logo madu vitummy
Search
Close this search box.

Lengan Kiri Pegal Karena Asam Lambung, Simak Penjelasannya!

lengan kiri pegal karena asam lambung

Moms, bagaimana sih cara mengobati lengan kiri pegal karena asam lambung? Beberapa orang mungkin pernah mengalami hal ini. Akan tetapi, sudahkah mereka memahami bahwa ada hubungan antara asam lambung dengan lengan kiri terasa pegal? 

Artikel berikut akan mengulas mengenai hubungan kedua hal tersebut. Tujuannya agar Moms dapat mengantisipasi apabila sampai terjadi hal ini. 

Oleh karena itu, simak materi berikut ya, Moms! 

Apa itu Asam Lambung? 

lengan kiri pegal karena asam lambung

Dilansir dari laman Siloam Hospitals, asam lambung atau Gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan suatu simtom atau perubahan mukosa yang diakibatkan oleh gangguan sistem saluran pencernaan, yaitu ketika asam lambung naik ke kerongkongan (esofagus). 

Asam lambung yang mengalir kembali ke lambung mengakibatkan perih dan panas di bawah tulang dada. Kondisi seperti ini dikenal dengan istilah medis, yaitu heartburn. Meskipun umum terjadi pada orang dewasa, akan tetapi tidak boleh dibiarkan. 

Baca Juga: Nafsu Makan Meningkat Apakah Tanda Hamil? Yuk, Ketahui Jawabannya!

Membiarkan penyakit asam lambung secara terus-menerus mengakibatkan gangguan kesehatan. Salah satunya adalah gangguan pada saluran cerna. Seseorang yang mengalami gangguan pada saluran cerna. 

Nah, itulah yang dimaksud asam lambung. Apakah sekiranya ada kaitan dengan rasa pegal pada lengan kiri? Ulasan berikutnya akan membahas mengenai lengan kiri pegal karena asam lambung. 

Lengan Kiri Pegal Karena Asam Lambung 

lengan kiri pegal karena asam lambung

Apakah benar bahwa alasan lengan kiri pegal karena asam lambung? Menurut dr. Nadia Nurotul Fuadah dalam laman Alodokter, terdapat beberapa efek samping asam lambung atau GERD. 

Beberapa di antaranya adalah rasa tidak nyaman hingga ke leher, tenggorokan, punggung, bahkan pada lengan. Salah satunya adalah lengan kiri pegal karena asam lambung. Kondisi seperti ini telah banyak dialami oleh penderita GERD. 

Jadi, apakah lengan kiri pegal karena asam lambung? Jawabannya adalah benar ya, Moms. Meski demikian, tidak semua kasus lengan kiri pegal karena asam lambung. Akan tetapi, bisa dikarenakan faktor lain. 

Selain asam lambung, lengan kiri pegal juga bisa dikarenakan faktor lain, seperti radang sendi, spasme otot tendinitis, syaraf kejepit, infeksi virus atau bakteri, fibromyalgia, neuropati perifer, penyakit jantung koroner, gangguan psikosomatis, dan habis cedera. 

Oleh karena itu, untuk memastikan apakah lengan kiri pegal karena asam lambung, Moms bisa mengidentifikasinya dengan riwayat penyakit yang dimiliki. Selain itu, Moms juga bisa berkonsultasi dengan dokter apabila gejalanya dirasa sudah sangat mengganggu aktivitas. 

Menangani Lengan Kiri Pegal Karena Asam Lambung

Selain berkonsultasi dengan dokter, lengan kiri pegal karena asam lambung biasanya dapat diredakan dengan beberapa cara. Adapun cara ini sering digunakan untuk mengurangi keluhan lengan yang pegal. 

Berikut beberapa caranya menurut dr. Nadia Nurotul Fuadah dalam laman Alodokter. 

Kompres Air Hangat 

Mengompres dengan air hangat pada bagian lengan yang dirasa pegal memang dapat membantu meringankan keluhannya. Hal ini bisa dilakukan dengan menempelkan kain yang telah dibasahi air hangat pada pada bagian yang dirasa tidak nyaman. 

Mengendalikan Stres 

Stres merupakan salah satu pemicu asam lambung. Nah, apabila lengan kiri pegal karena asam lambung maka salah satu cara mengatasinya adalah dengan mengendalikan stres. Cara ini akan menurunkan kemungkinan asam lambung naik, sehingga tidak berimbas pada gejala yang mengiringinya, seperti lengan yang terasa pegal. 

