5 Dampak Tiup Lilin Ulang Tahun

Moms, apa sih kebiasaan yang selalu dilakukan ketika merayakan ulang tahun? Banyak orang biasanya membuat permohonan kepada Tuhan. 

Selain itu, merayakan ulang tahun juga identik dengan kebiasaan tiup lilin ulang tahun sebagai bentuk pesta kecil-kecilan. 

Nah, ternyata Moms, tiup lilin ulang tahun adalah salah satu hal yang seharusnya tidak dilakukan loh. 

Kenapa begitu? Yuk, Moms cari tau alasannya pada artikel berikut! 

Apa Itu Tiup Lilin Ulang Tahun? 

Tiup lilin ulang tahun

Sebelum membahas dampaknya, Moms perlu mengetahui apa itu tiup lilin ulang tahun? 

Dilansir dari laman National Center for Families Learning, meletakkan lilin di atas kue ulang tahun sebenarnya sudah dilakukan sejak zaman Yunani Kuno.

Baca Juga Nih: 5+ Manfaat Sayur Mentah untuk Kesehatan Tubuh

Pada saat itu, orang-orang sering membakar lilin sebagai media persembahan kepada dewa dan dewi kepercayaan mereka. 

Meletakkan lilin di atas kue adalah cara bagi orang-orang Yunani Kuno untuk memberi penghormatan kepada Artemis, dewi bulan Yunani. 

Kue yang berbentuk bulat melambangkan bulan, sedangkan lilin yang diletakkan di atasnya melambangkan pantulan cahaya bulan. 

Kebiasaan tersebut kemudian semakin populer di Jerman yang selalu dikaitkan dengan agama. 

Hal ini dikarenakan orang Jerman memiliki kebiasaan menempelkan lilin besar di tengah kue untuk melambangkan “cahaya kehidupan”. 

Selain itu, beberapa orang bahkan mempercayai bahwa asap dari lilin di atas kue dapat membawa harapan dan doa-doa kepada dewa yang berada di langit. 

Oleh karena itu, tradisi kemudian berkembang pada masa sekarang menjadi kebiasaan tiup lilin ulang tahun. 

Dampak Negatif Tiup Lilin Ulang Tahun 

Tiup lilin ulang tahun

Apakah Moms dan keluarga punya kebiasaan merayakan ulang tahun dengan acara tiup lilin? 

Moms, perlu diketahui bahwa tiup lilin ulang tahun memiliki dampak negatif yang bisa dirangkum menjadi tiga hal berikut loh. 

Menyebarkan Bakteri 

Tiup lilin ulang tahun dapat memberikan dampak negatif bagi kesehatan. Hal ini seperti dilansir dari laman The Health Site, bahwa tradisi wajib ketika ulang tahun ini menurut ilmuwan dapat meningkatkan jumlah bakteri hingga 1.400%. 

Terdengar mengejutkan ya, Moms? Ya, meski terdengar mengejutkan akan tetapi faktanya adalah benar. 

Beberapa peneliti di Clemson University, Amerika Serikat bahkan menekankan bahwa kebiasaan tiup lilin ulang tahun dapat menyebabkan penyebaran bakteri pada kue bahkan sebelum memotong kue. 

Adapun bakteri termasuk salah satu bagian dari kehidupan manusia yang tidak bisa dihindari. Hal ini dikarenakan bakteri selalu hadir hampir di semua hal yang memiliki kontak dengan manusia. 

Moms, perlu diketahui bahwa ada dua jenis bakteri, yaitu bakteri jinak (baik) dan bakteri patogen (yang menimbulkan penyakit). 

Nah, adanya bakteri patogen menjadikan manusia harus selalu waspada dan mengetahui cara-cara bagaimana bakteri ini menyebar. 

Pasalnya, masalah kesehatan yang biasanya terjadi di masyarakat adalah tentang ketidaktahuan mengenai kontaminasi penyakit yang berhubungan dengan bakteri patogen. 

Bakteri patogen termasuk bakteri yang sangat cepat menyebar ke seluruh populasi sehingga perlu diwaspadai.

Misalnya, pada acara tiup lilin ulang tahun, bakteri patogen pada kue kemungkinan meningkat drastis. 

Seperti dilansir dari Journal of Food Research, para peneliti menjelaskan bahwa meniup lilin di atas permukaan lapisan gula pada kue ulang tahun dapat menghasilkan bakteri 1400% lebih banyak dibandingkan dengan lapisan gula yang tidak ditiup.

Moms, perlu diketahui bahwa perpindahan bakteri dari mulut seseorang ke lapisan kue dapat terjadi ketika tiup lilin ulang tahun. 

Selain itu, tiup lilin ulang tahun juga dapat menularkan berbagai bakteri dan mikroorganisme dari saluran pernapasan seseorang ke berbagai makanan yang dikonsumsi orang lain. 

Berbagai hal tersebut merupakan dampak negatif kebiasaan tiup lilin ulang tahun yang dapat mengancam kesehatan seseorang. 

Menyebabkan Alergi 

Tiup lilin ulang tahun selain dapat menyebabkan penyebaran bakteri, juga bisa menyebabkan alergi. 

Kenapa bisa begitu, Moms? 

Jawabannya karena kue ulang tahun yang digunakan pada acara tiup lilin biasanya dibuat dari berbagai bahan yang sangat kompleks. 

