfaatkan. Selain itu, juga harus memperhatikan kontrol pembuangan limbah. 

Beralih Menggunakan Energi Terbarukan

Energi terbarukan merupakan penemuan-penemuan baru untuk mengganti energi yang saat ini digunakan oleh masyarakat. Salah satu alasannya adalah sebagai suatu cara mengatasi polusi udara. 

Bentuk energi terbarukan yang sudah dapat digunakan oleh masyarakat umum, seperti sinar matahari dan angin. Kedua energi tersebut bisa dimanfaatkan untuk mengurangi penggunaan bahan bakar fosil. 

Kesadaran dan Pendidikan 

Cara mengatasi polusi udara tidak hanya terbatas pada penyebab polutan yang mencemari udara, melainkan juga kesadaran dan pendidikan. Meningkatkan kesadaran setiap orang terhadap penyebab polusi udara bisa berdampak positif. 

Semakin sadar masyarakat akan hal tersebut maka akan mendorong tindakan-tindakan positif untuk mengurangi produksi polutan. Berkurangnya polutan di udara akan menurunkan tingkat pencemaran udara. 

Perencanaan Kota

Perencanaan kota juga bisa dilakukan dengan mempertimbangkan berbagai aktivitas manusia. Beberapa di antaranya adalah mengurai masalah kemacetan, menggunakan lahan campuran, dan meminimalkan sumber polusi udara. 

Oleh karena itu, perencanaan kota bisa menjadi cara mengatasi polusi udara yang saat ini sedang banyak terjadi di berbagai daerah. 

Itulah beberapa cara mengatasi polusi udara yang perlu Moms ketahui. Mengetahui cara-cara tersebut dapat mendorong Moms untuk ikut berperan di dalamnya. Sehingga, Moms ikut menciptakan lingkungan yang sehat. 

Cara Mengatasi Polusi Udara

Selain lingkungan sehat, Moms juga harus menciptakan anak-anak yang sehat. Meningkatkan daya tahan tubuh anak agar selalu sehat, terutama pada masa polusi dapat dilakukan dengan memberikan Madu Vitummy. 

Madu Vitummy dilengkapi formula Selenium Silver Pro yang ampuh meningkatkan daya tahan tubuh anak, terlebih masa polusi sekarang ini. Mengonsumsi Madu Vitummy setiap hari akan membuat anak lebih sehat dan aktif. 

Yuk, dapatkan Madu Vitummy sekarang juga melalui website resminya di www.maduvitummy.id!

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?