Mengenakan Pakaian yang Nyaman 

Mengatasi lengan pegal karena gejala dari suatu penyakit akan lebih baik jika didukung dengan mengenakan pakaian yang nyaman. Maksudnya, pakaian yang setidaknya longgar sehingga tidak menambah perasaan tidak nyaman karena sakit lengan. 

Menghindari Mengurut Tubuh 

Masyarakat Indonesia masih memiliki kepercayaan bahwa rasa tidak nyaman pada bagian tubuh tertentu akan sembuh apabila diurut. Padahal, tidak semua bisa dilakukan penanganan yang sama, misalnya pada lengan kiri pegal karena asam lambung. 

Cara mengatasi gejala yang mengiringi asam lambung ini justru disarankan untuk tidak sembarangan mengurut tubuh. Oleh karena itu, seseorang yang mengalaminya disarankan untuk lebih memilih berkonsultasi dengan dokter. 

Rutin Olahraga 

Olahraga merupakan salah satu aktivitas yang dapat menyehatkan badan, salah satunya menghindarkan diri dari stres. Orang yang tingkat stresnya rendah akan terhindar dari asam lambung, sehingga menurunkan risiko rasa tidak nyaman pada lengan kiri sebagai gejala yang mengiringinya. 

Nah, olahraga itu sendiri disarankan untuk dilakukan secara rutin, misalnya dua sampai tiga kali dalam seminggu. Adapun durasi waktunya cukup hanya sekitar 30 menit persesi. Meski terkesan sebentar, akan tetapi apabila dilakukan secara rutin akan sangat memberikan banyak manfaat terhadap tubuh. 

Makan Teratur 

Asam lambung sering disebabkan karena pola makan yang tidak teratur. Keadaan ini menjadikan seseorang berpotensi mengalami gejala yang mengiringinya, yaitu lengan kiri pegal. 

Mencegah terjadinya hal tersebut tentunya biasa didukung dengan pola makan yang teratur. Caranya adalah makan dengan porsi sedikit, namun sering. Selain itu, bisa juga mengurangi asupan makanan berlemak dan pedas. 

Menghindari Minuman Berkafein dan Soda 

Minuman berkafein dan soda merupakan jenis minuman yang kurang cocok untuk penderita asam lambung. Pasalnya, dua minuman ini sering memicu terjadinya asam lambung yang mana berpotensi mengakibatkan gejala yang mengiringinya, seperti lengan kiri pegal. 

Menghindari minuman berkafein dan soda akan mencegah seseorang mengalami asam lambung, sehingga tidak memunculkan gejala lainnya. 

Baca Juga: Jenis Pisang Yang Tidak Boleh Dikonsumsi untuk Asam Lambung.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi gejala lengan kiri pegal karena asam lambung. Cara-cara yang telah disebutkan pada dasarnya merupakan cara untuk menekan potensi terjadinya asam lambung. 

Mencegah seseorang mengalami asam lambung akan menurunkan risiko gejala yang mengiringinya, salah satunya adalah rasa tidak nyaman pada lengan kiri. 

Tahukah, Moms bahwa ada madu yang dapat mencegah terjadinya masalah pencernaan, salah satunya adalah asam lambung? Madu Vitummy merupakan madu untuk daya tahan tubuh yang dilengkapi formula Selenium Silver Pro. 

nafsu makan menurun saat hamil

Madu Vitummy dibuat dari bahan utama madu hutan asli dan ekstrak bahan alami yang memiliki banyak khasiat. Salah satu khasiatnya adalah untuk melancarkan melancarkan pencernaan. 

Kondisi pencernaan yang lancar akan mendukung seseorang untuk mencapai kesehatan pencernaan dan tubuh yang maksimal. Oleh karena itu, dapatkan produk Madu Vitummy sekarang juga yang aman dikonsumsi untuk anak-anak dan orang dewasa melalui website resminya di www.maduvitummy.id!

Share:
Facebook
Twitter
LinkedIn

Tinggalkan komentar

On Key

Related Posts

Chat Customer Service
Konsultasi Vitummy
Halo Kak, Promo Madu Vitummy Masih Adakah?