Hal ini mengharuskan Moms ekstra hati-hati terutama pada anak-anak yang memiliki riwayat alergi terhadap makanan. 

Memastikan bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan kue dan lilin aman bagi si kecil merupakan langkah aman yang perlu dilakukan. 

Apabila hal ini tidak dilakukan maka anak akan berpotensi terkena alergi dari kue ulang tahun atau acara tiup lilin. 

Oleh karena itu, tiup lilin ulang tahun dapat memberikan dampak negatif sebagai pemicu potensi penyebab alergi. 

Menyebabkan Kebakaran 

Moms, tiup lilin ulang tahun sangat berhubungan dengan api. Hal ini menjadikan beberapa kasus perayaan ulang tahun berpotensi menyebabkan kebakaran. 

Selain itu, api pada kue ulang tahun juga sering menyambar benda-benda yang yang mudah terbakar, seperti baju dan anggota tubuh orang yang membawa atau meniup lilin ulang tahun. 

Berbagai kejadian tersebut biasanya dikarenakan kue ulang tahun diletakkan pada tempat-tempat yang tidak aman. 

Padahal, sesuatu yang terdapat api di dalamnya harus diletakkan secara hati-hati dan jauh dari benda-benda yang mudah terbakar. 

Adapun api pada lilin kue ulang tahun yang mengenai anggota tubuh seseorang ketika melakukan tiup lilin bisa terjadi dikarenakan kurangnya perhitungan sehingga api bisa membakar anggota badannya. 

Nah, hal itulah yang menjadikan banyak kasus tiup lilin ulang tahun berakhir menjadi peristiwa kebakaran. 

Itulah tiga dampak negatif tiup lilin ulang tahun yang perlu Moms ketahui untuk mempertimbangkan perlu atau tidaknya mengikuti kebiasaan ini. 

Dampak Positif Tiup Lilin Ulang Tahun 

Tiup lilin ulang tahun

Moms, tiup lilin ulang tahun itu bagai pisau bermata dua. Selain memiliki dampak negatif bagi kesehatan, hal ini juga memiliki dampak positif, misalnya bagi anak-anak. 

Dilansir dari laman Hai Bunda, tiup lilin ulang tahun sebenarnya juga bisa memberikan dampak positif kepada anak. 

Berikut dampak positifnya, Moms. 

Menampilkan Keterampilan Motorik Halus 

Dr. Dian Sulistya Ekaputri, Sp.A. mengungkapkan seperti dalam laman Hai Bunda, bahwa aktivitas tiup lilin ulang tahun yang biasanya ada pada perayaan ulang tahun dapat membantu anak meningkatkan keterampilan motorik halus. 

Maksudnya bagaimana sih, Moms? 

Maksudnya seorang anak dapat meningkatkan kemampuan pernapasan, koordinasi bibir, lidah, dan napas, hingga peka terhadap udara ketika melakukan aktivitas tiup lilin ulang tahun. 

Hal ini termasuk dalam dampak positif tiup lilin ulang tahun bagi anak-anak. 

Meningkatkan Kepercayaan Diri pada Anak 

Moms, setiap orang tua pasti menginginkan anaknya untuk merasa percaya diri. Hal ini ternyata bisa dilatih dengan cara tiup lilin ulang tahun. 

Ketika seorang anak mendapat ucapan selamat ulang tahun dari teman-temannya dan orang sekitarnya dalam sebuah acara maka kepercayaan dirinya akan meningkat. 

Terlebih lagi apabila si kecil melakukan tiup lilin ulang tahun di depan teman-temannya, anak kemudian akan merasa lebih percaya diri. 

Dengan hal ini, seorang anak kemudian akan menunjukkan sikap percaya diri di depan orang lain. 

Oleh karena itu, tiup lilin ulang tahun memiliki dampak positif terhadap anak. 

Nah, itulah dampak negatif dan positif tiup lilin ulang tahun yang perlu Moms ketahui sebagai referensi untuk mengikuti tradisi tersebut atau tidak. 

Memilih mengikuti kebiasaan tersebut atau tidak adalah hak setiap orang, meskipun menjaga kesehatan adalah kewajiban setiap orang. 

Setiap orang harus menjaga kesehatan, baik untuk diri sendiri maupun orang lain. 

Misalnya, menjaga kesehatan anak bisa dilakukan dengan memberi si kecil Madu Vitummy ya Moms. 

Madu Vitummy mengandung madu dan ekstrak bahan alami yang memiliki banyak manfaat seperti berikut. 

  • Mengatasi cacingan pada anak dan orang dewasa
  • Mengatasi kurangnya nafsu makan
  • Menambah berat badan anak
  • Mengatasi perut buncit pada anak
  • Melancarkan pencernaan
  • Mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit dll.
  • Menjaga daya tahan tubuh
  • Mengatasi pertumbuhan yang terhambat

Yuk, Moms, beri si kecil Madu Vitummy secara rutin dan dapatkan manfaatnya!


Share on:

Seorang content writer brand support Madu Vitummy di Erdigma Indonesia. Dia menulis artikel tentang kesehatan, pola asuh, dan gaya hidup sehat. Selain itu, dia juga menyukai riset, membaca buku, dan menulis.

Tinggalkan komentar