logo madu vitummy
Search
Close this search box.

Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Selama Mudik Lebaran, Lakukan Ini

Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Selama Mudik Lebaran

Mudik lebaran tinggal menghitung hari. Tandanya, Moms harus mempersiapkan banyak hal nih, termasuk daya tahan tubuh si Kecil. 

Pasalnya, perjalanan mudik yang jauh sangat memerlukan kesehatan tubuh yang baik. Oleh karenanya, Moms perlu melakukan cara-cara menjaga daya tahan tubuh selama mudik lebaran. 

Nah, apa saja caranya? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini! 

Penyebab Daya Tahan Tubuh Menurun Saat Perjalanan Mudik 

Mudik adalah agenda pulang ke kampung halaman yang dilakukan oleh hampir sebagian besar masyarakat Indonesia. Biasanya, agenda ini bertepatan dengan momen libur hari besar keagamaan, misalnya Idulfitri. 

Nah, mereka yang mudik nih Moms adalah para perantau, yaitu orang-orang yang mencari penghidupan, ilmu, dan lain sebagainya di suatu tempat yang jauh dari tempat tinggalnya. Mungkin, Moms dan keluarga adalah salah satunya. 

Sebagai pemudik, Moms pasti tahu bahwa banyak faktor yang sering menjadi kendala saat dalam perjalanan. Salah satunya adalah menurunnya daya tahan tubuh si Kecil. 

Sebenarnya, apa sih penyebab daya tahan tubuh menurun saat perjalanan mudik? Dilansir dari laman Rumah Sakit Akademik UGM, kondisi tersebut dikarenakan beberapa hal berikut. 

1. Perjalanan Jauh 

Penyebab utama menurunnya daya tahan tubuh saat mudik adalah perjalanan jauh ya, Moms. Sebab, ada banyak faktor yang memengaruhi imun tubuh selama perjalanan, seperti perubahan lingkungan, kurang istirahat, stres, dan paparan berbagai mikroba. 

Faktor-faktor tersebut memicu daya tahan tubuh melemah, sehingga kesehatan tubuh menurun. Kondisi ini bisa dialami setiap orang, baik orang dewasa maupun anak-anak. Tapi, anak memiliki risiko lebih besar untuk mengalaminya. 

Oleh karena itu, Moms sangat perlu memperhatikan kondisi daya tahan tubuh si Kecil. 

2. Pergantian Lingkungan 

Selanjutnya, kondisi lingkungan yang berganti dari tempat sebelumnya ke tempat tujuan juga sangat memengaruhi daya tahan tubuh ya, Moms. Pasalnya, karakter setiap lingkungan umumnya berbeda-beda. 

Misalnya, ketika Moms telah terbiasa tinggal di kota dengan cuaca dan suhu yang panas, tiba-tiba pulang ke desa dengan cuaca yang dingin maka tubuh akan bereaksi. 

Kondisi tersebut umumnya memicu daya tahan tubuh menurun. Oleh karenanya, Moms perlu mewaspadai pengertian lingkungan yang cukup drastis, terutama bagi si Kecil. 

3. Alat Transportasi 

Tidak hanya pergantian lingkungan, alat transportasi yang digunakan pemudik juga kerap menjadi faktor daya tahan tubuh melemah. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh beberapa hal, seperti kepadatan, kurang ventilasi, kebersihan yang kurang, dan waktu yang lama. 

Aspek-aspek tersebut akan sangat memengaruhi kondisi tubuh. Misalnya, kepadatan dan ventilasi yang kurang pada alat transportasi mudik akan menyebabkan Moms dan keluarga mengalami sesak napas. 

Akibatnya, daya tahan tubuh anak-anak ataupun orang dewasa bisa menurun. Selanjutnya, tubuh akan mengalami lemah dan sulit untuk beraktivitas. 

4. Cuaca 

Terakhir, faktor yang menjadi penentu penyebab menurunnya daya tahan tubuh selama mudik lebaran adalah cuaca. Alasannya, cuaca terkait dengan suhu, kelembapan, kecepatan angin, dan lain sebagainya. 

Berbagai kondisi tersebut menjadi faktor penentu daya tahan tubuh seseorang. Sebab, semakin buruk kondisi cuaca saat mudik maka daya tahan pemudik pun menurun. Sehingga, Moms harus waspada akan ancaman cuaca saat mudik. 

Rekomendasi Artikel Terkait: Cegukan Saat Puasa, Kok Bisa?

Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Selama Mudik Lebaran 

Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Selama Mudik Lebaran

Setelah tahu berbagai faktor risiko menurunnya daya tahan tubuh saat mudik, Moms juga harus tahu nih tentang cara menjaganya. Sebab, dengan menjaga daya tahan tubuh selama mudik lebaran akan membantu Moms dan keluarga menikmati perjalanan dan sampai tujuan dengan baik. 

Lalu, bagaimana sih Moms cara menjaga daya tahan tubuh selama mudik lebaran? Menurut dr. Rr. Vetria Sekar Damayanti, M.Sc., Sp.A., yaitu dokter spesialis anak RS UGM, terdapat beberapa upaya yang bisa dilakukan loh, Moms. Beberapa di antaranya seperti berikut. 

1. Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Tubuh 

Nutrisi punya peran sangat penting bagi tubuh, terutama untuk anak-anak yang sedang dalam proses pembentukan daya tahan tubuhnya (imun). Peran penting ini mengharuskan Moms, sebagai orang tua untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil. 

