logo madu vitummy
Search
Close this search box.

Cara Mengkonsumsi Tepung Garut Untuk Asam Lambung dengan Benar

cara mengkonsumsi tepung garut untuk asam lambung

Tepung garut merupakan bahan olahan yang bersumber dari umbi garut. Banyak orang menggunakan tepung jenis ini untuk membuat berbagai makanan. Akan tetapi, tahukah Moms apabila tepung garut bermanfaat untuk asam lambung? 

Bagaimana cara mengkonsumsi tepung garut untuk asam lambung? Mengonsumsi tepung dari umbi garut ini perlu dilakukan pengolahan terlebih dahulu. Tujuannya agar dapat memberikan manfaat untuk tubuh. 

Nah, artikel berikut akan membahas mengenai hal tersebut ya, Moms. Oleh karena itu, Moms perlu menyimak artikel berikut! 

Apa itu Tepung Garut? 

cara mengkonsumsi tepung garut untuk asam lambung

Dilansir dari laman Jurnal Teknologi Agro-Industri, tepung garut merupakan tepung yang diolah dari umbi tanaman garut (Maranta arundinacea L.). Kandungan gizi di dalamnya juga banyak, sehingga baik untuk bahan makanan olahan. 

Menurut Koswara dalam jurnal yang sama disebutkan bahwa kandungan gizi pada 100 gram tepung garut, meliputi energi 355 kll, protein 0,7 gram, lemak 0,2 gram, karbohidrat 85,2 gram, kalsium 8 miligram, fosfor 22 miligram, dan besi 1,5 miligram.

Berbagai kandungan gizi tersebut menjadikan tepung garut sangat baik untuk dijadikan bahan makanan olahan. Pasalnya, mengonsumsinya menjadikan seseorang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuhnya. 

Kondisi tersebut bisa dicapai atau didapatkan dengan mengonsumsi tepung garut sesuai takaran, yaitu tidak berlebihan dan tidak kekurangan. Oleh karena itu, tepung garut sangat disarankan untuk dijadikan bahan makanan. 

Pengertian tersebut perlu dipahami sebelum membahas lebih lanjut tentang cara mengkonsumsi tepung garut untuk asam lambung. 

Manfaat dari Cara Mengkonsumsi Tepung Garut untuk Asam Lambung

cara mengkonsumsi tepung garut untuk asam lambung

Sebelum membahas tentang cara mengkonsumsi tepung garut untuk asam lambung, Moms sebaiknya mengetahui terlebih dahulu mengenai manfaatnya. 

Seperti telah disebutkan, banyak manfaat tepung garut untuk kesehatan tubuh. Salah satu yang paling banyak dikenal oleh masyarakat adalah menyehatkan lambung. Mengapa demikian

Menjaga pH Lambung 

Manfaat pertama tepung garut bisa untuk menjaga pH lambung. Sebab, tepung garut memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Misalnya, dalam 100 gram pati garut  mengandung 40 mg kalsium. 

Bentuk kalsium dalam pati garut adalah kalsium klorida. Senyawa ini berfungsi untuk menjaga keseimbangan asam dan basa dalam lambung. Oleh karena itu, asam lambung yang disebabkan karena luka dapat berkurang. 

Melancarkan Pencernaan 

Manfaat tepung garut selanjutnya, yaitu dapat melancarkan pencernaan. Hal ini dipengaruhi sifat demulcent di dalamnya. Sifat tepung garut ini membantu pergerakan makanan dalam usus. Akibatnya, pencernaan dalam tubuh menjadi lancar. 

Selain melancarkan pencernaan, tepung garut juga dapat mengurangi rasa mual dan membantu menggantikan nutrisi yang hilang. Oleh karena itu, manfaat secara keseluruhan adalah dapat melancarkan pencernaan. 

Membantu Menurunkan Berat Badan 

Berat badan ideal merupakan harapan setiap orang. Salah satu hal yang dapat membantu adalah dengan mengonsumsi tepung garut yang telah diolah menjadi makanan. Alasannya, kandungan serat di dalamnya sangat tinggi. 

Pada umumnya, kandungan serat 100 gram tepung garut sekitar 3,4 gram. Jumlah ini dapat mendukung pemenuhan kebutuhan serat harian yang disarankan oleh ahli nutrisi. 

Kaitannya dengan berat badan, mengonsumsi makanan tinggi serat dapat membuat rasa kenyang yang lebih lama. Akibatnya, seseorang tidak ingin terus-terusan makan. Oleh karena itu, manfaat tepung gandung dapat membantu menurunkan berat badan. 

Menjaga Kolesterol 

Menjaga kolesterol bisa dilakukan dengan mengonsumsi tepung garut. Pasalnya, tepung jenis ini dapat memproduksi empedu lebih banyak. Fungsi empedu ini dapat meningkatkan penyerapan kolesterol secara maksimal. 

Kondisi tersebut menjadikan kolesterol dalam tubuh dapat terjaga. Sehingga, menjaga kolesterol termasuk manfaat tepung garut.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan berbagai manfaat tersebut? Rahasianya adalah dengan mengetahui cara mengkonsumsi tepung garut untuk asam lambung. 

Cara Mengkonsumsi Tepung Garut untuk Asam Lambung 

cara mengkonsumsi tepung garut untuk asam lambung

Tepung garut meskipun mengandung banyak manfaat, akan tetapi perlu diperhatikan akan cara konsumsinya. Beberapa cara dapat dilakukan untuk mengonsumsi tepung garut sehingga bisa memberikan manfaat untuk lambung. 

Nah, bagaimana cara mengkonsumsi tepung garut untuk asam lambung? Berikut cara yang bisa dilakukan. 

Dibuat Bubur 

Cara mengkonsumsi tepung garut untuk asam lambung yang pertama adalah diolah menjadi bubur. Selain bermanfaat, bubur juga akan lebih mudah dicerna oleh penderita asam lambung. Moms hanya perlu melakukan langkah-langkah berikut. 

  • Siapkan beberapa bahan, seperti tepung garut, gula aren, dan daun pandan. 
  • Masukkan bahan-bahan tersebut pada air yang telah mendidih. 
  • Masak semua bahan dengan api sedang. Lakukan pengadukan agar semua bahan tercampur rata. 
  • Tunggulah hingga adonan berwarna bening kecoklatan. 
  • Setelah matang, angkat bubur dan sajikan dalam keadaan hangat. 
  • Bubur tepung garut siap dinikmati. 

Itulah cara mengkonsumsi tepung garut untuk asam lambung yang bisa Moms coba di rumah. Cara ini diyakini dapat menurunkan rasa tidak nyaman karena asam lambung. 

Cara mengkonsumsi tepung garut untuk asam lambung juga bisa dilakukan dengan menambahkan Madu Vitummy. Madu herbal yang dibuat dari campuran madu hutan asli dan bahan alami ini dapat membantu melancarkan pencernaan. 

Baca Juga: Manfaat dan Cara Mengolah Daun Bandotan untuk Asam Lambung.

Asam lambung merupakan salah satu masalah pencernaan. Oleh karena itu, dapatkan produk Madu Vitummy sekarang juga untuk mendapatkan manfaatnya melalui website resminya di www.maduvitummy.id!

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?