logo madu vitummy
Search
Close this search box.

Jenis Pisang yang Tidak Boleh untuk Asam Lambung, Simak Penjelasannya!

jenis pisang yang tidak boleh untuk asam lambun

Moms, siapa sih yang tidak suka buah pisang? Pisang adalah salah satu buah yang sangat populer di seluruh dunia. Rasanya yang lezat, kaya akan nutrisi, dan ketersediaannya yang melimpah menjadikannya sebagai makanan favorit banyak orang. 

Namun, muncul pernyataan bahwa beberapa jenis pisang yang tidak boleh untuk asam lambung. Artikel ini akan membahas mengenai hal tersebut. 

Simak di bawah ini ya, Moms! 

Apa itu Pisang? 

jenis pisang yang tidak boleh untuk asam lambun

Sebelum membahas tentang jenis pisang yang tidak boleh untuk asam lambung, Moms perlu juga mengetahui lebih detail mengenai buah pisang. Apa itu pisang, Moms? Pisang adalah nama buah yang berasal dari tumbuhan pisang, yang merupakan anggota keluarga tumbuhan Musaceae

Buah pisang biasanya memiliki kulit berwarna kuning, meskipun ada variasi jenis pisang dengan kulit berwarna hijau. Pisang adalah salah satu buah yang paling populer dan dikonsumsi oleh hampir seluruh orang di berbagai wilayah di dunia.

Bentuk buah pisang adalah silindris dengan ujung yang melengkung. Daging buahnya biasanya lembut dan manis dengan biji kecil yang hampir tidak terlihat.

Berbagai nutrisi penting terdapat di dalamnya, seperti vitamin (seperti vitamin C, vitamin B6, dan folat), mineral (kalium), serat, dan karbohidrat. Makan pisang seringkali dianggap sebagai camilan yang sehat dan mudah diakses.

Adapun cara mengonsumsinya dapat dimakan segar. Selain itu, pisang juga sering digunakan dalam berbagai hidangan, seperti dalam kue pisang, smoothie, dan salad buah. Beberapa bahkan diolah menjadi pisang goreng, kripik pisang, dan bahan dasar untuk es krim pisang. 

Kandungan nutrisi dan rasa manisnya menjadikan pisang sebagai makanan pokok bagi banyak orang di seluruh dunia. Nah, apakah ada jenis pisang yang tidak boleh untuk asam lambung? Jawabannya ada pada bahasan poin selanjutnya. 

Baca Juga: Lengan Kiri Pegal Karena Asam Lambung, Simak Penjelasannya!

Jenis Pisang yang Tidak Boleh untuk Asam Lambung

infografis jenis pisang yang tidak boleh untuk asam lambung

Moms, pernah tidak mendengar bahwa ada jenis pisang yang tidak boleh untuk asam lambung? Bagi sebagian penderita asam lambung, mereka memang sangat disarankan untuk tidak mengonsumsi pisang ya, Moms. 

Pisang secara umum dianggap sebagai makanan sehat yang kaya akan serat dan mikronutrien. Namun, ketika datang ke asam lambung, tidak semua jenis pisang cocok untuk dikonsumsi oleh individu yang menderita kondisi ini. 

Beberapa jenis pisang dapat meningkatkan produksi asam lambung dan memperburuk gejalanya. Lalu, apa saja jenis pisang yang tidak boleh untuk asam lambung? Berikut beberapa jenis pisang yang tidak boleh untuk asam lambung dilansir dari laman Nutriflakes

Pisang Cavendish 

Jenis pisang yang tidak boleh untuk asam lambung yang pertama adalah pisang cavendish. Pisang cavendish adalah varietas yang sangat populer dan sering dikonsumsi di seluruh dunia. 

Namun, pisang ini memiliki pH yang lebih rendah, yang berarti lebih asam, sehingga dapat meningkatkan produksi asam lambung dan memperburuk gejala asam lambung pada beberapa individu.

Pisang Raja (Gros Michel)

Pisang raja termasuk jenis pisang yang tidak boleh untuk asam lambung. Jenis pisang ini sangat manis, sehingga mudah ditemukan di toko buah. Meski demikian, mengonsumsi pisang yang terlalu manis justru dapat merangsang produksi asam lambung. 

Pisang Ambon 

jenis pisang yang tidak boleh untuk asam lambun

Pisang ambon termasuk varietas lain yang mengandung keasaman cukup tinggi. Meskipun memiliki rasa yang manis dan lezat, tetapi dengan mengonsumsinya akan berpotensi menaikkan meningkatkan risiko refluks asam lambung dan gejala seperti rasa terbakar di dada. 

Oleh karena itu, pisang ambon termasuk jenis pisang yang tidak boleh untuk asam lambung. 

Pisang Barangan 

Pisang barangan adalah jenis pisang yang mengandung gula cukup tinggi. Selain itu, jenis pisang ini termasuk yang paling sering dijadikan sebagai pisang goreng. Akan tetapi, kandungan gula yang sangat tinggi kurang cocok untuk penderita asam lambung. 

Kandungan gula yang tinggi dan dikonsumsi dalam bentuk pisang goreng justru dapat meningkatkan risiko refluks. Oleh karena itu, pisang barangan merupakan jenis pisang yang tidak boleh untuk asam lambung. 

Nah, jadi itulah beberapa jenis pisang yang tidak boleh untuk asam lambung. Oleh karena itu, apabila Moms termasuk salah satu penderita asam lambung sebaiknya menghindari mengonsumsi berbagai jenis pisang tersebut. 

Artikel Terkait Lainnya Seputar Asam Lambung: Cara Mengolah Daun Bandotan untuk Asam Lambung.

Yuk, mulai jaga pencernaan dengan memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi!

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?