Alasannya, kebutuhan nutrisi dalam tubuh yang terpenuhi akan membantu menjaga daya tahan tubuhnya, baik pada anak-anak maupun orang dewasa. Nah, caranya nih Moms, bisa dilakukan dengan memberikan makanan yang kaya akan nutrisi. 

Adapun makanan yang dimaksud, seperti makanan yang bervariasi atau makanan mengandung banyak nutrisi (karbohidrat, protein, vitamin, serat, dan mineral), makanan dan minuman yang bersih (higienis), dan makanan yang baru saja dimasak. 

Cara-cara tersebut akan membantu menjaga daya tahan tubuh selama mudik. Oleh karenanya, Moms harus mempersiapkan akan kebutuhan nutrisi tubuh si Kecil. 

Inspirasi Menu Enak: Makanan Khas Lebaran dari Beras, Bukan Cuma Kupat!

2. Kenyamanan Transportasi dan Akomodasi 

Transportasi dan akomodasi yang nyaman ketika mudik akan mendukung daya tahan tubuh terjaga dengan baik. Misalnya, saat Moms menggunakan kendaraan pribadi maka perlu memastikan bahwa kondisi kendaraan dalam keadaan baik dan siap untuk menempuh perjalanan jauh. 

Selain itu, Moms juga bisa berhenti di rest area setiap 2-3 jam sekali. Cara ini bisa memberikan waktu pada tubuh untuk beristirahat, makan dengan nyaman, menghirup udara bebas, dan menggerakkan tubuhnya. 

Bahkan, anak-anak menjadi lebih leluasa untuk bergerak karena punya ruang yang cukup untuk mereka beraktivitas. Selanjutnya, jika Moms menggunakan transportasi umum maka pastikan si Kecil mendapatkan ruang yang cukup leluasa. 

Kondisi tersebut menekankan bahwa kenyamanan dalam menggunakan transportasi dan akomodasi menjadi kunci daya tahan tubuh tetap terjaga selama perjalanan mudik. 

3. Kebersihan Tubuh dan Lingkungan 

Daya tahan tubuh (imun) selama mudik tetap terjaga apabila Moms menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan. Hal ini bisa dilakukan dengan membawa pakaian untuk ganti, terutama bagi si Kecil. 

Persiapan tersebut dilakukan sebagai suatu tindakan preventif. Sebab, anak-anak biasanya aktif bergerak, sehingga memungkinkan tubuhnya lebih banyak berkeringat hingga kotor.

Membiarkan tubuh dalam kondisi kotor akibat keringat bisa memunculkan berbagai patogen penyebab penyakit, seperti bakteri dan virus. Oleh karenanya, Moms bisa mencegah terjadinya hal ini dengan mengganti pakaian mereka. 

Selain itu, juga bisa didukung dengan mencuci tangan dan kaki dengan sabun atau cairan antiseptik. Hal ini sangat disarankan untuk dilakukan, baik sebelum makan maupun setelah buang air ya, Moms. 

Tujuannya agar tubuh dan lingkungan tetap bersih, sehingga daya tahan tubuhnya tetap terjaga selama mudik. 

4. Menyiapkan Obat-Obatan dan Perlengkapan Kesehatan 

Mudik adalah perjalanan jauh yang memungkinkan si Kecil mengalami demam, batuk, pilek, diare, dan muntah. Kondisi ini disebabkan oleh daya tahan tubuhnya yang kurang baik selama perjalanan. 

Moms harus menghindari keadaan seperti itu, caranya dengan menyiapkan obat-obatan pertolongan pertama. Menurut laman RSA UGM, berikut beberapa obat yang sebaiknya dibawa. 

  1. Antipiretik, yaitu jenis obat paracetamol atau ibuprofen yang dapat diberikan bila anak demam. 
  2. Oralit (larutan gula garam), yaitu obat yang digunakan untuk mengatasi anak yang mengalami diare. 
  3. Obat untuk mengurangi rasa mual, seperti domperidon atau ondansetron. Obat ini sebaiknya diberikan sebelum melakukan perjalanan mudik. 
  4. Obat batuk/pilek, yaitu obat yang diberikan ketika anak mengalami gejala batuk atau pilek, seperti mukolitik, dekongestan, dan antialergi. 
  5. Obat antigatal, seperti salep, bedak salisil, atau obat yang bisa diminum untuk meredakan gatal. 
  6. Obat yang rutin diminum, terutama jika anak menderita penyakit epilepsi, asma, tuberculosis. 
  7. Obat untuk merawat luka, yaitu obat-obatan yang umumnya diberikan saat anak terluka. 

Itulah obat-obatan yang disarankan untuk dibawa ketika mudik. Tapi, terkesan sangat banyak dan kurang praktis ya, Moms. Meski demikian, Moms tidak perlu khawatir karena ada Vitummy

Vitummy Bisa Bantu untuk Jaga Daya Tahan Tubuh Selama Mudik (1)

Vitummy bisa jadi vitamin anak untuk perjalanan jauh. Sebab, dilengkapi dengan formula Selenium Silver Pro yang ampuh membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan nafsu makan si Kecil. 

Yuk, bawa Vitummy untuk teman mudik si Kecil dan dapatkan produknya melalui website resminya di www.maduvitummy.id! 

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?