logo madu vitummy
Search
Close this search box.

5 Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Anak

Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Anak

Apakah mom sedang mencari cara menjaga kesehatan gigi dan mulut anak? Tentunya artikel ini sangat tepat untuk mom.

Pada masa pertumbuhan, terkadang kita sebagai orang tua sering mengabaikan kesehatan gigi dan mulut si kecil karena berpikir bahwa gigi susu yang rusak akan digantikan dengan gigi baru.

Padahal, gigi susu juga merupakan bagian dari sistem pencernaan yang dapat mempengaruhi kesehatan bahkan pertumbuhan si kecil apabila tidak dijaga dengan baik.

Berdasarkan The Global Burden of Disease Study pada tahun 2016, hampir setengah populasi penduduk dunia atau sebanyak 3,58 miliar jiwa mengalami masalah kesehatan gigi dan mulut, khususnya karies gigi.

Selain itu, hasil Riset Kesehatan Dasar tahun 2018 juga menunjukkan bahwa prevalensi gigi berlubang pada anak usia dini masih sangat tinggi, yaitu sekitar 93%. Artinya, hanya 7% dari anak Indonesia yang terbebas dari karies gigi.

Penyakit gigi dan mulut ini dapat mengganggu kenyamanan si kecil bahkan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa jika terus dibiarkan.

Untuk itu, sebagai orang tua, penting bagi kita untuk menerapkan dan mendisiplinkan cara menjaga kesehatan gigi dan mulut anak sejak dini agar ia terbebas dari gangguan penyakit gigi dan mulut sehingga ia dapat tumbuh kembang dengan optimal.

Yuk, kita simak.

Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Anak

Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Anak

Menjaga kesehatan gigi dan mulut merupakan suatu kebiasaan atau pola hidup bersih yang harus dibentuk sejak dini. Berikut adalah beberapa cara menjaga kesehatan gigi dan mulut anak yang dapat dilakukan oleh mom dan si kecil.

Ajarkan anak menyikat gigi

Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Anak

Cara menjaga gigi dan mulut anak yang paling penting adalah dengan menyikat gigi dengan benar. Mengajarkan si kecil untuk menyikat gigi yang baik dan benar dapat dikatakan gampang-gampang susah, apalagi untuk membentuk kebiasaan menggosok gigi pada si kecil yang masih belum mengerti pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Untuk mengajarkan si kecil menggosok gigi, mom dapat melakukan gosok gigi bersama-sama dengan si kecil. Si kecil biasanya akan meniru kebiasaan yang dilakukan oleh orang tua, salah satunya adalah menggosok gigi.

Lakukan menggosok gigi di depan cermin agar ia dapat melihat cara menggosok gigi yang benar. Sikat seluruh permukaan gigi dengan menggerakkan sikat gigi pada gigi bagian depan dengan arah ke atas bawah.

Jangan lupa untuk menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride untuk mencegah gigi berlubang.

Biasakan menyikat gigi malam sebelum tidur

Menyikat gigi sebelum tidur merupakan cara menjaga kesehatan gigi dan mulut anak yang paling penting untuk dilakukan.

Namun nyatanya, menyikat gigi sebelum tidur sering sekali dilewatkan oleh anak bahkan oleh orang dewasa.

Padahal, ini dapat menyebabkan gigi mudah untuk berlubang. Untuk itu, penting bagi mom untuk membiasakan si kecil menyikat gigi malam sebelum tidur agar bakteri dalam mulut tidak berkembang ketika si kecil tidur.

Membatasi jumlah konsumsi makanan dan minuman manis

Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Anak

Anak-anak menyukai makanan manis seperti permen, es krim, coklat atau jajanan manis lainnya. Padahal, makana manis dapat mempercepat pertumbuhan karies pada gigi yaitu sebuah infeksi yang dapat merusak struktur gigi dan tentunya membuat gigi rentan berlubang.

Untuk itu, salah satu cara menjaga kesehatan gigi dan mulut anak adalah dengan mulai membatasi jumlah konsumsi makanan tersebut pada si kecil.

Mom dapat menggunakan alternatif lain seperti memberinya buah-buahan, sayur, atau makanan sehat lainnya.

Selain menjaga kesehatan gigi dan mulut, buah dan sayur dapat meningkatkan asupan gizi seimbang pada si kecil sehingga ia lebih sehat dan juga tumbuh kembang dengan baik.

Kurangi pemberian susu menggunakan botol dot

Memberikan susu atau minuman lainnya menggunakan botol dot dalam jangka waktu yang panjang dapat mempengaruhi letak pertumbuhan gigi dan bentuk mulut si kecil.

Tak hanya itu, membiarkan si kecil minum melalui dot dapat membuat giginya tergenang cairan manis terlalu lama sehingga dapat merusak gigi si kecil.

Cara menjaga kesehatan gigi dan mulut anak ini dapat dilakukan dengan mulai membiasakan si kecil untuk belajar minum menggunakan gelas.

Melakukan pemeriksaan rutin

Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Anak

Cara menjaga kesehatan gigi dan mulut anak yang lainnya adalah berkonsultasi dengan dokter gigi setiap 6 bulan sekali untuk mengetahui kondisi gigi si kecil.

Pencegahan sejak dini dapat mengurangi biaya perawatan yang lebih besar di kemudian hari. Dengan melakukan pemeriksaan rutin, mom dapat meminta saran dokter gigi untuk menyusun perencanaan perawatan pencegahan gigi berlubang pada si kecil.

Agar pola hidup bersih si kecil terbentuk, selalu dampingilah ia ketika akan menyikat gigi agar tidak ada bagian yang terlewat.

Umumnya, anak-anak akan memulai membersihkan gigi sendiri mulai dari usia 6 tahun. Kemudian, ia akan mulai menggosok gigi dengan benar ketika berusia sekitar 10 tahun.

Biarkan ia memilih pasta gigi dan sikat gigi sendiri sesuai dengan keinginannya. Jangan lupa untuk tetap memberikan penghargaan dan pujian ketika ia mampu membersihkan gigi sendiri setiap harinya sebagai bentuk motivasi untuknya.

Untuk membantu mom dalam menjaga kesehatan si kecil, Vitummy hadir sebagai madu herbal pelindung kesehatan anak dan keluarga. Yuk miliki Vitummy sebagai pelengkap perlindungan kesehatan si kecil.

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?